Begini Cara Cek Kampus yang Terdaftar (Terakreditasi) di Situs Website Forlap Dikti serta Cara Printnya + Gambar!

0
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Cek Kampus Yang Terdaftar Atau Terakreditasi Di Forlap Dikti Serta Cara Print Atau Cetaknya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Cek Kampus Yang Terdaftar Atau Terakreditasi Di Forlap Dikti Serta Cara Print Atau Cetaknya

Bagaimana Cara Cek Kampus yang Terdaftar (Terakreditasi) di Forlap Dikti serta Cara Print atau Cetaknya? Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa memilih perguruan tinggi adalah salah satu bagian dari ilmu sains, ya! Memastikan mereka Anda memiliki kegiatan akademik atau ekstrakurikuler pilihan Anda di lokasi yang Anda sukai dan dengan peluang yang Anda cari merupakan hal yang rumit. Selain itu juga, memilih sekolah yang “tepat” untuk Anda juga merupakan sebuah seni. Misalnya jika Anda bercita-cita menjadi seorang programmer, Anda tidak bisa memilih jurusan informatika saja! Anda harus lebih teliti terutama sebagai orang tua.

Ya! Anda harus memilih juruan teknik informatika dimana kampus tersebut dapat memberi kekhususan dalam dunia programming (baca pengertian programming disini)! Kami pribadi sering melihat siswa lulusan sekolah tingkat atas yang mencari di internet bagaimana cara memilih kampus yang baik. Namun ada satu hal yang mendasari awal dari pemilihan tersebut yaitu adalah apakah kampus yang ingin Anda masuki sudah terdaftar atau terakreditasi (bukan abal-abal) di negara Anda! Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan bagaimana cara mengecek kampus yang terdaftar di Forlap Dikti (PDDIKTI)! Oke langsung saja, mari kita simak ulasannya!

Pengertian Kampus

Apa itu kampus? Ya, kampus adalah tanah tempat bangunan sebuah perguruan tinggi. Ada ruang kelas, kompleks perumahan, hostel, perpustakaan, kantin dan lain sebagainya dibangun di atasnya.

Ketika kata kampus digunakan, seseorang hanya berbicara tentang tempat fisik saja, dan tidak disebutkan studi atau kuliah yang disediakan oleh perguruan tinggi.

Walaupun sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia, sering menyebutkan kata kampus dibarengi dengan nama studi dan perguruan tinggi.

Sebenarnya, harus dipahami bahwa kata kampus tidak hanya digunakan untuk perguruan tinggi, bahkan sekolah memiliki kampusnya dan bank juga memiliki kampusnya sendiri!

Perusahaan besar dibangun di area yang sangat besar dengan banyak fasilitas, dan seluruh bangunan atau area tersebut disebut sebagai kampus perusahaan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Sistem Keamanan Komputer: Menurut Ahli, Sejarah dan Jenis Ancamannya!

Dalam dunia telekomunikasi, kampus adalah asosiasi lokasi yang berdekatan secara fisik seperti beberapa gedung perkantoran yang berdekatan.

Biasanya, area tersebut memerlukan satu atau lebih jaringan area lokal dan menjembatani, merutekan, dan peralatan agregasi berdasarkan kebutuhan situasional.

Pengertian Akreditasi

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan akreditasi? Akreditasi adalah verifikasi formal dan independen bahwa suatu program atau lembaga memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan kompeten untuk melakukan tugas penilaian kesesuaian tertentu.

Tugas penilaian kesesuaian dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengujian, inspeksi, atau sertifikasi.

Organisasi yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kesejahteraan publik seperti departemen bangunan, rumah sakit, sekolah, dan departemen kepolisian serta pemadam kebakaran juga mencari akreditasi untuk menunjukkan kompetensi dan keandalan mereka.

Apa itu Terakreditasi?

Kemudian, apa itu arti terakreditasi? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, secara umum akreditasi adalah proses disertifikasi sebagai entitas yang kredibel dan otentik.

Banyak bidang memiliki proses akreditasi seperti bisnis, pelatih pribadi, perusahaan asuransi, dan banyak lagi yang lainnya.

Tergantung pada jenis organisasi Anda, Anda dapat menerima akreditasi dari berbagai sumber.

Sebagai contoh misalnya, perguruan tinggi diakreditasi dengan nilai A, B atau C oleh BAN-PT atau LAM-PTKes.

Terakreditasi artinya adalah suatu organisasi telah membuktikan dirinya sebagai lembaga yang sah di bidangnya.

Dalam beberapa bidang, seperti pendidikan, ini bukan proses yang cepat dan juga bukan proses yang mudah.

Benar, standar yang ketat harus dipenuhi untuk mendapatkan nilainya!

Banyak faktor dipertimbangkan dan perubahan mungkin harus dilakukan.

Namun, bagi sebagian besar, proses ini pastinya akan sepadan.

Untuk cara kerja akreditasi, misalnya seperti dalam hal sekolah, Anda berurusan dengan akreditasi pendidikan.

Akreditasi pendidikan bekerja melalui proses seperti review.

Organisasi yang berbeda mengevaluasi sekolah yang berbeda tergantung pada di mana mereka berada dan afiliasi apa yang mungkin mereka miliki.

Sekolah terakreditasi serta organisasi yang mengakreditasi mereka biasanya diakui oleh negara.

Saat melihat sekolah, penting untuk tidak hanya memeriksa apakah mereka terakreditasi oleh siapa mereka terakreditasi.

Sebagai contoh, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin diakreditasi oleh BAN-PT dan LAM-PTKes (khusus perguruan tinggi kesehatan).

Kedua organisasi ini diakui oleh negara Indonesia, itu berarti ijazah ketika menyelesaikan sekolah disana akan bernilai sesuatu yang penting di mata pengusaha dan perguruan tinggi.

Jika Anda seorang mahasiswa, maka mungkin Anda dapat mencoba bagaimana cara cek dan print (cetak) data mahasiswa di Forlap Dikti.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Corel Draw X7, X8, X9 Viewer Mode (Bajakan) Selamanya!

Video Cara Cek Kampus yang Terdaftar atau Terakreditasi di PDDIKTI serta Melihat Nilai Akreditasi dan Cara Print atau Cetaknya

Khusus buat teman-teman yang lebih menyukai konten video, di bawah ini adalah video untuk cara cek kampus di Dikti, mengecek nilai akreditasinya serta cara print atau cetaknya untuk melamar kerja serta memasuki CPNS.

Cara Cek Kampus yang Terdaftar di PDDIKTI serta Melihat Nilai Akreditasi dan Cara Print atau Cetak Datanya

Cara Cek Kampus yang Terdaftar atau Terakreditasi di Situs Website Forlap Dikti (PDDIKTI) dan Cara Print atau Cetaknya

Gambar Cara Cek Kampus Di Forlap Dikti Dan Cara Print Atau Cetaknya
Gambar Cara Cek Kampus Di Forlap Dikti Dan Cara Print Atau Cetaknya

Oke, berikut ini adalah bagaimana tutorial langkah cara untuk cek kampus (perguruan tinggi dan universitas) yang terdaftar atau terakreditasi di Forlap Dikti yang sudah Kami rangkum langsung dari halaman website PDDIKTI.

1. Masuk Ke Halaman Web Forlap Dikti (PDDIKTI)

Pertama-tama, mulai dengan masuk ke web Forlap Dikti terlebih dahulu, pada web browser Anda ketikkan alamat:

forlap.ristekdikti.go.id

atau:

forlap.dikti.go.id

2. Klik Profil PT (Perguruan Tinggi)

Kemudian, setelah masuk dan berada di halaman website Forlap Dikti (PDDikti), selanjutnya masuk ke halaman Profil PT dengan:

Menu>Pencarian Data, kemudian pada sub menunya, pilih Profil PT

Sebagaimana gambar di bawah ini:

Masuk Ke Situs Forlap Dikti Dan Kemudian Pilih Pencarian Data Lalu Pilih Profil PT
Masuk Ke Situs Forlap Dikti Dan Kemudian Pilih Pencarian Data Lalu Pilih Profil PT

3. Masukkan Data Perguruan Tinggi Anda

Maka setelah itu akan tampil formulir untuk melengkapi data perguruan tinggi Anda seperti gambar di bawah ini:

Masukkan Data Pencarian Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas
Masukkan Data Pencarian Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas

Lanjutkan isikan dengan memasukkan datanya, dalam contoh ini Kami memasukkan anama sebuah universitas di daerah lokal Banjarmasin.

Note: Untuk bagian lingkup koordinasi dan status perguruan tinggi pilih saja “semua unit” saja untuk menghindari kesalahan pencarian data.

4. Pilih dan Klik Data Perguruan Tinggi Anda

Setelah Anda memilih dan melakukan klik pada tombol cari perguruan tinggi, maka akan muncul data Anda (jika data yang Anda masukkan benar sertavalid), seperti gambar yang dapat kalian lihat di bawah ini:

Klik Data Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas Anda Untuk Cek Data Kampus Yang Terdaftar Atau Terakreditasi Di Forlap Dikti PDDIKTI
Klik Data Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas Anda Untuk Cek Data Kampus Yang Terdaftar Atau Terakreditasi Di Forlap Dikti PDDIKTI

5. Cek Data Perguruan Tinggi Anda

Kemudian jika sudah, maka akan tampil data detail kampus, perguruan tinggi, universitas, politeknik, sekolah tinggi, akademi atau institut (sesuai yang sudah kalian cari) sebagaimana yang ada pada tampilan gambar dibawah ini:

Lihat Dan Pastikan Data Kampus Anda
Lihat Dan Pastikan Data Kampus Anda

Ingat! Lihat dan pastikan status PT kampus Anda aktif ya.

6. Print atau Cetak Data Forlap Dikti Kampus Anda

Jika Anda memerlukan data tersebut untuk melengkapi persyaratan pendaftaran CPNS atau untuk melamar pekerjaan, maka Anda dapat langsung mem-print data perguruan tinggi Forlap Dikti kampus atau universitas Anda tersebut dengan menekan tombol keyboard Anda:

ctrl + p

Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Baca Juga :  Begini Cara Menghafal Pasal-Pasal UUD 1945 dengan Cepat dan Mudah, Semuanya!
Gambar Print Dan Cetak Data Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas Anda
Gambar Print Dan Cetak Data Kampus Perguruan Tinggi Atau Universitas Anda

Note: Perhatikan browser yang Anda gunakan pada komputer Anda.

Bagi kalian yang mengikuti tutorial cara dan langkah untuk mengetahui data kampus yang terdaftar atau terakreditasi Forlap Dikti Kami disini, sebelumnya mohon perhatikan bahwa pada tutorial Kami disini menggunakan browser Google Chrome karena peramban yang satu ini terbilang cukup fleksibel.

Jika Anda menggunakan browser lain seperti Mozilla firefox, maka mungkin tampilannya akan terlihat berbeda, walaupun hasil print datanya, pastinya tetap sama.

Kesimpulan

Oke baiklah, di atas yang telah Kami bahas adalah Cara Cek Kampus yang Terdaftar (Terakreditasi) di Forlap Dikti serta Cara Print atau Cetaknya yang dapat anda coba praktekkan sekarang juga. Bagaimana? Mudah bukan? Dengan adanya data kampus (perguruan tinggi, universitas, politeknik, sekolah tinggi, akademi atau institut) Anda di halaman web Forlap Dikti, maka secara formal dan sah, pengakuan atas keberadaan perguruan tinggi Anda akan diakui yang artinya ijazah yang akan Anda terima akan bernilai.

Setelah terdaftar pada website dan terbukti valid, Anda sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mencoba dan memulai men-daftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), melanjutkan kuliah serta untuk langsung melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Jika kalian ingin mengecek nilai akreditasinya, maka kalian dapat membuka situs BAN-PT atau LAM-PTKes.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini dimana Kami membahas tentang Cara Cek Kampus yang Terdaftar (Terakreditasi) di Forlap Dikti serta Cara Print atau Cetaknya. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua.

Silahkan bagikan tulisan ini di media sosial Anda, jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat untuk teman, kerabat dan sahabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar