Begini Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang, Silang, Lemah dan Lemot pada HP atau Smartphone!

0
Gambar Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Silang Lemah Dan Lemot Pada Ponsel HP Atau Smartphone
Gambar Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Silang Lemah Dan Lemot Pada Ponsel HP Atau Smartphone

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang, Silang, Lemah atau Lemot pada Ponsel, HP atau Smartphone? Ya, mungkin dengan begitu banyaknya bergantungnya kita pada HP, ponsel dan smartphone kita, munculnya hal-hal seperti sinyal yang tiba-tiba hilang, silang, lemah, panggilan telepon yang tersendat dan bahkan gagal atau seperti kecepatan data yang lemot, tentu dapat memiliki dampak besar.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sinyal HP, ponsel dan smartphone Anda tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa, beberapa cara sederhana sebenarnya sudah dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Ya! Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang cara mengatasi masalahnya secara detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Penyebab Sinyal Sering Hilang, Silang, Lemah dan Lemot pada Ponsel, HP atau Smartphone

Gambar Apa Penyebab Sinyal Bermasalah Seperti Hilang Silang Lemah Dan Lemot
Gambar Apa Penyebab Sinyal Bermasalah Seperti Hilang Silang Lemah Dan Lemot

Sebelum membahas bagaimana cara untuk mengatasinya, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengenal apa saja yang menjadi penyebabnya. Benar! Masalah ini biasanya ditandakan dengan tanda silang (warna merah) yang merupakan salah satu faktor dari penyebabnya.

Di bawah ini adalah berbagai macam faktor yang menjadi penyebab sinyal bermasalah (sering hilang, silang, lemah dan lemot) tersebut.

  1. Masalah lokasi dan posisi (ini biasanya terjadi karena kita di luar cangkupan area network atau jaringan).
  2. Karena masalah Cuaca.
  3. Adanya kerusakan pada komponen perangkan ponsel, HP atau smartphone Anda.
  4. Adanya aplikasi atau software (perangkat lunak) yang bermasalah.
  5. Karena maintenance (perbaikan) jaringan dari operator.
  6. Ada masalah pada signal reciever ponsel, HP atau smartphone Anda.
  7. Kerusakan pada kartu SIM, dan lain sebagainya.

Lumayan banyak bukan? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Tenang, di bawah ini sudah Kami sediakan rangkuman berbasis praktek yang sudah Kami coba langsung untuk mengatasi sinyal ponsel, HP atau smartphone bermasalah seperti hilang, sering hilang, silang, lemah dan lemot.

Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang (Sering Hilang), Silang, Lemah dan Lemot pada Ponsel, HP atau Smartphone

Ilustrasi Gambar Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Silang Lemah Dan Lemot
Ilustrasi Gambar Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Silang Lemah Dan Lemot

1. Nyalakan dan Matikan Airplane Mode (Mode Pesawat)

Gambar Screenshoot Menggunakan Airplane Mode Atau Mode Pesawat Dalam Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Bermasalah Seperti Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot
Gambar Screenshoot Menggunakan Airplane Mode Atau Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal hilang, silang, lemah atau lemot pada ponsel, HP atau smartphone Anda yang pertama adalah dengan men-disable dan enable airplane mode atau mode pesawat. Jika Anda mendapati pemberitahuan bertuliskan “tidak ada layanan” atau no service di ponsel, HP atau smartphone Anda, maka Anda bisa mencoba menghidupkan dan kemudian mematikan airplane mode atau mode pesawat.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Sec_Error_Unknown_Issuer pada Browser Mozilla Firefox!

Berikut ini adalah cara untuk membuka pengaturan airplane mode atau mode pesawat pada umumnya.

Buka pengaturan>umum>airplane mode (mode pesawat)

Anda juga dapat mengubah pengaturan airplane mode (mode pesawat) dengan cara mengakses dan menarik menu atas pada Android (baca pengertian Android disini), seperti gambar Kami di bawah ini.

Nyalakan airplane mode (mode pesawat) Anda, tunggu 5 detik dan matikan lagi. Ini akan mengembalikan layanan ponsel Anda dengan menghubungkan dan kembali mencari sinyal pancaran menara seluler yang terdekat.

2. Pastikan Data Seluler Nyala

Gambar Screenshoot Pastikan Data Seluler Anda Sudah Menyala Dalam Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Bermasalah Seperti Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot
Gambar Screenshoot Pastikan Data Seluler Anda Sudah Menyala

Jika dengan men-disable dan enable airplane mode (mode pesawat) masih belum berhasil untuk Anda. Maka dapat mencoba langkah selanjutnya yaitu dengan memastikan data seluler ponsel, HP atau smartphone Anda menyala.

Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah data seluler Anda sudah menyala atau belum adalah sebagai berikut.

Buka pengaturan>seluler>data seluler (pastikan sudah menyala)

Bagaimana jika Anda bepergian? Anda juga dapat menambahkan dan meningkatkan sinyal Anda dengan mengaktifkan pengaturan data roaming dengan cara:

Buka pengaturan>seluler>roaming data

Atau dengan membuka dan menarik menu ponsel, HP atau smartphone.

3. Pastikan Pengaturan Tanggal dan Waktu Benar

Apa? Memastikan tanggal dan waktu benar? Ya! Ini menjadi hal yang menarik disini, Kami pribadi menemukan bahwa alasan sinyal bermasalah dapat terjadi karena tanggal dan waktu tidak benar dan tidak sama dengan zona waktu Anda saat ini.

Berikut ini adalah cara yang dapat kalian coba untuk mengubah pengaturan tanggal dan waktu perangkat ponsel, HP atau smartphone Anda.

Buka pengaturan>umum>tanggal dan waktu

Biasanya di sini Anda akan melihat opsi seperti set automatic atau atur otomatis. Aktifkan ini maka coba dan lihat kembali jaringan sinyal Anda.

4. Restart Ponsel/HP/Smartphone Anda

Jika Anda telah mencoba semua perbaikan yang dijelaskan di atas, coba lanjutkan dengan me-Restart Ponsel/HP/Smartphone Anda. Me-Restart Ponsel/HP/Smartphone dapat mengatasi masalah ini karena membersihkan gangguan atau semacam bug yang terjadi dalam perangkat lunak pemrograman ketika sinyal antena berjalan dari satu menara ke menara lainnya lebih dekat.

5. Mengganti Mode Jaringan

Berikutnya adalah dengan mengubah pilihan mode jaringan Anda dari 3G ke 4G atau dari 4G ke 3G coba ubah dan ganti, lihat mode mana yang sinyalnya lebih banyak serta lancar. Alasan untuk mengganti mode jaringan (2G, 3G atau 4G) ini adalah bahwa beberapa daerah memiliki sinyal 3G yang lebih kuat dan beberapa daerah memiliki sinyal jaringan 4G atau LTE yang lebih kuat karena kedekatan masing-masing teknologi dari menara seluler.

Hal ini seharusnya cukup mudah untuk dilakukan, namun masih banyak pengguna ponsel, HP atau smartphone masih kebingunan untuk cara yang satu ini.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Penomoran Halaman dan Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word!

Untuk cara menggantinya sendiri, cara yang pada umumnya harus Anda lakukan (dapat berbeda tergantung jenisnya) adalah sebagai berikut:

Buka pengaturan>seluler>opsi data seluler>mode jaringan
Gambar Screenshoot Mengganti Mode Jaringan Dalam Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Bermasalah Seperti Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot
Gambar Screenshoot Mengganti Mode Jaringan

Di sini Anda dapat memilih 4G atau 3G dan 2G (edge), lihat dan coba berdasarkan lokasi tertentu Anda.

6. Perbarui Pengaturan Carrier Operator (iPhone)

Khusus untuk pengguna iPhone, sinyal yang bermasalah dapat terjadi karena mungkin saja operator Anda telah mengirim pembaruan tertentu ke iPhone Anda yang belum diinstal, oleh karena itulah Anda belum mendapatkan layanan yang baik.

Untuk memperbarui pengaturan carrier operati untuk iPhone caranya adalah sebagai berikut:

Buka pengaturan>umum>tentang

Di sini Anda akan menerima pemberitahuan apakah ada update atau pembaruan yang tersedia atau tidak. Jika ada, pastikan Anda telah menginstallnya di iPhone Anda.

7. Lepas dan Pasang Kembali Kartu SIM Anda

Gambar Dalam Lepas Kemudian Pasang Kembali SIM Card Atau Kartu SIM Anda Dalam Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Yang Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot
Gambar Dalam Lepas Kemudian Pasang Kembali SIM Card Atau Kartu SIM Anda Dalam Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Yang Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot

Jika tidak ada satupun dari langkah yang sudah Kami dijelaskan di atas, Anda dapat mempertimbangkan dan mencoba untuk melepaskan kartu SIM perangkat Anda. Lepas, bersihkan dengan lembut dengan sepotong kain kering dan masukkan kembali.

Terkadang debu dan kotoran menumpuk di permukaan logam SIM card atau kartu SIM dapat menghambat dan menyebabkan koneksinya. Setelah Anda melepas dan memasanggnya kembali, lanjutkan dengan me-restart ponsel, HP, smartphone. Bersihkan dengan rapi dan hati-hati, pastikan SIM card atau kartu SIM Anda tidak rusak.

8. Perbarui OS atau Sistem Operasi (Android/iOS)

Vendor smartphone selalu memperbaharui perangkat lunak dan keamanan agar serapat mungkin dan tanpa celah dengan tambahan pengaturan jaringan penyedia layanan seluler untuk konektivitas jaringan yang lebih baik.

Oleh karena itulah, selalu pastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari OS atau sistem operasi Anda. Sambungkan ke jaringan Wi-Fi Anda untuk men-downloannya.

Berikut adalah cara umum yang dapat Anda coba untuk meng-update OS atau sistem operasi smartphone Anda:

Buka pengaturan>umum>software update

Cek dan lihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika tersedia, download dan kemudian instal pembaruannya.

9. Reset Pengaturan Jaringan

Untuk langkah selanjutnya, yaitu adalah dengan melakukan reset pada pengaturan jaringan Anda secara manual jika tidak ada yang berhasil sejauh ini.

Di bawah ini adalah cara umum yang dapat Anda coba untuk me-reset pengaturan jaringan perangkat Anda.

Buka pengaturan>umum>system>reset pengaturan jaringan

Anda mungkin akan diminta masukkan kode sandi dan pilih lalu ketuk untuk me-reset ulang pengaturan jaringan Anda.

10. Memilih Kembali Operator Jaringan Secara Manual

Untuk langkah mengatasi sinyal hilang, silang, lemah atau lemot pada ponsel, HP atau smartphone yang selanjutnya adalah dengan memilih kembali operator jaringan Anda secara manual. Perlu kalian ketahui bahwa, cara ini biasanya hanya dapat dilakukan pada perangkat Android.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan dan Disable Akses ke Windows Registry di Sistem Operasi Windows!

Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk memilih kembali operator jaringan secara manual adalah dengan:

Buka pengaturan> temukan jaringan seluler>operator jaringan
Gambar Screenshoot Memilih Kembali Operator Jaringan Secara Manual Dalam Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel HP Bermasalah Seperti Hilang Silang Sering Hilang Lemah Dan Lemot
Gambar Screenshoot Memilih Kembali Operator Jaringan Secara Manual

Dengan melakukan langkah ini, maka itu akan membuat ponsel, HP atau smartphone Anda memindai ulang untuk semua jaringan yang tersedia di wilayah Anda.

11. Melakukan Reset Factory

Bagaimana? Sudah berhasil? Jika tidak ada cara mengatasi sinyal hilang, silang, lemah atau lemot pada ponsel, HP atau smartphone di atas yang berfungsi untuk Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan reset factory atau mengatur ulang semua pengaturan perangkat android atau iOS Anda.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukan reset factory perangkat Anda.

Buka pengaturan>umum>reset ke pengaturan pabrik

Masukkan kode dan kata sandi serta konfirmasi dengan mengetuk atur ulang semua pengaturan.

12. Menghubungi CS (Customer Service) Operator

Ilustrasi Gambar Menghubungi CS Atau Customer Service Operator Jaringan Anda
Ilustrasi Gambar Menghubungi CS Atau Customer Service Operator Jaringan Anda

Cara ini merupakan cara mengatasi sinyal bermasalah di ponsel, HP atau smartphone yang terakhir yang dapat Anda adalah dengan mencoba menghubungi CS atau customer service perangkat Anda.

Ada kemungkinan jaringan mereka mengalami masalah namun juga pihak operator jaringan Anda tidak menyadari bahwa ada permasalahan di sekitar daerah Anda. Coba tanyakan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengganti operator jaringan Anda.

Kesimpulan

Di atas adalah beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang, Silang, Lemah atau Lemot pada Ponsel, HP atau Smartphone yang dapat Anda coba sekarang juga. Berdasarkan pengalaman dan riset Kami terkait sinyal yang bermasalah, cara untuk mengatasi yang paling sering Kami gunakan dan berhasil adalah dengan mematikan dan menyalakan atau men-disable kemudian enable airplane mode atau mode pesawat kemudian lepas dan pasang kembali SIM card atau kartu SIM Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang, Silang, Lemah atau Lemot pada Ponsel, HP atau Smartphone. Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk mengatasi masalah Anda.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rase bermanfaat serta jangan lupa meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar