Mengenal Apa Itu Pengertian Parse: Apa Itu Parser? Tujuan dan Cara Kerjanya

0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Parse Pengertian Parse Apa Itu Parser Tujuan Dan Cara Kerja Parse
Ilustrasi Gambar Apa Itu Parse Pengertian Parse Apa Itu Parser Tujuan Dan Cara Kerja Parse

Sebenarnya, apa itu pengertian Parse? Sederhananya, Pengertian Parse adalah menganalisis sesuatu dengan tertib. Dalam Linguistik atau Ilmu Bahasa , Parse adalah membagi kata dan frasa menjadi bagian yang berbeda untuk memahami hubungan dan makna. Contohnya seperti, siswa bahasa Inggris kadang-kadang diminta untuk mem-parsing kalimat dengan membaginya menjadi subjek dan predikat, dan kemudian menjadi frase dependen, pengubah, dan sebagainya.

Secara umum, mengurai tulisan atau ucapan seseorang berarti menafsirkannya. Dalam Dunia Komputer, Parse adalah membagi pernyataan bahasa komputer menjadi bagian-bagian yang dapat dibuat berguna untuk komputer. Parsedalam kompiler Program adalah program yang mengambil setiap pernyataan program yang telah ditulis pengembang dan membaginya menjadi beberapa bagian (misalnya, perintah utama, opsi, objek target, atributnya, dan lain sebagainya) yang kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan tindakan lebih lanjut atau untuk membuat instruksi yang membentuk program yang dapat dieksekusi.

Pengertian Parse

Parse dalam Ilmu Komputer adalah di mana serangkaian perintah, biasanya berupa program dipisahkan menjadi komponen yang lebih mudah diproses, yang dianalisis untuk sintaks yang benar dan kemudian dilampirkan ke tag yang menentukan setiap komponen. Komputer kemudian dapat memproses setiap potongan program dan mengubahnya menjadi bahasa mesin berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Parsing adalah memecah sebuah kalimat atau kelompok kata menjadi komponen yang terpisah, termasuk definisi fungsi atau bentuk setiap bagian. Definisi teknis menyiratkan konsep yang sama.

Baca Juga :  Pengertian Database: Sejarah, Fungsi, Contoh dan Perbedaannya dengan Spreadsheets

Parsing digunakan dalam semua bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa seperti C++ dan Java diurai oleh kompilernya masing-masing sebelum diubah menjadi kode mesin yang dapat dieksekusi. Bahasa Scripting, seperti PHP dan Perl, diurai oleh Web Server, memungkinkan HTML yang benar untuk dikirim ke Browser.

Apa itu Parser?

Lalu, apa itu Parser? pengertian Parser adalah komponen kompiler atau juru bahasa yang memecah data menjadi elemen yang lebih kecil untuk memudahkan terjemahan ke bahasa lain. Parser mengambil input dalam bentuk urutan token atau instruksi Program dan biasanya membangun struktur data dalam bentuk pohon parse atau pohon sintaksis abstrak.

Parser banyak digunakan dalam Teknologi berikut:

  • Java dan bahasa Pemrograman lainnya
  • HTML dan XML
  • Bahasa Data Interaktif dan bahasa definisi objek
  • Bahasa Database, seperti SQL
  • Bahasa Modelling, seperti bahasa pemodelan Virtual Reality (Realitas Virtual)
  • Bahasa Scripting, seperti PHP
  • Protokol, seperti panggilan fungsi jarak jauh HTTP dan Internet

Tujuan Melakukan Parse

Gambar Apa Itu Parse Pengertian Parse Apa Itu Parser Tujuan Dan Cara Kerja Parse
Gambar Apa Itu Parse Pengertian Parse Apa Itu Parser Tujuan Dan Cara Kerja Parse

Mengacu pada penjelasan apa itu pengertian Parse di atas, adapun Tujuan utama Parser adalah untuk menentukan apakah input Data dapat berasal dari simbol awal tata bahasa. Jika ya, lalu dengan cara apa Data input ini dapat diturunkan? Ini dapat dicapai sebagai berikut:

a. Parsing Top-Down (Parsing Atas ke Bawah)

Melibatkan pencarian pohon parse untuk menemukan derivasi paling kiri dari input stream dengan menggunakan ekspansi top-down. Contohnya termasuk parser LL dan parser keturunan-rekursif.

b. Bottom-Up Parsing (Parsing Bawah ke Atas)

Melibatkan penulisan ulang input kembali ke simbol awal. Jenis parsing ini juga dikenal sebagai parsing pengurang shift. Salah satu contoh adalah parser LR.

Cara Kerja Parse atau Tahapan Parsing

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian Parse di atas, Parser biasanya digunakan sebagai komponen juru bahasa atau kompiler. Keseluruhan Proses Parse ini melibatkan tiga tahap, yakni sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Android: Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya

1. Lexical Analytic (Analisis Leksikal)

Lexical Analytic (Analisis Leksikal) digunakan untuk menghasilkan token dari aliran karakter string input, yang dipecah menjadi komponen kecil untuk membentuk ekspresi yang bermakna.

2. Syntactic Analysis (Analisis Sintaksis)

Syntactic Analysis (Analisis Sintaksis) memeriksa apakah token yang dihasilkan membentuk ekspresi yang bermakna. Ini menggunakan tata bahasa bebas konteks yang mendefinisikan prosedur algoritmik untuk komponen. Ini berfungsi untuk membentuk ekspresi dan menentukan urutan tertentu di mana token harus ditempatkan.

3. Semantic Parsing (Parsing Semantik)

Semantic Parsing (Parsing Semantik) adalah tahap parsing terakhir di mana makna dan implikasi dari ekspresi yang divalidasi ditentukan dan tindakan yang diperlukan diambil.

Penyebab Parsing Error atau Kesalahan Parsing

Dalam membahas Parse, Parser dan Parsing, terkadang dalam Pemrograman, seringkali kita menemui pemberitahuan seperti Parsing Error (Kesalahan Parsing). Berikut adalah penyebab umum yang biasanya terjadi.

  • File tidak ada Data; File yang berisi data yang akan diuraikan tidak ada.
  • Data berisi Corrupt atau ada kesalahan; Data yang akan diuraikan berisi kesalahan. Jika Anda mengunduh file yang menyebabkan kesalahan Parse, coba unduh lagi file tersebut atau cari versi file yang diperbarui. Jika memungkinkan, coba unduh file dari Website lain.
  • Izin yang tidak memadai; Anda mungkin memiliki izin yang tidak memadai untuk mengakses data file.
  • Masalah Kompatibelitas; Data file tidak kompatibel dengan versi Sistem Operasi atau Program Anda.
  • Masalah Storage (Penyimpanan); Ruang disk tidak mencukupi. Jika File sedang ditulis ke drive (Thumb drive atau kartu SD) yang tidak memiliki cukup ruang untuk menempatkan hasil Parsing, maka kesalahan Parse dapat terjadi. Pastikan drive memiliki cukup ruang penyimpanan atau pindahkan file yang sedang diuraikan atau arahkan ke Hard Drive Anda jika sedang dijalankan dari Media yang dapat dipindahkan.
Baca Juga :  Pengertian Makna: Jenis dan Contoh Makna Kata dalam Bahasa Lengkap

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu Parse di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian Parse adalah proses untuk Data atau Informasi berarti memecahnya menjadi bagian-bagian komponen sehingga sintaksnya dapat dianalisis, dikategorikan dan dipahami. Jika kesalahan terjadi saat informasi Parsing kesalahan parsing dihasilkan. Kesalahan Parse dapat terjadi karena salah satu alasan berikut.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai apa itu Parse, Apa itu Parses? Tujuan Parse dan Cara Kerja Parse serta Kenapa Error Parse Terjadi yang dibahas secara lengkap dan detail. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua. Jangan lupa untuk mempelajari Istilah-Istilah yang ada dalam Teknologi yang Harus diketahui oleh Anak IT. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar