Mengenal Pengertian Keygen: Apa Itu Key Generator? Fungsi, Cara Kerja, Prinsip dan Cara Menggunakannya!

0
Gambar Pengertian Keygen Apa Itu Key Generator Fungsi Cara Kerja Prinsip Dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Gambar Pengertian Keygen Apa Itu Key Generator Fungsi Cara Kerja Prinsip Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Tahukah Anda, Pengertian Keygen, Apa itu Key Generator? Fungsi, Cara Kerja, Prinsip dan Cara Menggunakannya? Benar! Sebagian besar program software atau perangkat lunak memerlukan key atau kunci produk semacam kode instalasi lainnya sebelum Anda mulai dapat menggunakan program tersebut. Dengan memiliki alat yang benar-benar dapat menciptakannya (key atau kunci dari program tersebut) maka tidak diragukan lagi, tentu hal itu akan menghemat banyak uang, terutama jika Anda ingin membayar dan menggunakan program perangkat lunak tersebut untuk keperluan karyawan di perusahaan Anda.

Keygens yang akan Kami bahas disini, sebenarnya memiliki banyak nama, nama-nama tersebut termasuk seperti “product key generator”,”CD key creators”, “license key generators” dan lain sebagainya. Baiklah, jangan pedulikan namanya semua key generator tersebut berfungsi membuat kunci produk unik dan gratis untuk berbagai program perangkat lunak, permainan video game, dan lain sebagainya. Ya, berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap mengenai apa itu Keygen dan artinya. Baca terus ulasan Kami di bawah ini!

Pengertian Keygen

Merupakan singkatan dari Key Generator, Keygen adalah alat kriptografi yang digunakan untuk menghasilkan kunci produk, yang merupakan urutan alphanumeric atau alfanumerik unik, dimana dia memberi tahu program penginstal bahwa pengguna yang memulai penginstalan memiliki lisensi perangkat lunak berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Keygen mencoba menghasilkan kunci produk yang benar yang memungkinkan instalasi perangkat lunak telah selesai diproses. Oleh karena itulah, keygen sering dikaitkan dengan pembajakan perangkat lunak, cracking atau crack (baca pengertian crack disini), patch atau patching serta hacking.

Walaupun sebenarnya, ada juga keygen yang tidak digunakan dalam pembajakan, sebagai contoh misalnya sebagai distributor dari perangkat lunak sendiri memiliki keygen yang menghasilkan sejumlah besar kunci unik, yang kemudian dikaitkan dengan setiap salinan perangkat lunak yang mereka jual.

Apa itu Key Generator?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan key Generator? Mengacu pada penjelasan di atas, ini adalah kepanjangan dari istilah keygen yang berupa sebuah program yang bisa membuat serial untuk suatu perangkat lunak (dengan mengacak serial akan tetapi secara berpola).

Serial yang dihasilkan dari sebuah key generator tersebut bermacam–macam serta tidak sama, namun tetap, mereka mempunyai pola yang sama, walaupun tetap tidak selaras, contoh yang sederhananya yaitu seperti:

  • A1A23; Ini adalah serial yang dihasilkan pertama.
  • B2B34; Adalah serial yang dihasilkan ke-2 (dua).
  • C3C45; Ini adalah serial yang didapatkan setelahnya (ketiga).
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Personal Computer (PC): Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya!

Seperti itulah kiranya contoh sederhana pola serial yang didapatkan dari sebuah keygen, walaupun pada dasarnya lebih rumit lagi. Bentuknya sama seperti patch (baca pengertian patch disini), dirilis di situs atau website khusus crack, serta diberi tanda informasi pembuatnya, serta juga dengan tampilan User Interface (UI) yang unik.

Fungsi Keygen

Dalam membahas mengenai apa itu keygen, tentu kita juga harus mengetahui apa saja fungsi mereka sebenarnya. Ya! Key generator (dieja dengan key-gen) merupakan program perangkat komputer yang berfungsi untuk menghasilkan kunci lisensi produk, seperti angka seri, yang diperlukan untuk mengaktifkan dalam penggunaan appication (aplikasi) software tersebut.

Keygen akan memainkan atau bisa dikatakan dengan memutar huruf dan angka serial yang sering dikenal dengan sebutan istilah “music atau musik keygen”, di latar belakang dan juga memiliki antarmuka pengguna yang artistik.

Metode yang digunakan dalam generator kunci ini digunakan untuk membuat kunci yang (dapat menjadi) beragam, karena selalu saja ada orang yang dapat mengetahui skema yang digunakan oleh program dan mengimplementasikannya ke dalam bentuk keygen buatan mereka sendiri.

Cara Kerja Keygen

Ilustrasi Gambar Fungsi Keygen Atau Key Generator Dalam Pembahasan Pengertian Keygen
Ilustrasi Gambar Fungsi Keygen Atau Key Generator Dalam Pembahasan Pengertian Keygen

Setelah mengetahui arti keygen, apa itu key generator dan fungsinya di atas, agar lebih memahaminya kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja mereka bukan? Betul, biasanya, nomor seri untuk sebuah perangkat lunak komputer, mereka memiliki pola tertentu yang memungkinkan installer atau pemasang serta aplikasinya mendeteksi apakah kunci (yang digunakan) tersebut sudah benar atau tidak.

Sebagai contoh sederhana misalnya, setiap dari serial number atau Nomor Seri memiliki tepat 3 (tiga) angka 5 di dalamnya seperti:

1932-1253-2319-5512 (ada 3 buah angka 5)

Maka, nomor di atas pun akan menjadi nomor seri yang berfungsi serta dapat digunakan, keygen hanya perlu mengacak angka 5 (lima) tersebut. Dalam skenario kehidupan yang nyata sebenarnya, hubungan antara angka-angka tersebut tentu saja akan lebih rumit. Perangkat lunak yang dikirim berisi algoritma (baca pengertian algoritma disini) yang memeriksa apakah suatu seri tersebut adalah valid atau tidak.

Seorang developers atau pembuat perangkat lunak bisanya memiliki software yang memungkinkannya membuat nomor seri untuk produknya.

Prinsip Keygen

Terkait cara pembuatan dan prinsip kerjanya sendiri, dengan asumsi Anda tidak ingin menyediakan keygen khusus untuk setiap pengguna, maka cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Membuat sendiri kunci rahasia untuk produk.
  • Ambil nama pengguna.
  • Konsentrasikan nama pengguna dan kunci rahasia serta hash dengan (misalnya) SHA1.
  • Buka dan unpack hash SHA1 sebagai string alphanumeric. Dimana, ini adalah “kunci produk” untuk pengguna individu.
  • Di dalam program, lakukan hash yang sama, dan bandingkan dengan kunci produk. Jika sama, oke dan selesai.

Note: setiap skema kunci dapat di-crack. Itu sebabnya banyak tools atau alat yang tersedia seperti di tahun 2020 sekarang ini menggunakan validasi online.

Baca Juga :  Pengertian Biometrics (Biometrik): Sejarah, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Untuk membuat keygen, para grup cracker yang merupakan orang-orang dengan spesialisasi dalam memecahkan skema perlindungan copy (salinan), menganalisis program yang dapat dieksekusi untuk menemukan bagian yang memeriksa serial.

Mereka kemudian merekonstruksi algorithm atau algoritma tersebut untuk membuat serial berdasarkan kode pemeriksaan. Keygen yang sudah selesai mereka buat adalah aplikasi yang menerapkan algoritma untuk membuat momor seri. Terkadang keygen tidak benar-benar berisi algoritma, melainkan daftar nomor seri yang valid, dimana salah satunya dipilih secara random (acak).

Cara Menggunakan Keygen

Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Keygen Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Cara Menggunakan Keygen Dalam Penjelasan Pengertiannya

Terlepas daripada apa yang sudah Kami sampaikan pada penjelasan pengertian Keygen di atas, sama dengan patch, keygen ini juga umumnya terdeteksi sebagai virus karena pada dasarnya mereka akan mengubah file yang dilindungi oleh system.

Untuk menggunakannya, matikan terlebih dahulu software anti-virus yang Anda miliki sebelum memulai proses keygen-ing, selanjutnya, kita tinggal menjalankan keygen tersebut, lalu akan muncul tampilannya (kebanyakan keygen punya tampilan unik) terus lanjutkan dengan meng-klik dan kemudian pilih generate (pada umumnya).

Jika software sudah terbaca oleh keygen tersebut (jika belum cari dan pilih terlebih dahulu sebelum Anda men-generate keygen tersebut. Kemudian kita akan mendapatkan lisensi yang telah di generasi dari keygen tersebut yang bisa kita gunakan untuk mendaftarkan program software atau aplikasi maupun game yang ingin kita daftarkan.

Namun sebelumnya, perlu kalian garis bawahi hal ini, disini Kami menerangkan bahwa dengan “menggunakan keygen” adalah sebuah tindakan yang ilegal, dan jika Anda tertangkap dengan perangkat lunak bajakan, maka Anda dapat menghadapi hukuman.

Mendapatkan kunci sebuah produk digital yang berfungsi atau nomor seri dari keygen ini sebenarnya tidaklah sulit. Jika kombinasi yang tepat, Anda dapat mencoba berulang kali hingga program yang ingin Anda gunakan tidak lagi terkunci.

Terkait dengan cara menggunakannya, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjalankan generasi dari keygen atau key-generator yang perlu kalian ketahui.

1. Men-download atau Mengunduh Keygen

Pertama-tama, mulai terlebih dahulu dengan men-download dan unduh keygen untuk program perangkat lunak Anda. Biasanya, program bajakan tersebut dilengkapi .zip dengan keygen yang akan berfungsi.

Sebelumnya, install program ke Komputer Anda terlebih dahulu, tetapi jangan membukanya dulu. Buka keygen-nya terlebih dahulu (Anda dapat mengunduh key-generator di internet dengan menuliskan kata kunci program Anda ditambah dengan kata keygen pada mesin pencari).

2. Pilih Program

Langkah menggunakan selanjutnya, yaitu dengan memilih program yang ingin Anda gunakan pada keygen. Ini biasanya dilakukan dengan pilihan menu drop-down yang berisi daftar semua program yang membuat kunci keygen.

Jika Anda memilih program yang salah, serial key atau kunci yang Anda hasilkan tidak akan berfungsi.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Chatting: Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contoh Aplikasinya!

3. Pilih Generate

Yang terakhir adalah dengan memilih dan mengklik tombol generate (atau tombol serupa) untuk membuat kunci. Buka program yang Anda install. Saat Anda diminta untuk memberikan nomor seri dan kunci aktivasi produk, masukkan nomor yang telah dibuat oleh keygen yang Anda gunakan.

Lengkapi sisa registrasi pendaftaran, dan mulai program. Selesai, Anda pun sudah memiliki versi lengkap dari software (baca penjelasan tentang apa itu software disini) tersebut.

Perlu juga untuk kalian ketahui, biasanya beberapa keygen datang dengan Fungsi patch. Jika demikian, buat key atau kunci dan klik “patch”. Arahkan ke folder program dan instal kunci tersebut di dalam folder itu untuk menjalankan program secara full version.

Kesimpulan

Cukup jelas bukan? Jadi, dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Keygen, Apa itu Key Generator? Fungsi, Cara Kerja, Prinsip dan Cara Menggunakannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa keygen adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuka dan menggunakan perangkat lunak tanpa membayarnya. Ini menggunakan berbagai algoritma peretas password untuk menemukan kombinasi yang berfungsi sebagai kata sandi yang benar, memecahkan perangkat lunak untuk menemukan daftar kata sandi yang benar.

Bahkan keygen ini juga dapat menulis ulang bagian-bagian dari perangkat lunak untuk membuat kata sandi mereka sendiri yang benar. Berkenaan akan hal itu, karena sifat key-generator yang mengubah fungsi original (asli) dan seringkali karena dari pembuatnya tidak jujur, keygen sering menyertakan virus, trojan, atau worm serta malware yang menginfeksi dan merusak komputer pengguna.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas tentang Pengertian Keygen, Apa itu Key Generator? Fungsi, Cara Kerja, Prinsip dan Cara Menggunakannya. Alangkah baiknya jika berusaha untuk mencoba untuk memberikan reward terhadap produk orang lain yang Anda gunakan, seperti dengan membeli produk tersebut.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar