Pengertian Resolution: Pengukuran dan Macamnya dalam Teknologi

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Resolution Dalam Teknologi
Ilustrasi Gambar Pengertian Resolution Dalam Teknologi

Apa itu Resolution? Dalam komputer, Pengertian Resolution (resolusi) adalah jumlah piksel (titik warna individual) yang terdapat pada monitor layar, dinyatakan dalam jumlah piksel pada sumbu horizontal dan jumlah pada sumbu vertikal. Ketajaman gambar pada tampilan tergantung pada resolusi dan ukuran monitor. Pixel Resolution atau Resolusi piksel yang sama akan lebih tajam pada monitor yang lebih kecil dan secara bertahap kehilangan ketajaman pada monitor yang lebih besar karena jumlah piksel yang sama tersebar pada jumlah inci yang lebih besar.

Sistem tampilan Komputer tertentu akan memiliki resolusi maksimum yang tergantung pada kemampuan fisiknya untuk memfokuskan cahaya (dalam hal ini ukuran titik fisik pitch dot cocok dengan ukuran piksel) dan biasanya beberapa resolusi lebih rendah. Misalnya, sistem tampilan yang mendukung resolusi maksimum 1280 x 1023 piksel juga dapat mendukung resolusi 1024 x 768, 800 x 600, dan resolusi 640 x 480. Perhatikan bahwa pada monitor ukuran tertentu, resolusi maksimum dapat menawarkan gambar yang lebih tajam tetapi tersebar di ruang yang terlalu kecil untuk dibaca dengan baik.

Pengukuran Resolution (Resolusi)

Ilustrasi Gambar Pengertian Resolution Dalam Teknologi
Ilustrasi Gambar Pengukuran Resolution Dalam Teknologi

Dalam pengukuran Display Resolution, Display Resolution (Resolusi layar) tidak diukur dalam titik-titik per inci seperti biasanya dengan printer. Namun, resolusi dan ukuran monitor fisik secara bersamaan memungkinkan Anda menentukan piksel per inci. Biasanya, monitor PC memiliki tempat antara 50 dan 100 Pixel Per Inch (Piksel Per Inci). Misalnya, monitor VGA 15 inci (lihat mode tampilan) memiliki resolusi 640 piksel sepanjang garis horizontal 12 inci atau sekitar 53 piksel per inci. Layar VGA yang lebih kecil akan memiliki lebih banyak piksel per inci.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Keamanan Komputer: Jenis dan Bentuknya Secara Lengkap!

Macam-macam Resolusi

Mengacu pada pengertian Resolution (Resolusi) dalam tampilan (Display), adapun Macam-macam Resolution (Resolusi) adalah sebagai berikut:

a. Resolusi dalam Monitor Komputer

Resolusi monitor komputer mengacu pada perkiraan jumlah piksel yang dapat ditampilkan oleh perangkat. Ini dinyatakan sebagai jumlah titik horisontal dengan jumlah titik vertikal; misalnya, resolusi 800 x 600 berarti perangkat dapat menampilkan 800 piksel dengan 600 piksel ke bawah. Secara total, layar ini menampilkan 480.000 piksel.

Resolusi monitor komputer umum meliputi:

  • 1366 x 768
  • 1600 x 900
  • 1920 x 1080
  • 2560 x 1440
  • 3840 x 2160 (sering disebut sebagai resolusi 4k)

b. Resolusi di TV

Untuk televisi, resolusinya mirip tetapi dinyatakan sedikit berbeda. Kualitas gambar TV lebih berfokus pada kerapatan piksel daripada jumlah piksel kotor. Dengan kata lain, jumlah piksel per unit area (umumnya satu inci) menentukan kualitas gambar, daripada jumlah total piksel. Dengan demikian, resolusi TV dinyatakan dalam piksel per inci (PPI atau P). Resolusi TV yang paling umum adalah 720p, 1080p, dan 2160p, yang semuanya dianggap definisi tinggi.

c. Resolusi dalam Gambar

Resolusi gambar elektronik (foto, grafik, dan lain sebagainya) Mengacu pada jumlah piksel yang dikandungnya, biasanya dinyatakan dalam jutaan piksel, atau megapiksel (MP). Kamera digital dan kamera ponsel cerdas biasanya dinilai oleh jumlah megapiksel dalam gambar yang diambil.

Semakin besar resolusi gambar, semakin baik kualitasnya. Seperti halnya monitor komputer, pengukuran dinyatakan sebagai lebar dengan tinggi, dikalikan untuk menghasilkan angka dalam megapiksel. Misalnya, gambar dengan lebar 2048 piksel turun 1536 piksel (2048 x 1536) berisi 3.145.728 piksel dengan kata lain, ini adalah gambar 3,1 megapiksel (3MP). Baik itu pada monitor komputer, TV, atau gambar, resolusi adalah indikator kejelasan dan kualitas tampilan atau gambar.

Baca Juga :  8+ Istilah dalam Graphic Design yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian Resolution (Resolusi) dalam Teknologi dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar