8+ Istilah dalam Graphic Design yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam Graphic Design Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam Graphic Design Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Graphic Design?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam Graphic Design (Desain Grafis), kita harus mengetahui apa itu Graphic Design (Desain Grafis) terlebih dahulu. Menurut American Institute of Graphic Arts (AIGA), Graphic Design (Desain Grafis) didefinisikan sebagai “seni dan praktik perencanaan dan proyeksi ide dan pengalaman dengan konten visual dan tekstual.” Dalam istilah lain, desain grafis mengkomunikasikan ide atau pesan tertentu melalui visual. Visual ini dapat sesederhana logo bisnis, atau serumit halaman web desain.

“Desain grafis mengambil elemen grafis dan tekstual dan mengimplementasikannya ke dalam berbagai jenis media”, kata Alexandros Clufetos, desainer kreatif di Vertex Innovations. Ini membantu produsen terhubung dengan konsumen. Ini menyampaikan pesan proyek, acara, kampanye atau produk. Graphic Design (Desain Grafis) dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk melalui iklan, situs web untuk menyampaikan informasi rumit dengan cara yang jelas melalui infografis, atau oleh bisnis untuk mengembangkan identitas melalui branding, antara lain.

Untuk lebih jelas dalam memahami Graphic Design (Desain Grafis), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam Graphic Design (Desain Grafis).

8 Istilah dalam Graphic Design (Desain Grafis) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Graphic Design Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Graphic Design Yang Harus Anda Ketahui

1. Color Value (Nilai warna)

Color Value atau Nilai warna adalah naungan warna. Nilai dapat didefinisikan dalam HTML dengan nama (hitam), kode warna heksadesimal (#000000), atau kode RGB (0, 0, 0).

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Xiaomi Redmi 9A dan 9C! Apa Spesifikasinya serta Pilih yang Mana?

2. Color Theory (Teori warna)

Color Theory atau Teori warna adalah studi tentang pencampuran warna dan efek visual kombinasi warna tertentu (warna pelengkap, harmoni warna, cara mencapai corak dan corak tertentu, dan lain sebagainya).

3. Grid System (Sistem grid)

Grid adalah seperangkat kolom dan baris yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatur konten pada halaman web. Sistem Grid membantu memberikan dasar keseragaman dan konsistensi yang kuat dalam desain Anda, membuatnya lebih mudah dibaca oleh pemirsa.

4. Pixels per Inch (PPI) atau Piksel per Inch

PPI yang juga dikenal sebagai “kerapatan” menjelaskan jumlah piksel (titik-titik kecil cahaya yang bergabung untuk membuat gambar) per inci pada layar perangkat. Semakin tinggi jumlah PPI, gambar dan teks yang lebih tajam akan muncul.

5. Raster Image (Gambar Raster)

Gambar raster adalah grafik komputer yang terbuat dari piksel yang dapat diedit piksel demi piksel dengan program seperti Painter dan Photoshop. Gambar raster disimpan dalam jenis file gambar yang sudah dikenal seperti GIF, JPEG, dan PNG.

6. Resolution (Resolusi)

Resolusi yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah jumlah piksel yang dapat ditampilkan pada layar perangkat. Seperti halnya PPI, semakin tinggi resolusi pada layar, semakin banyak piksel yang dapat ditampilkan, membuat gambar dan teks lebih tajam.

7. Retina Display (Layar retina)

Retina Display yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi atau Layar retina adalah istilah bermerek dagang Apple untuk tampilan perangkat elektronik dengan kepadatan sangat tinggi (biasanya lebih dari 300 ppi) sehingga orang tidak dapat melihat piksel individual. Apple menggunakan layar kepadatan tinggi ini di Jam Tangan Apple, iPhone, iPad, MacBook, dan iMacs.

Baca Juga :  Pengertian TTY (Teletype atau Teletypewriter): Sejarah dan Dasarnya

8. Vector Image (Gambar Vektor)

Vector Image atau Vector Graphics (Gambar vektor) terdiri dari garis-garis yang dihitung secara matematis. Karena komposisi garis gambar (alih-alih disusun oleh piksel individu), mereka tidak dapat ditata dengan tingkat yang sama dengan gambar raster, tetapi mereka tidak kehilangan kualitas kehilangan ketika diperbesar (gambar raster berbasis piksel mulai terlihat seperti kumpulan kotak ketika diperbesar terlalu dekat), sedangkan gambar vektor dapat ditingkatkan secara tak terbatas. Anda dapat menggunakan program seperti Adobe Photoshop untuk bekerja dengan vektor.

Kesimpulan

Graphic Design (Desain Grafis) adalah seni dengan tujuan. Ini melibatkan rencana kreatif dan sistematis untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu, dengan menggunakan gambar, simbol atau bahkan kata-kata. Ini adalah komunikasi visual dan ekspresi estetika dari konsep dan ide menggunakan berbagai elemen grafis dan alat.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam Graphic Design (Desain Grafis) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar