Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

0
Gambar Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working Di Windows 10 8 Dan 7 Untuk Semua Versi Corel Yaitu X4 X5 X6 X7 X8 Serta X9
Gambar Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working Di Windows 10 8 Dan 7 Untuk Semua Versi Corel Yaitu X4 X5 X6 X7 X8 Serta X9

Bagaimana Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versi CorelDRAW? Terlepas dari versi yang digunakan, baik itu CorelDRAW Suite 2019, 2018, 2017 atau X9, x8, x7, x6, X5 bahkan versinya yang lebih lama, perangkat lunak grafis editor profesional ini memiliki hubungan yang menyebabkan berbagai masalah bagi banyak pengguna. Sebagai contoh, banyak orang telah menerima kesalahan yang menyatakan bahwa CorelDRAW telah berhenti bekerja di Windows 10. Masalah yang sama pun juga kadang muncul pada iterasi dari OS atau sistem operasi sebelumnya.

Ya! Termasuk Windows 8 dan 7, pada kedua platform x64 (64-Bit) dan x86 (32-Bit) mereka. Untungnya, Anda dapat mengatasi dan memperbaiki masalah umum ini melalui berbagai solusi yang sudah terbukti work (fixed). Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas beberapa solusi dan cara untuk mengatasi CorelDRAW yang tiba-tiba berhenti bekerja dengan pesan error has stopped working tersebut bergantung pada platform apa yang saat ini Anda gunakan (pilih sesuai dengan kebutuhan Anda) Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pesan Error CorelDraw Has Stopped Working

Gambar Masalah Corel Draw Has Stopped Working Pada Windows 10 8 Dan 7 Serta Cara Mengatasi Dan Solusinya
Gambar Masalah Corel Draw Has Stopped Working Pada Windows 10 8 Dan 7 Serta Cara Mengatasi Dan Solusinya

Beberapa hari yang lalu, Kami mendapati pesan ini pada komputer Kami yang memiliki OS Windows. Kami bekerja dengan perangkat lunak ini seperti biasanya, namun setelah beberapa lama terus bekerja, selalu muncul masalah pemberitahuan has stopped working, yang kadang muncul beberapa saat setelah memulai software selain deteksi bajakan atau viewer mode (baca cara mengatasi Corel Draw has switched to viewer mode) yang biasanya terjadi saat kita menghubungkan CorelDRAW dengan internet.

Benar! Masalah ini juga terjadi pada Corel Photo-Paint dan bahkan pesan error tersebut muncul segera setelah mengklik ikon aplikasi tersebut untuk memulainya. Beberapa error message atau pesan kesalahan yang mungkin akan Anda dapatkan jika mengalami masalah seperti Kami di atas.

CorelDRAW X7 (64-Bit) has stopped working

Ini juga berlaku untuk semua versi lainnya yaitu seperti X4, X5, X6 atau bahkan X8 dan X9 seperti:

CorelDRAW X8 (32-Bit) has stopped working

Ini dapat terjadi pada beberapa versi dari CorelDraw seperti yang sudah Kami jelaskan di atas dengan tanda koma. Namun masalah seperti ini biasanya sering terjadi pada versi X5 dan X8.

Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working pada Windows 10, 8 dan 7

Untuk cara mengatasinya, ada beberapa jenis cara yang perlu kalian ketahui. Disini Kami sudah mengumpulkan 7 (tujuh) cara alternatif untuk mengatasi Corel DRAW has stopped working yang bisa kalian lakukan sebagai solusinya sebagai berikut:

  1. Me-reset CorelDRAW ke factory settings (pengaturan pabrik)
  2. Rename (ganti nama) File .DTA
  3. Refresh folder Corel
  4. Cek CorelDRAW drawing elements
  5. Repair CorelDRAW dengan installation kit
  6. Update Microsoft Windows
  7. Re-install CorelDRAW
Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Baiklah, langsung saja kita bahas! Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing cara untuk mengatasinya tersebut.

1. Me-Reset CorelDRAW ke Factory Settings atau Pengaturan Pabrik

Cara untuk mengatasi pesan error CorelDRAW has stopped working yang pertama yang akan Kami bahas disini terbilang cukup mudak untuk dilakukan dimana cara ini sudah terbukti berhasil menjadi solusi pada versi X5. Untuk memulainnya, user atau pengguna diharuskan membuka software CorelDRAW terlebih dahulu.

Kemudian tekan dan tahan tombol F8, dan buka halaman drawing baru. Maka setelah aplikasi akan meminta dan bertanya apakah Anda ingin melakukan reset atau mengatur ulang CorelDRAW ke factory default (default pabrik). Lanjutkan dengan menekan tombol Yes.

Ketika proses selesai, perangkat lunak Anda pun akan menjadi seperti baru. Bergantung pada versi CorelDRAW yang Anda install, solusi ini mungkin tidak tersedia di CorelDRAW suite terbaru. Namun, ini telah dikonfirmasi untuk bekerja pada CorelDRAW X5.

2. Rename atau Ganti Nama File .dta

Gambar Screenshot Cara Rename Atau Mengganti File Dta Corel Draw
Gambar Screenshot Cara Rename Atau Mengganti File Dta Corel Draw

Berikutnya adalah dengan me-rename atau mengganti nama file .dta, seperti yang dilaporkan berbagai professional, ada file .dta penting yang digunakan oleh CorelDRAW yang rusak dan perlu diganti namanya. Prosedurnya terbilang cukup menjengkelkan dan mungkin harus diterapkan setiap kali pengguna membuka aplikasinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk me-rename dan mengubah nama file tersebut:

  1. Buka Windows Explorer seperti gambar yang kalian lihat di atas, Kami menggunakan versi X7 dari Corel.
  2. Secara umum, Anda dapat menavigasikan ke C:\Users\All Users\Corel\CorelDRAW Graphics Suite\ dan perlu kalian catat bahwa bagian terakhir dari path atau jalur di atas dapat bervariasi tergantung pada versi CorelDRAW yang digunakan. Misalnya, jika Anda menginstal CorelDRAW x8, path-nya adalah C:\Users\All Users\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X8\ (untuk versi X8)
  3. Dalam folder ini nama file DR18s.dta. Ganti nama file ini dengan yang lain, seperti menjadi new_DR18s.dta.new (agar sistem untuk mengabaikan existensi atau keberadaannyaa).
  4. Buka CorelDRAW dan login (jika Anda menggunakan versi asli). Maka, aplikasi pun harusnya sudah mulai bekerja dengan benar.
  5. Tutup aplikasi dan kembalikan nama file yang sudah kalian ubah di atas kembali ke keadaan semula.
  6. Selesai, CorelDRAW Anda akan terus bekerja seperti biasanya.

Ketika mengganti nama file, beberapa pengguna mungkin menerima warning atau peringatan, yang menyatakan bahwa ini dapat menyebabkan masalah ketidakstabilan. Pilih ignore (abaikan) prompt dan lanjutkan saja.

Selain itu, tergantung pada versinya, file tersebut mungkin dapat ditemukan pada:

C:\ProgramData\Corel\CorelDraw Graphics Suite

Note: Solusi ini telah dipastikan dapat berfungsi pada CorelDRAW X8 dan 2017 (CGS2017), hanya saja pada versi terakhir yaitu X9, nama file-nya menjadi DR19s.DTA. Konvensi penomoran pada bagian terakhir sangat terkait dengan versi produk yang kalian gunakan.

Baca Juga :  Begini Cara Menghafal Pasal-Pasal UUD 1945 dengan Cepat dan Mudah, Semuanya!

3. Refresh Folder Corel

Dengan cara yang sama seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya di atas, user atau pengguna juga dapat mengganti nama seluruh folder Corel, yang ditemukan di folder AppData. Cara tercepat untuk masuk ke dalam folder tersebut adalah dengan mengetikkan perintah seperti gambar di bawah ini.

Gambar Screenshot Membuka Jendela Run Dan Mengetikkan Appdata Pada Jendela Run
Gambar Screenshot Membuka Jendela Run Dan Mengetikkan Appdata Pada Jendela Run

Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, karena folder ini biasanya disembunyikan di Windows, berikut ini cara menemukannya dan memperbaikinya:

  • Buka menu Start dan ketik Run. Klik pada aplikasi.
  • Di jendela Run ketik %appdata% dan tekan Enter.
  • Arahkan ke folder Corel dan buka.
  • Di dalamnya akan ada folder khusus untuk versi CorelDRAW yang saat ini diinstal. Misalnya, nama yang valid adalah CorelDRAW Graphics Suite x7.
  • Ganti nama folder ini dengan yang lain misalnya seperti CorelDRAW Graphics Suite x7 ABC.
  • Bukan dan jalankan aplikasi CorelDRAW.

Pada tahap ini pastikan Anda sudah melakukannya seperti gambar di bawah ini.

Gambar Screenshot Cara Melakukan Refresh Pada Folder Corel
Gambar Screenshot Cara Melakukan Refresh Pada Folder Corel

Jika aplikasi berjalan dengan benar, Anda dapat menghapus folder lama dari sistem, karena folder yang baru telah dibuat sistem.

4. Cek CorelDRAW Drawing Elements

Mereka yang biasanya memiliki masalah dengan CorelDRAW, ketika membuka file tunggal harus mencatat bahwa kadang-kadang graphic element (elemen grafis) tunggal dapat menyebabkan issue atau masalah sebagai berikut:

CorelDRAW has stopped working. a program caused the program to stop working correctly. Windows will close the program and notify you if a solution is available.

Masalah dan Error yang Kadang Terjadi di CorelDRAW

Pesan error di atas berarti:

CorelDRAW telah berhenti bekerja. Suatu program menyebabkan program berhenti bekerja dengan benar. Windows akan menutup program dan memberi tahu Anda jika ada solusi yang tersedia.

Ini adalah masalah yang biasa terjadi pada CorelDRAW X5 dan dapat ditemukan pada versi lainnya (X9, X8, X7 atau X6). Secara teori, elemen tersebut menyebabkan program menjadi crash atau hang.

Berikut adalah beberapa saran tentang cara mengidentifikasi elemen graphic yang terbilang merepotkan dan cara memperbaikinya:

  • Paket gambar Corel DRAW selalu membuat file backup atau cadangan dari proyek apa pun. Temukan cadangan penyebabnya dan simpan lagi dengan nama yang berbeda, menggunakan ekstensi .cdr pada pencarian.
  • Hal lain yang harus dilakukan dengan file backup tersebut adalah mengekspornya sebagai file .cmx, buka file baru dan impor kembali .cmx ke dalamnya. Setelah itu, simpan menggunakan nama file baru.
  • Meskipun terbilang cukup sulit, ide dan trik lainnya yang dapat kalian coba adalah dengan menghapus secara manual setiap grouped effects (efek yang dikelompokkan) atau transformation (transformasi) yang diterapkan pada objek.

5. Repair CorelDRAW dengan Menggunakan Installation Kit

Gambar Screenshot Melakukan Repair CorelDRAW Dengan Menggunakan File Installation Kit Sebagai Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working
Gambar Screenshot Melakukan Repair CorelDRAW Dengan Menggunakan File Installation Kit

Solusi dan cara mengatasi yang selanjutnya adalah dengan me-repair kembali instalasi Corel Anda. Jalankan file .exe instalasi CorelDRAW Anda, ini biasanya dapat Anda temukan pada DVD CorelDRAW yang baru saja Anda beli (atau dari paket instalasi yang Anda download).

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Corel Draw X7, X8, X9 Viewer Mode (Bajakan) Selamanya!

Sistem operasi Windows 10, 8.1, 8 dan 7 biasanya akan mendeteksi bahwa versi sudah ada di komputer dan kemudian akan muncul dengan menu dan tampilan baru yang menanyakan pengguna apakah Anda ingin melakukan modify (memodifikasi), repair (memperbaiki) atau remove (menghapus) instalasi saat ini.

Untuk mengatasinya, lanjutkan dengan memilih opsi repair.

Ya! Secara teori, solusi ini akan memverifikasi semua file yang saat ini ditemukan di folder instalasi dan menambahkan beberapa file lainnya (yang mungkin hilang karena virus atau malware).

6. Update Microsoft Windows

Gambar Screenshot Mengecek Microsoft Windows Update
Gambar Screenshot Mengecek Microsoft Windows Update

Kemungkinan lainnya yang Kami pertimbangkan di sini adalah bahwa CorelDRAW mendapatkan masalah has stopped working atau telah berhenti berfungsi karena masalah kompatibilitas dengan file Windows.

Di sisi lain, CorelDRAW bergantung pada .NET framework agar berfungsi sehingga update atau versi terbaru pun harus selalu dimiliki. Tidak masalah pada versi yang diinstal, baik itu Windows 7, 8, 8.1 dan terutama Windows 10, pastikan bahwa semua update atau pembaruan telah didapatkan oleh komputer Anda.

Untuk memeriksa update, pengguna Windows 10 dan 8 harus menekan tombol Windows dan mengetik update di kotak pencarian. Pada menu yang ditampilkan, tekan tombol check for updates dan lihat apakah ada yang pembaruan terbaru yang tersedia.

Sedangkan untuk mereka yang menggunakan Windows 7 harus memeriksa update (pembaruan) secara langsung dari menu control panel.

7. Re-Install CorelDRAW

Cara mengatasi Corel DRAW dengan pesan error has stopped working terakhir yang akan Kami bahas disini adalah dengan menginstal ulang software Corel itu sendiri. Biasanya, ini merupakan solusi yang paling sederhana namun secara dramatis dapat memperbaiki masalah.

Untuk melakukannya, pastikan pengguna harus menghapus instalan CorelDRAW secara manual, restart PC dan jalankan kembali file instalasi dan pastikan kali ini aplikasi dipasang dengan benar serta tanpa kesalahan.

Kesimpulan

Di atas, adalah beberapa Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versi CorelDRAW yang dapat kalian coba praktekkan sekarang juga. Terkait dari versi graphic suite yang Anda gunakan beberapa cara mengatasi mungkin akan berbeda. Saran Kami pribadi, Anda harus mencoba langkah ke-7 (tujuh) terlebih dahulu sebelum memulai mencoba solusi lainnya yang berkaitan dengan masalah teknis. Dimana hal tersebut kadang membuat orang awam malas untuk melakukannya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versi CorelDRAW. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi solusi bagi masalah kalian. Jangan lupa berikan juga pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar