Mengenal Pengertian Software Development: Tujuan dan Cara Kerjanya

0
Gambar Pengertian Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya
Gambar Pengertian Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya

Apa itu Software Development? Sederhanyanya pengertian Software Development atau Pengembangan perangkat lunak adalah proses kolektif yang terlibat dalam pembuatan program perangkat lunak, yang mewujudkan semua tahapan di seluruh roda pengembangan sistem atau Software Development Life Cycle (SDLC). Metodologi SDLC mendukung desain perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan bisnis, pengembangan perangkat lunak untuk memenuhi desain yang ditentukan, dan penyebaran perangkat lunak ke produksi. Metodologi juga harus mendukung pemeliharaan, meskipun opsi itu mungkin atau mungkin tidak dipilih, tergantung pada proyek yang dimaksud.

Software Development juga dikenal sebagai Application Development atau Pengembangan Aplikasi, Software Application Development, Application Design dan Enterprise Software Development) yang berarti pengembangan produk perangkat lunak.

Pengertian Software Development

Software Development atau (Pengembangan Perangkat Lunak) adalah proses di mana perangkat lunak mandiri atau terpisah dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ini melibatkan penulisan serangkaian kode pemrograman yang saling terkait, yang menyediakan fungsionalitas perangkat lunak yang dikembangkan. Pengembangan perangkat lunak juga dapat disebut Application Development dan Software Design berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Technopedia.

Sejarah Dimulainya Istilah Software Development

Mengacu pada pengertian Software Development di atas, Sejarah Software Development atau Pengembangan perangkat lunak kembali ke sekitar Tahun 1810, ketika Joseph Marie Jacquard mengembangkan lubang-lubang yang dilubangi kartu stok untuk memandu pola-pola yang ditenun oleh alat tenunnya. Namun, baru pada Tahun 1949, John Mauchly mengembangkan bahasa pemrograman pertama, Kode Singkat (kemudian dikenal sebagai Kode Singkat).

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian CNR (Communication and Networking Riser): Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Proses Software Development ini mencakup penulisan dan pemeliharaan kode dalam bahasa tertentu, dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa itu mencakup semua yang terlibat dalam pembuatan produk perangkat lunak yang diinginkan melalui proses yang diinginkan.

Tujuan Software Development

Ilustrasi Gambar Pengertian Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya

Mengacu pada pembahasan mengenai apa itu Software Development di atas, Software atau Perangkat Lunak dapat dikembangkan untuk berbagai keperluan, tiga hal yang paling umum adalah untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari klien bisnis tertentu (kasus dengan perangkat lunak khusus), untuk memenuhi kebutuhan yang dirasakan dari sejumlah pengguna potensial (kasus dengan komersial dan perangkat lunak yang Open Source), atau untuk penggunaan pribadi misalnya seorang ilmuwan dapat menulis perangkat lunak untuk mengotomatiskan tugas biasa.

Embedded Software atau Pengembangan Perangkat Lunak Tertanam, yaitu pengembangan perangkat lunak tertanam, seperti yang digunakan untuk mengendalikan produk konsumen, membutuhkan proses pengembangan untuk diintegrasikan dengan pengembangan produk fisik yang dikendalikan. Perangkat lunak sistem mendasari aplikasi dan proses pemrograman itu sendiri, dan sering dikembangkan secara terpisah.

Fungsi Software Development

Pengembangan perangkat lunak adalah proses logis berulang yang bertujuan untuk membuat kode komputer atau perangkat lunak yang diprogram untuk mengatasi tujuan, sasaran atau proses bisnis atau pribadi yang unik. Pengembangan perangkat lunak umumnya merupakan inisiatif yang direncanakan yang terdiri dari berbagai langkah atau tahapan yang menghasilkan pembuatan perangkat lunak operasional.

Ada banyak pendekatan untuk manajemen proyek perangkat lunak, yang dikenal sebagai model siklus hidup pengembangan perangkat lunak, metodologi, proses, atau model. Model air terjun adalah versi tradisional, kontras dengan inovasi pengembangan perangkat lunak tangkas yang lebih baru.

Cara Kerja Software Development

Software Development ini utamanya dicapai melalui pemrograman Komputer, yang dilakukan oleh Programmer perangkat lunak dan mencakup proses seperti penelitian awal, desain aliran data, desain aliran proses, diagram alir, dokumentasi teknis, pengujian perangkat lunak, debugging, dan teknik arsitektur perangkat lunak lainnya sebagaimana yang sudah kita ketahui cara kerja roda Software Development dikenal sebagai Software Development Life Cycle (SDLC).

Baca Juga :  Caching (Cache) Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Tujuan Caching

Software Development adalah penciptakan program yang dapat melakukan tugas yang diperlukan setelah serangkaian proses. Pengembangan perangkat lunak mencakup banyak langkah seperti memikirkan ide, merancang ide kasar, implementasi cetak biru, pengujian, memperbaiki bug, dan banyak lagi.

Model Alur Software Development

Ilustrasi Proses Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya
Ilustrasi Proses Software Development Sejarah Tujuan Fungsi Cara Kerja Software Development Dan Modelnya

Mengacu pada penjelasan apa itu Software Development di atas, metode Software Development Life Cycle atau (SDLC) adalah adalah linier dan berurutan seperti Metode Water Flow, umumnya mengikuti tahapan-tahapan ini secara berurutan:

  1. Identifikasi perangkat lunak yang diperlukan
  2. Analisis persyaratan perangkat lunak
  3. Spesifikasi detail persyaratan perangkat lunak
  4. Desain perangkat lunak
  5. Pemrograman
  6. Pengujian
  7. Pemeliharaan

Water Flow dan modelnya yang serupa dianggap metodologi prediksi, berbeda dengan model adaptif seperti Agile Software Development (ASD), Rapid Application Development (RAD), Joint Application Development (JAD), Fountain Model, Spiral Model, Build and Fix dan Sinkronisasi-lalu-Stabilkan. Seringkali, beberapa model digabungkan ke dalam semacam metodologi hybrid seperti halnya pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (OSSD).

Metodologi Software Development Secara Umum

Dalam membahas pengertian apa itu Software Development, adapun sebagian besar metodologi berbagi beberapa kombinasi tahapan pengembangan perangkat lunak secara umum, adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis masalah
  2. Riset pasar
  3. Mengumpulkan persyaratan untuk solusi bisnis yang diusulkan
  4. Merencanakan dan merancang solusi berbasis perangkat lunak
  5. Implementasi (pengkodean) dari perangkat lunak
  6. Menguji perangkat lunak
  7. Penyebaran
  8. Pemeliharaan dan perbaikan bug

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai apa itu pengertian Software Development di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Software Development merupakan sebuah seni ajaib untuk menciptakan program yang dapat melakukan tugas yang diperlukan setelah serangkaian proses. Pengembangan perangkat lunak mencakup banyak langkah seperti memikirkan ide, merancang ide kasar, implementasi cetak biru, pengujian, memperbaiki bug, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Pengertian XAMPP: Menurut Para Ahli, Sejarah XAMPP, Penggunaannya

Penutup

Demikianlah yang dapat Kami sampaikan kali ini dalam pembahasan mengenai pengertian Software Development atau Pengembangan Perangkat Lunak, Sejarah Software Development, Tujuan Software Development, Fungsi Software Development, Cara Kerja dan Modelnya beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar