Mengenal Pengertian Patch: Apa itu? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Cara Menggunakannya!

0
Gambar Pengertian Patch Apa Itu File Patch Unofficial Patches Fungsi Cara Kerja Jenis Dan Cara Menggunakannya
Gambar Pengertian Patch Apa Itu File Patch Unofficial Patches Fungsi Cara Kerja Jenis Dan Cara Menggunakannya

Tahukah kalian Apa Pengertian Patch, Apa itu File Patch, Unofficial Patches? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Cara Menggunakannya? Ya! Patch, kadang-kadang hanya disebut sebagai FIX, adalah bagian kecil dari Software atau Perangkat Lunak yang digunakan untuk memperbaiki masalah, dimana masalah tersebut biasanya disebut bug, dalam Sistem Operasi atau Program Software. Seperti yang kita semua ketahui, tidak ada Program Software (Perangkat Lunak) yang sempurna sehingga Patch pun bisa digunakan, bahkan bertahun-tahun setelah sebuah program dirilis.

Semakin populer suatu Program, semakin besar kemungkinan masalah yang terjadi, dan beberapa Program yang paling populer yang ada adalah beberapa yang paling di-Patch. Kumpulan tambalan yang biasanya sudah dirilis sering disebut paket layanan. Membahas tentang Dunia Komputer, pasti kata-kata seperti kata Crack dan Keygen tidak asing lagi bukan? Lalu apa itu yang dimaksud dengan Patch? berikut ulasan Pengertian Patch beserta Cara Menggunakannya secara lengkap!

Pengertian Patch

Patch adalah bagian dari kode Perangkat Lunak yang dapat diterapkan setelah Program Software (Perangkat Lunak) diinstal untuk memperbaiki masalah dengan Program itu. Sebagian besar Program Perangkat Lunak mungkin memiliki beberapa Patch atau tambalan setelah rilis awal dan biasanya memperbarui versi program saat diinstal berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Apa itu Patch?

Lalu, Apa itu Patch? Dalam Bahasa Indonesia Patch berarti tambalan, Pengertian Patch dalam Dunia Komputer yaitu adalah perbaikan ata Update daripada suatu Software (baik itu berupa aplikasi maupun Game) untuk memperbaiki Error atau Bug yang terdapat pada Aplikasi atau Game tersebut ataupun menambah Fitur suatu Application (Aplikasi) atau Game tersebut.

Patch yang digunakan untuk meng-Update Aplikasi atau Game ini, biasanya menggunakan UI (User Interface) supaya User atau Pengguna dapat dengan mudah meng-Update Aplikasi atau Game favorit yang dimilikinya. Misalnya sebagai contoh, kita cukup menekan Tab pada Keyboard seperti:

Next, Next, I Agree, Next, kemudian Update

Patch pun akan langsung meng-Update dan memperbarui Aplikasi atau Game tersebut secara otomatis, menambal Error dan juga menambah Fitur (dimana ini adalah kegunaan dan Tujuan Patch yang sebenarnya).

Apa itu File Patch?

Gambar Apa Itu File Patch Atau Tambalan
Gambar Apa Itu File Patch Atau Tambalan

Sebuah File yang berisi ekstensi File .patch adalah File yang digunakan oleh berbagai Aplikasi Perangkat Lunak yang berbeda untuk tambalan Program dan tujuan pembaruan Perangkat Lunak. Perusahaan Perangkat Lunak akan membuat dan mendistribusikan File tambalan atau Patch yang berisi Data yang diperlukan untuk memperbarui Aplikasi atau memperbaiki masalah dengan Program Perangkat Lunak terkait.

File Patch dapat digunakan untuk memperbaiki Bug yang terdapat pada Perangkat Lunak, meningkatkan kegunaan program, mengganti grafik atau memperbarui Fitur Perangkat Lunak. File-File Patch ini memastikan bahwa penggunanya dapat mengoperasikan versi terbaru dari Aplikasi Perangkat Lunak dan bahwa Bug dan kesalahan atau Error telah diatasi dalam Perangkat Lunak yang mereka jalankan.

Baca Juga :  Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaat Internet Lengkap!

Apa itu Unofficial Patches?

Ketika suatu produk mencapai EOL atau End Of Life (Akhir Masa Pakainya) dan tidak lagi didukung atau perusahaan dari bisnis, mereka tidak akan lagi merilis tambalan. Beberapa penggemar mungkin menghabiskan waktu untuk membuat tambalan mereka sendiri untuk memperbaiki masalah ini. Karena tambalan ini tidak dibuat oleh pengembang asli atau Developer asli, Patch atau tambalan tersebut dianggap sebagai “Unofficial Patches” atau Patch atau Tambalan yang tidak resmi.

Fungsi Patch

Setelah mengetahui apa Pengertian Patch, Apa itu File Patch? Kita juga harus mengetahui apa saja Fungsi Patch dalam Komputer dan Softwarenya. Betul! Sebenarnya Patch ini memiliki Fungsi yang berbeda berdasarkan penggunaannya, untuk lebih jelasnya berikut akan Kami ulas dibawah ini.

a. Patch untuk Melengkapi Aplikasi atau Game

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, Patch pada Aplikasi atau Game berfungsi untuk memperbaiki Error ataupun Bug yang terdapat pada Game tersebut. Intinya Patch ini hanya digunakan untuk Melengkapi apa kekurangan dari Aplikasi atau Game tersebut agar menjadi dan berjalan lebih baik terutama di mata User (pengguna) dari Aplikasi atau Game itu sendiri.

Sebagai contoh, misalnya pada Game PES dari Konami, mereka memiliki Versi Original yang (biasanya) tidak Support (mendukung) dengan Liga yang ada di Indonesia. Maka Konami pun mengeluarkan Patch untuk mengatasinya. Sebut saja Patch “X” yang Fungsinya adalah untuk menambah Fitur Liga yang ada di Indonesia.

b. Patch untuk Pembajakan Aplikasi atau Game

Patch yang berfungsi dalam Pembajakan ini biasanya juga memiliki UI (User Interface). Namun kegunaannya yang tidak sama, Patch yang memiliki Fungsi ini menulis Data kepada bagian Aplikasi dan Registry. Pacth dengan Fungsi ini biasanya menulis Arsip File Executable (.Exe) Perangkat Lunak tersebut walaupun ada juga Patch yang menulis langsung pada Registry.

Kira-kira, seperti itulah apa yang menjadi kelebihan Patch, ada beberapa Patch yang bisa digunakan pada Software dengan versi yang tidak sama. Sebagai contoh, misalnya apabila ada Patch dengan nama seerti “Software Universal X Patcher“, berarti Patch tersebut dapat dipakai untuk semua versi dari Software X, baik versi 1 maupun 10, Patch tersebut masih bisa digunakan.

Lain halnya jika File Patch tersebut mempunyai nama “Software X 1.xxx Patch“, hal tersebut berarti, Patch hanya mampu dipakai pada semua Software X yang punya Versi Mayor 1, contohnya seperti Software X 1.3, Software X 1.7 dan lain sebagainya, asalkan Versi Mayor (Utama)nya masih 1, maka Patch tersebut masih bisa untuk digunakan.

Hanya dengan menaruh Patch yang di Folder tempat Anda menginstall Perangkat Lunak, kemudian jalankan Patch, serta tekan tombol “Patch“, maka dengan segera, Patch menulis beberapa Data terhadap dan menimpa bagian Perangkat Lunak dan Registry. Setelah Proses (Disebut Patching) Sukses dan Berhasil, sekarang Aplikasi sudah menjadi Full Version dan terdaftar atau Registered. Software Anda pun sekarang memiliki status Patched. Seperti itulah Fungsi Patch yang digunakan untuk Pembajakan Software Aplikasi atau Game.

Baca Juga :  Ayo Pahami Pengertian Teknologi: Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya Lengkap!

Terlepas daripada hal di atas, perlu Anda ketahui, Patch untuk Tujuan ini biasanya dibuat secara Perseorangan atau Berkelompok. Sama dengan Crack, kelompok tersebut juga mempunyai nama masing–masing. Mereka juga merilis Patch buatan mereka pada Website mereka. UI (User Interface) Patch ini biasanya juga dibuat unik serta menarik, entah hal itu memang sudah menjadi tradisi mereka atau apa pun itu. Sama seperti penghasil Crack, penghasil atau pembuat Patch juga memberikan dan meletakkan Informasi mereka bersamaan dengan Patch yang mereka rilis, Informasi tersebut biasanya berbentuk File yang berekstensi *.nfo.

Cara Kerja Patch

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Patch Atau Patching Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Patch Atau Patching Dalam Membahas Pengertiannya

Membahas mengenai Apa itu Pengertian Patch, tentu tidak luput dari Bagaimana Cara Kerja Patch bukan? Patch biasanya hanya menggunakan File perbandingan yang digunakan untuk membuat perubahan pada File asli. Sekarang saat ini, beberapa Patch atau Tambalan dapat berbeda mungkin saja seperti Anda ingin menambahkan File tambahan atau apa pun. Walaupun prinsipnya masih sama.

Jika Anda ingin mencoba memeriksanya sendiri, Anda bisa membuat 2 (Dua) File yang identik, kemudian membuat beberapa perubahan pada salah satunya, kemudian jalankan “Diff” dan “Patch” di antara keduanya. Sistemnya memang tidak sama untuk setiap Patch, namun Cara tersebut hanya contoh dasar saja. Karena pada dasarnya Cara Kerja Patch adalah dengan menambal dan melengkapi File dan Data sebelumnya Patch dalam penjelasan sederhananya adalah serangkaian perubahan. Patching yaitu menerapkan perubahan-perubahan itu pada suatu Program Software, Aplikasi atau Game. Tools atau Alat apa yang digunakan seseorang untuk menerapkan Patch atau Tambalan ini tergantung pada Tools yang dipilih oleh Pembuat Patch atau Tambalan.

Pembuat Tambalan dapat memilih apa pun yang memungkinkan mereka untuk mengubah sekumpulan File. Ini bisa sesederhana Seperangkat Instruksi atau Command yang diberikan kepada User atau Pengguna, atau serumit Aplikasi Self-Extracing, Download (Pengunduhan) atau dengan mengecek jumlah verifikasi yang membutuhkan Input dari User atau Pengguna.

Jenis Patch (Tambalan)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Patch Dalam Pembahasan Lengkap Pengertian Patch
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Patch Dalam Pembahasan Lengkap Pengertian Patch

Disini selain membahas Apa itu Pengertian Patch, Kami juga akan menjelaskan Apa saja Jenis Patch (Tambalan). Patch atau Tambalan Perangkat Lunak, pada umumnya terbagi dalam 3 (Tiga) Kategori berbeda. Namun, perlu Anda ketahui, sebuah Patch dapat masuk ke dalam lebih dari satu Kategori. Adapun 3 (Tiga) Jenis Patch atau Tambalan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Bug Fix Patches

Bug Fix Patches atau Patch untuk Perbaikan Bug adalah Patch yang digunakan untuk memperbaiki masalah di Perangkat Lunak. Patch atau Tambalan ini membantu Perangkat Lunak agar dapat berjalan lebih lancar dan mengurangi kemungkinan kerusakan.

b. Security Patches

Security Patches atau Patch untuk Tambalan Keamanan adalah Patch yang digunakan untuk mengatasi kerentanan keamanan yang diketahui, membuat Perangkat Lunak lebih aman.

c. Feature Patches

Feature Patches atau Patch untuk Tambalan Fitur adalah Patch yang digunakan untuk menambah fungsionalitas baru ke Perangkat Lunak. Microsoft, misalnya, menyediakan pembaruan Fitur Windows dua kali per tahun, menambahkan kemampuan baru ke Sistem Operasi Windows 10.

Cara Menggunakan Patch (Patching)

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan Patch? Untuk cara menggunakannaya, Kita hanya perlu membuka dan meletakkan Patch di-Direktori atau Folder dari File atau Aplikasi, kemudian membukanya. Biasanya juga ada File Patch yang dapat langsung digunakan tanpa wajib meng-Copy ke Folder atau Direktori File karena Patch tersebut secara otomatis mencari dimana Letak File yang berhubungan dengan Patch tersebut.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Intranet: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Perbedaannya!

Untuk proses selanjutnya, Anda hanya tinggal meng-Klik Patch (Patching), maka akan ada Notification (Notifikasi) Sukses atau Tidaknya proses tersebut. Akan tetapi rata-rata Patch terdeteksi atau Detected layaknya sebuah Virus oleh kebanyakan Software Anti-Virus yang dipakai oleh User atau Pengguna Komputer, biasanya mereka jadi ragu-ragu atau takut kalau Patch tersebut dapat membahayakan Sistem Keamanan Komputer mereka.

Kalau sudah terdeteksi, biasaya Patch pun tidak akan berfungsi dan tidak bisa dibuka atau dipakai lagi. Jika hal tersebut terjadi, solusinya adalah dengan me-Restart kembali dan menjalankannya kembali (jikalau memang kita percaya dan perlu Perangkat Lunak tersebut). Perlu kalian ingat, sebelum kalian menjalannya, kalian harus mematikan sementara Program Software Anti-Virus yang Anda miliki.

Patch Windows

Terlepas daripada penjelasan Pengertian di atas, di Windows, sebagian besar Patch (Tambalan), Fix (Perbaikan), dan Update terbaru dibuat tersedia melalui Pembaruan Windows. Microsoft, mereka biasanya merilis Patch terkait Keamanan mereka sekali sebulan. Meskipun jarang, beberapa Patch, sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang Anda miliki sebelum mereka diterapkan, biasanya karena Driver atau Perangkat Lunak yang Anda Install memiliki beberapa jenis masalah dengan perubahan pembaruan yang dibuat.

Patch yang didorong oleh Microsoft untuk Windows dan Program lainnya bukan satu-satunya Patch yang terkadang mendatangkan masalah. Patch atau Tambalan yang dikeluarkan untuk Program Antivirus dan Program Non-Microsoft lainnya pun juga menimbulkan masalah, untuk alasan yang sama. Patch yang rusak bahkan terjadi pada Perangkat lain seperti Smartphone (Ponsel Cerdas), Tablet, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bagaimana sudah ada gambaran kan? Jadi, dari Pembahasan dan Penjelasan Pengertian Patch, Apa itu File Patch, Unofficial Patches? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Cara Menggunakannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Patch adalah pembaruan Perangkat Lunak yang terdiri dari kode yang dimasukkan (atau ditambal) ke dalam Program yang dapat dieksekusi. Biasanya, Patch atau Tambalan diinstal ke dalam Program Perangkat Lunak yang ada. Patch sering dianggap sebagai perbaikan sementara antara rilis penuh Paket Perangkat Lunak.

Pada umumnya, Patch atau Tambalan dapat melakukan hal-hal seperti Perbaiki Bug Perangkat Lunak, meng-Install Driver baru, mengatasi kerentanan Keamanan baru, mengatasi masalah stabilitas Perangkat Lunak, meningkatkan Versi dan Fitur Perangkat Lunak dan lain sebagainya. Patch juga kadang disebut juga Service Patch, yang merupakan perbaikan untuk Bug Program. Sama seperti Patch, mereka juga tersedia sebagai Download-an atau Unduhan di Internet.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Patch, Apa itu File Patch, Unofficial Patches? Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Cara Menggunakannya. Terkait Hak Cipta dari sebuah Program Software Aplikasi atau Game, Anda mungkin juga harus mengetahui Apa itu Crack dan Keygen. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar