Begini Cara Cek Data Mahasiswa di Situs Web Forlap Dikti serta Cara Print atau Cetak + Gambarnya!

0
Cara Cek Data Mahasiswa Di Situs Web Forlap Dikti Serta Cara Print Atau Cetak Beserta Gambarnya
Cara Cek Data Mahasiswa Di Situs Web Forlap Dikti Serta Cara Print Atau Cetak Beserta Gambarnya

Bagaimana Cara Cek Data Mahasiswa di Situs Web Forlap Dikti dan Cara Print atau Cetaknya? Sebagaimana yang kita ketahui, adalah bentuk dari tanggung jawab dari sebuah institusi pendidikan untuk selalu melaporkan data mahasiswa beserta dengan kegiatan akademik, maka semua institusi pendidikan wajib untuk melaporkan semua kegiatan akademik ke Kemristekdikti melalui laman PDDIKTI (Forlap Dikti). Selain menjadi bentuk tanggung jawab, database atau basis data mereka dapat juga dipakai sebagai rujukan bagi lulusan atau alumni dari institusi perguruan tinggi buat mendapatkan pengakuan atas capaian selama melaksanakan aktivitas akademik.

Kenapa harus seperti itu? Ya! Hal ini dikarenakan, apabila sesorang yang dikatakan sebagai mahasiswa baik itu alumni lulusan yang datanya tidak tercantum dalam halaman website (baca pengertian website disini) PDPT Dikti atau Forlap Dikti, maka keberadaan mereka sebagai mahasiswa atau lulusan pun akan dipertanyakan. Langsung saja, berkenaan akan hal tersebut di atas, dalam tulisan kali ini, Kami akan membagikan tutorial lengkap cara cek data mahasiswa di situs forlap dikti, cara melihat serta sekaligus mencetak atau print datanya. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Forlap Dikti?

Apa itu Forlap Dikti sebenarnya? Merupakan singkatan dari Forum Laporan Pendidikan Tinggi atau Forlap Dikti adalah fasilitas dari Kemenristekdikti agar masyarakat dapat mencek dan mengumpulkan informasi dari data tentang perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 yang Baik dan Benar (Aman)!

Sederhananya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti ini, mereka memiliki informasi yang dapat diakses oleh masyarakat terkait data-data mereka yang terdapat pada perguruan tinggi. Seluruh informasi ini terangkum dalam sebuah Forum Laporan Pendidikan Tinggi atau yang disebut dengan Forlap Dikti.

Terkait hal tersebut, pernahkah Anda mendengar ada sebuah perguruan tinggi yang tiba-tiba tutup dan kemudian menerima mahasiswa lagi, sementara, sebenarnya masih ada mahasiswa yang belum menyelesaikan studi mereka di kampus tersebut? Kondisi yang seperti ini dapat menjadi panduan sekaligus pengingat untuk para masyarakat umum dan para calon mahasiswa agar lebih cerdas lagi dalam memilih sebuah perguruan tinggi untuk kuliah.

Video Cara Cek Data Mahasiswa di Website Forlap Dikti dan Cara Print atau Cetaknya (Update April Tahun 2020)

Khusus kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video, di bawah ini adalah video penjelasan yang dapat kalian ikuti untuk mengecek datanya.

Tutorial Cara Cek Dan Print Cetak Data Mahasiswa Di Forlap Dikti Cepat Dan Mudah

Cara Cek Data Mahasiswa di Situs Web Forlap Dikti dan Cara Print atau Cetaknya beserta Gambar Terbaru (Update April Tahun 2020)

Gambar Halaman Website Forlap Dikti Untuk Melihat Dan Print Data Mahasiwa Atau Alumni
Gambar Halaman Website Forlap Dikti Untuk Melihat Dan Print Data Mahasiwa Atau Alumni

Oke, berikut ini adalah bagaimana tutorial langkah cara untuk cek data mahasiswa di Forlap Dikti yang sudah Kami rangkum langsung dari halaman website PDDIKTI.

1. Masuk Ke Halaman Website PDDIKTI

Pertama-tama, mulai dengan masuk ke website Forlap Dikti terlebih dahulu. Pada web browser Anda ketikkan:

forlap.ristekdikti.go.id

atau:

forlap.dikti.go.id

2. Klik Profil Mahasiswa

Kemudian, setelah masuk dan berada di halaman website Forlap Dikti (PDDikti), selanjutnya masuk ke halaman Profil Mahasiswa dengan:

Menu>Pencarian Data, kemudian pada sub menunya, pilih Profil Mahasiswa

Sebagaimana Gambar dibawah ini:

Mulai Dengan Mengklik Tab Sub Menu Profil Mahasiswa
Mulai Dengan Mengklik Tab Sub Menu Profil Mahasiswa

3. Masukkan Data Perguruan Tinggi

Maka setelah itu akan tampil formulir untuk melengkapi data perguruan tinggi Anda. Lanjutkan isikan dengan memasukkan:

Nama Perguruan Tinggi atau Kode Perguruan Tinggi Kampus Anda
Lanjutkan Dengan Melengkapi Data Forlap Dikti Anda Saat Kuliah
Lanjutkan Dengan Melengkapi Data Forlap Dikti Anda Saat Kuliah

4. Pilih Program Studi Anda

Lalu, setelah Anda memasukkan data perguruan tinggi Anda, maka akan tampil kolom program studi, dengan pilihan drop-down atau tarik turun berupa daftar prodi yang tersedia.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Mention: Apa itu @Mentions? Cara Melacak, Menafsirkan dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial!

Pada kolom di bawahnya, kalian juga diminta untuk mengisi kolom kata kunci. Isi bagian tersebut dengan menuliskan nama Anda (sebagai mahasiswa) atau dengan menuliskan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang Anda dapatkan saat kuliah.

kemudian pilih dan klik tombol cari data mahasiswa seperti yang dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini:

Kemudian Pilih Program Studi Anda
Kemudian Pilih Program Studi Anda

Note: Perhatikan saat mengisi data Anda, disini kadang banyak teman-teman Kami yang melakukan kesalahan karena telah memasukkan nama lengkap mereka dan bahkan pada saat hasil pencariannya muncul, mereka menemukan data duplikat.

Saran Kami pribadi terkait hal ini, kalian cukup memasukkan 1 (satu) kata unik dari nama lengkap Anda pada kolom “Kata Kunci” di atas.

5. Pilih dan Klik Data Anda

Setelah Anda memilih dan melakukan klik pada tombol cari data mahasiswa, maka akan muncul data Anda (jika data yang Anda masukkan valid), seperti Gambar Kami di bawah ini:

Pilih Dan Klik Data Forlap Dikti Yang Muncul Untuk Menampilkan Detailnya
Pilih Dan Klik Data Forlap Dikti Yang Muncul Untuk Menampilkan Detailnya

6. Cek Data Mahasiswa Anda

Setelah kita klik pada data yang sudah muncul di atas, kemudian akan muncul tampilan detail kita sebagai mahasiswa secara lengkap, contohnya seperti gambar Kami di bawah ini:

Periksa Dan Cek Data Anda Yang Muncul
Periksa Dan Cek Data Anda Yang Muncul

7. Cek Detail Riwayat Studi Anda

Pada bagian bawah data Forlap Dikti yang muncul, Anda akan melihat kolom menu riwayat studi klik kolom tersebut untuk melihat detail riwayat studi Anda, sebagaimana yang ada pada tampilan gambar dibawah ini:

Periksa Dan Cek Juga Data Riwayat Studi Anda
Periksa Dan Cek Juga Data Riwayat Studi Anda

8. Mencetak atau Print Data Forlap Dikti Anda

Jika Anda rasa tidak yakin bahwa data Anda benar, Anda bisa tanyakan langsung ke bagian Akademik Kampus Anda, mengenai kesalahan data atau perbaikan data Forlap Dikti Anda.

Namun jika data Anda benar dan valid maka Anda bisa langsungmem-print data mahasiswa Forlap Dikti Anda tersebut dengan menekan tombol keyboard Anda dengan:

ctrl + p

Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Gambar Mencetak Dan Print Data Forlap Dikti Anda
Gambar Mencetak Dan Print Data Forlap Dikti Anda

Note: Perhatikan browser yang Anda gunakan pada komputer Anda.

Bagi kalian yang mengikuti tutorial langkah cara untuk mengetahui data mahasiswa Forlap Dikti Kami disini, sebelumnya mohon perhatikan bahwa pada tutorial cara ini Kami menggunakan browser Google Chrome karena browser yang satu ini sangat fleksibel.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

Jika Anda menggunakan browser lain seperti Mozilla firefox, mungkin tampilannya akan sedikit berbeda, namun hasil print-nya akan tetap sama.

Kesimpulan

Baiklah, di atas tadi adalah Cara Cek Data Mahasiswa di Situs Web Forlap Dikti dan Cara Print atau Cetaknya yang dapat anda coba praktekkan sekarang juga. Bagaimana? Mudah bukan? Dengan data adanya data Anda di halaman website Forlap Dikti, maka secara formal dan sah, pengakuan atas keberadaan Anda sebagai seorang mahasiswa akan diakui serta dapat dipakai sebagai rujukan riwayat kuliah Anda.

Setelah terdaftar pada website dan terbukti valid, Anda sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mencoba dan memulai men-daftar CPNS, melanjutkan kuliah serta untuk mencari kerja dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini dimana Kami membahas tentang Cara Cek Data Mahasiswa di Situs Web Forlap Dikti dan Cara Print atau Cetaknya. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua.

Silahkan bagikan tulisan ini di media sosial Anda, jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar