Apa itu Listicle? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya! Kenapa Listikel Efektif serta Apa Faktor Penyebabnya?

0
Gambar Apa Itu Listicle Pengertian Jenis Contoh Dan Kenapa Listikel Dapat Menjadi Lebih Efektif Serta Apa Saja Faktor Penyebabnya
Gambar Apa Itu Listicle Pengertian Jenis Contoh Dan Kenapa Listikel Dapat Menjadi Lebih Efektif Serta Apa Saja Faktor Penyebabnya

Tahukah Anda, Apa itu Listicle? Pengertian, Jenis, Contoh dan Kenapa Listikel dapat Menjadi Lebih Efektif serta Faktor Penyebabnya. Listticle mewakili artikel yang disajikan dalam bentuk daftar, ini mewakili cara yang populer untuk berbagi informasi di era digital terutama seperti di tahun 2020 seperti sekarang ini. Mereka merupakan cara yang fleksibel untuk menyajikan ide, apakah Anda sedang menulis posting blog (baca pengertian blog disini) yang ringan untuk dibaca atau artikel berita yang penuh informasi.

Untuk menulis sebuah listicle yang efektif, dasarnya adalah dengan memulai mempersempit topik Anda dan memilih format apa yang terbaik untuk digunakan. Kemudian, Anda dapat menyusun isi dari listicle Anda, menggunakan strategi populer untuk membuat konten yang bagus. Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian listicle, apa saja jenis serta contohnya. Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Listicle

Juga dikenal dengan list-post, listikel atau listicle adalah istilah informal untuk artikel yang terdiri dari serangkaian fakta, kiat, kutipan, atau contoh yang disusun berdasarkan tema tertentu berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Toughtco.

Listicles, mereka dapat diberi nomor atau bullet (tanda titik tebal). Ini sangat umum disajikan pada blog dan artikel online lainnya. Listicle adalah campuran (atau portmanteau) dari kata list (daftar) dan article (artikel).

Apa itu List Article?

Lalu apa itu yang dimaksud dengan list-article? Benar! Ini merupakan kepanjangan dari listicle (listikel), list article adalah artikel yang dibuat dari daftar, biasanya dengan semacam detail ekstra untuk setiap item, namun formatnya fleksibel.

Anda bisa menulis listicle yang tidak lebih dari judul, lima sub-judul untuk setiap item daftar, dan gambar atau gif di bawah masing-masing. Di sisi lain, jenis penulisan artikel ini dapat digunakan sebagai kerangka kerja untuk membuat topik yang rumit lebih mudah dipahami.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Engagement (Keterlibatan): Definisi, Sejarah, Cara Ukur, Mendapatkan dan Contohnya!

Subjek yang Anda tulis bisa secara harfiah apa saja. Bahkan jika tidak ada daftar yang secara alami cocok dengan topik yang diberikan, Anda dapat membuatnya dengan melihat subjek dengan sudut tertentu.

Jenis-Jenis Listicle

Agar lebih memahami tentang apa itu listicle (listikel), maka kita juga harus mengetahui bagaimana jenis-jenis mereka bukan?

Ya! Adapun jenis-jenis listicle yang pada umumnya sering digunakan adalah sebagai berikut.

1. General Listicle

Jenis listicle yang pertama adlah general listicle. Saat menulis artikel ini, artikel harus digerakkan oleh gambar agar lebih mudah untuk disatukan. Ingat bahwa kurasi gambar adalah kunci dengan format listicle dan bahwa setiap titik pada daftar harus terhubung ke halaman produk dengan semua informasi yang diperlukan.

Adapun contoh judul dari general listicle ini adalah seperti:

  • 3 Mainan Kursi untuk Balita yang Unik
  • Ide Gaun Hitam Putih Invitee

2. Definitive Listicle

Daftar definitif membutuhkan sedikit lebih banyak riset dan penggalian. Setiap titik dalam daftar sedapat mungkin menampilkan gambar yang mendukung. Konten tidak perlu terikat dengan halaman produk Anda. Mereka dapat menyatu dengan konsep dan pengalaman yang terkait dengan merek dan produk Anda. Berpikirlah seperti penerbit ketika membuat daftar yang pasti.

  • 10 Film Komedi dan Drama Netflix Terbaik
  • 3 Cara untuk Memaksimalkan Fashion Anda

3. Framework Listicle

Mengingat bahwa format daftar Kerangka cenderung menjadi jenis artikel daftar BuzzFeed yang paling penting, pemasar konten eCommerce harus memberikan perhatian khusus pada konstruknya.

Prinsip intinya adalah bahwa Anda mengarahkan pembaca Anda di tajuk utama Anda dalam kata ganti orang kedua tunggal dan memusatkan daftar Anda di sekitar narasi atau solusi untuk suatu masalah sehingga jumlah akhir yang Anda terima hanya menambah struktur pada pesan inti.

  • 10 Cara untuk Mengelola Stres
  • 7 Gadget Futuristik yang Dapat Anda Beli di Tokopedia
Baca Juga :  Mengenal Pengertian BYOD: Apa itu? Ini Dia Definisi, Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan serta Kenapa itu Penting!

Contoh Listicle

Gambar Contoh Listicle Dalam Penjelasan Pengertiannya
Gambar Contoh Listicle Dalam Penjelasan Pengertiannya

Dalam membahas apa itu pengertian listicle (listikel), perlu kalian ketahui bahwa itu dapat hadir dalam berbagai macam bentuk. Saran Kami pribadi dalam menulisnya, langkah pertama Anda adalah mencari tahu format apa yang akan digunakan dalam listikel atau artikel daftar Anda.

Daftar sederhana seperti itu kedengarannya seperti daftar tujuan perjalanan, karya seni atau strategi content marketing (pemasaran konten) atau topik apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Di atas adalah gambar contoh listicle atau listikel sederhana (dalam format yang pada umumnya sering digunakan).

Kenapa Listicle Lebih Efektif? Apa Faktor Penyebabnya?

Ilustrasi Gambar Kenapa Listicle Dapat Dan Bisa Menjadi Lebih Efektif Serta Faktor Penyebabnya
Ilustrasi Gambar Kenapa Listicle Dapat Dan Bisa Menjadi Lebih Efektif Serta Faktor Penyebabnya

Terlepas daripada apa yang sudah Kami sampaikan dalam penjelasan apa itu listicle (listikel) di atas, kalian harus tahu bahwa artikel daftar ini merupakan salah satu jenis postingan blog yang paling efektif dan ampuh.

Lalu, mengapa listicle (listikel) dapat bekerja dengan lebih baik? Inilah beberapa faktor penyebab mengapa listicles tetap menjadi format posting blog yang populer:

  • Orang tergesa-gesa; Cara dengan poin yang sama dapat membantu orang dengan cepat memindai informasi yang paling penting, listicle mudah untuk mereka pindai untuk dikonsumsi, dimana hal tersebut membuatnya sempurna untuk orang-orang dengan rentang perhatian yang terbliang pendek.
  • Mudah untuk ditulis; Dari sudut pandang content creator (pembuat konten), listikel sangat mudah untuk ditulis (terutama dibandingkan dengan format postingan blog lainnya, seperti panduan utama dan studi kasus). Yang perlu Anda lakukan adalah daftar 10-20 item, isi beberapa kosong, dan Anda selesai. Tergantung pada daftar, kadang-kadang Anda hanya mengumpulkan item yang sudah kalian miliki.
  • Mudah dipratinjau (preview); Ada alasan bahwa sampul majalah menggunakan daftar bernomor dalam salinannya. Nomor tertentu membantu pembaca memahami apa tujuan mereka, sebelum mereka mengklik.
  • Komprehensif; Tidak semua posting daftar dapat ditangkap dan mudah diterima dengan baik. Kalau perlu, buat listicles yang menempatkan segala sesuatu yang perlu diketahui seseorang tentang sesuatu pada satu halaman. Sebagai contoh misalnya, lihat daftar faktor penting SEO untuk rangking pertama di tahun 2020 Kami.
Baca Juga :  Membahas Pengertian E-Commerce: Apa itu? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Komponen, Kelebihan Kekurangan dan Contohnya!

Kesimpulan

Baiklah, dari pembahasan Apa itu Listicle? Pengertian, Jenis, Contoh dan Kenapa Listikel dapat Menjadi Lebih Efektif serta Faktor Penyebabnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa listikel (artikel daftar) atau yang dikenal dengan list-post dan listicle adalah artikel yang ditulis dalam format berbasis daftar. Bentuknya yang paling umum adalah daftar pendek 10-20 daftar item yang didasarkan pada tema tertentu. Namun, listikel modern sering ditingkatkan dengan informasi tambahan di sekitar setiap item untuk membuatnya lebih berguna.

Anda dapat melihat referensi artikel daftar yang bagus seperti yang terdapat pada website Hipwee atau e-commerce lain pada umumnya. Dengan penjelasan di atas, sekarang kita dapat mulai menjalankan praktik penulisan listicle yang baik.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan kali ini, dimana Kami membahas tentang Apa itu Listicle? Pengertian, Jenis, Contoh dan Kenapa Listikel dapat Menjadi Lebih Efektif serta Faktor Penyebabnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian semua, terutama bagi kalangan bloggers.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar