Pengertian Color Value (Hue, Value, Saturation) dalam Graphic Design

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Color Value (Nilai Warna)
Ilustrasi Gambar Pengertian Color Value (Nilai Warna)

Pengertian Color Value (Nilai Warna)

Apa itu Color Value (Nilai Warna)? Belajar mengenai Graphic Design (Desain Grafis), dalam teori warna, nilai warna sebenarnya adalah warna terang. IT Professional atau orang lain dapat menggunakan istilah “lightness (terang)” dan “Color Value (nilai warna)” secara bergantian. Nilai warna sering disajikan dalam bagan atau grafik untuk membantu pengembang atau orang lain untuk memilih dari berbagai nuansa warna tertentu untuk keperluan penerapan proyek visual baik itu Warna Web atau hanya pada desktop biasa.

Mengacu pada pengertian Color Value di atas, sala nilai warna dimulai dengan terang dan berakhir dengan gelap. Kategori lain di antaranya mungkin termasuk light/dark atau terang/sedang, sedang dan sedang/gelap. Sekali lagi, Color Value (Nilai Warna) untuk proyek digital biasanya direpresentasikan pada grafik digital, skala atau langit-langit untuk dipilih pengguna. Selain nilai warna, pengguna dapat menambahkan jumlah warna merah, hijau atau biru yang berbeda, atau warna utama lainnya untuk membuat rona warna sekunder.

Nilai warna penting dalam memberikan pilihan yang tepat dalam skala warna yang luas yang dimungkinkan dengan perangkat keras tahun 1990-an. Sebelum waktu itu, warna digital sebagian besar terbatas pada beberapa warna primer individu. Kemajuan teknologi layar warna yang cepat telah menyebabkan lebih banyak penekanan pada penerapan nilai warna tertentu untuk tampilan.

Color, Hue, Value dan Saturation

Setelah mengetahui pengertian Color Value (Nilai Warna), selanjutnya kita akan membahas mengenai Color, Hue, Value dan Saturation.

Apa itu color? Singkatnya, Color (Warna) adalah produk sampingan visual dari spektrum cahaya seperti yang ditransmisikan melalui media transparan, atau ketika diserap dan dipantulkan dari permukaan. Warna adalah panjang gelombang cahaya yang diterima mata manusia dan diproses dari sumber yang dipantulkan. Warna terdiri dari 3 (tiga) bagian integral, yakni:

  1. Hue (Rona)
  2. Value (Nilai)
  3. Saturation (chroma)
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Manajemen File: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Arsitekturnya!

1. Pengertian Hue (Rona)

Hue lebih spesifik dijelaskan oleh panjang gelombang dominan dan merupakan item pertama yang kita sebut (yaitu “kuning”) ketika menambahkan dalam tiga komponen warna. Hue juga merupakan istilah yang menggambarkan dimensi warna yang siap kita alami ketika kita melihat warna, atau bentuknya yang paling murni yang mana pada dasarnya mengacu pada warna yang memiliki saturasi penuh, sebagai berikut:

Saat mendiskusikan “pigmen primer” (CMY), tidak ada putih, hitam, atau abu-abu yang ditambahkan ketika 100% murni. Desaturasi penuh setara dengan abu-abu gelap berlumpur, karena hitam sejati biasanya tidak dimungkinkan dalam kombinasinya (CMY).

Ketika membahas spektral “cahaya primer” (RGB), rona murni setara dengan saturasi penuh ditentukan oleh rasio panjang gelombang dominan terhadap panjang gelombang lain dalam warna.

2. Pengertian Value (nilai)

Seperti yang dibahas pada halaman “Elemen: Nilai”, nilai mengacu pada terang atau gelapnya suatu warna. Ini menunjukkan jumlah cahaya yang dipantulkan. Ketika mengacu pada pigmen, nilai gelap dengan hitam ditambahkan disebut “nuansa” dari nama rona yang diberikan. Nilai cahaya dengan pigmen putih ditambahkan disebut “tints” dari nama rona.

3. Pengertian Saturation (chroma)

Saturasi menentukan kecemerlangan dan intensitas suatu warna. Ketika rona pigmen “Toned” atau “kencang” putih dan hitam (abu-abu) ditambahkan ke warna untuk mengurangi saturasi warna. Dalam hal model warna terang “aditif”, saturasi bekerja pada skala berdasarkan pada seberapa banyak atau seberapa sedikit warna lain terwakili dalam warna.

Dalam diagram skala sederhana di bawah ini, model pertama menunjukkan jumlah pigmen hitam, putih, atau abu-abu yang ditambahkan ke rona. Model kedua menggambarkan skala yang sama tetapi menjelaskan fenomena berdasarkan sifat (spektral) cahaya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hardware: Menurut Ahli, Jenis, Klasifikasi dan Contoh dari Hardware!
Ilustrasi Gambar Pengertian Color Value (Nilai Warna)
Ilustrasi Gambar Penjelasan Color Value (Nilai Warna)

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenali pengertian Color Value (Nilai Warna) dan penjelasannya secara lengkap, selebihnya bisa Anda pelajari lebih lanjut detail mengenai warna di Website Leighcotnoir. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar