Pengertian Social Graph (Grafik Sosial) dalam Media Sosial Lengkap

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Social Graph (Grafik Sosial)
Ilustrasi Gambar Pengertian Social Graph (Grafik Sosial)

Pengertian Social Graph (Grafik Social)

Apa itu Social Graph atau Grafik Sosial? Pengertian Social Graph (Grafik sosial) adalah diagram yang menggambarkan interkoneksi antara orang, kelompok, dan organisasi dalam jejaring sosial. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan jejaring sosial seseorang.

Ketika digambarkan sebagai sebuah peta, Social Graph (Grafik Sosial) ini muncul sebagai satu set simpul Jaringan yang dihubungkan oleh garis. Setiap simpul, yang juga dapat disebut sebagai aktor, sebenarnya merupakan catatan data. Garis penghubung yang digunakan untuk memetakan hubungan antara catatan data disebut sebagai edge, ties atau interdependency.

Ketika Social Graph (Grafik Sosial) memiliki sejumlah kecil simpulan, ia dapat dengan mudah untuk dipetakan di papan tulis atau selembar kertas, menggunakan garis-garis padat dan titik-titik yang diberi kode warna untuk menunjukkan hubungan. Akan tetapi, ketika grafik sosial memiliki sejumlah besar simpul, ikatan silang dapat dengan cepat menjadi kusut, sehingga sulit bagi siapa pun untuk mendapatkan informasi yang bermakna dari diagram.

Perangkat lunak basis data grafik seperti Apache Giraph memudahkan kita untuk menganalisis basis data grafik sosial yang besar dan kompleks melalui kueri. Ini adalah cara sebagian besar situs media sosial, termasuk Facebook, menggunakan algoritma pencarian untuk mempersonalisasi feed berita dan iklan target.

Facebook dan Social Graph

CEO Mark Zuckerberg dikreditkan dan disebutkan sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah “grafik sosial” pada tahun 2007 untuk merujuk ke jaringan koneksi dan hubungan yang didokumentasikan oleh anggota Facebook. Meskipun Facebook memberi pihak ketiga akses terbatas ke grafik sosial anggota melalui antarmuka pemrograman aplikasi (API), situs ini sering dikritik karena menjadi taman bertembok yang menyempitkan portabilitas grafik sosial, serta potensi kekuatan grafik sosial pada umumnya, oleh mengharuskan anggota untuk membuat ulang grafik sosial mereka secara manual di aplikasi lain.

Baca Juga :  Pengertian Call To Action (Panggilan Aksi): Fungsi, Tips dan Contohnya

Apakah Anda terbiasa dengan istilah Social Graph? ataukah Anda sudah mulai memiliki bayangan setelah mengetahui Pengertian Social Graph (Grafik Sosial) di atas tadi?. Dapatkah Anda dengan mudah menggambarkan apa itu, dan lebih baik lagi, mengapa mereka penting untuk pemasaran bisnis Anda di Media Sosial?. Memahami konsep dari Social Graph (Grafik Sosial) ini tidak hanya akan meningkatkan kemahiran Anda dengan pemasaran media sosial hari ini, itu juga akan membantu Anda melihat tren yang muncul. Ini secara signifikan akan membantu Anda sepenuhnya siap ketika teknologi web baru diluncurkan.

Istilah grafik sosial pertama kali digunakan beberapa tahun yang lalu itu khususnya mengacu pada platform Facebook. Grafik sosial Anda adalah peta digital dari identitas pribadi Anda, teman-teman Facebook utama Anda dan semua yang Anda bagikan dengan mereka.

Definisi itu telah diperluas untuk mencakup platform lain, seperti Twitter, Flickr dan bahkan Google. Jadi, untuk menjadi jelas, Anda memiliki banyak grafik sosial yang tumpang tindih. Data sosial ini sangat menarik bagi bisnis yang mencoba terhubung dengan Anda, dan harus sama menariknya bagi Anda untuk menjangkau pelanggan masa depan Anda.

Cara Social Graph (Grafik Sosial) Memberikan Penjelasan

Ilustrasi Gambar Pengertian Social Graph (Grafik Sosial)
Ilustrasi Gambar Social Graph (Grafik Sosial) | TechTarget

Konten yang dapat dicari selalu menjadi dasar Internet. Bill Gates yang merupakan orang yang pertama menyatakan bahwa “konten adalah raja” dan pada saat ia mengatakan bahwa (ia menulisnya terlebih dahulu), ia benar. Namun, itu sebelum Media Sosial mengubah permainan pencarian menjadi seperti sekarang ini, di mana konteksnya adalah raja.

Saat perpesanan atau konten Anda di web sosial dibagikan, ia mengumpulkan konteks dan membangun hubungan kecil yang menceritakan sebuah kisah. Dengan memahami ini, Anda dapat lebih efektif meningkatkan grafik sosial Anda dengan membuat konten yang bermanfaat yang mewakili siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dengan keahlian Anda.

Baca Juga :  Pengertian Processor: Komponen, Fungsi Processor dan Cara Kerjanya

Di Jejaring sosial semuanya adalah tentang konteks. Dengan siapa Anda bergaul memberi tahu banyak tentang Anda. Konteks tidak hanya memberi tahu kami siapa Anda, tetapi dengan asosiasi dan perbandingan, siapa Anda. Anda mungkin sangat mirip dengan kolega yang Anda asosiasikan, tetapi ada cukup data untuk membedakan perbedaan. Asosiasi itu mungkin yang membantu Anda ditemukan, tetapi perbedaan itulah yang akan membuat Anda dipekerjakan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Social Graph (Grafik Sosial) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam belajar Teknologi dan Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi

Tinggalkan Komentar