Ternyata! Ini Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

0
Ilustrasi Gambar Ternyata Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer PC Laptop Mendadak Tiba Tiba Mati Sendiri
Ilustrasi Gambar Ternyata Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer PC Laptop Mendadak Tiba Tiba Mati Sendiri

Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya? Ya, kita semua tahu fakta bahwa hadirnya Teknologi telah membawa kemajuan yang besar di antara orang-orang. Tidak diragukan lagi Teknologi telah sangat membantu rakyat dengan segala cara. Tapi bagaimanapun juga itu adalah Teknologi! Seperti halnya manusia, mereka juga memiliki beberapa masalah.

Memang benar bahwa penggunaan Komputer PC/Laptop yang berlebihan menyebabkan shutdown acak atau mendadak mati sendiri. Sebagian besar orang tidak mengerti apa alasan di balik masalah ini. Ini umumnya menyebabkan ketidakpuasan pelanggan terhadap perusahaan merek yang diinginkan seperti Dell, HP, Lenovo, Sony, dan lain sebagainya.

Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri?

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi masalah ini, alangkah baiknya kalu kita ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Berdasarkan dari riset dan pengalaman Kami sendiri terkait pemahaman soal Komputer PC/Laptop. Di bawah ini adalah penyebab umum Komputer PC/Laptop tiba-tiba Mati Sendiri secara mendadak:

  1. Overheating (Terlalu Panas)
  2. Masalah Hardware (Perangkat Keras)
  3. Masalah Driver
  4. Terinfeksi Malware
  5. Masalah Baterai (Laptop)
  6. Kegagalan UPS
  7. Kekurangan Tegangan Charger
  8. Pengaturan Sleep Mode yang salah
  9. Masalah Fast Startup
  10. Masalah BIOS
  11. Kegagalan Software (Perangkat Lunak)
  12. OS atau Sistem Operasi yang Bermasalah

Penyebab yang paling sering terjadi dari Komputer PC/Laptop yang tiba-tiba mati mendadak saat digunakan adalah karena terdapat masalah Overheating atau terlalu panas terutama saat melakukan atau sedang menjalankan Aplikasi yang berat seperti Corel Draw atau Adobe After Effects sehingga Komputer PC/Laptop memilih untuk melakukan Shutdown Anda dapat mengatasi masalahnya dengan melihat aktivitas pada Kipas Komputer PC/Laptop Anda.

Lalu bagaimana jika Komputer PC/Laptop Anda memang tidak sedang menjalankan aktivitas yang berat dan Kipas Komputer PC/Laptop Anda pun juga berjalan dengan normal saja. Mari kita bahas di bawah secara lengkap apa yang menjadi Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara untuk Mengatasinya di bawah ini.

12+ Cara untuk Mengatasi Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri

Ilustrasi Gambar Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Secara Mendadak
Ilustrasi Gambar Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Secara Mendadak

1. Overheating (Terlalu Panas)

Jika PC Anda mati tanpa peringatan terlebih dahulu (langsung mati), penyebabnya mungkin karena Komputer PC/Laptop Anda sedang Overheating atau terlalu panas.

Masalah Overheating (Terlalu Panas) biasanya terjadi karena:

  • Penggunaan Komputer PC/Laptop yang berlebihan
  • Masalah pada Fan (Kipas) Komputer PC/Laptop
  • Ada debu, kotoran, rambut, dan puing-puing lainnya dalam Komponen Komputer PC/Laptop
  • Overclocking.

a. Penggunaan Komputer PC/Laptop yang berlebihan

Untuk mulai mengatasi masalahnya, panas dan komputer Anda adalah kombinasi yang sangat buruk. Oleh karena itu, SELALU jaga Komputer PC/Laptop Anda agar tetap dingin. Setiap kali Anda mengabaikan aturan ini, Anda menempatkan komputer Anda dalam situasi yang tidak semestinya. Akibatnya, Motherboard mengalami Overheating dan mati mendadak secara tiba-tiba.

Untuk mencegah Komputer PC/Laptop dari Overheating (Terlalu Panas), coba ikuti tips Kami di bawah ini:

  • Jauhkan komputer Anda dari tempat dan zona panas
  • Dapatkan sirkulasi udara di sekitar PC Anda
  • Jangan pernah letakkan komputer Anda di dekat dinding
  • Jangan biarkan komputer Anda terkena sinar matahari langsung
  • Jangan gunakan komputer Anda dalam kondisi lembab
  • Gunakan Air Cooler (pendingin) jika Anda pengguna laptop
  • Jika PC Anda tampak sangat panas, coba berikan olesan Termal Paste (Pasta) untuk mendinginkannya

a. Masalah Fan (Kipas Laptop)

Jika kipas VGA Anda, kipas case, atau kipas Processor (Prosesor) Anda tidak berfungsi, sudah pasti dapat akan dapat menyebabkan Komputer PC/Laptop tiba-tiba Mati sendiri. Periksa Fan (Kipas) dengan cermat untuk mengetahui apakah ada di antara mereka yang tidak menyala:

  • Jika ada Fan (Kipas) Anda terus berbunyi aneh, itu pertanda buruk, ada kemungkinan Fan (Kipas) Anda tersebut rusak
  • Jika kipas Anda kotor atau berdebu, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk membersihkannya yang mungkin menjadi penyebab Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri
Baca Juga :  Tips untuk Pelamar Kerja: Persiapan dan Cara agar Cepat Diterima Kerja!

c. Kotoran dan Debu

Yang benar adalah, Komputer yang berdebu cerderung menghalangi dan menghambat Komponen dalam Komputer PC/Laptop Anda bisa jadi saluran penyaring panas Komputer PC/Laptop Anda terhambat oleh debu, karena debu, kotoran, sisa-sisa makanan, rambut, dan hal-hal lain dapat memanaskan komputer Anda dengan mencegah sirkulasi udara yang baik. Selain itu, puing-puing yang terperangkap di dalam menyediakan lingkungan yang ramah bagi kuman. Bersihkan segera!

Anda harus menjaga PC Anda tetap rapi dan bersih agar tidak terlalu panas dan mencegah Komputer PC/Laptop Anda yang mendadak mati sendiri. Bersihkan Komputer PC/Laptop Anda secara teratur dan hentikan kebiasaan “makan di sekitar komputer” jika Anda melakukannya!

d. Overclocking

Overclocking yang Kami maksud disini adalah ketika Anda menggunakan Utilities untuk Overclocking atau Anda meng-Upgrade salah satu komponen Komputer PC/Laptop untuk meningkatkan performanya (seperti Processor, RAM dan lain sebagainya). Jika Komputer PC/Laptop Anda telah di-overclock, komponen-komponennya yang lain mungkin tidak dapat memenuhi permintaan daya yang meningkat tersebut.

Perlu diingat bahwa melakukan overclocking pada komputer Anda sama dengan memainkan Komputer dengan Api. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin Anda. Itulah sebabnya Kami menyarankan Anda untuk menonaktifkan utilitas overclocking Anda, atau mengembalikan kembali Komponen dan sistem Anda kembali seperti sebelumnya. Kalau tidak, itu dapat menyebabkan Overheating (Terlalu Panas).

2. Masalah Hardware (Perangkat Keras)

Masalah Hardware (Perangkat Keras) juga dapat memaksa Komputer Anda untuk mematikan secara acak. Berikut ini adalah cara mengatasi masalah Hardware (Perangkat Keras) yang menyebabkan Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri:

a. Menggunakan Device Manager

Untuk mengidentifikasi perangkat yang bermasalah, coba gunakan Device Manager pada Windows. Utilitas Windows ini menghasilkan dapat membantu Anda memberitahu dan memecahkan masalah Hardware (Perangkat Keras) Anda.

Cek jika ada perangkat yang bermasalah dengan menggunakan Device Manager (biasanya perangkat yang bermasalah akan ada ikon berwarna kuning). Untuk mengakses Device Manager di Windows, Anda dapat membukanya dengan cara:

Mengakses Start>Control Panel>Performance and Maintenance>System>tab Hardware>Device Manager

Atau, dengan cara:

Tekan pada Keyboard Win + X

b. Menggunakan Check Disk

Selanjutnya untuk mengatasi masalah Hardware (Perangkat Keras) coba periksa Utilitas Disk
Periksa apakah Hard Disk atau Hard Drive Anda berfungsi dengan baik, dengan:

Buka CMD (Run as Administratror)> tuliskan CHKDSK /f /r

Jika Anda telah memperbarui Komputer PC/Laptop Anda baru-baru ini, lepaskan perangkat keras yang baru ditambahkan tersebut dan periksa apakah Komputer Anda baik-baik saja. Intinya adalah, Hardware (Perangkat Keras) baru Anda dapat menyebabkan masalah ketidakcocokan dan menyebabkan shutdown spontan atau tiba-tiba mati sendiri secara mendadak.

3. Masalah Driver

Driver yang salah atau kedaluwarsa dapat menyebabkan Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati mendadak terutama pada Windows. Berikut adalah beberapa tips yang telah terbukti untuk membuat Driver Anda dalam kondisi prima untuk digunakan:

a. Menggunakan Windows Update

Windows Update pada Windows 10 dapat mencari pembaruan Driver sendiri, caranya yaitu dengan:

Membuka Menu Start>Settings>Update & Security>Check for Updates

b. Menjalankan Windows Driver Verifier

Anda juga dapat menggunakan Windows Driver Verifier, dengan ini Anda dapat mendeteksi perangkat yang bermasalah, cara menggunakannya yaitu dengan:

Membuka Menu Start>ketik Verifier> Enter

c. Menggunakan Device Manager

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Device Manager untuk menyelesaikan masalah driver. Untuk menggunakannya, caranya adalah sebagai berikut:

Tekan pada Keyboard Win + X>Device Manager

Buka satu persatu untuk mencari driver Anda yang bermasalah. Klik kanan (jika ada) pilih Update Driver Software. Anda juga bisa langsung meng-Update driver yang bermasalah tersebut secara manual dengan cara mendownload driver tersebut sesuai dengan Verdor Komputer PC/Laptop Anda.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Kemasan: Apa itu Pengemasan? Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis, Manfaat, Tips Mengemas dan Distribusinya!

d. Update Driver Menggunakan DriverPack Solution

Gambar Screenshoot Menggunakan DriverPack Solution Untuk Mengatasi Masalah Driver Yang Menyebabkan Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri
Gambar Screenshoot Menggunakan DriverPack Solution Untuk Mengatasi Masalah Driver Yang Menyebabkan Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri

Meng-Update Driver menggunakan DriverPack Solution adalah hal paling mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka Aplikasinya, kemudian biarkan DriverPack Solution melakukan Scan terhadap Komputer Laptop/PC Anda. Tunggu sampai selesai, kemudian klik Install All.

Anda dapat membeli DVD DriverPack Solution atau dengan mendownload DriverPack Solution secara langsung. Kami sarankan Anda untuk membeli DVDnya saja, karena untuk ukuran Aplikasi DriverPack Solution sendiri dapat mencapai 4-6 GB (Gygabyte).

4. Terinfeksi Malware

Jika Komputer Anda bertingkah sangat aneh seperti munculnya deteksi Virus, lalu tiba-tiba mati sendiri, Anda harus memindai Sistem Anda sesegera mungkin, karena gejala-gejala tersebut mengindikasikan bahwa Komputer PC/Laptop Anda terinfeksi Malware. Langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

a. Menggunakan Windows Defender

Microsoft Windows Defender adalah solusi keamanan internal bawaan Windoes yang dapat mengusir virus yang tidak disukai dari Komputer Anda. Anda dapat membukanya dengan cara:

Buka Settings>Update & Security>Windows Security>Open Windows Defender Security Center

b. Menggunakan Program Antivirus

Lakukan pemindaian sistem yang mendalam menggunakan Antivirus yang Anda gunakan seperti AVG, Avast, Bitdefender dan lain sebagainya. Pastikan Anda menginstall Software (Perangkat Lunak) Antivirus versi yang terbaru.

5. Masalah Baterai (Laptop)

Seiring berjalannya waktu, pengguna Laptop cenderung mengalami masalah baterai terutama saat Laptop sudah berusia lebih dari 2 Tahun. Jadi, jika Laptop Anda menjadi terlalu tidak terduga dan tiba-tiba mati sendiru, Anda dapat menyalahkan baterai Anda sebagai penyebabnya.

Pertimbangkan untuk mengganti baterai lama Anda dengan yang baru. Pastikan baterai baru Anda sesuai dengan Vendor dan Jenis Laptop Anda.

6. Kegagalan UPS

Apakah Anda menggunakan Komputer PC/Laptop Anda menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply)? Jika Ya, pastikan perangkat yang Kami maksud ini tidak menyebabkan masalah. Coba colokkan komputer Anda langsung ke outlet dan terminal listrik dan lihat apakah Komputer PC/Laptop Anda berfungsi dengan baik.

Jika masalah tersebut tampaknya teratasi, ada kemungkinan UPS Anda kelebihan beban atau hanya sekedar rusak.

7. Kekurangan Tegangan Charger

Jika Anda menggunakan program atau Aplikasi berat yang membutuhkan banyak sumber daya misalnya seperti Corel Draw dan Adobe After Effects atau Game 3D yang terbaru, Anda mungkin memerlukan pengisi daya dengan kapasitas tegangan yang lebih tinggi. Misalnya, jika pengisi daya Anda 90 Watt atau kurang (ini mungkin tidak cukup) akibatnya, Komputer PC/Laptop Anda tiba-tiba mati sendiri secara mendadak.

Tegangan Charger atasu pengisi baterai yang bagus untuk komputer yang digunakan secara berlebihan adalah dari 100w hingga 240w.

8. Pengaturan Sleep Mode

Sleep Mode (Mode Tidur) adalah pilihan yang bagus jika berfungsi dengan baik, mereka akan menghemat energi dan memungkinkan Anda untuk membangunkan dan menyalakan komputer yang sedang tidur atau sedang berada dalam Sleep Mode, hanya dalam beberapa detik.

Namun, Sleep Mode mungkin berjalan tidak benar pada Windows sehingga menyebabkan Komputer PC/Laptop Anda tiba-tiba mati sendiri alih-alih mengantisipasinya. Coba matikan dan nonaktifkan Sleep Mode untuk memperbaiki masalah tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

Klik kanan ikon Baterai di taskbar>Power Options>Change when the computer sleeps>pilih Never
Gambar Screenshoot Mengatur Pengaturan Sleep Mode Menjadi Never Untuk Mengatasi Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri
Gambar Screenshoot Mengatur Pengaturan Sleep Mode Menjadi Never Untuk Mengatasi Komputer PC Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri

Pastikan pengaturan Sleep Mode Komputer PC/Laptop Anda sudah kurang lebih seperti Gambar Kami di atas.

9. Masalah Fast Startup

Pengaturan dan Opsi Fast Startup memang membantu Komputer Anda untuk Boot dan menyala lebih cepat. Sayangnya, Fast Startup juga dapat menyebabkan masalah Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri. Coba matikan dan nonaktifkan Fast Startup dengan cara:

Klik kanan ikon Baterai di taskbar>Power Options>Choose what the power button do>klik Change settings that are currently unavailable>Hilangkan centang Fast Startup

10. Masalah BIOS

Jika shutdown dan Komputer PC/Laptop yang tiba-tiba mati sendiri terus terjadi, pertimbangkan untuk memperbarui BIOS Anda. Prosedur ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, PC Anda dapat rusak permanen. Karena itu, jika Anda tidak yakin dengan keahlian Anda, Kami sarankan Anda untuk mencari Bantuan IT Profesional untuk melakukannya. Jika Anda tetap bersikeras untuk mencoba melakukannya, berikut adalah tips Kami untuk menginstall dan meng-Update BIOS Komputer PC/Laptop Anda:

  1. Download BIOS yang terbaru pada Vendor Komputer PC/Laptop Anda
  2. Ikuti panduan mereka untuk menginstall atau meng-update BIOS
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Mention: Apa itu @Mentions? Cara Melacak, Menafsirkan dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial!

11. Kegagalan Software (Perangkat Lunak)

Masalah perangkat lunak tertentu dapat memicu dan menyebabkan Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk mengatasi masalah Kegagalan Software (Perangkat Lunak):

  • File System Anda korup, rusak atau hilang
  • Pengaturan System tidak optimal
  • Kesalahan pada Aplikasi
  • Junk Files atau File sampah
  • Masalah Registry (Registri) Windows

Berikut adalah beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini:

a. Menggunakan System File Checker

Anda dapat mencoba Menggunakan System File Checker, dengan tujuan untuk memperbaiki File System yang korup, hilang atau rusak. Caranya adalah sebagai berikut:

Mulai dengan membuka CMD, pada Start Menu ketikkan Command Prompt, kemudian Klik kanan pilih Run as Administrator, kemudian:

Ketikkan DISM.exe/Online/Clean-image/Restorehealth>Ketik sfc /scannow

Tunggu pemindaian sistem selesai, kemudian Restart Komputer Anda

b. Menggunakan Cara Manual

Lihat dan amati baik-baik Aplikasi yang Anda gunakan. Apakah Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri saat satu Aplikasi sedang berjalan? Lakukan yang terbaik untuk melacak masalahnya, coba copot pemasangan atau Uninstall aplikasi yang bermasalah tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Troubleshooter untuk mengatasi masalahnya.

12. OS atau Sistem Operasi yang Bermasalah

Masalah terkait OS atau Sistem Operasi Windows juga patut mendapat perhatian khusus. Jika masalah Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri ini masih belum teratasi dengan Cara Mengatasi Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri yang sudah Kami bagikan di atas, Anda mungkin dapat mengakui bahwa OS atau Sistem Operasi Windows Anda mungkin ada yang salah atau ada yang salah setelah Anda meng-Update Komputer PC/Laptop Anda menjadi Windows 10. Berikut ini adalah cara mengatasi masalah terkain OS atau Sistem Operasi Windows:

a. Menggunakan System Restore Points

Bawa dan kembalikan Windows Anda kembali ke dalam keadaan sebelum masalah Komputer PC/Laptop tiba-tiba mati sendiri muncul. Adapun cara menggunakan System Restore Points adalah sebagai berikut:

Buka Control Panel>System and Security>File History>Recovery>Open System Restore>Next

Kemudian lanjutkan dengan:

pilih Select the preferred restore point dan Klik Next> Finish>Klik Yes

Note: Agar dapat menggunakan System Restore Points, terlebih dahulu Anda harus melakukan dan membuat Restore Points pada Windows Anda. Jika tidak, maka cara ini tidak dapat Anda lakukan.

b. Reset Komputer PC/Laptop Anda

Untuk mengatasi terkait masalah OS atau Sistem Operasi Windows, Anda dapat mencoba untuk me-Reset Komputer PC/Laptop Anda dengan cara:

Buka Start Menu>ketikkan Reset>pilih Reset This PC

Kesimpulan

Diatas adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer PC/Laptop yang tiba-tiba Mati Sendiri Secara Mendadak berdasarkan Riset dan pengalaman Kami dalam menggunakan Komputer. Solusi yang disebutkan di atas adalah cara terbaik dan termudah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika Anda tidak memiliki masalah seperti itu, Anda yang beruntung menggunakan mesin Komputer PC/Laptop yang sempurna.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai apa yang menjadi Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara untuk Mengatasinya yang dibahas secara lengkap dan detail. Silahkan tanyakan kepada Kami terkait masalah tersebut melalui Komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan Semoga berhasil. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar