Membahas Pengertian Manajemen Media Online: Manfaat, Peran, Elemen dan Tools atau Alatnya!

0
Gambar Apa Itu Pengertian Manajemen Media Online Manfaat Peran Elemen Dan Apa Saja Tools Atau Alatnya
Gambar Apa Itu Pengertian Manajemen Media Online Manfaat Peran Elemen Dan Apa Saja Tools Atau Alatnya

Sebenarnya, Apa itu Pengertian Manajemen Media Online? Manfaat, Peran, Elemen dan Apa Saja Tools atau alatnya? Benar! Terlibat dengan audiens Anda melalui media sosial seperti di zaman sekarang terutama tahun 2020 saat ini adalah menjadi lebih penting dari saat sebelum-sebelumnya. Pelanggan berinteraksi dengan merek melalui Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lainnya, dan mereka mengharapkan respons cepat dan hasil profesional.

Perlu kalian ketahui, manajemen media online mewakili proses pengelolaan media online yang dilakukan secara efektif serta efisien dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada untuk mencapai berbagai tujuan. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa arti manajemen media online. Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Manajemen Media Online

Apa itu? Ya! Manajemen media online adalah proses menciptakan, menjadwalkan, menganalisis, dan terlibat dengan konten yang diposting pada platform (baca penjelasan pengertian platform disini) dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dan lain sebagainya.

Manajer media sosial dapat digunakan oleh sebuah brand atau merek, individu, serta bisnis untuk menjangkau pelanggan baru secara online atau untuk meningkatkan dan mempertahankan reputasi mereka.

Manajer manajemen media online biasanya adalah orang yang ahli dalam menangani aktivitas media sosial, mulai dari menanggapi komentar pelanggan hingga mengembangkan strategi tentang cara mencapai tujuan pemasaran jangka panjang dengan menerbitkan konten asli. Namun, ada juga tools atau alat manajemen media sosial yang memberi Anda kendali terhadap strategi Anda sendiri.

Manfaat Manajemen Media Online

Seperti yang sudah Kami singgung pada penjelasan pengertian manajemen media online di atas, ada beberapa hal yang menjadi alasan pentingnya mengelola media online terutama dalam perkembangan bisnis.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat manajemen media online yang perlu kalian ketahui, terutama dalam bisnis.

1. Mengenal Pelanggan

Manfaat manajemen media online yang pertama adalah kita dapat mengenal pelanggan. Suksesnya sebuah bisnis, tentu hal tersebut tidak terlepas oleh eksistensi atau adanya pelanggan.

Dengan memaksimalkan manajemen media online, maka ini akan dapat membantu Anda mengenal pelanggan Anda lebih dekat. Media online dapat dijadikan alat lapangan untuk memetakan konsumen, seperti apa yang akan menjadi pelanggan Anda.

Baca Juga :  10 Aplikasi Terjemah Offline dan Online Terbaik Gratis dan Berbayar

Sebagai contoh, misalnya Anda dapat menggunakan tools seperti Facebook Insight untuk menyelidiki apa dominansi pelanggan Anda, mulai dari usia dan jenis kelamin dan lain sebagainya. Informasi (baca pengertian informasi disini) seperti ini, biasanya bermanfaat untuk memaksimalkan kenaikan harga, penjualan dan branding.

2. Mendengar Keinginan Konsumen

Berikutnya adalah mendengar keinginan konsumen. Adanya feedback atau umpan balik, baik itu yang positif ataupun negatif dari konsumen Anda, maka akan dapat membantu Anda untuk mengevaluasi bisnis Anda menjadi lebih baik.

Melalui media online seperti website resmi perusahaan atau media umum bisa lebih cepat mendapatkan kritik atau saran oleh konsumen. Sehingga media online, dapat menjadi alat untuk mengukur kepuasan pelanggan Anda.

3. Memberikan Respon yang Cepat

Dengan adanya testimoni pelanggan melalui media online, maka Anda bisa menerima dan memberikan respon lebih cepat. Perusahaan yang baik, tidak hanya merespon keluhan pelanggan mereka hanya melalui atau via Telepon saja, mereka juga dapat menerima keluhan melalui media online yang disediakan oleh perusahaan.

4. Melihat Persaingan di Pasar

Manajemen media online juga berperan untuk menggali informasi dan Data terkait kondisi pasar terutama dalam hal persaingan. Melalui media online, Anda dapat dengan mudah untuk mengumpulkan informasi tentang kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda untuk menaikkan dan memaksimalkan taktik bisnis Anda.

5. Meningkatkan Pengunjung Situs Web

Manajemen media online ini diperlukan untuk meningkatkan traffic atau lalu lintas pengunjung website perusahaan.

Manajemen mampu dilakukan dengan memasukkan konten yang dapat meningkatkan traffic SEO, sehingga website yang dimiliki oleh perusahaan dapat menjadi viral, atau berada dalam kategori trending pada search engine atau msin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo dan lain sebagainya.

6. Menghemat Waktu

Dengan manajemen media daring ini, Anda dapat menjadwalkan posting sebelumnya, daripada membebani diri Anda dengan mengingat untuk mengirim pada jam-jam sibuk di siang hari.

7. Meningkatkan Otoritas

Dengan memposting beberapa kali sehari di berbagai platform, Anda dapat meningkatkan authority atau otoritas Anda sebagai brand atau perusahaan yang bermerek dan terpercaya.

Peran Manajemen Media Online dalam Bisnis

Ilustrasi Gambar Peran Manajemen Media Online Dalam Pengertian Manajemen Media Online
Ilustrasi Gambar Peran Manajemen Media Online Dalam Pengertian Manajemen Media Online

Terkait penjelasan tentang pengertian manajemen media online di atas, perlu kalian ketahui bahwa dalam mengembangkan sebuah bisnis, tentu tidak terlepas dari adanya peran media daring, dalam hal ini dia merupakan media sosial.

Media online seperti website maupun media sosial adalah sarana promosi yang paling efektif serta efisien dalam berbisnis apalagi sekarang ini. Oleh karena hal itulah, manajemen media online sangat berperan serta diperlukan dalam taktik pemasaran suatu perusahaan atau bisnis untuk mengenalkan produk mereka terhadap calon konsumen dan pelanggan.

Peran manajemen media online sendiri adalah mengatur, mengelola dan mengendalikan media-media daring yang dimiliki oleh perusahaan agar secara efektif dapat untuk dipakai dalam pencapaian dari tujuan perusahaan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Sistem Informasi: Tujuan, Komponen, Jenis dan Contohnya!

Sebuah perusahaan, mereka biasanya memanfaatkan media online tidak hanya sebagai promosi saja, namun juga sebagai sarana dalam mengenali pasar dan para konsumennya.

Elemen Manajemen Media Online

Dari berbagai acuan dan sumber yang sudah Kami rangkum, manajemen media online ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian sebagai berikut

  • Manajemen Konten
  • Manajemen Desain
  • Manajemen Pemasaran

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing elemen manajemen media daring tersebut.

a. Manajemen Konten Media Online

Secara umum, yang dimaksud dengan konten media online adalah isi atau pesan dari informasi yang disampaikan. Jadi, manajemen media online merupakan salah satu bagian yang sebuah perusahaan yang bertugas dalam mengelola isi atau pesan yang disampaikan melalui internet.

Biasanya, pada perusahaan, bagian ini terdiri dari penulis, reporter, fotografer, redaktur atau editor, pemimpin redaksi, kontributor dan koresponden.

b. Manajemen Desain Media Online

Desain manajemen media daring ini seringkali bersangkutan dengan tampilan website dengan berbagai elemen di dalamnya.

Adapun beberapa hal penting yang harus ada pada penerapan desain media online yang baik adalah seperti:

  • Fast loading; Pemuatan atau proses memuat yang cepat.
  • Clean; Tampilan yang rapi atau enak dilihat.
  • User friendly; Ramah dan mudah digunakan oleh pengguna
  • Responsive web design atau desain web yang responsif (dapat terlihat sempurna dalam berbagai perangkat).
  • SEO friendly; Ramah terhadap mesin pencari.

Divisi yang menangani desain media daring ini biasanya adalah web desainer atau orang yang berpengalaman dalam bidang front-end development. Biasanya bagian mereka bekerja sesuai dengan bagian lain seperti marketing atau pemasaran) agar desain yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria tertentu.

c. Manajemen Pemasaran Media Online

Pemasaran media daring adalah ujung tombaknya sebuah perusahaan atau startup. Sebuah marketing atau pemasaran dapat berupa bentuk offline dan juga online.

Terkait digital marketing, manajemen pemasaran media online ini pada umumnya mencakup:

Meskipun masih ada banyak metode marketing atau pemasaran yang ada di luar sana, namun, penggunaan media online, e-mail marketing, serta SEO adalah masih merupakan cara yang efektif dan bahkan paling ampuh.

Tools atau Alat Manajemen Media Online (Sosial)

Ilustrasi Gambar Tools Atau Alat Managemen Media Online Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Tools Atau Alat Managemen Media Online Dalam Membahas Penjelasan Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan arti manajemen media online, manfaat, peran dan elemennya di atas, tersedia banyak tools manajemen media daring yang dapat Anda gunakan untuk mengelola perusahaan atau bisnis Anda.

Adapun beberapa tools manajemen media online yang populer tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Memahami Pengertian Grid System: Apa itu Sistem Grid dan Kisi? Sejarah, Jenis dan Contohnya serta Tips dan Cara Menggunakannya!

1. Hootsuite

Tools manajemen media daring yang pertama adalah Hootsuite. Alat ini terbilang cukup populer dan sering digunakan, terutama bagi pemilik bisnis yang berbasis online.

Hoosuite juga dapat terhubung dengan beberapa media sosial populer yang lain, misalnya seperti Twitter, Facebook, Linkedln, WordPress serta Foursquare dan lain sebagainya.

2. Post Planner

Post Planner sangat sering disebut sebagai tools media online yang paling efektif. Walaupun ini pada awalnya dioptimalkan pada media sosial seperti Facebook dalam membantu merk atau brand bisnis untuk memberikan konten yang relevan dengan Komunitas mereka.

Sekarang, tools ini sudah mulai banyak digunakan dalam media sosial yang lainnya, seperti Instagram.

3. Buffer

Biasanya, bisnis profesional lebih sering menggunakan tools yang bernama Buffer ini. Tools ini digunakan untuk mengelola media online perusahaan.

Buffer memiliki desain yang simpel serta juga dapat membantu memperpendek atau URL atau Link yang panjang, selain itu mereka juga menyediakan analytics untuk konten dan terintegrasi dengan Twitter, Facebook, Linkedln, Pinterest dan jenis media online lainnya.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah mulai paham bukan? Oke, berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Manajemen Media Online? Manfaat, Peran, Elemen dan Apa Saja Tools atau alatnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa manajemen media online adalah tindakan pemantauan, dan berpartisipasi dalam, percakapan sosial cross atau lintas platform.

Dalam manajemen media online, agensi atau individu mengelola dan memantau keberadaan media sosial dari bisnis dan merek Anda, serta produk-produknya. Melalui manajemen daring ini, perusahaan berharap dapat meningkatkan kesadaran brand, merek dan loyalitas merek, serta mendorong keterlibatan dan konversi pengguna.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat Kami bagikan kali postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas tentangPengertian Manajemen Media Online? Manfaat, Peran, Elemen dan Apa Saja Tools atau alatnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Anda serta menambah pengetahuan Anda untuk meningkatkan pengelolaan bisnis Anda.

Jangan lupa like, share dan subscribe serta berikan juga tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar