Pengertian Vector Image (Graphics): Kelebihan dan Perbedaannya dengan Raster

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Vector Image
Ilustrasi Gambar Pengertian Vector Image

Pengertian Vector Image

Apa itu Vector Image? Vector Graphics atau Vector Image adalah penggunaan poligon untuk mewakili gambar dalam grafik komputer. Vector Image didasarkan pada vektor, yang mengarah melalui lokasi yang disebut titik kontrol atau node. Masing-masing titik memiliki posisi yang pasti pada sumbu X dan Y dari bidang kerja dan menentukan arah jalur, lebih lanjutnya, setiap jalur dapat diberi berbagai atribut, termasuk nilai-nilai seperti warna goresan, bentuk, kurva, ketebalan, dan isi. Vector Image juga cocok untuk pekerjaan ilustrasi terperinci dan ilustrasi industri. Mereka juga disebut grafis berbasis objek atau grafis berorientasi objek.

Dalam grafik komputer, Vector Graphics atau Vector Image adalah gambar yang dibuat jalur (garis dengan titik awal dan akhir). Jalur ini, semua didasarkan pada ekspresi matematika, terdiri dari bentuk geometris dasar, seperti garis, poligon, dan kurva. Keuntungan utama menggunakan grafik vektor sebagai lawan dari gambar raster adalah kemampuannya untuk menskalakan tanpa mengurangi kualitas gambar. Misalnya, Anda dapat menggunakan Vector Image (Gambar Vector) untuk membantu membuat spanduk atau tanda. Gambar bisa berukuran kecil di komputer Anda tetapi diskalakan ke ukuran yang diperlukan tanpa jaggies atau distorsi gambar lainnya.

Format Vector Image

Ada sejumlah format file yang berbeda (ekstensi file) yang dapat digunakan untuk membuat grafik vektor. Jenis file vektor yang paling umum antara lain yaitu:

  • .ai
  • .eps
  • .pdf, dan
  • .svg

Salah satu program paling populer yang digunakan untuk melihat dan membuat gambar vektor adalah Adobe Illustrator.

Baca Juga :  7+ Istilah dalam System (Sistem) yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan Vector Image atau Vector Graphics

Mengacu pada pengertian Vector Image di atas, adapun kelebihan dari Vector Image atau Vector Graphics (Grafik Vektor) dalam mendesain adalah sebagai berikut:

  • Mereka dapat dengan mudah dibuat
  • Vector Image bisa diukur
  • Tidak ada masalah distorsi gambar
  • Mereka lebih mudah diedit kembali
  • Ukuran file mereka kecil
  • Mereka ideal untuk ilustrasi rinci
  • Mereka terlihat bagus di media cetak
  • Grafik ini biasanya lebih estetis
  • Ukuran file mereka didasarkan pada kompleksitas dan bukan pada ukuran kedalaman Warnanya
  • Mereka bagus untuk animasi dan presentasi.

Fungsi Vector Image

Vector Graphic atau Vector Image ini sangat cocok untuk karya ilustratif terperinci, desain logo, karya seni sehingga mendukung kepribadian kreatif Anda. Dan karena reskalabilitasnya yang tanpa batas tanpa mengurangi kualitasnya, mereka juga dapat digunakan untuk mereproduksi cetakan dengan ukuran berapa pun, besar atau kecil.

Perbedaan Raster dengan Vector

Ilustrasi Gambar Perbedaan Raster dengan Vector Pengertian Vector Image
Ilustrasi Gambar Perbedaan Raster dengan Vector

Ada dua jenis utama file gambar yaitu Raster dan Vektor. Raster Image (Gambar Raster) dibuat dengan program berbasis piksel atau ditangkap dengan kamera atau pemindai. Mereka lebih umum pada umumnya seperti jpg, gif, png, dan banyak digunakan di web. Grafik vektor dibuat dengan perangkat lunak vektor dan umum untuk gambar yang akan diterapkan ke produk fisik. Juga digunakan dalam CAD, teknik, dan grafik 3D yang kami tidak memberikan informasi atau layanan untuk.

Saat menggunakan program raster Anda melukis gambar dan itu mirip dengan mencelupkan kuas ke dalam cat dan lukisan. Anda dapat memadukan warna untuk memperlunak transisi dari satu warna ke warna lainnya.

Saat menggunakan program vektor, Anda menggambar garis besar bentuk dan itu mirip dengan membuat gambar dengan ubin dari semua bentuk dan ukuran yang berbeda. misalnya bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir. Bentuk-bentuk yang disebut objek menampilkan masing-masing satu warna.

Baca Juga :  Pengertian Color Value (Hue, Value, Saturation) dalam Graphic Design

Banyak gambar dapat dibuat dengan program raster atau vektor dan terlihat sama persis di kedua program. Gambar dengan gradasi halus satu warna ke warna lain adalah gambar yang akan terlihat paling berbeda karena program vektor perlu membuat bentuk terpisah untuk setiap warna warna. Beberapa program vektor memang memiliki kemampuan untuk membuat gradien warna dalam satu bentuk tunggal, tetapi ini sebenarnya adalah Efek Raster atau Raster Effect. Vector Graphics (Grafik Vektor) dengan gradien mengandung elemen vektor dan raster dan tidak akan cocok untuk proses yang membutuhkan 100% vektor atau seni vektor sejati.

Mengapa Perusahaan Percetakan Membutuhkan Gambar Vektor?

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar perusahaan percetakan membutuhkan gambar vektor. Seperti disebutkan sebelumnya, kemampuan untuk mengubah ukuran gambar ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas atau distorsi adalah salah satu alasan terbesar sebagian besar perusahaan memerlukan gambar vektor. Alasan lain adalah kemampuan untuk menguraikan semua elemen gambar, yang memungkinkan printer untuk memberikan tampilan font apa pun, bahkan jika font tidak tersedia untuk printer.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian Vector Image dalam Desain Teknologi dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar