App Store Optimization: Apa itu ASO? Fungsi, Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam, Cara Optimasi, Perbedaannya dengan SEO serta Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian App Store Optimization Apa Itu ASO Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Dan Macam Strategi Bagaimana Cara Optimalkan Serta Contohnya Perbedaannya Dengan SEO Dan Pentingnya
Gambar Dari Pengertian App Store Optimization Apa Itu ASO Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Dan Macam Strategi Bagaimana Cara Optimalkan Serta Contohnya Perbedaannya Dengan SEO Dan Pentingnya

Mengenal Pengertian App Store Optimization, Apa itu ASO, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja, Jenis dan Macam, Cara Optimasi, Perbedaannya dengan SEO serta Pentingnya!

Perlu kalian ketahui, pengoptimalan application store adalah kunci bisnis mobile atau seluler Anda.

Sama seperti SEO (baca apa itu SEO disini), tanpa menerapkan strategi ASO, tentunya akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan, baik dalam hal peringkat dan kemudahan untuk ditemukan (kecuali jika aplikasi Anda adalah Facebook, TikTok atau salah satu dari beberapa aplikasi yang viral).

Ya, ASO penting bagi aplikasi Anda untuk mendapatkan lebih banyak organic (baca pengertian organic disini) download dan memungkinkan Anda menghabiskan lebih sedikit biaya untuk unduhan berbayar.

Ini memungkinkan aplikasi Anda lebih mudah diakses. Banyak pengguna menjelajahi toko tanpa mengetahui apa yang ingin mereka unduh, jadi ini adalah peluang bagus untuk membuat pengguna baru menemukan produk Anda.

Terkait hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas tentang apa itu pengertian app store optimization atau ASO.

Oke baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian App Store Optimization

Berarti pengoptimalan toko aplikasi, App Store Optimization atau ASO adalah proses meningkatkan visibilitas aplikasi dalam app store dan meningkatkan rasio konversi aplikasi.

Toko aplikasi utama adalah App Store untuk iOS dan Google Play untuk Android (baca arti Android menurut para ahli disini).

Selain peringkat tinggi di hasil pencarian toko aplikasi, ASO juga berfokus pada rasio klik-tayang atau yang lebih sering kita kenal dengan istila Click-Through Rate (CTR) yang dalam hal ini artinya, Anda harus meyakinkan orang untuk benar-benar mengklik listingan toko aplikasi Anda setelah mereka menemukannya.

Seperti yang juga dijelaskan oleh sumber simpulan Kami dari situs Appradar Academy, Anda dapat melakukan praktik terbaik ASO dengan mengoptimalkan nama aplikasi, judul, ikon, tangkapan layar, dan peringkat aplikasi.

Apa itu ASO?

Ilustrasi Gambar Apa Itu ASO Fungsi Dan Tujuan Pengoptimalan App Store Optimization
Ilustrasi Gambar Apa Itu ASO Fungsi Dan Tujuan Pengoptimalan App Store Optimization

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan ASO?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan pada pengertian di atas, istilah ASO ini lebih dikenal dengan sebutan pengoptimalan atau app store optimization.

ASO adalah taktik yang meningkatkan visibilitas aplikasi di toko aplikasi.

Toko aplikasi memberi peringkat setiap aplikasi berdasarkan berbagai faktor.

Dengan berhasil menggunakan kata kunci yang optimal, gambar yang berguna, dan deskripsi yang dilokalkan, Anda dapat peringkat lebih tinggi dan mendorong lebih banyak unduhan karena visibilitas itu.

ASO sering dibandingkan dengan SEO (akan kita bahas lebih lanjut di bagian perbedaannya), tetapi yang pertama hanya berlaku untuk fungsi penelusuran dan algoritma peringkat app store.

Karena itu, ada beberapa cara SEO dan ASO tumpang tindih, yang dapat membantu Anda saat pertama kali ingin meningkatkan peringkat app store.

ASO secara efektif adalah mesin pencari situs tertutup.

Beberapa poin utama yang mirip seperti SEO, ini bergantung pada pengindeksan yang tepat, konten yang dapat ditemukan, dan manipulasi algoritme atau algoritma peringkat app store.

Jika Anda berhasil mengomunikasikan penggunaan aplikasi Anda, baik ke toko maupun calon pengguna, ada potensi besar untuk meningkatkan jangkauan dan mendorong penginstalan.

Fungsi dan Tujuan App Store Optimization (ASO)

Agar kita lebih memahami tentang apa itu App Store Optimization atau ASO, maka tentunya kita juga harus mengetahui apa fungsi dan tujuannya sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Kecerdasan Buatan: Menurut Para Ahli, Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contohnya!

Secara garis besar, ini memang sama seperti pengoptimalan mesin telusur atau pencari (dalam hal ini SEO) untuk situs web, pengoptimalan toko aplikasi berfungsi dan memiliki tujuan utama untuk aplikasi mobile (seluler) saja.

Fungsi pengoptimalan adalah untuk meningkatkan visibilitas aplikasi seluler di toko aplikasi seperti App Store untuk iOS, Google Play untuk Android, Windows Store untuk Windows Phone atau BlackBerry World untuk BlackBerry.

Untuk lebih spesifik, proses pengoptimalan memberi peringkat aplikasi melalui pencarian kata kunci di toko dan mendorong aplikasi ke tangga lagu (daftar list) teratas saat sudah benar dan sesuai.

Kuncinya adalah membuat aplikasi Anda terlihat sedapat mungkin oleh calon pengguna Anda.

Benar! Kedengarannya sederhana bukan?

Moz menjelaskan, pengoptimalan ASO ada 2 (dua), Anda perlu menemukan kata-kata yang dicari pengguna potensial Anda yang terkait dengan aplikasi Anda dan ke-2 (dua), aplikasi Anda harus terlihat menarik.

Cara Kerja ASO atau App Store Optimization

Kemudian, mari kita pahami sedikit prinsip dan cara kerjanya.

Ada beberapa faktor yang diketahui mempengaruhi pengoptimalan aplikasi untuk aplikasi iOS dan Android.

Mari kita mulai pembahasan prinsip dan cara kerjanya sebagai berikut.

a. Faktor On-Metadata

Pertama yaitu faktor on-metadata, ini adalah elemen halaman produk atau listingan yang dapat dimodifikasi dalam App Store Connect atau Google Play Console untuk meningkatkan peringkat kata kunci app store, menjelajahi visibilitas.

Dan rasio konversi untuk mendownload, yang merupakan salah satu kunci yang paling penting.

Elemen-elemen, yang 100% (persen) berada di bawah kendali kita yaitu adalah:

  • URL
  • Package (paket)
  • Nama developer atau pengembang (hanya Google Play)
  • Nama, judul Aplikasi, deskripsi, deskripsi singkat, subtitle, teks promo
  • Bidang keyword atau kata kunci (untuk Apple Store)
  • Kategori, ikon, tangkapan layar dan video

Betul! Mengoptimalkan metadata akan membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi di penelusuran dan penjelajahannya.

b. Faktor Off-Metadata

Seperti yang juga terjadi di SEO (Search Engine Optimization dari dunia pemasaran web) dan faktor off-page, faktor off-metadata adalah faktor eksternal yang tidak berada di bawah kendali developers atau pengembang.

Elemen yang tidak 100% (persen) berada di bawah kendali kita adalah seperti:

  • Volume dan kecepatan install (pemasangan)
  • Peringkat aplikasi
  • Ulasan
  • Engagement atau keterlibatan pengguna

Yup! Sederhananya, untuk prinsip dan cara kerja ASO yaitu adalah on-metadata + off-metadata.

Jenis dan Macam Strategi ASO (App Store Optimization)

Gambar Screenshoot Atau Tangkapan Layar Aplikasi Dalam Membahas Jenis Dan Macam Strategi Pengoptimalan ASO App Store Optimization
Gambar Screenshoot Atau Tangkapan Layar Aplikasi Dalam Membahas Jenis Dan Macam Strategi Pengoptimalan ASO App Store Optimization

Setelah kita mengetahui pengertian App Store Optimization, apa itu ASO, fungsi, tujuan dan cara kerjanya, sekarang Anda tahu mengapa Anda harus mengoptimalkan aplikasi seluler Anda.

Namun, praktik tanpa strategi yang bagus tentunya juga tidak efektif.

Dalam subbagian ini, Kami juga akan membahas terkait jenis dan macam strategi ASO (App Store Optimization) yang harus kalian ketahui.

Oke baiklah, berikut ini adalah jenis dan macamnya.

1. Riset Kata kunci dan Pasar

Strategi ASO pertama yaitu dengan riset keyword (kata kunci) dan market research.

Memilih kata kunci yang tepat sangat penting untuk keberhasilan penelusuran toko aplikasi.

Anda harus menargetkan mereka yang memiliki relevansi tinggi (terkait dengan bisnis Anda), lalu lintas tinggi, dan kesulitan atau persaingan rendah.

Memang, strategi kata kunci berbeda untuk setiap aplikasi.

Sebagai contoh misalnya, untuk aplikasi baru, lebih baik menggunakan istilah persaingan rendah dan menengah untuk secara bertahap mengubahnya dengan beberapa dengan lebih banyak lalu lintas dan persaingan.

Untuk mendapatkan visibilitas maksimum, aplikasi atau game Anda harus bersifat global (tersedia di seluruh dunia) dengan semua bahasa dioptimalkan.

2. Memahami Target Audiens

Mengenal audiens target aplikasi Anda adalah salah satu komponen terpenting dari strategi ASO.

Sebagian besar pemasar aplikasi memulai dengan langkah yang salah karena mereka tidak mengetahui target audiensnya.

Untuk mengembangkan strategi ASO yang unggul, Anda harus mengidentifikasi grup target (atau grup) dan menyesuaikan upaya pemasaran aplikasi Anda.

3. Optimasi Berbasis Hipotesis

Strategi ASO yang kuat dibangun di atas hipotesis tentang kombinasi materi iklan dan perpesanan yang akan menyebabkan sebagian besar pengguna mendownload aplikasi Anda.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Falsafah Keperawatan: Konsep Inti dan Perbedaannya dengan Disiplin Ilmu Lainnya!

Tanpa pengujian hipotesis yang baik, Anda mungkin berisiko membuang-buang sumber daya pada eksperimen yang tidak fokus.

Hipotesis yang baik adalah pernyataan tepat yang dapat dibuktikan atau tidak terbukti dan harus digunakan sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih lanjut.

4. Menjalankan Testing

Berdasarkan analisis kami terhadap lebih dari jutaan sesi pengguna, Kami telah mengidentifikasi aset pemasaran toko aplikasi yang paling berdampak dalam hal potensi peningkatan conversion (baca pengertian conversion disini).

Data kami menunjukkan bahwa materi iklan, video pratinjau aplikasi, tangkapan layar, dan ikon merupakan adalah aset pemasaran app store yang paling berdampak.

5. Gunakan Data

Sekarang, Anda sudah menjalankan tes, Anda mungkin telah menemukan yang mana bagian yang efektif dan yang tidak.

Ya! Di sinilah letak komponen yang paling penting yaitu menerjemahkan data menjadi wawasan yang memandu Anda lebih jauh.

Secara umum, adapun tahap analisis yang normal dan sehat biasanya akan terlihat seperti ini:

  • Dalam analisis keterlibatan toko aplikasi, nilai kinerja aset laman untuk memahami tanggapan terbaik pengguna, dan identifikasi kekuatan dan kelemahan dari semua variasi.
  • Tentukan apakah ada variasi kemenangan yang harus kita dorong ke toko langsung.
  • Hitung peningkatan CVR di toko secara langsung.

Bagaimana Cara Optimasi atau Meningkatkan Peringkat Aplikasi dengan ASO serta Contohnya?

Gambar Elemen ASO Dalam Membahas Cara Meningkatkan Peringkat Aplikasi Serta Contohnya Dan Perbedaannya Dengan SEO Search Engine Optimization Dan Pentingnya
Gambar Elemen ASO Dalam Membahas Cara Meningkatkan Peringkat Aplikasi Serta Contohnya Dan Perbedaannya Dengan SEO Search Engine Optimization Dan Pentingnya

Terlepas dari pada pengertian, cara kerja serta jenis dan macam strategi app store optimization di atas, jadi, bagaimana cara untuk melakukan optimasi atau meningkatkan peringkat aplikasi dengan ASO?

Oke, berikut daftar singkat cara meningkatkan peringkat aplikasi Anda dengan ASO yang perlu kalian ketahui:

  1. Menggunakan keyword dalam nama aplikasi Anda.
  2. Menyertakan kata kunci dalam deskripsi aplikasi Anda.
  3. Melokalkan (localizing) konten.
  4. Menggunakan kategori aplikasi primer dan sekunder yang tepat.
  5. Tangkapan layar dan gambar berguna lainnya.

Mari kita jadikan localizing atau pelokalan sebagai contoh utama tentang cara mendapatkan keuntungan dari ASO.

Pertimbangkan kemungkinan peningkatan konversi saat bahasa dan currency (mata uang) aplikasi Anda telah dilokalkan untuk berbagai pengguna.

Perubahan kecil ini dapat langsung meningkatkan jangkauan aplikasi Anda dan selanjutnya mendorong pemasangan dari file .apk.

Aplikasi Anda dan kebutuhan pemirsanya pasti akan berubah seiring waktu, dan ASO Anda juga harus mengikutinya.

Bukan kebetulan bahwa aplikasi dengan peringkat tertinggi di App Store memelihara dan memperbarui kontennya secara teratur.

Mereka bertujuan untuk mencerminkan umpan balik pengguna dalam ASO mereka dan memastikan bahwa fitur baru disertakan dalam deskripsi.

Cara lain untuk mempelajari bagaimana peringkat Anda dapat ditingkatkan adalah dengan meneliti praktik aplikasi peringkat tertinggi dalam kategori yang relevan bagi Anda.

Dengan mengamati ASO pesaing Anda, Anda dapat mengoptimalkan konten Anda dan menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Perbedaan ASO dengan SEO (Search Engine Optimization)

Selain membahas tentang apa itu pengertian ASO, disini Kami juga akan menjelaskan hal-hal terkait perbedaan app store optimization dengan SEO.

Well, ASO memang sering disebut sebagai SEO-nya toko aplikasi.

Kedua proses tersebut memiliki kesamaan seperti pengoptimalan kata kunci, backlink (tautan balik) dan pengoptimalan konversi.

Adapun untuk perbedaan utama antara pengoptimalan app store dan pengoptimalan mesin telusur atau pencari adalah faktor peringkatnya.

Selain itu, ASO digunakan untuk aplikasi seluler sedangkan SEO untuk situs web.

Faktor SEO untuk browser web, seperti Google Penelusuran, melibatkan lebih dari 200 (dua ratus) aspek dan daftarnya terus bertambah.

Daftar faktor peringkat untuk ASO jauh lebih pendek, namun banyak orang masih ragu apa saja yang berperan serta berfungsi.

Berikut ini adalah daftar tabel perbedaan ASO dengan SEO yang sudah Kami rangkum agar dapat lebih mudah untuk dimengerti.

NoPoinASOSEO
1PlatformApple App Store, Google PlayGoogle Search, Bing, Yahoo, Yandex dan lainnya
2On-PageNama aplikasi, deskripsi, keywords (iOS), metrik penggunaan dan kualitas, tingkat uninstall Tag judul, H1, H2, H3, keyword density, page speed (kecepatan), bounce rate (tingkat pentalan)
3Off-PageLink, anchor text, social signalsBacklinks, ratings dan reviews, status download (unduhan)
4Tujuan (goals)Traffic (pengunjung)Download (unduhan pengguna)

Kenapa ASO atau App Store Optimization itu Penting?

Lalu, apa yang membuat ASO ini menjadi sesuatu yang penting terutama untuk bisnis?

Baca Juga :  Pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dalam Data Network

Hmmm, jika kalian yang sedang membaca tulisan Kami disini kebetulan sedang mencari-cari apa saja hal yang membuat mereka penting, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskannya!

Pengoptimalan atau App Store Optimization (ASO) membantu Anda terhubung dengan audiens (baca pengertian audiens disini) yang relevan dan mendorong nilai jual unik aplikasi Anda.

ASO yang berkualitas dapat sangat meningkatkan penginstalan, membuatnya berharga bagi pemasar aplikasi.

Selain itu, ini adalah pemasangan organik, yang sering kali terbukti menjadi pengguna aplikasi yang paling berharga.

Selain fakta bahwa aplikasi adalah bisnis besar, tetapi pengguna sebenarnya senang mencari aplikasi.

50% (persen) pengguna aktif harian mencari aplikasi setidaknya sekali seminggu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 60% (persen) aplikasi ditemukan melalui pencarian toko aplikasi itu sendiri!

Tanpa praktik ASO, aplikasi Anda hanya akan dianggap sebagai aplikasi Zombie!

Aplikasi zombie adalah aplikasi yang tidak muncul 2 (dua) dari 3 (tiga) hari dalam daftar 300 teratas di toko aplikasi.

Oleh karena itu, menginvestasikan waktu untuk pengoptimalan adalah suatu keharusan!

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan terkait Pengertian App Store Optimization, Apa itu ASO, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja, Jenis dan Macam, Cara Optimasi, Perbedaannya dengan SEO serta Pentingnya.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengoptimalan toko aplikasi atau App Store Optimization (ASO) adalah proses pengoptimalan game atau aplikasi untuk memaksimalkan visibilitasnya di toko di search (penelusuran) saat pengguna mencari dan explore (jelajahi) saat pengguna menjelajah.

Ini merupakan proses meningkatkan lalu lintas ke daftar dan meningkatkan rasio konversi untuk menghasilkan volume maksimum unduhan organik.

Pengoptimalan app store bukanlah pekerjaan satu kali saja melainkan berulang.

Saat ini, pendekatan pengoptimalan yang paling umum adalah dengan cara tidak ada pendekatan sama sekali.

Memang, seringkali ini semua tentang coba-coba.

Uji dan uji coba terus-menerus dengan kata kunci Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik dan oleh karena itu, arahkan lebih banyak lalu lintas ke halaman unduhan Anda.

ASO merupakan bisnis sehari-hari dalam hal peringkat kata kunci, jadi penting untuk tidak melupakannya.

Jika Anda tidak menggunakan ASO untuk meningkatkan peringkat penelusuran aplikasi Anda, Anda kehilangan saluran penemuan terbesar yang tersedia untuk aplikasi Anda.

Jangan terjebak dalam kiamat aplikasi Zombie!

Gunakan pengoptimalan toko aplikasi untuk menghilangkan selubung tak terlihat yang menutupi aplikasi Anda dan meningkatkan peluang untuk mengungkap aplikasi Anda kepada calon pengguna.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian App Store Optimization, Apa itu ASO, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja, Jenis dan Macam, Cara Optimasi, Perbedaannya dengan SEO serta Pentingnya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, mobile (seluler) dan development-nya.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar