Inilah Pengertian Multichannel Marketing: Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel!

0
Gambar Pengertian Multichannel Marketing Apa Itu Pemasaran Multi Saluran Tujuan Manfaat Bagaimana Cara Membuat Strateginya Dan Apa Perbedaannya Dengan Omnichannel Marketing
Gambar Pengertian Multichannel Marketing Apa Itu Pemasaran Multi Saluran Tujuan Manfaat Bagaimana Cara Membuat Strateginya Dan Apa Perbedaannya Dengan Omnichannel Marketing

Tahukah Kalian, Pengertian Multichannel Marketing, Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat, Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel Marketing? Pemasaran multichannel merupakan hal yang penting untuk dilakukan seorang marketer karena alasan sederhana yaitu bahwa Anda harus berada di tempat dimana pelanggan Anda berada. Dan nyatanya, mereka ada di mana-mana. Tidak ada keraguan bahwa pelanggan saat ini memiliki kontrol lebih besar atas proses pembelian daripada yang hanya dilakukan oleh pemasar.

Berkat proliferasi saluran yang tersedia, pelanggan memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya mengenai cara mereka ingin mendapatkan informasi. Saat ini ada lebih banyak cara untuk menjangkau pelanggan, baik dari segi jumlah dan berbagai saluran, mulai dari yang bisa kita bayangkan belum lama ini. Karena jumlah channel terus meningkat, maka kebutuhan untuk merangkul pemasaran multichannel adalah ide yang kritis. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu multichannel marketing. Mari simak ulasannya!

Pengertian Multichannel Marketing

Berarti pemasaran multi saluran, multichannel marketing adalah segala hal mengacu pada praktik berinteraksi dengan pelanggan menggunakan kombinasi saluran komunikasi tidak langsung dan langsung, baik itu melalui situs web, toko ritel, katalog pesanan seperti melalui pos, surat langsung, e-mail, SMS (seluler), dan lain sebagainya berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs SAS.

Selain itu, ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengambil tindakan sebagai respons yang lebih disukai untuk membeli produk atau layanan Anda dengan menggunakan saluran pilihan mereka.

Dalam istilah yang paling sederhana, pemasaran multichannel adalah tentang pilihan.

Apa itu Pemasaran Multi Saluran?

Jadi, apa itu sebenarnya pemasaran multi saluran ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, dalam istilah global, ini lebih dikenal dengan multichannel marketing, multi-saluran yang Kami maksud disini adalah penerapan strategi tunggal di berbagai saluran atau platform (baca pengertian platform disini), sehingga memaksimalkan peluang untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

Saluran tersebut dapat berupa e-mail, iklan cetak, lokasi ritel, website, acara promosi, aplikasi seluler, pesan SMS, paket produk, atau hanya dari mulut ke mulut.

Pemasaran multichannel (pemasaran multi saluran) mengacu pada praktik di mana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, baik langsung maupun tidak langsung, untuk menjual barang dan jasa kepada mereka.

Baca Juga :  Kamus Youtube: Daftar Kumpulan Istilah Umum dan Gaul dalam Video yang Sering Digunakan dan Harus Kalian Ketahui!

Perusahaan menggunakan saluran langsung, atau saluran yang secara proaktif menjangkau pelanggan seperti toko fisik, katalog, atau surat langsung atau yang tidak langsung di mana mereka mendorong konten melalui website atau media sosial, yang juga dikenal sebagai inbound marketing (pemasaran masuk).

Sarana lain untuk menjangkau pelanggan Anda dengan pemasaran multichannel ini meliputi melalui perangkat smartphone, pesan teks, e-mail, situs web perusahaan, media sosial, SEO atau GPS untuk melacak kedekatan pelanggan dengan barang dan jasa.

Perlu kalian ketahui bahwa pemasaran multichannel menggabungkan praktik pemasaran inbound dan outbound dengan tujuan menjangkau pelanggan di saluran pilihan mereka. Dengan cara ini, proses pembelian pun menjadi lebih dikontrol oleh pelanggan daripada hanya dari pemasar.

Tujuan Multichannel Marketing

Dalam membahas mengenai apa arti multichannel marketing sendiri, tentu hal tersebut tidak terlepas dari apa sebenarnya tujuan menggunakannya bukan?

Adapun tujuan utama dari pemasaran multi saluran atau multichannel ini adalah untuk memberi konsumen pilihan, dan memungkinkan mereka membeli kapan dan di mana saja mereka mau.

Sederhana sekali bukan? Tidak juga, bahkan, Kami berpikir “pemasaran multichannel” hal tersebut sebenarnya agak membatasi.

Untuk membantu memecah pemasaran multichannel dan memberikan lebih banyak kejelasan seputar istilah dan industri, dalam tulisan ini Kami juga telah menguraikan apa saja manfaat yang dirasakan yang mencakup tantangan, pertanyaan umum, sumber daya, dan banyak lagi hal lainnya.

Manfaat Persepsi Multichannel Marketing (Pemasaran Multi Saluran)

Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Manfaat Multichannel Marketing Dalam Penjelasan Artinya
Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Manfaat Multichannel Marketing Dalam Penjelasan Artinya

Setelah mengetahui apa arti multichannel marketing dan tujuannya di atas, terkait kegunaan dan manfaatnya sendiri, harus kalian ketahui bahwa ada sejumlah manfaat yang dirasakan dari pemasaran multi-saluran ini, tetapi seperti yang diketahui marketer (pemasar), selalu ada lebih banyak hal dalam istilah ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari persepsi multichannel marketing atau pemasaran multi saluran pada umumnya.

1. Peningkatan Kesadaran

Manfaatnya yang pertama adalah peningkatan kesadaran. Pendekatan multichannel adalah tentang casting jaringan terluas untuk mendapatkan keterlibatan pelanggan maksimum.

Namun, pendekatan multichannel hanya memperhitungkan jumlah titik sentuh, dibandingkan mencoba memberi pelanggan pengalaman holistik terbaik di seluruh titik sentuh.

2. Pesan yang Konsisten

Salah satu manfaat pemasaran multi kanal adalah daya pikat pesan brand (merek) yang konsisten. Ini adalah tantangan yang dihadapi semua perusahaan, dan banyak yang masih berusaha mencari tahu.

Meskipun strategi multis aluran dapat membantu memastikan merek Anda memiliki pesan yang konsisten, pemasaran multi saluran itu sendiri biasanya menghasilkan departemen yang silent (dibungkam) untuk mendorong pesan mereka sendiri di saluran mereka sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Contactless Card: Apa itu Nirsentuh dan Contactless Payment? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Contohnya serta Apakah itu Aman?

3. Preferensi Saluran

Manfaat multichannel marketing berikutnya yaitu adalah preferensi saluran. Dengan menjangkau pelanggan Anda di saluran pilihan mereka, maka kedengarannya akan sempurna, bukan?

Iya dan tidak. Untuk perusahaan dengan siklus pembelian yang lebih lama, Anda perlu mencapai pelanggan potensial lebih dari hanya sekali, dan itu berarti menargetkan mereka dengan pesan yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dalam perjalanan mereka.

Pemasaran multichannel memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di saluran pilihan mereka, tetapi itu tidak serta merta memindahkan mereka untuk membeli.

4. Lebih banyak Data

Yang terakhir adalah lebih banyak data. Semakin banyak titik sentuh berarti semakin banyak data (baca pengertian data disini).

Namun, karena pendekatan multi kanal hanya bertujuan untuk mengeluarkan berita melalui jumlah saluran maksimum yang mungkin, data memberikan lebih banyak informasi tentang saluran itu sendiri daripada pelanggan yang sebenarnya (pikirkan baris subjek e-mail vs. perilaku pelanggan di seluruh saluran).

Cara Membuat Strategi Pemasaran Multichannel yang Sukses

Seperti orang-orang bisnis yang merekam video tutorial menciptakan strategi pemasaran multichannel yang sukses bukanlah hal yang mudah, tetapi ada beberapa pertimbangan yang ikut berperan dan beberapa cara untuk memulai.

Berdasarkan penjelasan multichannel marketing di atas, berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat strategi pemasaran multi saluran menjadi sukses yang harus kalian ketahui.

1. Integrasikan Departemen Pemasaran

Caranya yang pertama adalah dengan mengintegrasikan departemen pemasaan.

Seperti yang sudah disebutkan dalam manfaat multichannel marketing sebelumnya, untuk menjalankan program multichannel yang benar-benar sukses, maka departemen pun harus disejajarkan. Hancurkan dan hilangkan silo yang ada untuk membuat tim pemasaran terpadu.

2. Pahami Pembeli Anda

Untuk membuat strategi multichannel, Anda harus terlebih dahulu memahami pembeli Anda.

Buat user persona (baca pengertian user persona disini), bicaralah dengan pelanggan aktual, dan buat tes pada berbagai platform, pengujian perpesanan, waktu, urutan, dan banyak lagi.

3. Membangun Platform Multichannel

Cara membuat stategi multichannel marketing yang sukses berikutnya adalah dengan membangun platform multichannel.

Sasaran dari program Anda seharusnya adalah menciptakan satu pandangan pelanggan yang terus berkembang berdasarkan data dan pengujian kampanye.

Untuk melakukan ini, Anda harus memiliki platform yang menggabungkan data dan memungkinkan Anda membuat program pemasaran 1 ke-1 (satu) berdasarkan data tersebut.

4. Buat Pengalaman Bersatu

Pemasaran multichannel tidak bisa hanya tentang menyampaikan pesan Anda di sana sebanyak mungkin. Berikan pelanggan pengalaman bersatu dan pribadi di berbagai saluran pemasaran Anda.

Kami tahu bahwa semua ini butuh kerja keras, jika tidak, maka pada akhirnya itu semua hanya akan sia-sia.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Marketing Automation: Apa itu Otomasi Pemasaran? Fungsi, Cara Kerja, Proses dan Bagaimana Praktiknya?

Perbedaan Multichannel Marketing dengan Pemasaran Omnichannel

Ilustrasi Gambar Perbedaan Pemasaran Multi Saluran Atau Multichannel Marketing Dengan Omnichannel Marketing Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Perbedaan Pemasaran Multi Saluran Atau Multichannel Marketing Dengan Omnichannel Marketing Dalam Membahas Pengertiannya

Agar lebih memahami tentang apa itu multichannel marketing, maka kita juga harus mengetahui apa saja perbedaan antara pemasaran multi saluran (multichannel) dengan omnichannel marketing.

Ya! Multichannel memungkinkan untuk berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan prospektif dan pada frekuensi yang meningkat, namun, pemilik brand atau merek harus memiliki strategi untuk menyatukan pengalaman pelanggan di berbagai saluran ini.

Seperti disebutkan di atas, multichannel cenderung merujuk pada distribusi pesan yang sederhana di sebanyak mungkin saluran, sementara omnichannel mengacu pada pembentukan strategis pengalaman pelanggan yang holistik.

Untuk memahami perbedaannya, Kami memecah arti pemasaran omnichannel sebagai berikut:

Omnichannel marketing adalah pendekatan penjualan multi saluran yang memberikan pengalaman belanja terintegrasi kepada pelanggan. Pelanggan dapat berbelanja online dari desktop atau perangkat seluler, melalui telepon, atau dari toko sehingga pengalaman belanjanya pun akan mulus.

Dibandingkan dengan multichannel marketing, pemasaran omnichannel berfokus pada pelanggan terlebih dahulu. Mereka lebih mengawasi keterlibatan mereka dengan merek, menggunakan data untuk membuat keputusan yang terinformasi (dan seringkali otomatis), serta mengoptimalkan kampanye.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sementara multichannel memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan di berbagai platform tidak menawarkan pengalaman terpadu yang diharapkan pelanggan. Omnichannel di sisi lain, tidak hanya itu saja, mereka lebih dari itu.

Kesimpulan

Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan dari Pengertian Multichannel Marketing, Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat, Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel Marketing di atas,sekarang dapat kita simpulkan bahwa pemasaran multi saluran atau multichannel marketing adalah kombinasi dari berbagai saluran (online dan offline) yang membantu perusahaan untuk menempatkan produk dan layanan di depan audiens (baca pengertian audiens disini) target di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Ketika ekspektasi pelanggan meningkat dan teknologi berkembang, pergeseran dari multichannel ke omnichannel akan menjadi lebih penting bagi sebuah brand atau merek. Pelanggan menginginkan pengalaman membeli yang mulus, dan pengalaman itu harus melintasi berbagai platform.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Multichannel Marketing, Apa itu Pemasaran Multi Saluran? Tujuan, Manfaat, Cara Membuat dan Perbedaannya dengan Omnichannel Marketing. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam dunia teknologi nformasi.

Silahkan bagikan artikel adan tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan bisnis kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar