Pengertian Content Marketing: Manfaat, Contoh dan Cara Memulainya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten)
Ilustrasi Gambar Pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten)

Pengertian Content Marketing adalah

Apa itu Content Marketing? Pengertian Content Marketing atau Pemasaran konten adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Pemasaran tradisional menjadi kurang efektif setiap saat sebagai pemasar yang berpikiran maju, Anda tahu harus ada cara yang lebih baik dengan memasukkan pemasaran konten.

Alih-alih melempar produk atau layanan Anda, Anda memberikan konten yang benar-benar relevan dan bermanfaat bagi prospek dan pelanggan Anda untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka.

Content Marketing Tidak Mungkin tanpa Konten yang Hebat

Berdasarkan pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten0 di atas, apa pun jenis taktik pemasaran yang Anda gunakan, pemasaran konten harus menjadi bagian dari proses Anda, bukan sesuatu yang terpisah. Konten berkualitas adalah bagian dari semua bentuk pemasaran:

  • Social Media Marketing; Strategi pemasaran konten dilakukan sebelum strategi media sosial Anda.
  • SEO; Mesin pencari menghargai bisnis yang menerbitkan konten berkualitas dan konsisten.
  • PR; Strategi PR yang berhasil mengatasi masalah yang diperhatikan pembaca, bukan bisnis mereka.
  • PPC; Agar PPC berfungsi, Anda membutuhkan konten yang hebat di belakangnya.
  • Inbound Marketing (Pemasaran Masuk): Konten adalah kunci untuk mengarahkan lalu lintas masuk dan prospek.
  • Strategi Konten; Strategi konten adalah bagian dari sebagian besar strategi pemasaran konten.
Baca Juga :  Pengertian Sales Funnel: Dasar, Cara Kerja dan Konsep Sales Funnel

Manfaat Content Marketing

Ada banyak manfaat pemasaran konten terlepas dari apakah itu pemasaran ke bisnis ke bisnis (B2B) atau konsumen ke konsumen (B2C) pada Pemasaran konten, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan visibilitas merek Produk Anda
  • Kembangkan hubungan yang langgeng dengan audiens Anda
  • Meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek
  • Menciptakan kesetiaan dan kepercayaan, dengan pelanggan dan prospek Anda saat ini
  • Membantu Anda membangun otoritas dan kredibilitas
  • Posisikan bisnis Anda sebagai ahli dalam industri Anda
  • Menghasilkan lalu lintas ke situs Anda untuk meningkatkan generasi pemimpin
  • Membuka saluran komunikasi melalui berbagi sosial dan komentar
  • Membantu pelanggan Anda bergerak melalui keputusan pembelian lebih cepat
  • Memberikan nilai tanpa timbal balik

Contoh Content Marketing (Pemasaran Konten)

Ilustrasi Gambar Pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten)
Ilustrasi Gambar Contoh Content Marketing (Pemasaran Konten)

Mengacu pada pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten) di atas, ada banyak jenis pemasaran konten karena ada jenis konten yang bahkan terlalu banyak untuk dibahas di sini. Maksud saya adalah memberi Anda pengantar pemasaran konten dan membuat Anda berpikir seperti pemasar konten sehingga Anda akan melihat peluang di sekitar Anda. Anda akan segera menemukan 50 (Lima Puluh) lebih ide pemasaran konten setiap hari. Anda tidak akan bisa berhenti melihat peluang untuk membuat konten. Berikut adalah lima contoh untuk membantu pikiran Anda mulai meresap.

1. Infografis

Ini umumnya grafik yang panjang dan vertikal yang mencakup statistik, grafik, grafik, dan informasi lainnya. Infografis dapat efektif karena jika ada yang baik dapat menyebar di media sosial dan diposting di situs web selama bertahun-tahun. Anda bisa mendapatkan infografis yang dirancang secara profesional dengan mempekerjakan kontraktor di situs seperti oDesk atau jika Anda ingin menghapus sebagian risiko Anda bisa pergi dengan perusahaan seperti Visua.ly.

Baca Juga :  Pengertian Digital Technology (Teknologi Digital): Sejarah, Manfaat dan Contohnya

2. Halaman Website

Apa perbedaan antara halaman web normal dan halaman web yang merupakan pemasaran konten? Pertimbangkan Panduan Pemula untuk SEO dari Moz, penyedia alat dan sumber daya terkait SEO. Sumber daya ini, ditawarkan secara gratis, telah dilihat jutaan kali, mendatangkan banyak pelanggan yang sebaliknya mungkin tidak akan pernah menemukan Moz dan layanan yang mereka tawarkan.

3. Podcast

Michael Hyatt, penulis buku terlaris Platform: Get Noticed in a Noisy World, mempraktikkan apa yang ia katakan. Podcast “This is Your Life” miliknya diunduh 250.000 kali setiap bulan. Seperti yang diuraikan Hyatt pada posting blognya 4 Alasan Yang Harus Anda Pertimbangkan Meluncurkan Podcast Anda Sendiri, “Podcast memberi Anda visibilitas di dunia yang sama sekali berbeda terutama iTunes.

4. Video

Gary Vaynerchuk adalah master pemasaran konten menggunakan video online, lihat saja saluran YouTube-nya. Dia mulai membuat video untuk mempromosikan toko anggur keluarganya dan melalui video-video itu dan pemasaran online lainnya, dia akhirnya menumbuhkannya menjadi kerajaan senilai $45 juta. Video dan podcast adalah bentuk pemasaran konten yang sebagian besar belum dimanfaatkan karena orang berpikir itu mahal dan sulit.

5. Buku

Seperti film, orang sering menganggap buku sebagai menjual diri mereka sendiri, tetapi pemasar yang piawai tidak menjual buku hanya untuk menjual buku, mereka menjual buku sebagai alat pemasaran. Meskipun dengan menerbitkan sendiri lebih mudah dari sebelumnya untuk menerbitkan buku, masih ada persepsi bahwa itu sulit dan hanya profesional yang memiliki reputasi baik yang dapat menerbitkan buku bisnis.

Cara Memulai Content Marketing

Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan pemasaran konten, sering dipasangkan dengan SEO atau PR. Jika Anda terlalu sibuk untuk melakukannya sendiri dan tidak siap untuk mengelolanya sendiri, maka mempekerjakan perusahaan mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Tetapi jika Anda ingin terjun dan melakukan pemasaran konten Anda sendiri, cara termudah adalah mulai blogging.

Baca Juga :  Pengertian User-Generated Content (UGC): Manfaat dan Jenisnya

Awalnya akan sulit, tetapi semakin banyak Anda melakukannya dan semakin baik Anda melakukannya. Mengikuti kiat-kiat dari website seperti Copyblogger, Anda akan dengan cepat mempelajari cara membuat konten untuk situs web atau blog Anda yang akan melibatkan pembaca dan mengubahnya menjadi pelanggan atau klien. Tetapi sementara penulisan yang baik secara teknis dan tajuk berita yang tepat dapat membantu, itu bukanlan kunci untuk menciptakan konten yang hebat yang merupakan bentuk terbaik dari Content Marketing (Pemasaran Konten).

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kalian semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar