Memahami Pengertian Wireframe: Apa itu Wireframing? Tujuan, Jenis, Elemen, Kelebihan dan Kekurangan serta Kenapa itu Penting?

0
Gambar Pengertian Wireframe Apa Itu Kerangka Gambar Atau Foto Tujuan Jenis Jenis Elemen Kelebihan Dan Kekurangannya Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Wireframe Apa Itu Kerangka Gambar Atau Foto Tujuan Jenis Jenis Elemen Kelebihan Dan Kekurangannya Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Wireframe, Apa itu Kerangka Gambar atau Foto?, Tujuan, Jenis, Elemen, Kelebihan dan Kekurangannya serta Kenapa itu Penting? Benar, jika Anda telah menerjunkan diri ke bidang desain UX yang memukau ini, Anda mungkin akan mendengar kata “wire frame” disebutkan. Wireframe dan prototipe adalah bagian penting dari proses desain situs web atau aplikasi mobile, dan tujuannya adalah untuk menyajikan konsep desain dan fungsi dasar untuk klien.

Namun, biasanya seorang klien hanya perlu menyarankan untuk memajukan proses desain dan tahap pengembangannya dengan melewatkan langkah menulis ulang atau membuat prototipe. Hal ini merupakan ide yang sering datang dari para klien yang seringkali tidak mengerti apa itu wireframe, serta pentingnya wireframe di seluruh proyek. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian wireframe. Berikut ini ulasannya!

Pengertian Wireframe

Berarti kerangka gambar (foto), wireframe adalah kerangka 2 (dua) dimensi dari suatu proyek (biasanya halaman web atau aplikasi) berdasarkan simpulan Kami yang bersumber pada Situs CareerFoundry.

Wireframes memberikan gambaran yang jelas tentang struktur halaman, tata letak, arsitektur informasi, aliran pengguna, fungsionalitas, dan perilaku yang diinginkan.

Karena kerangka gambar biasanya mewakili konsep produk awal, gaya, warna, dan grafik dijaga seminimal mungkin.

Wireframes dapat digambar dengan tangan atau dibuat secara digital, tergantung pada seberapa banyak detail yang diperlukan.

Apa itu Kerangka Gambar atau Foto?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan kerangka gambar atau foto ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah wireframe (dalam istilah global).

Kerangka gambar atau foto adalah skema visual yang menyampaikan tingkat dasar komunikasi, struktur, dan perilaku selama perancangan sistem.

Wireframes merupakan desain low-fidelity yang memintas termasuk antarmuka pengguna terperinci atau desain visual, menyampaikan cukup banyak untuk mendapatkan ide-ide inti.

Wireframe digunakan dalam proses desain untuk dengan cepat menyetujui arah sebelum proses desain yang lebih intensif dilakukan.

Ini dapat berupa sketsa yang digambar dengan tangan, visualisasi yang dibuat dalam perangkat lunak atau halaman kode.

Dalam kasus website atau website wireframe, bingkai gambar mungkin menggambarkan struktur navigasi, tata letak halaman, konten, dan panggilan untuk bertindak.

Menggunakan koleksi wireframes yang menunjukkan banyak halaman di situs web memungkinkan prototipe sederhana dibuat untuk mensimulasikan navigasi.

Dalam hal suatu produk, wireframes dapat menyampaikan serangkaian langkah dalam suatu proses, menggambarkan fungsionalitas atau perilaku elemen antarmuka.

Dengan langkah-langkah yang cukup yang disebut dengan wireframed, seseorang dapat membuat prototipe interaktif sederhana yang mensimulasikan fungsi dari perjalanan pengguna.

Apa itu Wireframing?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Wireframing Dan Tujuan Penggunaannya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Wireframing Dan Tujuan Penggunaannya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Kemudian ada juga istilah kata wireframing, ini adalah cara untuk merancang layanan situs web di tingkat struktural.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Intranet: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Internet!

Bingkai gambar biasanya digunakan untuk meletakkan konten dan fungsionalitas pada halaman yang mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perjalanan pengguna.

Wireframes digunakan pada awal proses pengembangan untuk menetapkan struktur dasar halaman sebelum desain dan konten visual ditambahkan.

Tujuan Wireframe (Kerangka Gambar)

Setelah mengetahui apa itu pengertian wireframe dan kerangka gambar (foto) di atas, kita juga harus mengetahui tentang tujuannya terutama dalam penggunaannya secara rinci.

Adapun beberapa tujuan utama menggunakan wireframe yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Konsep Tetap Fokus pada User (Pengguna)

Tujuan pertama wireframe adalah untuk menjaga konsep tetap fokus pada user atau pengguna.

wisecara efektif digunakan sebagai perangkat komunikasi. Mereka memfasilitasi umpan balik dari pengguna, memicu percakapan dengan para pemangku kepentingan, dan menghasilkan ide-ide di antara para desainer.

Melakukan pengujian pengguna selama tahap penyadapan awal memungkinkan perancang untuk mendapatkan umpan balik yang jujur, dan mengidentifikasi poin pain (rasa sakit) utama yang membantu membangun dan mengembangkan konsep produk.

2. Mengklarifikasi dan Mendefinisikan Fitur

Tujuan berikutnya adalah untuk mengklarifikasi dan mendefinisikan fitur website atau aplikasi.

Saat mengomunikasikan ide-ide Anda kepada client atau klien, mereka mungkin tidak memiliki leksikon teknis untuk mengikuti istilah seperti “gambar” atau “Call To Action (CTA).”

Wireframing fitur spesifik akan dengan jelas mengomunikasikan kepada klien Anda bagaimana mereka akan berfungsi dan tujuan apa yang akan mereka layani.

Ini memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk mengukur berapa banyak ruang yang perlu dialokasikan untuk setiap fitur, menghubungkan arsitektur informasi situs ke desain visualnya, dan memperjelas fungsionalitas halaman.

3. Dapat Mempercepat Proyek serta Gratis

Yang terakhir adalah dapat mempercepat proyek serta gratis. Tahukah kalian bagian terbaik tentang wireframe (gambar rangka)?

Mereka dapat mempermudah pekerjaan kita serta sangat murah dan mudah dibuat.

Bahkan, jika Anda hanya memiliki pena dan kertas, Anda dapat dengan cepat membuat sketsa gambar rangka tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Banyaknya tools atau alat yang tersedia berarti Anda juga dapat membangun bingkai gambar digital dalam beberapa menit,

Jenis-Jenis Wireframe

Dalam membahas mengenai pengertian dan arti dari wireframe, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis dan macam-macamnya bukan?

Ya, ada 3 (tiga) jenis wireframe yang utama, yaitu low-fidelity, mid-fidelity, dan high-fidelity. Untuk faktor pembedanya sendiri, yang paling signifikan antara gambar rangka ini adalah jumlah detail yang dikandungnya.

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis wireframe di atas yang harus kalian ketahui.

a. Low-Fidelity Wireframe

Jenis yang pertama adalah low-fidelity wireframe. Ini adalah representasi visual dasar dari halaman web dan biasanya berfungsi sebagai titik awal desain.

Karena itu, mereka cenderung digambarkan dengan kasar, dibuat tanpa skala, grid (kisi), atau akurasi piksel apa pun.

Wireframes low-fidelity menghilangkan detail yang berpotensi menjadi gangguan dan hanya menyertakan gambar sederhana, bentuk blok, dan konten tiruan seperti teks pengisi untuk label dan pos.

b. Mid-Fidelity Wireframe

Jenis berikutnya adalah mid-fidelity wireframe. Ini merupakan gambar rangka yang paling umum digunakan dari ketiganya.

Wireframes jenis medium ini menampilkan representasi tata letak yang lebih akurat.

Sementara mereka masih menghindari gangguan seperti gambar atau typography (tipografi), lebih banyak detail diberikan pada komponen tertentu, dan fitur-fitur secara jelas dibedakan satu sama lain.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

c. High-Fidelity Wireframe

Jenisnya yang terakhir adalah high-fidelity wireframe, wireframe jenis ini membanggakan tata letak khusus piksel, di mana bingkai gambar dengan kesetiaan rendah dapat mencakup pengisi teks pseudo-latin dan kotak abu-abu yang diisi dengan “X” untuk menunjukkan gambar.

Jenis wireframes high ini dapat mencakup gambar unggulan aktual dan konten tertulis yang relevan.

Detail tambahan ini menjadikan wireframe high-fidelity ideal untuk mengeksplorasi dan mendokumentasikan konsep kompleks seperti sistem menu atau peta interaktif.

Elemen-Elemen Wireframe atau Kerangka Gambar

Ilustrasi Gambar Elemen Elemen Wireframe Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Elemen Elemen Wireframe Dalam Pembahasan Pengertiannya

Selain menjelaskan tentang pengertian wireframe dan apa itu kerangka gambar atau foto, disini Kami juga akan membahas tentang apa saja elemen-elemen atau komponen yang terdapat di dalamnya.

Rencana kerangka situs web dapat dipecah menjadi 3 (tiga) komponen yaitu adalah desain informasi (baca pengertian informasi disini), desain navigasi, dan desain antarmuka.

Layout atau tata letak halaman adalah tempat komponen-komponen ini bersatu, sementara wireframing menggambarkan hubungan antara komponen dan elemen ini.

Di bawah ini adalah beberapa komponen atau elemen wireframe yang harus kalian ketahui.

1. Desain Informasi

Elemen yang pertama adalah desain informasi. Ini adalah penempatan presentasi dan memprioritaskan informasi dengan cara yang memfasilitasi pemahaman.

Desain informasi adalah bidang desain pengalaman pengguna, yang dimaksudkan untuk menampilkan informasi secara efektif untuk komunikasi yang jelas.

Untuk situs web, elemen informasi harus diatur sedemikian rupa sehingga mencerminkan tujuan dan tugas pengguna.

2. Desain Navigasi

Selanjutnya adalah desain navigasi, sistem navigasi menyediakan seperangkat elemen layar yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan halaman ke halaman melalui situs web.

Desain navigasi harus mengkomunikasikan hubungan antara link (tautan) yang dikandungnya sehingga pengguna memahami opsi yang mereka miliki untuk menavigasi situs.

Seringkali, situs web berisi beberapa sistem navigasi, seperti navigasi global, navigasi lokal, navigasi tambahan, navigasi kontekstual, dan navigasi lainnya.

3. Desain Antarmuka

Elemennya yang terakhir adalah desain antarmuka. Desain User Interface (UI) atau antarmuka pengguna mencakup memilih dan mengatur elemen antarmuka untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dengan fungsionalitas sistem.

Tujuannya adalah untuk memfasilitasi kegunaan dan efisiensi sebanyak mungkin. Elemen umum yang ditemukan dalam desain antarmuka adalah tombol aksi, bidang teks, kotak centang, tombol atau radio-button, dan menu drop-down.

Kelebihan dan Kekurangan Wireframing

Agar kita lebih memahami apa itu wireframe, tentu saja kita juga harus mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian dalam menggunakannya.

Mengacu pada pengertian wireframe dan apa itu wireframing di atas, untuk kelebihan dan kekurangannya akan Kami jelaskan sebagai berikut.

a. Kelebihan Wireframe

Salah satu keuntungan besar dari wireframe atau melakukan wireframing adalah memberikan visual awal yang dapat digunakan untuk meninjau dengan klien.

Pengguna juga dapat meninjaunya sebagai mekanisme umpan balik awal untuk tes usability (kegunaan) prototipe. Tidak hanya wireframes yang lebih mudah diubah daripada desain konsep, setelah disetujui oleh klien dan pengguna mereka juga memberikan kepercayaan kepada desainer.

Dari perspektif praktis, gambar rangka memastikan konten halaman dan fungsionalitas diposisikan dengan benar berdasarkan kebutuhan pengguna dan bisnis.

Dan ketika proyek bergerak maju mereka dapat digunakan sebagai dialog yang baik antara anggota tim proyek untuk menyepakati visi dan ruang lingkup proyek.

b. Kekurangan Wireframe

Kemudian untuk kekurangan dari wireframe atau melakukan wireframing yaitu karena wireframes ini tidak termasuk desain, atau memperhitungkan implikasi teknis, maka tidaklah mudah bagi klien untuk memahami konsep tersebut.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

Perancang juga harus menerjemahkan gambar kerangka menjadi sebuah desain, sehingga komunikasi untuk mendukung bingkai gambar ini sering diperlukan untuk menjelaskan mengapa elemen halaman diposisikan sebagaimana adanya.

Selain itu juga, ketika konten ditambahkan, pada awalnya mungkin terlalu banyak untuk masuk dalam layout (tata letak) wireframe, sehingga desainer dan copywriter perlu bekerja sama untuk membuat mereka cocok.

Kenapa Wireframe atau Bingkai Kerangka Gambar Penting?

Jika kalian yang sedang membaca tulisan Kami disini, kebetulan sedang bertanya-tanya kenapa wireframe atau wireframing ini penting, maka dapat Kami katakan disini bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Kenapa? Tentu saja disini Kami akan menjelaskan tentang pentingnya wireframe terutama untuk proyek Anda.

Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas, wireframe mirip dengan blueprint sebuah bangunan, kerangka gambar menentukan rincian seluruh proyek pada tahap awal sebagai deskripsi sebuah project (proyek).

Intinya adalah karena mereka sederhana dan cepat untuk menggambar, wireframe sering digunakan untuk acara-acara informal, seperti komunikasi internal.

Walaupun demikian, hal tersebut tidak dapat digunakan sebagai bahan user research (pengujian pengguna).

Kesimpulan

Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian Wireframe, Apa itu Kerangka Gambar atau Foto?, Tujuan, Jenis, Elemen, Kelebihan dan Kekurangannya serta Kenapa itu Penting di atas, sekarang dapat kita simpulkan bahwa bingkai, kerangka gambar (foto) atau wireframe adalah sebuah skema, blueprint (cetak biru) yang berguna untuk membantu Anda dan programmer dan desainer Anda berpikir dan berkomunikasi tentang struktur perangkat lunak atau situs web yang Anda bangun. Ini seperti kerangka grafis dari sebuah situs web, yang memandu konten dan konsep halaman, dan membantu para desainer dan klien untuk mendiskusikan detail dari bangunan situs web.

Wireframe terdiri dari garis, kotak, dan warna abu-abu. Tata letak hitam-putih dapat dengan mudah menyajikan kelompok informasi utama, gambaran garis besar struktur dan tata letak, dan mengekspresikan visual utama dari antarmuka pengguna.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami sampaikan dalam postingan yang membahas mengenai Pengertian Wireframe, Apa itu Kerangka Gambar atau Foto?, Tujuan, Jenis, Elemen, Kelebihan dan Kekurangannya serta Kenapa itu Penting kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan bisnis kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar