Ini Dia Pengertian Folder dalam Komputer: Apa itu Folder? Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membuatnya!

0
Gambar Pengertian Folder Apa Itu Folder Fungsi Dan Cara Kerja Jenis Jenis Cara Membuat Dan Tips Memanajemen Folder Dalam Komputer
Gambar Pengertian Folder Apa Itu Folder Fungsi Dan Cara Kerja Jenis Jenis Cara Membuat Dan Tips Memanajemen Folder Dalam Komputer

Tahukah Kalian, Pengertian Folder, Apa itu? Fungsi dan Cara Kerja, Jenis serta Cara Membuat dan Tips Memanajemen Folder dalam Komputer? Secara umum, folder mewakili tempat untuk menyimpan atau menampung berbagai macam jenis file yang terdapat di dalam komputer, baik itu berupa data, dokumen atau juga file system dan lain sebagainya. Pada perangkat PC atau komputer, secara default, folder komputer ditampilkan dengan sebuah gambar atau ikon kecil berbentuk map atau seperti gambar amplop yang berwarna coklat.

File adalah unit penyimpanan umum di komputer, dan semua program dan data “ditulis” ke dalam file dan “dibaca” dari file. Folder menyimpan satu atau lebih file, dan folder dapat kosong hingga terisi. Folder juga dapat berisi folder lain, dan ada banyak level folder di dalam folder. Folder dalam folder secara teknis dikenal sebagai subfolder, tetapi perbedaan ini sering diabaikan. Folder menyediakan metode untuk mengatur file seperti folder file yang berisi dokumen kertas dalam lemari file. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas apa itu folder secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian Folder

Dalam komputer, folder adalah lokasi virtual untuk aplikasi, dokumen, data, atau sub-folder lainnya. Folder membantu dalam menyimpan dan mengatur file dan data di komputer. Istilah dari kata folder paling umum digunakan dengan sistem operasi Graphical User Interface atau GUI yang berarti antarmuka pengguna grafis berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Apa itu Folder?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Sebuah Folder Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Sebuah Folder Dalam Membahas Pengertiannya

Lalu, apa arti sebuah folder sebenarnya? Folder dalam bidang ilmu komputer mirip dengan folder fisik dunia nyata. Folder dapat menyimpan dan mengatur berbagai jenis aplikasi, file, atau pustaka. Folder juga dapat berisi folder lain, yang pada gilirannya dapat berisi folder atau file lain.

Meskipun folder dapat berisi sejumlah besar data, perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya mereka tidak memakan ruang dari disk apa pun. Alasannya adalah karena folder adalah petunjuk ke lokasi file dalam sistem file komputer.

Sebagian besar sistem operasi, setelah mengklik kanan folder, memberikan informasi (baca pengertian informasi disini) pada Folder beserta propertinya. Folder juga dapat disembunyikan dari pengguna, seperti halnya file.

Fungsi dan Cara Kerja Folder

Mengacu pada pengertian folder di atas, folder menyediakan bantuan yang berguna dalam mengatur data yang ditemukan dalam sebuah sistem informasi (baca pengertian sistem informasi disini) sesuai dengan preferensi pengguna. Ini juga membantu dalam mencari data, jika diatur dengan benar.

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya terkait apa itu folder, pada komputer, folder ini berfungsi untuk menyimpan file atau dokumen dan data lainnya. Ada banyak jenis file dan dokumen yang bisa disimpan dalam sana, bahkan di dalam folder bisa juga disimpan folder lain atau sub-folder.

Karena cara kerja folder adalah mengatur dan menyimpan data dalam sistem file media penyimpanan, sehingga ini juga dikenal sebagai file directory atau hanya directory saja. Tidak ada batasan jumlah folder atau sub-folder yang dapat dibuat. Setelah membuka folder, orang atau kita sebagai pengguna dapat melihat bagaimana data atau file diatur.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

Jenis-Jenis Folder

Pada umumnya, aktivitas dalam dalam pembuatan folder pada komputer adalah untuk menyimpan file berdasarkan kategori atau jenis dari file. Pemberian jenis dan kategori folder tersebut dibuat agar memudahkan user atau pengguna dalam mencari dan juga menemukan file atau dokumen yang pernah disimpan sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dan kategori folder dalam komputer pada umumnya.

  • Folder foto; Folder Ffto adalah folder yang khusus berisi berbagai file foto dan sub-folder foto lainnya yang juga berisi Foto.
  • Folder video; Folder video adalah khusus berisi berbagai file video dan juga sub-folder video lainnya.
  • Folder Music; Folder music atau musik adalah folder yang dibuat khusus untuk file musik seperti .mp3, .midi, .wav dan lain sebagainya.
  • Folder dokumen; Ini adalah folder yang dibuat khusus untuk menyimpan file dokumen dengan aplikasi seperti Word, Excel, Powerpoint dan lain sejenisnya.

Cara Membuat Folder Pada Komputer

Ilustrasi Gambar Cara Membuat Folder Pada Komputer
Ilustrasi Gambar Cara Membuat Folder Pada Komputer

Setelah kita memahami apa itu folder, definisi, fungsi dan cara kerja serta jenis-jenis folder di atas , tentunya kita juga harus mengetahui bagaimana cara membuat sebuah folder dalam komputer.

Adapun beberapa cara membuat folder dalam komputer terutama bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Windows adalah sebagai berikut.

a. Membuat Folder pada Drive Tertentu

Yang pertama adalah cara membuat folder pada drive dari disk tertertu. Adapun cara membuat folder pada drive tertentu adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke My computer, atau Anda dapat masuk dengan menekan tombol Windows + E pada Keyboard secara bersamaan.
  2. Tentukan drive atau lokasi tempat kita untuk membuat folder baru sebagai contoh, misalnya dengan memilih drive D atau drive F.
  3. Arahkan kursor ke area kosong di drive tersebut, klik kanan pada mouse Anda, lalu arahkan kursor ke bagian new>folder.
  4. Beri nama pada Fflder yang baru dibuat, atau bisa juga dengan rename folder tersebut
  5. Selesai, folder berhasil dibuat.

b. Membuat Folder di Desktop

Anda juga dapat membuat folder pada desktop. Umumnya membuat folder di desktop bertujuan untuk memudahkan kita untuk membuka file yang sering digunakan, jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi dan bersusah payah untuk masuk ke dalam drive di dalam komputer.

Berikut ini adalah cara membuat folder pada desktop:

  1. Setelah Anda menghidupkan PC, komputer atau laptop, klik kanan pada area kosong di desktop Anda, kemudian klik kanan dan arahkan ke new>folder.
  2. Berikan nama pada folder yang baru dibuat, folder juga bisa di-rename setelah Anda membuatnya.
  3. Selesai, folder telah berhasil dibuat.

Tips dan Cara Memanajemen Data yang Baik dengan Membuat Folder

Ilustrasi Gambar Tips Dan Cara Memanajemen Data Yang Baik Dengan Membuat Folder
Ilustrasi Gambar Tips Dan Cara Memanajemen Data Yang Baik Dengan Membuat Folder

Untuk beberapa orang, dalam melakukan manajemen data dengan membuat folder terkadang adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi jika file-file yang perlu segera diarsipkan tersebut sangat banyak atau bahkan ada duplikat dari file, biasanya hal tersebut akan membuat kita bingung.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Web Engineering: Apa itu Rekayasa Web dan Engineer? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Contoh serta Perbedaannya!

Berikut ini adalah tips dan cara untuk me-manajemen data yang baik di dalam folder komputer:

1. Menggunakan File Ekstensi yang Sesuai

Tips dan cara pertama adalah dengan menggunakan file ekstensi yang sesuat. Sebaiknya, Anda harus menghindari file ekstensi yang tidak bisa dibuka pada sistem operasi berbeda seperti Linux dan Windows.

Misalkan pada dokumen Microsoft Word, Anda bisa menggunakan ekstensi *.doc, dan *.odt untuk Linux karena hanya bisa dibuka dengan software atau aplikasi Open Office terutama yang sering digunakan pada Linux saja.

2. Membuat Konsep Penataan

Berikutnya adalah dengan membuat konsep penataan. Dengan membedakan pada masing-masing file yang sesuai ekstensinya, nantinya setiap ekstensi bisa dibuatkan folder masing-masing untuk memudahkan kita dalam melakukan pencarian. Dalam hal ini, Anda perlu membuat sebuah konsep penataan folder yang benar dan tepat untuk mengorganisasi file yang jumlahnya banyak.

3. Penamaan File dan Folder

Dengan tujuan untuk mengatur file dengan baik maka, usahakan agar Anda selalu membuat nama folder dengan benar, jelas, tanpa disingkat dan tidak terlalu panjang.

Bahkan jika memungkinkan buatlah format untuk penamaan file, sebagai contoh misalkan format berikut:

(Nama client) (alamat) (paket pesanan)

Dengan membuat format file khusus seperti itu maka, hal tersebut tentu akan memudahkan pencarian file Anda untuk kedepannnya. Namun, jika file Anda terlihat acak dan juga tidak membentuk pola, anda bisa menggunakan nama file dengan panjang 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) kata saja.

4. Pengelompokan File dalam Folder

Meskipun file-file tertentu yang sejenis atau berada pada satu kelompok folder, namun jika terdiri dari ekstensi yang berbeda-beda sebaiknya Anda masukkan ke dalam sub-folder untuk memudahkan Anda dalam membacanya. Misalkan pada folder A terdiri dari 3 sub-folder dari masing-masing ekstensi.

5. Menggunakan Ikon Folder yang Unik

Ikon folder? Ya, tentunya Anda juga dapat mengganti ikon default Anda dengan ikon folder yang unik. Tujuannya adalah agar lebih bagus dilihat mata dan memudahkan Anda dalam melakukan pembacaan dan pencarian. Misalkan untuk folder berisi file-file foto, Anda bisa mengganti ikon folder tersebut dengan hanya menggunakan gambar kamera saja.

6. Hindari Duplikat File

Sebaiknya Anda hindari adanya file ganda atau duplikat, karena saat Anda mencari suatu file dengan menggunakan Menu Search, maka akan muncul hasil pencarian dari beberapa file yang namanya yang sama. Tentu saja hal tersebut akan membingungkan Anda, karena Anda lupa mana file yang sudah Anda Update terakhir kali.

Jika memang mengharuskan adanya file ganda atau duplikat tersebut, sebaiknya Anda gunakan format nama file yang berbeda. Sebagai contoh, misalnya untuk file yang sama pertama, beri nama dengan:

Laporan keuangan 2021 (file1)

Dan untuk file selanjutnya yang sama dengan:

Laporan keuangan 2021-revisi 1 (file2)

Dengan menggunakan contoh tersebut, pasti akan memudahkan Anda untuk mencari dan mendapatkan file yang telah di-update.

7. Back Up File

Karena kita tidak pernah tahu kapan komputer kita mengalami error atau bahkan mati total atau ada masalah lainnya seperti drive kita tiba-tiba rusak, sebaiknya Anda harus sering-sering untuk melakukan back up data. Misalkan dalam rentang waktu 1-2 minggu sekali, data-data Anda di backup dengan CD atau DVD.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Algoritma: Tujuan dan Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya!

Kenapa Folder Penting?

Sebagai mana yang sudah Kami sebutkan di atas, folder membantu Anda menjaga file Anda terorganisir dan terpisah. Jika Anda tidak memiliki folder di komputer Anda, dokumen, program, dan file sistem operasi Anda semua akan berada di tempat yang sama.

Folder juga memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu file dengan nama file yang sama. Misalnya, Anda dapat memiliki file bernama fileku.doc di folder My documents Anda, dan file lain bernama fileku.doc di folder lain. Jika semua file Anda berada di satu tempat, setiap file akan membutuhkan nama file yang unik. Inilah alasan yang pada umumnya membuat folder menjadi hal yang sangat penting.

Apa yang bisa Disimpan dalam Folder?

Folder dapat berisi satu atau lebih file dari jenis apa pun dan bahkan dapat menyimpan directory atau direktori lain dengan file mereka sendiri. Mereka mungkin juga berisi shortcut atau cara pintas yang menuju ke sebuah program.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai Pengertian Folder, Apa itu? Fungsi dan Cara Kerja, Jenis serta Cara Membuat dan Tips Memanajemen Folder dalam Komputer di atas, dapat kita simpulkan bahwa, folder adalah ruang khusus yang digunakan untuk menyimpan file, folder lain, dan pintasan di komputer. Analogi yang baik adalah folder asli yang sering terlihat di kantor yang digunakan untuk menyimpan kertas atau laporan. Ini juga dapat disebut directory atau cukup direktori saja.

Pada OS Windows atau Macintosh, dan lainnya, folder merupakan kumpulan nama file terkait yang dapat diambil, dipindahkan, dan dimanipulasi sebagai satu entitas. Istilah folder dan file dipilih agar konsisten dengan metafora bahwa antarmuka pengguna adalah desktop. Dalam beberapa sistem operasi lain, seperti DOS, z/OS dan sebagian besar sistem operasi berbasis UNIX, directory adalah istilah yang lebih sering digunakan daripada folder.

Penutup

Demikian, itulah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang mengulas tentang pembahasan Pengertian Folder, Apa itu? Fungsi dan Cara Kerja, Jenis serta Cara Membuat dan Tips Memanajemen Folder dalam Komputer. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua tertama dalam memahami apa itu Folder. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar