Screenwriting: Pengertian, Apa itu Screenwriter, Scriptwriter, dan Screenplay? Jenis, Macam, Contoh Sofware, Cara, serta Langkah Menulisnya!

Gambar Pengertian Dari Screenwriting Apa Itu Screenwriter Scriptwriter Dan Screenplay Jenis Macam Fungsi Dan Peran Contoh Software Cara Serta Langkah Menulisnya Yang Baik
Gambar Pengertian Dari Screenwriting Apa Itu Screenwriter Scriptwriter Dan Screenplay Jenis Macam Fungsi Dan Peran Contoh Software Cara Serta Langkah Menulisnya Yang Baik

Memahami Pengertian Screenwriting, Apa itu Screenwriter, Scriptwriter, dan Screenplay? Jenis, Macam Fungsi dan Peran, Contoh Software, Cara, serta Langkah Menulisnya yang Baik!

Ya, setiap orang punya cerita untuk diceritakan.

Tetapi jika cerita Anda memiliki drama, pemeran karakter yang penuh warna, dan alur naratif yang cocok untuk film atau acara televisi serial, khususnya permainan video atau digital game (silahkan baca selengkapnya tentang pengertian dari digital game dan design di sini) yang populer sekarang ini, maka menjadi profesional screenwriter mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan berkembangnya teknologi animasi 3D, seperti banyak istilah baru bermunculan, misalnya seperti Animation Intelligence dan yang akan kita bahas kali ini yaitu terkait dunia film dan permainan video, yakni screenwriting.

Saat menulis skripnya, skenario Anda harus dengan benar menceritakan keseluruhan cerita film Anda dari awal hingga akhir karena ini adalah konsep dari plot dan pengembangan karakter sebelum film menjadi hidup di layar.

Oke baiklah, berkenaan akan hal itulah dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian screenwriting secara lebih detail dan lengkap.

Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Screenwriting

Berarti penulisan naskah (dalam bahasa Indonesia) dan dikenal dengan istilah lain script-writing, screenwriting adalah proses penulisan cerita dalam media skenario seperti penulisan gerakan, tindakan, ekspresi, dan dialog para tokoh dalam skenario, dalam format skenario.

Proses menulis novel, puisi, atau esai, sama sekali berbeda dari penulisan naskah atau screenwriting ini.

Untuk mengekspresikan diri Anda secara efektif di layar, diperlukan metode pemformatan tertentu.

Format skenario digunakan untuk mengekspresikan cerita secara visual.

Penulis naskah (screenwriter) atau penulis skenario (script writer) menulis untuk film, televisi, video game, dan sekarang bahkan serial web online seperti Webtoons yang ramai di kalangan anak muda.

Penulisan naskah dapat dilakukan untuk disewa atau spekulasi dengan harapan untuk menjual skenario mereka atau mencari agen.

Ya, kira-kira seperti itulah.

Selain itu, seperti yang juga dijelaskan dari Situs Wikipedia, arti dari screenwriting (penulisan naskah) ini merupakan suatu seni dan kerajinan menulis naskah untuk media massa seperti film layar lebar, produksi televisi atau video game.

Apa itu Screenwriter atau Script-Writer?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Screenwriter Scriptwriter Dan Screenplay Dalam Membahas Arti Screenwriting
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Screenwriter Scriptwriter Dan Screenplay Dalam Membahas Arti Screenwriting

Kemudian, ada juga yang dikenal dengan screenwriter atau script-writer.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih merujuk kepada istilah screenwriting.

Penulis skenario atau screenwriter adalah seseorang yang bekerja di bidang penulisan untuk media hiburan seperti film, serial televisi, video game, dan serial web.

Tugas mereka adalah membuat atau mengadaptasi cerita ke dalam berbagai media.

Terkait hal teknis, adapun nama lainnya yaitu script-writer yang juga dikenal dengan scriptwriters, atau scenarists.

Dalam hal nomenklatur yang disukai, dan untuk konsistensi pembahasan terkait teknologi video di website Rifqi Mulyawan, Kami pribadi lebih menyukai sebutan “screenwriter” dibandingkan istilah atau akronim lainnya.

Masih ragu? Jika kalian ragu, cukup katakan saja “penulis atau writers” untuk menyebut perannya.

Apa itu Screenplay?

Dalam membahas tentang pengertian screenwriting, perlu kalian ketahui bahwa istilah tersebut tidak terlepas dari akronim screenplay.

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan screenplay?

Berarti skenario (dalam bahasa Indonesia) dan sering dikenal sebagai script (naskah), screenplay adalah tulisan yang dibuat oleh penulis skenario untuk film, acara televisi, atau permainan video (digital game).

Baca Juga :  Text Preprocessing: Pengertian, Apa itu NLTK Library? Macam Tahapan Basic (Dasar) serta Contoh Simple dan Kodenya!

Screenplay ini dapat asli atau adaptasi dari materi yang diterbitkan sebelumnya.

Gerakan, tindakan, ekspresi, dan dialog karakter juga dijelaskan di dalamnya.

Terkait jenis macamnya, ada juga teleplay yang merupakan skenario yang secara eksplisit diproduksi untuk televisi.

Skenario, naskah film adalah seperti template (baca pengertian template di sini) atau cetak biru untuk setiap film fitur, acara televisi, atau permainan video.

Tindakan karakter, bahasa, gerakan, dan arah panggung semuanya termasuk dalam skrip.

Format penulisan naskah yang digunakan dalam naskah film memiliki seperangkat norma standar industrinya sendiri, yang sedikit berbeda dari gaya penulisan naskah yang digunakan dalam naskah syuting.

Skrip syuting (shooting script) adalah versi pra-produksi dan produksi yang diformat dengan lebih tepat untuk mengubah skenario menjadi film.

Ya, arah kamera, isyarat musik, dan transisi semuanya dapat disertakan dalam versi ini.

Jenis-Jenis dari Screenwriting

Agar kita dapat lebih memahami tentang pengertian dari screenwriting, pastinya kita juga harus mengetahui terkait apa saja jenis-jenis tipenya.

Benar! Seorang screenwriter atau penulis naskah yang baik sebenarnya dapat menulis berbagai hal di luar naskah film tradisional Anda.

Adapun beberapa jenis tipe screenplay yang ditulis oleh seorang screenwriter atau script-writer termasuk:

  • Film berdurasi panjang
  • Film pendek
  • Serial televisi
  • Serial web (seperti Webtoon, Anime, Kartun, dan lain sebagainya)
  • Iklan televisi dan radio
  • Drama panggung
  • Permainan komputer

Sebagian besar penulis skenario juga berspesialisasi dalam genre, seperti:

  • Aksi
  • Komedi
  • Drama
  • Fantasi
  • Horor
  • Fiksi ilmiah

Banyak penulis skenario tahu cara menulis berbagai genre dan untuk film atau TV.

Cara seorang penulis skenario akan mendekati pekerjaan mereka akan sangat bervariasi tergantung pada proyek spesifik yang mereka lakukan.

Macam Fungsi dan Peran Screenwriter dalam Screenwriting

Dalam membahas terkait pengertian screenwriting, dalam subbagian ini Kami juga akan menerangkan beberapa macam fungsi dan peran screenwriter atau script-writer.

Yup! Menulis untuk film dan televisi adalah impian banyak orang, untuk itulah kita perlu memahami peran seorang penulis dalam film dan TV.

Dalam hal itu, Anda harus menjadi pemecah masalah (troubleshooter), seorang imagineer, penjaga perdamaian, kolaborator, kompromi, dan banyak hal lainnya.

Penulis skenario menulis dan mengembangkan skenario untuk film atau drama TV.

Mereka melakukan ini baik berdasarkan ide orisinal, dengan mengadaptasi cerita yang ada ke dalam skenario atau dengan bergabung dengan proyek yang ada (TV).

Penulis skenario menyiapkan naskah mereka dengan cara yang memungkinkan pembaca membayangkan latar, emosi, dan cara kerjanya di layar.

Mereka berkolaborasi dengan produser, sutradara dan aktor untuk menyusun dan merancang ulang naskah mereka, seringkali bekerja dengan tenggat waktu yang ketat.

Penulis skenario hampir selalu adalah pekerja lepas (freelancer).

Dalam dunia per-filman, pada awalnya, penulis skenario mengembangkan kira-kira tiga draf skenario, dengan yang ketiga dikenal sebagai “pemoles”.

Di mana ini adalah versi yang diajukan ke produser atau studio film atau, seorang penulis skenario dapat ditugaskan oleh produser atau studio untuk membuat skenario.

Setelah skenario diambil oleh studio, lebih banyak penulis skenario dapat dibawa untuk bekerja dengan produser pengembangan untuk menyiapkannya untuk produksi.

Dalam hal ini, setiap penulis skenario baru dapat berbagi kredit dengan penulis skenario asli, atau mereka dapat dikreditkan untuk dialog tambahan, atau sebagai konsultan cerita.

Dalam beberapa kasus, penulis skenario asli dapat digantikan seluruhnya oleh penulis skenario lain.

Contoh Software atau Perangkat Lunak untuk Screenwriting bagi Screenwriter atau Script-Writer

Ilustrasi Gambar Contoh Software Program Perangkat Lunak Screenwriting Dan Bagaimana Cara Langkah Memulai Menulisnya
Ilustrasi Gambar Contoh Software Program Perangkat Lunak Screenwriting Dan Bagaimana Cara Langkah Memulai Menulisnya

Berpikir secara visual tidak selalu mudah.

Melanggar kebiasaan menggambarkan apa yang karakter rasakan tidak selalu menjadi kebiasaan, dan mengetahui cara mengatur kecepatan adegan untuk layar sama menantangnya.

Untungnya, pemformatan skenario dasar membantu memperbaiki ini, terlebih dengan berkembangnya bidang teknologi video seperti Animation Intelligece banyak perangkat lunak yang dapat kita manfaatkan.

Baca Juga :  Strategic Alignment: Pengertian, Apa itu Keselarasan Strategis dan IT? Tujuan, Fungsi, Macam Manfaat, Cara Mendapatkan, Mencapai, Cara Survei, dan Pentingnya!

Pemformatan membantu geografi, slugline atau judul adegan memberi tahu pembaca di mana aksi itu terjadi, dan garis aksi memberi tahu kita apa yang dilakukan para aktor

Formatting atau pemformatan ini memberi tahu pembaca di mana karakter berada, atau bahkan ke mana Anda membawa audiens Anda selain sebagai komponen utama belajar menulis untuk media visual.

Berikut ini adalah beberapa contoh software atau perangkat lunak untuk screenwriting, khususnya bagi screenwriter atau script-writer:

  • StudioBinder
  • Final Draft 10
  • Movie Magic Screenwriter
  • Celtx
  • WriterDuet
  • Highland
  • Fade In
  • Scrivener
  • KIT Scenarist

Cara dan Langkah Memulai Menulis Screenwriting yang Baik

Ilustrasi Gambar Dari Naskah Atau Screenplay
Ilustrasi Gambar Dari Naskah Atau Screenplay

Lalu, bagaimana cara dan langkahnya untuk memulai menulis screenwriting?

Ya, terlebih jika Anda ingih memulai karir sebagai seorang screenwriter professional, memulai belajar menulisnya merupakan suatu kewajiban yang perlu kalian lakukan.

Memang, tidak ada buku aturan yang pasti untuk memandu penulis skenario menuju ketenaran dan kekayaan di Hollywood.

Namun, ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk memposisikan diri Anda dengan lebih baik untuk sukses.

Ingatlah bahwa banyak penulis baru tidak dapat bertahan hidup hanya dengan penulisan skenario (screenplay), banyak yang memiliki pekerjaan paruh waktu (freelance) untuk menghidupi diri mereka sendiri.

Oke langsung saja, berikut ini adalah cara, langkah panduan untuk memulai melakukan screenwriting untuk menjadi screenwriter atau script-writer professional:

  1. Mulailah menulis; Jika mengejar karir dalam penulisan skenario adalah yang Anda inginkan, maka dekati pekerjaan Anda seperti karir lainnya, dedikasikan setiap hari untuk keahlian Anda. Mulailah menulis, dan teruslah menulis. Anda harus selalu mengerjakan draf pertama dari sesuatu.
  2. Pelajari konsep bisnisnya; Berlangganan publikasi perdagangan untuk mempelajari tentang acara televisi apa yang diambil, skrip apa yang dijual, dan siapa yang berada di balik proyek tersebut. Anda juga harus membaca skenario, sebanyak yang bisa Anda dapatkan. Mempelajari cara kerja penulis skenario lain adalah cara terbaik untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan.
  3. Pertimbangkan pilihan tempat; Untuk menjadi penulis skenario yang serius, Anda harus tinggal di tempat pekerjaan itu terjadi. Kota Los Angeles adalah pusat industri film Amerika. Di sinilah studio, perusahaan produksi, dan agensi berada. Selain itu, kota New York juga merupakan rumah bagi banyak perusahaan produksi dan sangat cocok untuk penulis skenario yang ingin bekerja di film independen dan acara bincang-bincang.
  4. Temukan mentor; Bimbingan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pijakan di industri ini. Temukan seseorang untuk membuat Anda bertanggung jawab atas tulisan Anda. Ada juga program bimbingan untuk calon penulis skenario, seperti Sundance Institute, program mentoring penulis CBS dan penulis universal NBC di Verge Program.
  5. Mencoba pekerjaan di industri film; Well, saran Kami ambillah pekerjaan terkaitnya, itu bisa jadi pekerjaan apa saja. Bekerja sebagai asisten adalah cara yang bagus untuk menjalin hubungan dengan para eksekutif dan rekan-rekan Anda. Pencipta dan penulis Grey’s Anatomy Shonda Rhimes mengatakan bahwa pekerjaan asisten adalah ritus peralihan bagi setiap penulis skenario yang bercita-cita tinggi.
  6. Terus lanjutkan belajar; Mengejar gelar sarjana dalam penulisan skenario bukanlah langkah yang diperlukan untuk menjadi penulis skenario. Ada banyak sekolah yang menawarkan program MFA cukup hanya 2 (dua) tahun. Ini adalah cara yang bagus untuk belajar tentang struktur dan bentuk penulisan naskah. Memperoleh MFA juga memberi lulusan kemampuan untuk mengajar. Cara lain untuk membangun keterampilan dan latihan adalah dengan mengikuti kursus penulisan skenario. Buku skenario juga dapat membantu.
  7. Bergabunglah dengan grup penulis; Bentuk ruang penulis simulasi dengan penulis lain. Diskusikan dan debat ide plot untuk acara televisi saat ini, dan buat episode mendatang. Ini adalah cara yang bagus untuk berbagi ide, bekerja sama, dan berlatih menulis kreatif.
  8. Buat portofolio; Buat berupa website atau menggunakan platform (baca selengkapnya arti platform di sini) di media sosial seperti di LinkedIn. Namun, ingatlah bahwa Anda tidak membutuhkan seseorang untuk mempekerjakan Anda untuk menulis. Teruslah membangun portofolio sehingga ketika seseorang bertanya apa yang sedang Anda kerjakan, Anda memiliki kumpulan pekerjaan untuk mempresentasikannya. Penting juga untuk menyiapkan sinopsis dan surat permintaan untuk setiap proyek Anda.
  9. Bangun tim dukungan Anda; Penting untuk memiliki profesional industri untuk membantu mengarahkan karir Anda. Seorang manajer akan membantu Anda mengembangkan dan memasarkan skrip Anda. Seorang agen akan membantu Anda menemukan peluang kerja dan menegosiasikan kontrak.
  10. Jual screenplay atau skrip Anda; Ada beberapa cara agar pekerjaan Anda terlihat. Jalin hubungan dengan produser dan eksekutif kreatif melalui situs web seperti IMDB Pro. Unggah skenario Anda ke database online seperti InkTip, dan kirimkan proyek Anda ke festival film.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Negosiasi: Menurut Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Jenis dan Contohnya!

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup tercerahkan sekarang untuk pembahasan terkait screenwriting di atas.

Berdasarkan pembahasan dari Pengertian Screenwriting, Apa itu Screenwriter, Scriptwriter, dan Screenplay? Jenis, Macam Fungsi dan Peran, Contoh Software, Cara, serta Langkah Menulisnya yang Baik di atas, dapat kita simpulkan secara umum bahwa mereka merupakan proses penulisan kisah dalam media skenario seperti penulisan detail cerita dalam formatnya.

Saat menonton film, terutama yang jelas-jelas memiliki nilai produksi tinggi, penulis skenario terkadang bisa diabaikan. Produser, sutradara, atau bahkan artis VFX, sering mendapatkan semua pujian.

Setiap orang memiliki pemahaman umum tentang apa yang dilakukan penulis skenario “secara teknis”. Tetapi sangat sedikit orang yang benar-benar tahu apa sebenarnya proses sehari-hari itu.

Di tahun 2022 sekarang ini, pembuatannya lebih dimudahkan dengan menggunakan software, terlebih sebagai bukti kemajuan dari teknologi video.

Tapi, mengapa menggunakan perangkat lunak skenario atau screenwriting software program?

Jika Anda ingin dianggap serius sebagai penulis skenario, Anda harus mengikuti format skenario standar.

Perangkat lunak penulisan skenario menangani pemformatan sehingga Anda dapat fokus pada kata, karakter, dan cerita, serta karya kreatif penulisan yang sebenarnya.

Betul! Yang perlu Anda khawatirkan hanyalah membuat adegan yang menarik.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, di mana Kami membahas tentang Pengertian Screenwriting, Apa itu Screenwriter, Scriptwriter, dan Screenplay? Jenis, Macam Fungsi dan Peran, Contoh Software, Cara, serta Langkah Menulisnya yang Baik.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang umum, bisnis, dan teknologi video.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar