Memahami Pengertian Akun Premium: Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Cara Upgrade serta Apakah Mereka Setimpal?

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Akun Premium Apa Itu Premium Account Manfaat Contoh Cara Upgrade Dan Apakah Itu Layak Dan Setimpal Untuk Digunakan
Ilustrasi Gambar Pengertian Akun Premium Apa Itu Premium Account Manfaat Contoh Cara Upgrade Dan Apakah Itu Layak Dan Setimpal Untuk Digunakan

Tahukah Kalian, Pengertian Akun Premium, Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Bagaimana Cara Upgrade dan Apakah itu Layak dan Setimpal? Benar, seringkali kebanyakan dari kita sering bertanya, apakah layak beralih dari paket free (gratis) menjadi premium (atau gold, star, pro, dan lain-lain) dengan biaya mingguan, bulanan atau tahunan? Ya, sangat umum bagi banyak konsumen untuk tetap bertahan menggunakan free account saja.

Akun-akun ini biasanya merupakan akun basic (dasar), memungkinkan Anda untuk menggunakan sebuah fitur dan layanan standar (misalnya seperti bank, software atau web-app dan lainnya), dimana tidak ada keuntungan tambahan yang didapatkan dari apa yang ditawarkan oleh paket gold atau premium. Terkait hal itu, dalam potingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian akun premium (account). Berikut adalah ulasannya.

Pengertian Akun Premium

Sering dikenal dengan istilah premium account, akun premium adalah tipe atau jenis akun yang memberi Anda akses ke konten, service (layanan) yang paling populer, ditambah fitur mengagumkan lainnya seperti download dan print.

Biasanya, Anda dapat meningkatkan atau upgrade akun Anda menjadi premium setelah memenuhi persyaratan yang disediakan oleh penyedia layanan.

Anda juga dapat memulai untuk mendapatkannya dengan berlangganan (seperti berbayar per-mingguan, bulanan atau tahunan).

Apa itu Premium Account?

Ilustrasi Gambar Premium Account Adalah Serta Apa Saja Manfaat Dan Keuntungan Menggunakannya
Ilustrasi Gambar Premium Account Adalah Serta Apa Saja Manfaat Dan Keuntungan Menggunakannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimakud dengan premium account ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan sebutan akun premium, gold, star atau pro terutama dalam istilah di negara Indonesia.

Pada intinya, premium account atau paket dengan biaya mingguan, bulanan dan tahunan ini menawarkan berbagai fasilitas dan keuntungan yang berbeda kepada pemegang atau user (pengguna).

Biaya bulanan ini umumnya tertera dalam jumlah harga tertentu.

Jumlah yang Anda bayarkan bervariasi bergantung pada provider yang bersangkutan dan jenis fasilitas apa yang ditawarkan.

Ada berbagai macam manfaat berbeda yang ditawarkan dengan akun premium mulai dari konten populer hingga fitur money-back (uang kembali) untuk pembelian sebagai contoh pada akun premium yang disediakan oleh bank.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Akun Premium (Account)

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian akun premium (account) di atas, adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan apa saja manfaat dan keuntungan dalam menggunakannya.

Benar, terlepas dari itu semua, perlu kalian ketahui bahwa manfaat yang menyertai akun sering kali dipasarkan sebagai gratis.

Walaupun tetapi pada kenyataannya Anda membayarnya dengan biaya, mingguan (weekly), bulanan (monthly) atau tahunan (yearly) Anda.

Memang, kontroversi seputar penggunaan account atau akun premium seringkali dipermasalahkan.

Apakah mereka benar-benar memberikan nilai dan kelayakan terkait penggunaannya sendiri.

Biasanya, paket akun premium, gold, star atau pro pasti sepadan dengan biayanya.

Baca Juga :  8+ Istilah dalam User Experience yang Harus Anda Ketahui

Terutama jika Anda akan memanfaatkan sepenuhnya apa saja manfaat yang ditawarkannya.

Penting untuk melakukan beberapa perhitungan untuk mengetahui apakah akun premium akan bernilai sama dengan atau lebih dari biaya pengeluaran mingguan, bulanan atau tahunan untuk Anda secara individu.

Fasilitas sebenarnya akan sepadan dengan uangnya, jika tidak lebih baik dari nilai retail (eceran) standar, mereka mungkin bukan sesuatu yang Anda butuhkan.

Beberapa akun premium (account) akan menawarkan versi gratis dari fitur berbayarnya serta manfaat lainnya, tetapi tidak ada gunanya membayar, jika Anda hanya memerlukan fungsi gratis dari sebuah layanan.

Itu tergantung bagaimana cara menemukan kombinasi yang cocok untuk bisnis Anda.

Untuk manfaat dan keuntungannya sendiri, biasanya Anda akan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Akses gratis ke fitur berbayar.
  • Bonus kredit untuk pelanggan akun premium pertama kali.
  • Mendapatkan prioritas dan dapat melakukan kostumisasi.
  • Terhindar dari pembatasan
  • Support atau dukungan pelanggan obrolan langsung.
  • Mendapatkan kesempatan untuk gift atau reward (hadiah).
  • Akses eksklusif ke area membership.
  • Dan lain sebagainya.

Contoh Akun Premium (Account) yang Populer

Gambar Contoh Akun Premium Account Dan Macam Macam Platformnya
Gambar Contoh Akun Premium Account Dan Macam Macam Platformnya

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian account atau akun premium, pastinya kita juga harus mengetahui seperti apa contohnya bukan?

Perlu Kami tekankan disini bahwa setiap penyedia layanan yang memberikan fitur premium, gold, star atau pro dengan fitur dan fungsi yang berbeda dari standarnya.

Di bawah ini akan Kami jelaskan lebih lanjut apa saja contoh premium account populer dan sering digunakan yang harus kalian ketahui.

a. Canva Pro (Paid Subscribtion)

Contoh akun premium yang pertama adalah Canva Pro, ini adalah paket premium Canva yang dilengkapi dengan fitur tambahan termasuk penyimpanan unlimited (tak terbatas) untuk foto dan aset.

Anda dapat mengunggah gambar Anda sendiri dan mengakses jutaan foto mulai dari $1 (sekitar Rp. 14.000) untuk harganya.

Anda juga akan mendapatkan akses eksklusif ke 400.000 foto, ilustrasi, dan templat (baca pengertian templat disini) gratis.

Ini dapat digunakan oleh guru, bisnis dan marketer (pemasar), siswa, desainer, fotografer, dan organisasi nirlaba.

Dari mana pun Anda berasal, Canva Pro pasti akan mengejutkan Anda.

Bagi mereka yang baru mengenal Canva, itu adalah alat desain grafis yang memungkinkan Anda berkolaborasi dan membuat grafik serta mengedit foto dalam jenis dan jenis apa pun.

Canva memiliki beberapa templat dan perpustakaan besar berisi gambar, vektor, ikon, desain, dan foto yang dapat Anda gunakan untuk membuat semua jenis karya visual.

Anda dapat memilih dari banyak koleksi desain termasuk media sosial, presentasi, selebaran, poster, kartu, spanduk blog, grafik presentasi, kop surat, sampul majalah, sertifikat, resume, sampul buku, wallpaper, sampul CD, brosur, kartu pos, dan banyak lagi yang lainnya.

Desain ini dikategorikan berdasarkan cara Anda menggunakan Canva untuk bekerja.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda menggunakannya untuk pemasaran atau digital marketing (baca pengertian digital marketing disini), Anda dapat memilih desain dari kategori pemasaran.

Jika Anda menggunakan Canva for Work untuk pendidikan, Anda dapat memilih desain yang relevan dari kategori Pendidikan.

Ini menawarkan kepada Anda berbagai templat, desain, ilustrasi, bentuk, foto, dan ikon untuk dipilih.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Mention: Apa itu @Mentions? Cara Melacak, Menafsirkan dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial!

Pengalaman Anda disesuaikan berdasarkan desain yang telah Anda buat.

Anda akan mendapatkan templat dan desain relevan yang akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Lihat harga akun Canva Pro disini!

b. LinkedIn Premium

Contoh berikutnya yaitu adalah LinkedIn Premium, ini adalah tingkat langganan berbayar dari situs jejaring profesional yang paling banyak digunakan.

LinkedIn merupakan situs web media sosial yang berfokus pada karier terbesar di web.

Meskipun situs ini gratis untuk digunakan, ada banyak fitur yang hanya tersedia jika Anda berlangganan LinkedIn Premium.

Ini adalah versi upgrade berbayar yang bisa Anda dapatkan untuk akun LinkedIn Anda.

Arti premium disini terutama ditujukan untuk para pencari kerja, perekrut, dan mereka yang ingin mendapatkan klien baru untuk bisnis mereka.

Harga tahunan berkisar dari $29,99/bulan hingga $99,95/bulan, dengan uji coba gratis 1 bulan tersedia untuk semua anggota LinkedIn.

c. YouTube Premium

Contoh akun atau premium account yang terakhir adalah YouTube Premium, ini adalah layanan langganan bulanan yang menjanjikan untuk meningkatkan pengalaman menonton Anda di platform (baca pengertian platform disini) video terbesar di internet.

YouTube Premium merupakan layanan langganan berbayar, dimana mereka menawarkan tampilan bebas iklan dari semua video, pemutaran offline, dan eksklusif, konten berbayar yang dibatasi (berpenghalang) yang terutama dibuat oleh tokoh YouTube terkenal.

Untuk pelanggan AS, saat ini biayanya $11,99 per bulan, dan ini termasuk langganan YouTube Music Premium.

Untuk di Indonesia sendiri, harga premium subscribtion YouTube adalah berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 200.000.

Bagaimana Cara Upgrade (Meningkatkan) Menjadi akun Premium?

Kemudian, bagaimana cara upgrade atau meningkatkan dan mengubah level akun Anda menjadi akun premium?

Untuk caranya sendiri, biasanya kalian dapat mengikuti panduan lengkap dari masing-masing penyedia service atau layanan.

Sebagai contoh, misalnya pada YouTube Premium dan Spotify Premium.

Spotify dulu mengizinkan pengguna secara langsung membayar dalam iOS untuk paket tingkat Premium-nya.

Beberapa perusahaan mulai membatasi akun baru agar hanya dapat meningkatkan (meng-upgrade) melalui situs websitenya.

Terlebih karena seingkali ada praktik yang terbilang tidak adil seperti mengambil potongan dari langganan melalui cara tertentu (iOS misalnya).

Pada umumnya, cara yang dapat Anda gunakan untuk mulai berlangganan atau memperbarui dan meningkatkan (upgrade) akun menjadi premium adalah dengan:

  • Membuka website penyedia service atau layanan dan masuk dengan kredensial Anda (atau dengan cara mendaftar).
  • Pilih menu premium, upgrade atau subscribtion.
  • Biasanya akan ada pilihan trial atau uji coba gratis.
  • Masukkan info kartu kredit atau debit Anda, lalu klik mulai uji coba dalam rentang waktu, mingguan, bulanan atau tahunan Anda sekarang.
  • Selesai.

Apakah Akun Premium atau Account dan Paid Subscribtion Layak dan Setimpal untuk Digunakan?

Lalu, apakah akun premium dan langganan berbayar (paid subscribtion) layak serta setimpal untuk kita gunakan?

Ya, jika kalian yang sedang kebingungan dan bertanya-tanya tentang masalah ini, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami akan menjelaskan pertimbangannya disini!

Memang, ini merupakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab secara langsung.

Hal ini akan tergantung pada akun yang bersangkutan, berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan seberapa besar Anda manfaat yang disertakan dalam paketnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Technopreneur (Teknopreneur): Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses!

Satu hal yang dapat Anda pertimbangkan yaitu jika Anda ingin memeriksa apakah Anda akan mendapatkan nilai dan manfaat terbaik untuk uang atau tidak, terutama dari nilai retail serta eceran rata-rata dari keuntungan yang ditawarkan.

Perhatikan juga, jika Anda akhirnya membayar lebih sedikit per bulan untuk akun Anda daripada yang Anda bayarkan untuk keuntungan yang didapat.

Tentu saja, itu semua juga tergantung pada apakah Anda benar-benar menginginkan atau membutuhkan manfaat terkait pada awalnya.

Jangan biarkan diri Anda tertekan untuk membayar rekening akun premium yang dilengkapi dengan sejumlah tambahan yang tidak pernah Anda manfaatkan.

Hal yang sama berlaku jika, misalnya seperti premium account yang dilengkapi dengan security (keamanan) yang Anda perlukan tetapi juga disertai berbagai hal lain yang tidak Anda butuhkan.

Biasanya Anda dapat mendapatkan penawaran bagus untuk layanan yang kemudian akan sebanding dengan apa yang Anda bayarkan untuk tambahan yang tidak Anda gunakan.

Saran Kami, bandingkan terlebih dahulu premium account atau paket secara online.

Dengan begitu, maka Anda akan dapat mempertimbangkan berbagai manfaat yang ditawarkan dengan setiap jenisnya akun yang ada.

Kalian juga bisa melihat beberapa review yang diulas oleh beberapa pengguna sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Akun Premium, Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Bagaimana Cara Upgrade dan Apakah itu Layak dan Setimpal di atas, dapat kita simpulkan bahwa account atau akun premium adalah akun khusus yang memungkinkan Anda untuk mengakses layanan khusus yang digunakan oleh sebuah platform.

Ini menggantikan konsep “paid subscribtion account” yang mengacu pada akun pengguna yang telah membayar atau berlangganan layanan premium selama periode tertentu misalnya weekly (mingguan), monthly (bulanan) ataupun yearly (tahunan).

Penutup

Demikianlah postingan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Akun Premium, Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Bagaimana Cara Upgrade dan Apakah itu Layak dan Setimpal. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahami dunia teknologi dan marketing bisnis.

Silahkan share, like dan subscribe milis blog serta YouTube Kami untuk referensi dan informasi serta tips dan trik teknologi lainnya. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar