Pengertian Grid System: Sejarah dan Jenisnya dalam Graphic Design

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Grid System
Ilustrasi Gambar Pengertian Grid System

Pengertian Grid System adalah

Apa itu Grid System? Tidak ada yang lebih buruk bagi seorang seniman selain kanvas kosong. Sistem kisi adalah serangkaian pengukuran yang dapat digunakan oleh desainer grafis untuk menyelaraskan dan mengukur objek dalam format yang diberikan. Meskipun ada beberapa kategori sistem grid yang berbeda, tidak ada aturan ketat tentang apa yang bisa atau tidak bisa menjadi grid.

Apa relevan bagi kita adalah bagaimana Grid atau Kisi adalah seperti konsep matematika yang ketat. Ini sempurna untuk manipulasi dalam kode. Cara tradisional membuat kisi adalah dengan melakukannya dengan tangan di Photoshop atau Illustrator. Jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa Anda menginginkan kisi yang lebih ramping, Anda perlu membuat ulang kisi dan memindahkan semuanya dengan tangan.

Dalam kode ini bukan itu masalahnya, kita bisa sangat fleksibel dan mencoba banyak iterasi dalam hitungan menit. Ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan beberapa sistem grid di atas satu sama lain, mengubah sistem grid dengan memutar atau menskalanya, atau membuat modul grid secara acak. Konsep sistem grid generatif ini sangat kuat, tetapi juga sangat kurang dimanfaatkan. Bahkan hal sederhana seperti Program grid fleksibel tidak ada saat ini. System Grid atau Sistem Grid adalah segala jenis kendala dasar yang dapat Anda letakkan di kanvas.

Banyak sistem grid terdiri dari kotak, kotak, dan persegi panjang. Komponen desain dapat ditempatkan di dalam kotak-kotak ini untuk mencapai tujuan tata letak. Jenis kisi-kisi lain mencakup bentuk geometris yang lebih beragam, dan dapat digunakan pada desain asimetris (tidak simetris) seperti gambar manusia atau hewan. Dalam kedua kasus, sistem grid menggunakan garis-garis geometris untuk memecah ruang total menjadi satu set komponen geometris. Elemen desain grafis kemudian diterapkan pada masing-masing bidang ini, untuk menciptakan hasil yang seragam.

Baca Juga :  Apa itu HTML Structural Element (Elemen Struktural HTML) dan Cirinya?

Sejarah Grid System (Sistem Grid)

Mengacu pada pengertian Grid System di atas, Grid System atau Sistem grid dimulai sebagai garis bantu untuk buku-buku tertulis. Ini ditransfer ke tipe bergerak, di mana pengaturan tipe itu sendiri terdiri dari kotak. Garis kisi terus membantu printer dalam pengaturan huruf. Ini seringkali bisa sesederhana garis dasar yang menentukan skala pos dan badan.

Dengan revolusi industri muncul permintaan besar untuk karya cetak. Banyak hal, seperti font slab-serif, diterima sebagai bagian dari revolusi periklanan. Sistem grid di sini digunakan untuk membagi ruang halaman menjadi segmen yang lebih kecil, untuk digunakan untuk iklan. Semakin besar ruang, semakin banyak biaya iklan. Pergerakan seperti Bauhaus dan Futuris menyelidiki penggunaan sistem grid, dan cara bermain dalam batasan ini. Ini dia halaman dari majalah futuris Lacerba.

Ilustrasi Gambar Pengertian Grid System
Ilustrasi Gambar Futurist Magazine Lecerba | Runemadsen

Jenis Grid System

Manusript Grid atau Kisi naskah adalah bentuk kisi yang paling dasar. Itu dibuat oleh satu persegi panjang yang menentukan margin format.

a. A Coloum Grid (Kisi Kolom)

Disebut seagai Kisi kolom. Ini membagi halaman menjadi kolom, dan mungkin merupakan tipe grid yang paling banyak digunakan. Perpustakaan seperti cetak biru dan 960.gs telah mem-porting ide-ide grid kolom ke web.

b. Modular Grid (Kisi Modular)

Kisi modular adalah kisi kolom dan baris yang tidak hanya memberi tahu Anda penempatan-x pada formulir Anda, tetapi juga panduan pada sumbu y.

c. Hierarchical Grid (Kisi Hierarkis)

Jenis kisi terakhir sering disebut kisi hierarkis, meskipun jenis “tangkap semua” untuk kisi yang tidak masuk ke dalam kategori di atas. Kotak hierarkis dijelaskan dengan tidak memiliki spasi yang sama antara modul.

Baca Juga :  Pengertian VPN: Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

Menggunakan Grid System

Setelah membahas mengenai pengertian Grid System (Sistem grid), kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan Grid System ini. Grid System ini dipopulerkan dengan gelombang desain grafis Gaya Swiss. Intinya adalah untuk bekerja secara kreatif di dalam grid, tetapi juga membebaskan ketika Anda membutuhkannya.

Bahkan kotak sederhana memberi Anda banyak variasi dalam menempatkan konten Anda. Anda menggunakan modul sebagai dasar untuk area konten yang lebih besar. Ini menciptakan keselarasan dan keseimbangan dalam desain Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian Grid System (Sistem Grid) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar