Human Computer Interaction (HCI): Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Definisi, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam serta Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian Human Computer Interaction Atau HCI Apa Itu Interaksi Manusia Komputer Definisi Sejarah Tujuan Fungsi Jenis Prinsip Macam Faktor Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Human Computer Interaction Atau HCI Apa Itu Interaksi Manusia Komputer Definisi Sejarah Tujuan Fungsi Jenis Prinsip Macam Faktor Serta Kenapa Itu Penting

Mengenal Pengertian Human Computer Interaction (HCI), Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam dan Pentingnya!

Benar, seperti yang sudah kita ketahui, setiap kali Anda asyik bermain video game, Anda mengalami dan melakukan sebuah interaksi bukan.

Masih ambigu? Contoh lainnya?

Ya, kalian sebagai anak kos juga bisa menguangkan di ATM, dimana prosesnya hanya terjadi dalam waktu kurang dari 1 (satu) menit.

Terlepas daripada itu, memang, semua orang bahkan kita juga sering mengalami interaksi yang buruk.

Yup! Interaction atau interaksi yang Kami maksud disini seperti ketika aplikasi secara otomatis mengisi kode verifikasi yang dikirim melalui SMS (baca pengertian SMS disini), atau misalnya Anda menggunakan widget di layar beranda alih-alih membuka aplikasi atau melihat tanda centang hijau saat mengisi formulir dengan benar.

Oke, terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian HCI atau Human Computer Interaction (Interaksi Manusia Komputer).

Oke baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya, mari kita simak!

Pengertian Human Computer Interaction (HCI)

Berarti Interaksi Manusia Komputer atau IMK, Human Computer Interaction (HCI) adalah bidang ilmu yang mempelajari desain dan penggunaan teknologi komputer.

Human Computer Interaction atau yang lebih sering dikenal dengan HCI ini fokus pada antarmuka antara orang dan komputer (baca pengertian komputer disini) dan bagaimana merancang, mengevaluasi serta menerapkan sistem komputer interaktif yang memuaskan pengguna.

Interaksi manusia komputer adalah apa yang terjadi ketika pengguna manusia dan sistem komputer, dalam arti luas, berkumpul untuk mencapai sesuatu.

Apa itu Interaksi Manusia Komputer (IMK)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Interaksi Manusia Komputer Atau IMK Definisi Sejarah Awal Serta Tujuan Dan Fungsi Dari Human Computer Interaction Atau HCI
Ilustrasi Gambar Apa Itu Interaksi Manusia Komputer Atau IMK Definisi Sejarah Awal Serta Tujuan Dan Fungsi Dari Human Computer Interaction Atau HCI

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Interaksi Manusia Komputer (IMK) ini?

Ya, seperti yang sudah Kami terangkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan Human Computer Interaction atau HCI saja secara global.

Arti dari Human Computer Interaction (HCI) terbilang cukup luas, karena sekarang, ini sudah mencakup hampir semua bentuk teknologi informasi atau Information Technology (IT).

Interaksi Manusia Komputer atau IMK adalah studi tentang merancang komputer dan mesin agar dapat melayani penggunanya dengan sebaik-baiknya (yaitu manusia ).

HCI terkait erat dengan bidang desain User Experience atau UX (baca pengertian UX disini) dan dianggap oleh kebanyakan orang sebagai pelopor pendekatan yang lebih modern ini.

Terlepas dari hubungan umum ini, HCI dapat dikatakan berbeda dari desain UX yang lebih dikenal luas karena fokus utamanya adalah akademis.

Jika desainer UX akan ditugaskan untuk membangun aplikasi atau application, produk, atau layanan baru yang berfokus pada manusia, praktisi HCI lebih peduli dengan penelitian.

Artinya, HCI difokuskan terutama pada pengembangan pemahaman empiris pengguna, yang kemudian dapat membantu menginformasikan karya desainer UX di lapangan.

Betul! Itulah mengapa HCI merupakan jendela untuk melihat tuture (masa depan) daripada UX sendiri.

Definisi HCI (Human-Computer Interaction)

Untuk definisi dari HCI atau Human Computer Interaction sendiri, berdasarkan dari sumber ensiklopedia Situs Springer, Interaksi Manusia-Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) adalah studi tentang bagaimana teknologi komputer mempengaruhi pekerjaan dan aktivitas manusia.

Para ahli atau pakar disana juga menjelaskan bahwa istilah “teknologi komputer” tersebut sebagai sesuatu yang sekarang sudah mencakup sebagian besar teknologi.

Baca Juga :  System Design: Pengertian, Apa itu Desain Sistem dan Documents? Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam Manfaat serta Pentingnya!

Mulai dari komputer yang jelas dengan layar dan keyboard hingga ponsel, peralatan rumah tangga, sistem navigasi dalam mobil dan bahkan sensor dan aktuator yang embedded (tertanam) seperti pencahayaan otomatis.

HCI memiliki disiplin desain terkait, kadang-kadang disebut interaction design atau desain yang berpusat pada pengguna, yang berfokus pada cara merancang teknologi komputer agar dapat digunakan semudah dan senyaman mungkin.

Sejarah Awal Human Computer Interaction

Agar lebih memahami tentang apa itu arti HCI atau Human Computer Interaction, maka kita juga harus mengenal paling tidak sedikit hal terkait sejarah mulai munculnya kata ini bukan?

Ya! Bidang interaksi manusia komputer telah berkembang pesat sejak awal.

Komputer pribadi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Personal Computer (PC) pertama pada awalnya membutuhkan pelatihan ekstensif agar end-user (baca pengertian end user disini) dapat menggunakannya dengan benar.

Yup! Hal itu secara mengejutkan mengalami sejumlah besar kekurangan terkait pengalaman pengguna.

Beberapa tugas sederhana, seperti menggerakkan kursor atau menghapus teks, merupakan tantangan yang belum pernah terlihat sebelumnya yang disajikan kepada pengguna.

Memang, secara keseluruhan, semuanya menghadirkan rintangan yang signifikan bagi kegunaan komputer.

Saat itulah HCI muncul, pada awal tahun 1980-an, sebagai upaya untuk mempelajari bagaimana dan mengapa komputer dapat dibuat lebih ramah pengguna.

Bidang studi tersebut dengan cepat berkembang mencakup hampir semua bentuk Teknologi Informasi (TI).

Meskipun awalnya membahas masalah yang hanya akan dihadapi oleh pengguna pertama kali, HCI berevolusi untuk memasukkan pertimbangan kualitas seperti:

  • Kesenangan dan kenyamanan pengguna.
  • Kesejahteraan (ini mencakup perangkat yang memungkinkan kecanduan atau ketergantungan padanya, dimana hal itu akan dianggap buruk bagi kesejahteraan pengguna)
  • Efektifitas (berarti bahwa jaminan yang ditempatkan seseorang di suatu tempat dapat memengaruhi kinerja secara keseluruhan).
  • Alur (bagaimana pengguna menggunakan dan bergerak melalui interface atau antarmukanya)
  • Dukungan untuk perkembangan pembangunan manusia

Meskipun bidang Interaksi Manusia Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) ini telah berkembang pesat sejak permulaannya, bidang ini akan terus berkembang seiring semakin banyak hal-hal baru yang ditemukan tentang pengguna dan komputer terutama di tahun 2021 sekarang.

Ini karena HCI hanya bisa sebaik pemahaman kita tentang diri kita sendiri, karena para filsuf dan psikolog perilaku menggali lebih dalam untuk memahami bagaimana dan mengapa kita sebagai manusia bertindak.

Ya, HCI dapat berevolusi, terutama untuk menciptakan perangkat dan mesin yang semakin terkait erat dengannya yaitu kita manusia.

Tujuan dan Fungsi Human Computer Interaction (HCI)

Setelah kita memahami arti, apa itu Interaksi Manusia Komputer atau IMK dan sejarah Human Computer Interaction (HCI), selanjutnya kita juga harus mengetahui tujuan dan fungsinya.

Yup! Sederhananya, tujuan HCI adalah menciptakan sistem yang ramah pengguna yang juga berfungsi serta aman.

Perlu untuk diketahui, agar dapat mencapai tujuan ini, developers atau para pengembang harus mampu:

  • Berempati dengan pengguna dan antisipasi bagaimana mereka akan menggunakan teknologi.
  • Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan praktik terbaik dalam membangun sistem yang memadai.
  • Menghasilkan interaksi yang efektif, efisien, dan tentunya aman.

Benar, hal itu tentunya mengingat HCI sendiri terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu user (pengguna), komputer, dan bagaimana keduanya bekerja sama.

Terkait fungsi utamanya sendiri, adapun fungsi dan kegunaan di dalamnya adalah aspek yang ditujukan untuk memastikan bahwa interaksi manusia komputer, efektif, efisien, dan memuaskan.

Jadi, pada intinya untuk fungsi serta kegunaannya mencakup karakteristik seperti kemudahan penggunaan, produktivitas, efisiensi, efektivitas, kemampuan belajar, kemampuan dipertahankan, dan kepuasan pengguna.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Sandy Bridge: Sejarah, Manfaat dan Arsitektur Processornya

Jenis Prinsip Human Computer Interaction Design (Desain)

Ilustrasi Gambar Jenis Prinsip Design Atau Desain Dan Macam Faktor Human Computer Interaction HCI
Ilustrasi Gambar Jenis Prinsip Design Atau Desain Dan Macam Faktor Human Computer Interaction HCI

Selanjutnya, ada juga yang dinamakan dengan prinsip HCI atau Human Computer Interaction Design atau desain.

Dalam desain Interaksi Manusia Komputer, para desainer menggunakan prinsip-prinsip seperti visibilitas, kemudahan ditemukan, dan kemampuan belajar untuk menangani perilaku dasar manusia.

Kami pribadi dapat menggunakan beberapa prinsip desain tersebut untuk memandu tindakan para pemakainya.

Sebagai contoh misalnya seperti kemampuan yang dapat dirasakan, ini termasuk seperti tombol pada keyboard dan lain sebagainya.

Dengan begitu, para desainer memberikan kontrol kepada pengguna dalam pengalaman menggunakan yang smooth (mulus).

Jenis-jenis prinsip HCI atau Human Computer Interaction sebagaimana yang dijelaskan menurut seorang ahli atau pakar bidang komputer yang bernama Jakob Nielsen, dia mengidentifikasi sepuluh 10 (sepuluh) commands atau perintah terkait desainnya.

Adapun jenis-jenis tipe prinsip Human Computer Interaction Design tersebut yaitu:

  1. Memberitahu pengguna tentang status sistem dengan feedback (umpan balik) yang konstan.
  2. Memberikan aturan informasi dalam urutan yang logis dan alami.
  3. Memastikan para pengguna dapat dengan mudah membatalkan atau mengulangi tindakan.
  4. Mempertahankan standar yang konsisten sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya tanpa harus mempelajari kumpulan tools (alat) baru.
  5. Mencegah kesalahan jika memungkinkan, peringatkan pengguna sebelum mereka melakukan tindakan.
  6. Jangan buat pengguna mengingat informasi, pertahankan opsi, dan lain sebagainya agar tetap terlihat.
  7. Jadikan sistem fleksibel sehingga beginer (pemula) dan expert (ahli) dapat memilih untuk melakukan lebih banyak atau lebih sedikit pada mereka.
  8. Desain dengan estetika dan minimalis dalam pikiran, penting menjaga kerapian serta jangan berantakan dengan item yang tidak perlu.
  9. Memberikan pesan kesalahan dalam bahasa sederhana untuk menunjukkan masalah dan kemungkinan solusinya.
  10. Berikan dan tawarkan sumber daya pemecahan masalah yang mudah dicari, jika diperlukan.

Macam Faktor HCI atau Human Computer Interaction

Dalam membahas tentang pengertian HCI (Human Computer Interaction), disini Kami juga akan menjelaskan beberapa faktor-faktor yang terdapat di dalamnya.

Oke, berikut ini adalah macam-macam faktor yang terdapat di dalam bidang HCI atau Human Computer Interaction yang harus kalian ketahui:

  1. Faktor organisasi; Ini termasuk seperti politik, tempat Kerja, desain dan pelatihan.
  2. Faktor lingkungan; Seperti tingkat kebisingan dan ventilasi.
  3. Pengguna; Seperti kemampuan dan proses kognitif, kepribadian, pengalaman, motivasi serta emosi mereka.
  4. Faktor kenyamanan; Ini termasuk seperti peralatan dan tata letak yang baik.
  5. User interface atau antarmuka pengguna; Ini termasuk seperti input dan output perangkat, mulai dari warna, tata letak, ikon, grafik dan navigasinya.
  6. Faktor task (tugas); Misalnya seberapa rumit atau mudahnya, keterampilan dan alokasinya.
  7. Batasan; Seperti biaya, waktu dan peralatannya.
  8. Fungsi sistem; Ini adalah perangkat keras, perangkat lunak dan aplikasi di dalamnya.
  9. Faktor produktivitas; Seperti jumlah biaya paling sedikit untuk keluaran yang paling efisien serta dapat meningkatkan inovasi dan juga troubleshooting (baca pengertian troubleshooting disini) pemecahan masalah dalam bidang HCI atau Human Computer Interaction.

Kenapa Human Computer Interaction atau HCI itu Penting?

Ilustrasi Gambar Kenapa Interaksi Manusia Komputer Atau Human Computer Interaction HCI Itu Penting
Ilustrasi Gambar Kenapa Interaksi Manusia Komputer Atau Human Computer Interaction HCI Itu Penting

Jadi, apa yang membuat istilah HCI (Human Computer Interaction) ini merupakan sesuatu yang penting?

Oke, sebelumnya, jika kalian yang sedang bertanya-tanya tentang pentingnya HCI, dan kebetulan kalian sedang mencari di pencarian Google lalu kemudian menemukan postingan Kami disini, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja, selain membahas artinya, disini Kami juga akan menjelaskan kenapa kita harus memperhatikannya.

Oke, perlu Kami tekankan sekali lagi, HCI atau Human Computer Interaction adalah studi tentang bagaimana komputer dan mesin dapat melayani kita dengan lebih baik.

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi bidang ini sangat bergerak cepat dan menarik di abad ke-21 sekarang, sehingga membantu menghadirkan beberapa penemuan yang tentunya kita banggakan, seperti realitas virtual, mobil tanpa pengemudi, dan semua teknologi layar sentuh favorit Anda.

Baca Juga :  Begini Cara Mendapatkan Sofware Secara Gratis (Jenis Apapun) serta Tips dalam Mencarinya!

Jenis informasi yang dikumpulkan oleh praktisi HCI ini digunakan untuk terus menyempurnakan dunia desain pengalaman pengguna atau yang lebih kita kenal dengan UX.

Tanpa pengujian, polling dan pengumpulan data yang konstan, konsep kegunaan komputer yang intuitif akan stagnant (mandek).

Selain itu, produk IT, seperti ponsel dan laptop, akan terus berlanjut untuk dirancang sedemikian rupa dalam melayani pengguna akhir.

Interaksi Manusia Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI), ini memungkinkan perancang UX dan User Interface atau UI (baca pengertian UI disini) di seluruh dunia untuk menghasilkan komputer yang lebih baik dan lebih berfokus pada pengguna, membantu setiap konsumen produk dan layanan tersebut.

Mulai dari memastikan mesin yang dapat terus beroperasi dengan cara yang aman, terlindungi, serta ramah pengguna, hingga memungkinkan pengguna dari semua kemampuan untuk berinteraksi dengan komputer.

Betul! HCI terbilang sangat berharga dalam memastikan bahwa komputer dirancang untuk penggunaan manusia yang sukses dan intuitif. 

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas untuk sekarang.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Human Computer Interaction (HCI), Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam dan Pentingnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Interaksi Manusia Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) adalah bidang studi multidisiplin yang berfokus pada desain teknologi komputer dan, khususnya, interaksi antara manusia (pengguna) dan komputer.

Meskipun awalnya terkait dengan komputer, HCI sejak itu berkembang mencakup hampir semua variasi desain teknologi informasi setelah munculnya komputer pribadi pada akhir tahun 1970-an.

Para peneliti menyadari bahwa mereka harus memperluas interaksi dengan komputer kepada semua orang, bukan hanya kepada orang-orang yang merupakan profesional teknologi informasi.

Ini mempelajari terutama tentang bagaimana orang berinteraksi dengan komputer dan sejauh mana pengguna dapat berinteraksi dengan komputer.

Dimana tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan interaksi yang sukses antara komputer dan pengguna dan untuk melihat area mana yang masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Human Computer Interaction (HCI), Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam dan Pentingnya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi komputer dan user (penggunanya).

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar