Pengertian PPI (Pixel Per Inch): Contoh dan Perbedaan PPI dengan DPI

0
Ilustrasi Gambar Pengertian PPI (Pixel Per Inch)
Ilustrasi Gambar Pengertian PPI (Pixel Per Inch) | Digitalcitizen

Pengertian PPI adalah

Apa itu PPI? PPI (Pixels Per Inch) adalah ukuran resolusi dalam gambar digital atau tampilan video. PPI yang merupakan singkatan dari “Pixels Per Inch.” Resolusi foto yang dicetak sering diukur dalam DPI, atau “dots per inch.” DPI menjelaskan berapa banyak titik tinta yang dicetak printer per baris per inci. Karena itu, semakin tinggi DPI, semakin besar detail gambar yang dicetak. Namun, bahkan jika foto dicetak dengan DPI tinggi, detail yang ditunjukkan dalam foto hanya setinggi PPI.

Sebagian besar printer modern mencetak gambar dengan resolusi minimal 300 DPI. Karena itu, jika Anda mencetak foto dengan Pixel Per Inch kurang dari 300, Anda mungkin melihat gambarnya tidak setajam yang Anda inginkan. Tentu saja, detail dalam gambar 20×30 mungkin tidak perlu sejelas foto 4×6. Tetapi aturan praktis yang baik adalah menjaga PPI Anda di atas 300 sehingga cetakan Anda akan terlihat bagus dan jelas.

Contoh PPI

Ilustrasi Gambar Pengertian PPI (Pixel Per Inch)
Gambar Contoh PPI (Pixel Per Inch) | Ubergizmo

PPI mengukur jumlah piksel per baris per inci dalam foto digital. Jumlah ini secara langsung terkait dengan jumlah megapiksel yang dapat ditangkap oleh kamera digital. Misalnya:

Canon Digital Rebel asli adalah kamera 6,3 megapiksel dan menangkap 2048 vertikal dengan 3072 piksel horizontal

Contoh PPI (Pixel Per Inch)

Oleh karena itu, ketika mencetak gambar 4×6, PPI akan menjadi 3072 px. / 6 in. = 512PPI.

Itu cukup tinggi untuk mencetak foto 4×6 yang sangat rinci. Namun, jika Anda mencetak gambar poster 20×30 besar dari gambar 6,3 megapiksel, PPI akan menjadi 3072 px. / 30 in. = 102,4 PPI.

Baca Juga :  Pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dalam Data Network

Perbedaan PPI dan DPI

PPI adalah versi singkat dari Pixels Per Inch dan DPI adalah versi singkat dari Dots Per Inch. Akal sehat mungkin akan membuat Anda percaya bahwa mereka tidak sama. Dan kamu benar! Meskipun kedua istilah merujuk pada kepadatan, dan Anda dapat dengan mudah mengacaukan piksel dengan titik-titik (mungkin karena mereka sangat kecil), PPI dan DPI adalah hal yang berbeda. Sementara PPI sebagian besar mengacu pada layar dan elemen digital, DPI adalah istilah yang digunakan dengan benar ketika Anda merujuk pada hal-hal seperti kertas cetak.

Resolusi dan kualitas kertas cetak diukur dengan benar berdasarkan jumlah titik tinta dalam karakter atau gambar apa pun. Baik DPI dan PPI mengukur hal yang sama, tetapi titik-titik bukan piksel, dan piksel bukan titik-titik, jadi DPI tidak sama dengan PPI. Namun, PPI dan DPI sering digunakan untuk menggambarkan hal yang sama. Itu tidak benar, tetapi perusahaan besar seperti Google dan Microsoft dan banyak produsen perangkat keras sering menggunakan istilah ini secara bergantian, dan dengan demikian orang-orang mulai menggunakannya secara longgar juga.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian PPI (Pixel Per Inch) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar