Memahami Pengertian Mastermind: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Macam Prinsip, Manfaat, Cara Membuat serta Menemukannya!

0
Gambar Dari Pengertian Mastermind Apa Itu Mastermind Group Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Macam Prinsip Manfaat Cara Membuat Serta Bagaimana Menemukannya
Gambar Dari Pengertian Mastermind Apa Itu Mastermind Group Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Macam Prinsip Manfaat Cara Membuat Serta Bagaimana Menemukannya

Tahukah Kalian, Pengertian Mastermind, Apa itu Mastermind Group? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Macam Prinsip, Manfaat, Cara Membuat serta Menemukannya!

Sekarang, di tahun 2020 ini, bukan rahasia lagi bahwa banyak artis, atlet, dan pebisnis top memiliki mentor terbaik yang menunjukkan jalan kepada mereka.

Walaupun, ada kalanya sebagian besar pengusaha dan pemilik bisnis dibiarkan dalam kecemasan, putus asa, tersesat, dan tanpa kesempatan untuk bertahan hidup, akhirnya menyerah dan menyerah begitu saja.

Tapi tidak, bagi orang yang lebih tahu, peran seorang dalang dapat memberi penghiburan dan kelegaan dari dampak finansial yang merusak.

Masterminds merupakan surga bagi orang-orang yang ingin mengembangkan keterampilan mereka dan belajar, sementara pada saat yang sama membangun jaringan dengan beberapa pakar pemasaran dan bisnis paling brilian di dunia.

Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian dari mastermind.

Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Mastermind

Mastermind berarti sesuatu pemikiran yang memberikan kecerdasan dalam mengarahkan atau kreatif untuk suatu proyek dimana hal ini juga sesuai berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari definisi kamus dari Situs Merriam Webster.

Kelompok atau yang lebih dikenal dengan istilah, jargon atau akronim mastermind group merupakan sekelompok rekan yang secara teratur bertemu untuk saling memberi bimbingan, nasihat dan dukungan.

Bukan rahasia lagi bahwa grup tersebut sangat penting untuk menjalankan bisnis yang sukses, menumbuhkan entitas bisnis Anda, dan mencapai tujuan dan impian Anda.

Apa itu Kelompok, Kumpulan atau Mastermind Group?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Mastermind Group Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Serta Macam Macam Prinsipnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Mastermind Group Tujuan Dan Fungsi Cara Kerja Serta Macam Macam Prinsipnya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan kelompok, kumpulan atau mastermind group ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini juga kada disebut dengan kata mastermind saja.

Definisi dari kelompok, kumpulan atau mastermind group cukup jelas, yaitu adalah sekelompok rekan yang bertemu untuk saling memberi nasihat dan support (dukungan).

Ini mirip dengan pendampingan atau mentoring, tetapi memiliki beberapa perbedaan penting.

Pertama, itu akan memiliki lebih dari 5 (lima) atau 6 (enam) anggota, alih-alih menjadi pertemuan satu lawan satu.

Dalam kelompok dalang, Anda berdua akan memberi dan menerima nasihat, sementara dalam mentoring (bimbingan), Anda biasanya hanya akan menjadi pihak yang menerima.

Kelompok dalang (mastermind) juga dapat melibatkan curah pendapat, presentasi pendidikan, dan bahkan mendiskusikan masalah pribadi.

Mereka adalah “pertemuan pikiran” dalam segala hal, tempat di mana Anda dapat mengatakan kebenaran dan mengharapkannya sebagai balasannya.

Grup mastermind merupakan komunitas suportif yang merayakan kesuksesan Anda dan memahami kegagalan Anda, dan mereka selalu mendorong Anda untuk bangkit kembali.

Definisi grup mastermind mungkin terbilang sederhana, tetapi untuk membuat atau menemukan grupnya merupakan hal yang sulit.

Jadi, bagaimana Anda bertemu atau memilih orang yang tepat? Bagaimana Anda menemukan kelompok yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Oke, mari simak terus ulasannya!

Tujuan dan Fungsi dari Mastermind

Agar lebih memahami terkait arti dan pengertian dari mastermind, pastinya kita juga harus memahami secara khusus tentang tujuan dan fungsinya.

Memang, beberapa orang lebih suka bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai visi dan misi mereka, sementara yang lain ada yang lebih suka mengejar impian mereka sendiri.

Kami pribadi mendapati bahwa melibatkan mitra yang berkomitmen bersama dalam pengejaran tujuan (baca pengertian tujuan disini) sangat bermanfaat terutama kelompok atau mastermind group.

Ya! Banyak orang yang memperkuat bisnis mereka dengan teman-temannya, dimana itu membuat kemajuan yang terukur menuju tujuan mereka, dan terus berkembang berkat support atau dukungan yang diterima dari kelompok dalang mereka selama bertahun-tahun.

Istilah kelompok dalang atau mastermind group mungkin merupakan hal yang relatif baru bagi kebanyakan orang, meskipun Napoleon Hill (seorang pakar atau ahli) yang menciptakan konsep tersebut sekitar 75 (tujuh puluh lima) tahun yang lalu tepatnya tahun 1937 dengan bukunya yang berjudul “Think and Grow Rich”.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian HMU: Sejarah, Ekspresi dan Contoh Penggunaannya dalam Media Sosial!

Terkait tujuannya sendiri, mastermind dirancang untuk membantu Anda menavigasi tantangan menggunakan kecerdasan kolektif orang lain.

Anda mungkin tahu bahwa membentuk hubungan positif dengan orang lain dan wirausahawan sangat penting dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnis yang berhasil dan sukses.

Masyarakat modern menawarkan banyak cara untuk terhubung dengan orang lain dan membentuk circle (lingkaran) yang berpikiran sama.

Ya! Hal ini akan membantu Anda menikmati perjalanan bersama dengan orang lain dalam kelompok yang memiliki pendapat dan pandangan yang sama tentang hal-hal yang penting bagi Anda.

Jika Anda seorang pengusaha atau pemilik bisnis, membuat hubungan yang benar dan mengelilingi diri Anda dengan individu yang positif dan berpikiran sama dapat membantu bisnis Anda serta Anda sebagai individu juga dapat tumbuh dan berkembang.

Adapun beberapa fungsi dari mastermind ini yaitu seperti:

  • Merangsang kreativitas
  • Menciptakan akuntabilitas

Tidak diragukan lagi bahwa kreativitas dan inovasi penting untuk kesuksesan bisnis di dunia saat ini.

Meskipun tidak ada yang benar-benar baru, Anda dapat meningkatkan berbagai hal dengan memantulkan ide satu sama lain, menggunakan sinergi tersebut untuk memicu ide baru dan kreatif.

Cara Kerja Mastermind

Setelah kita mengetahui apa itu mastermind, definisi dari mastermind group serta tujuan dan fungsinya di atas, maka kita juga harus mengetahui seperti apa cara kerja mereka.

Betul! Kelompok dalang atau mastermind ini dapat bertemu secara online melalui konferensi video, secara langsung, di telekonferensi, atau melalui papan pesan online.

Anda juga dapat mencoba grup LinkedIn dan grup Facebook pribadi, Zoom dan lain sebagainya.

Semuanya tergantung pada kebutuhan spesifik dari anggota, rapat mungkin juga dapat diadakan secara mingguan atau bulanan.

Dengan itu, kelompok-kelompok ini dapat menangani tantangan dan masalah bersama.

Yup! Orang-orang ini bersandar pada satu sama lain, menawarkan saran dan wawasan yang berharga, berbagi koneksi dan bahkan berbisnis satu sama lain bila perlu.

Komitmen diperlukan karena adanya sifat kelompok.

Anda harus mencari individu yang bermotivasi tinggi yang ingin memberi dan meminta bantuan dan dukungan dan juga bersedia menghadiri setiap pertemuan.

Perlu dicatat bahwa komitmen ini sangat penting untuk kesuksesan Anda serta kesuksesan grup Anda secara keseluruhan.

Setiap pertemuan kelompok pasti memiliki agenda kelompok mastermind.

Perhatikan bahwa ini akan membuat rapat terus mengalir secara produktif, memungkinkan terjadinya curah pendapat, akuntabilitas, dan penetapan tujuan yang lebih dalam dan lebih kaya.

Macam-Macam Prinsip Inti dalam Mastermind

Selanjutnya, dalam subbagian kali ini, Kami juga akan menjelaskan terkait apa saja jenis dan macam-macam prinsip core atau inti dalam mastermind.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ingatlah bahwa tujuan akhir dari pertemuan ini adalah membantu anggota menavigasi tantangan dan masalah bisnis yang kompleks dan sulit menggunakan pengalaman dan wawasan kolektif dari kelompok yang lebih besar.

Keberhasilan individu dibicarakan serta dirayakan dengan lantang dan masalah diselesaikan secara kolektif melalui dukungan timbal balik.

Sebenarnya, grup mastermind tidak membutuhkan banyak hal, tetapi beberapa prinsip utama harus dipenuhi.

Adapun beberapa macam prinsip core atau inti dari mastermind, yaitu sebagai berikut.

a. Komitmen

Macam dari prinsip yang pertama yaitu adalah komitmen.

Kemungkinan besar seseorang yang bergabung dengan grup mastermind memiliki tekad yang cukup tinggi dan bertujuan untuk membuat perubahan pada sebagian besar hidupnya.

Dapat dikatakan bahwa sebagian besar orang yang berprestasi tinggi dan orang yang bersemangat akan bergabung dengan kelompok semacam itu.

Ini artinya orang yang sadar akan waktu dan energi mereka.

Orang-orang tersebut berkomitmen pada kelompoknya dan berkontribusi.

Dalam proyek baru, setiap kelompok mastermind berarti seseorang harus menghabiskan waktu dan tenaga.

Orang-orang mengharapkan Anda untuk terlibat dengan mereka dan mendukung mereka, maka dari itulah tingkat komitmen merupakan salah satu key (kunci) dari mastermind.

b. Kerahasiaan

Prinsip inti mastermind berikutnya yaitu kerahasiaan.

Yup! Anggota kelompok atau kumpulan mastermind ingin dan harus dapat merasa nyaman dalam kelompok mereka.

Berbagi tujuan, pemikiran, dan ide sering kali membutuhkan tingkat keberanian tertentu, oleh karena itu, setiap anggota harus mempercayai kerahasiaan satu sama lain agar dapat bekerja sama dengan lancar.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Data Mining: Apa itu Penambangan Data? Menurut Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Proses dan Tahapannya!

c. Kesediaan Memberi dan Menerima

Jenis dan macam prinsip inti mastermind yang terakhir yaitu kesediaan untuk memberi dan menerima.

Hal ini terutama ketika berbicara tentang nasehat, maka kita harus siap memberi dan menerima.

Tidak ada ruang untuk ego di mastermind group.

Keberhasilan kelompok ditentukan oleh kemauan individu untuk terlibat satu sama lain.

Sebagai anggotanya, jika Anda tidak berkontribusi ke grup, Anda hanya akan mengganggu teman-teman Anda dan kehilangan kepercayaan mereka.

Manfaat Bergabung dengan Kumpulan atau Mastermind Group

Dalam membahas mengenai pengertian dari mastermind, pastinya hal itu tidak terlepas daripada apa saja manfaatnya bukan?

Benar! Manfaat (baca pengertian manfaat menurut para ahli disini) bergabung dengan grup mastermind sangat besar.

Dalam kelompok terbaik, anggota meminta pertanggungjawaban satu sama lain untuk tujuan mereka serta menantang satu sama lain untuk mencapai tingkat kesuksesan tertinggi.

Mereka berbagi ide, kontak bisnis, dan banyak lagi hal yang lainnya.

Mereka meminjamkan kekuatan mereka kepada anggota lain dalam kelompok dan mengatasi kelemahan mereka.

Berikut ini adalah beberapa jenis dan macam manfaat yang dapat kita dapatkan dengan adanya kelompok, kumpulan atau mastermind group.

1. Meningkatkan Kesejahteraan

Manfaat yang pertama yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang sukses sering kali memiliki anggota kelompok yang memiliki kondisi mental yang lebih sehat.

Pola pikir Anda adalah salah satu aspek terpenting untuk mencapai kesuksesan.

Ketika Anda mencapai tujuan bersama dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikiran sama yang membuat Anda nyaman, maka Anda melepaskan banyak hormon bahagia yang membawa suasana hati lebih positif dan gembira.

Menjadi bagian dari kelompok yang hebat juga dapat memberikan energi tambahan kepada anggota dan tentunya meningkatkan kondisi fisik mereka.

2. Lebih Banyak Peluang dan Jaringan

Mendapatkan lebih banyak peluang dan jaringan adalah manfaat yang nyata.

Peserta kelompok mastermind seringkali adalah orang-orang sukses yang ingin berbaur dengan orang lain yang memenuhi kualifikasi yang sama.

Anda juga memiliki peluang lebih besar untuk tetap berada di puncak pikiran dengan wirausahawan yang sangat sukses.

Pasti ada sesuatu tentang pertemuan langsung yang membantu membangun koneksi sehingga Anda bisa lebih fokus.

Meskipun Anda tidak boleh menjadi anggota di kumpulan mastermind Anda dengan tujuan menjual service (layanan) Anda, koneksi luar biasa yang Anda kembangkan dapat membuka pintu baru untuk bisnis Anda.

3. Mengembangkan Kebiasaan Positif

Manfaat mastermind terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu untuk lebih mengembangkan kebiasaan positif.

Bisa dibilang, salah satu manfaat terpenting yang dapat Anda peroleh dari mastermind adalah mengganti kebiasaan membatasi diri dan lama dengan kebiasaan baru yang didorong oleh kesuksesan.

Meskipun ini bukan proses yang mudah atau cepat, melalui latihan dan pengulangan, ini bisa dilakukan dan itu akan memberikan hasil jangka panjang.

Cara Membuat dan Memulai Kelompok, Kumpulan atau Mastermind Group

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Dan Menemukan Kumpulan Kelompok Atau Mastermind Group Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Dan Menemukan Kumpulan Kelompok Atau Mastermind Group Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, bagaimana cara untuk membuat, memulai perkumpulan atau kelompok mastermind?

Oke, sekarang kalian pasti sudah memiliki gambaran bagaimana caranya bukan?

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa langkah dan cara yang dapat kalian ikuti untuk membuat serta memulai grup mastermind sendiri:

  • Pilih sebuah topik; Ini mungkin sesempit yang Anda suka, atau seluas yang Anda suka (seperti seluruh hidup Anda misalnya). Jika Anda baru mengenal kelompok mastermind, Kami pribadi akan merekomendasikan memilih satu aspek tertentu dalam hidup Anda untuk memulainya. Mungkin seperti kebugaran, karier, sekolah, atau area luas lainnya yang ingin Anda tingkatkan.
  • Pilih mitra Anda; Selanjutnya, yaitu untuk memilih mitra atau rekan Anda. Betul! Kelompok mastermind hanya sebaik orang-orang di dalamnya, maka dari itu pilihlah partner Anda dengan hati-hati.
  • Setujui aturan dasar; Perlu diingat bahwa tujuan penetapan aturan bukanlah untuk membungkam siapa pun, tujuan aturan adalah untuk memastikan semua orang mendapatkan keuntungan dari kelompok mastermind. Kami pribadi lebih suka menyimpan seperangkat aturan yang longgar dan mengandalkan rasa saling menghormati dari individu untuk membuat semua orang sejalan, tetapi Anda dapat memilih untuk memiliki aturan dasar yang ketat jika Anda mau.
  • Laksanakan dan terapkan; Well, tidak ada lagi kata yang dapat Kami jelaskan selain mulai untuk melaksanakan dan menerapkannya sekarang!
Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Domain: Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkan serta Daftar Domain Suffiex!

Bagaimana Menemukan Grup yang Tepat Untuk Anda?

Jika kalian kesulitan untuk membuat dan memulai kelompok, kumpulan atau mastermind group Anda, maka kalian dapat mencoba untuk mencari dan menemukan grup yang tepat!

Ya! Sekarang ini, grup mastermind begitu populer sehingga mereka ada di mana-mana.

Anda hanya perlu tahu di mana menemukannya.

Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, baik yang berkaitan dengan bisnis Anda maupun diri Anda sendiri, Anda harus menemukan kelompok dalang yang sesuai dengan Anda.

Untuk caranya sendiri akan Kami jelaskan seperti ini, namun sebelumnya, perlu Kami tekankan bahwa Anda pasti dapat dengan mudah menemukan grup yang benar-benar dapat Anda kembangkan.

Adapun hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke tempat orang-orang seperti Anda berkumpul.

Jadi, jika Anda seorang pengusaha e-commerce (baca pengertian e-commerce disini), tidak perlu mencari pengusaha e-commerce lain secara ketat, Anda dapat mencari pengusaha yang termotivasi dan sukses lainnya di industri apa pun.

Lihat apakah ada grup mastermind di daerah Anda dengan memeriksa situs, seperti seperti ads.id yang merupakan kumpulan para digital marketer di Indonesia.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat dengan mudah mencari dalam radius tertentu dari kode pos untuk menemukan beberapa grup dalang lokal tentang beberapa topik mastermind, seperti leadership ataupun technopreneurship (baca pengertian technopreneurship disini).

Kemudian hubungi pengelola grup untuk mengetahui apakah grup itu masih aktif dan apakah mereka menerima anggota baru.

Cara lain adalah menanyakan guru, mentor, dan penulis favorit Anda.

Ingatlah bahwa mereka biasanya memiliki kelompok mastermind, tetapi mereka tidak selalu mengiklankan atau memberitahukannya.

Bahkan jika mereka sendiri tidak memiliki kelompok, mereka mungkin tahu orang lain yang memilikinya.

Kesimpulan

Oke, sekarang sudah cukup jelas menurut Kami.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Mastermind, Apa itu Mastermind Group? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Macam Prinsip, Manfaat, Cara Membuat serta Menemukannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa berdasarkan definisi, mastermind adalah konsep pendampingan di mana individu dapat membentuk kelompok untuk belajar dari satu sama lain dan tumbuh bersama.

Mastermind group dapat secara signifikan membantu Anda dalam membentuk kehidupan, kepribadian, dan bisnis Anda.

Tujuan utama dari kelompok, kumpulan atau grup dalang ini adalah agar rekan kerja dapat saling membantu dalam memecahkan masalah dan mengembangkan diri bersama melalui masukan dan saran dari satu sama lain.

Nilai inti dari mastermind group yaitu sinergi energi, motivasi, dan komitmen serta kemauan untuk belajar dan tumbuh bersama.

Terkait sejarah dari istilah ini sendiri, adapun konsepnya pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Hill.

Dalam bukunya “Think and Grow Rich”, disana dia menggambarkan mastermind sebagai sekelompok setidaknya 2 (dua) orang yang datang bersama dengan tujuan untuk memecahkan masalah.

Temuan Hill tersebut terutama didasarkan ketika mempelajari salah satu perusahaan Amerika yang sukses yang memiliki semacam grup mastermind.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami bagikan dan sampaikan dalam tulisan artikel kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Mastermind, Apa itu Mastermind Group? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Macam Prinsip, Manfaat, Cara Membuat serta Menemukannya.

Semoga apa yang coba Kami untuk sampaikan dan terangkan disini dapat bermanfaat serta juga bisa menambah wawasan kalian semua, terutama dalam bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami ini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua juga jangan lupa untuk subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar