Pengertian Virtual Machine (VM): Jenis, Tujuan dan Contoh Mesin Virtual

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Virtual Machine (VM) Atau Mesin Virtual
Ilustrasi Gambar Pengertian Virtual Machine (VM) Atau Mesin Virtual

Pengertian Virtual Machine (VM) atau Mesin Virtual adalah

Apa itu Virtual Machine (VM) atau Mesin Virtual? Virtual Machine (VM) adalah merupakan file Komputer, biasanya disebut gambar (Image), yang berperilaku seperti komputer yang sebenarnya. Dengan kata lain, membuat komputer di dalam komputer. Ini berjalan pada jendela, sama seperti program lain, memberikan pengguna akhir pengalaman yang sama pada mesin virtual seperti yang akan mereka miliki pada sistem operasi host itu sendiri.

Virtual Machine (VM) adalah sandbox dari sisa sistem, artinya perangkat lunak di dalam mesin virtual tidak dapat melarikan diri atau merusak komputer itu sendiri. Ini menghasilkan lingkungan yang ideal untuk menguji sistem operasi lain termasuk rilis beta, mengakses data yang terinfeksi virus, membuat cadangan sistem operasi dan menjalankan perangkat lunak atau aplikasi pada sistem operasi yang awalnya tidak dimaksudkan.

Beberapa mesin virtual atau Virtual Machine (VM) ini dapat berjalan secara bersamaan di komputer fisik yang sama. Untuk Server, beberapa sistem operasi berjalan berdampingan dengan perangkat lunak yang disebut hypervisor untuk mengelolanya, sementara komputer desktop biasanya menggunakan satu sistem operasi untuk menjalankan sistem operasi lain di dalam jendela programnya. Setiap Virtual Machine (VM) atau mesin virtual ini menyediakan perangkat keras virtualnya sendiri, termasuk CPU, memori, hard drive, antarmuka jaringan, dan perangkat lainnya. Perangkat keras virtual kemudian dipetakan ke perangkat keras nyata pada mesin fisik yang menghemat biaya dengan mengurangi kebutuhan sistem perangkat keras fisik bersama dengan biaya pemeliharaan terkait yang menyertainya, ditambah mengurangi permintaan daya dan pendinginan.

Baca Juga :  Pengertian Traffic (Lalu Lintas) pada Website dan Cara Memonitornya

Virtual Machine (VM) atau Mesin virtual menjadi lebih umum dengan evolusi teknologi virtualisasi. Mesin virtual sering dibuat untuk melakukan tugas tertentu yang berbeda dari tugas yang dilakukan di lingkungan host.

Tujuan Penggunaan Virtual Machine (VM)

Virtual Machine (VM) berguna untuk bereksperimen dengan berbagai sistem operasi dan aplikasi tanpa harus menginstalnya pada perangkat keras fisik Anda. Misalnya, Anda dapat mencoba distribusi Linux baru di sistem operasi Anda untuk memeriksa tampilan dan rasanya. Setelah selesai bereksperimen, Anda dapat menghapus VM ini dan melanjutkan dengan sistem operasi pada mesin host Anda.

Fleksibilitas inilah yang membuat VM begitu populer. Faktanya, ini tidak hanya terbatas pada sistem operasi. Anda dapat menggunakannya untuk membuat lingkungan pengujian untuk sekelompok pengguna tertentu juga, dan setelah selesai, Anda dapat menghapusnya. Keuntungan lain adalah apa pun yang Anda lakukan di dalam VM adalah sandbox dari sisa sistem. Dengan cara ini, Anda dapat menguji berbagai aplikasi dan sistem untuk melihat apa yang mereka lakukan tanpa khawatir akan memengaruhi sistem fisik Anda.

Terakhir, Anda dapat menggunakan Virtual Machine (VM) untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak didukung oleh sistem operasi host Anda. Contoh yang baik adalah menjalankan Windows XP atau aplikasi lama lainnya yang tidak lagi didukung oleh sistem operasi yang ada.

Jenis Virtual Machine (VM) atau Mesin Virtual

Ilustrasi Gambar Tujuan Virtual Machine Mesin Virtual Pengertian Virtual Machine
Ilustrasi Gambar Tujuan Virtual Machine (Mesin Virtual)

Virtual Machine (VM) atau Mesin virtual ini diimplementasikan dengan metode emulasi perangkat lunak atau teknik virtualisasi perangkat keras. Bergantung pada penggunaan dan tingkat korespondensi mereka dengan komputer fisik, mesin virtual dapat dibagi menjadi dua jenis (kategori):

a. Virtual Machine System (Sistem Mesin Virtual)

Platform sistem yang mendukung pembagian sumber daya fisik komputer host antara beberapa mesin virtual, masing-masing berjalan dengan salinan sistem operasinya sendiri. Teknik virtualisasi disediakan oleh lapisan perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor, yang dapat berjalan baik pada perangkat keras atau di atas sistem operasi.

Baca Juga :  Pengertian Influencer: Fungsi dan Jenis Influencer dalam Media Sosial

b. Virtual Machine Services (Mesin Virtual Proses)

Dirancang untuk menyediakan lingkungan pemrograman platform-independen yang menutupi informasi perangkat keras atau sistem operasi yang mendasarinya dan memungkinkan eksekusi program berlangsung dengan cara yang sama pada platform tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine (VM)

Mengacu pada pengertian Virtual Machine di atas, adapun kelebihan dan kekurangan dari Virtual Machine adalah sebagai berikut:

a. Kelebihan Virtual Machine (VM)

Ada beberapa keuntungan dari mesin virtual atau virtual machine ini, yakni:

  • Mengizinkan beberapa lingkungan sistem operasi pada satu komputer fisik tanpa intervensi apa pun
  • Mesin virtual tersedia secara luas dan mudah dikelola serta dirawat.
  • Menawarkan opsi penyediaan dan pemulihan dari bencana

b. Kekurangan Virtual Machine (VM)

Ini adalah beberapa dari kelemahan atau dari mesin virtual atau Virtual Machine (VM), yaitu adalah:

  • Mereka tidak seefisien komputer fisik karena sumber daya perangkat keras didistribusikan secara tidak langsung.
  • Beberapa Virtual Machine (VM) yang berjalan pada satu mesin fisik dapat memberikan kinerja yang tidak stabil

Contoh Virtual Mechine (VM) atau Mesin Virtual

Sebagai contoh penggunaan Virtual Machine (VM), katakanlah Anda memiliki sistem operasi Windows dan Linux yang diinstal pada komputer fisik yang sama. Ketika Anda menggunakan OS Windows, itu memberi Anda tampilan dan rasa yang berbeda dibandingkan dengan Linux. Anda tidak dapat melihat dokumen Windows Anda di Linux dan sebaliknya. Ini memberi Anda persepsi bahwa setiap OS terhubung ke komputer yang berbeda padahal kenyataannya mereka terhubung ke kotak yang sama.

Demikian juga, Anda dapat menggunakan mesin fisik yang sama untuk lingkungan produksi dan pengujian Anda, sehingga apa yang Anda lakukan di lingkungan pengujian tidak memengaruhi data atau aplikasi Anda di lingkungan produksi. Diferensiasi ini dicapai melalui perangkat lunak virtualisasi yang meniru perangkat keras khusus untuk memastikan bahwa pengalaman Anda pada mesin virtual sama seperti pada server khusus.

Baca Juga :  Pengertian E-Commerce: Jenis, Contoh, Manfaat, Dampaknya Lengkap

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang pengertian Virtual Machine (VM) atau Mesin Virtual dan penjelasannya lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua yang terpenting dalam memahami Istilah-Istilah Teknologi yang harus dipahami dalam pembelajaran Teknologi Informasi Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar