Penjelasan Pengertian Bio: Apa itu Biography dan Personal Bio? Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya!

0
Gambar Pengertian Bio Apa Itu Biography Dan Personal Bio Contoh Dan Cara Menulisnya Yang Baik Serta Bagaimana Tips Membuat Professional Bio
Gambar Pengertian Bio Apa Itu Biography Dan Personal Bio Contoh Dan Cara Menulisnya Yang Baik Serta Bagaimana Tips Membuat Professional Bio

Tahukah Kalian, Pengertian Bio? Apa itu Biography dan Personal Bio? Bio dalam Media Sosial serta Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya! Banyak marketer atau pemasar media sosial meluncurkan kampanye mereka dengan tujuan untuk mendorong engagement (keterlibatan) dan mengirim lead (arahan) ke halaman produk atau situs web. Ketika orang menemukan merek di media sosial dan memutuskan ingin mempelajari lebih lanjut, mereka menggunakan tautan di bio perusahaan itu untuk memulai pencarian mereka.

Dalam menulis bio, serta bagaimana mengadaptasinya agar sesuai dengan banyak saluran media sosial yang berbeda, bukanlah proses yang mudah. Setiap situs media sosial memiliki parameter yang berbeda untuk bio dari akun. Dan setiap audiens (baca pengertian audiens disini) memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda mengenai informasi apa yang harus ditampilkan dalam sebuah bio. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian bio terutama dalam media sosial. Langsung saja, berikut ulasannya!

Pengertian Bio

Sering disebut sebagai profil, bio adalah istilah singkat dari biografi yang digunakan untuk menggambarkan deskripsi singkat organisasi, perusahaan atau perorangan berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Biografi singkat atau deskripsi orang sekarang ini telah memengaruhi industri komputer tentang orang-orang terkemuka di bidang komputasi.

Apa itu Biography?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan biography? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini sering disebutkan dengan akronim “bio” terutama dalam internet.

Biografi (atau hanya bio) adalah deskripsi rinci tentang kehidupan seseorang. Ini melibatkan lebih dari sekadar fakta-fakta dasar seperti pendidikan, pekerjaan, hubungan, dan kematian, tetapi juga menggambarkan pengalaman subjek tentang peristiwa-peristiwa kehidupan ini.

Ini berbeda dengan profil atau daftar riwayat hidup (resume), biografi menyajikan kisah hidup subjek, menyoroti berbagai aspek kehidupannya, termasuk rincian pengalaman intim, dan mungkin mencakup analisis kepribadian subjek.

Biografi resmi ditulis dengan izin, kerja sama, dan kadang-kadang, partisipasi subjek atau ahli waris subjek.

Apa itu Personal Bio?

Kemudian ada juga istilah personal bio. Ini berarti biografi pribadi (dalam bahasa Indonesia).

Personal bio adalah pengantar singkat yang menyediakan versi ringkas dari pencapaian profesional Anda, kredensial dan pendidikan Anda, dan informasi lain yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Bio pribadi sering digunakan ketika mencari pekerjaan untuk memberikan manajer perekrutan sinopsis mengapa Anda adalah kandidat yang ideal untuk pekerjaan itu.

Mereka juga dapat digunakan pada platform (baca pengertian platform disini) jaringan dan website profesional.

Bio dalam Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan Lainnya)

Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Arti Bio Dalam Social Media Atau Media Sosial Facebook Twitter Instagram WhatsApp Dan Lain Sebagainya
Ilustrasi Gambar Pengertian Dan Arti Bio Dalam Social Media Atau Media Sosial Facebook Twitter Instagram WhatsApp Dan Lain Sebagainya

Selain membahas tentang apa itu arti bio, disini Kami juga akan menjelaskan sedikit tentang arti bio dalam media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Organic (Organik): Definisi, Apa itu Organic Marketing? Cara Meningkatkan dan Kapan Menggunakannya!

Perlu kalian ketahui kata “bio” di social media secara umum adalah tempat di mana organisasi, influencer (baca pengertian influencer disini) dan individu berbagi informasi penting tentang diri mereka sendiri.

Bio mungkin berisi detail tentang sifat bisnis, apa yang dijualnya dan informasi kontak seperti (misalnya di WhatsApp).

Link (tautan) bio adalah URL yang dapat diklik yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi apa yang Anda anggap sebagai real estate online paling berharga Anda.

Untuk sebagian besar, bio biasanya merupakan halaman produk, untuk sebagian lain itu adalah halaman pendaratan atau bagian “tentang kami” atau “about”.

Arti bio dalam media sosial Facebook adalah bagian yang memungkinkan Anda membuat bio pendek untuk diri Anda sendiri yang ada di atas informasi profil Anda yang lain, seperti kota, pekerjaan, dan status hubungan.

Sedangkan arti bio di Twitter adalah salah satu komponen dari profil Twitter Anda. Itu muncul di bawah nama Anda dan pegangan Twitter di profil Anda.

Anda dapat menggunakan itu untuk memberi orang lain intro singkat tentang siapa Anda, daftar minat Anda, atau mempromosikan bisnis Anda.

Lalu, untuk arti bio Instagram adalah area kecil di bawah nama pengguna Anda untuk membagikan beberapa detail tentang diri Anda atau brand (merek) Anda.

Biografi Instagram Anda dapat menyertakan deskripsi singkat tentang diri atau merek, informasi kontak, emoji, hashtag (tagar), dan lain sebagainya.

Contoh Bio

Setelah kita mengetahui apa itu arti bio di mesia sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp, agar lebih memahaminya, disini Kami juga akan menjelaskan seperti apa contoh dari penulisan sebuah “bio”.

Di bawah ini adalah contoh dari bio atau personal (pribadi) bio yang mencakup banyak detail yang diperlukan terkait apa yang sudah Kami raikan di atas:

Mulya adalah seseorang yang telah menghabiskan hidupnya menggunakan pengalaman pribadinya dan karirnya untuk membantu kliennya mengatasi gangguan stres pascatrauma dan memberi mereka dukungan yang mereka butuhkan ketika hidup mereka yang tampaknya lebih daripada yang bisa mereka tangani.

Sebagai putra seorang veteran Indonesia, dia tahu persis bagaimana stres pasca-trauma dapat memengaruhi setiap segi kehidupan seseorang serta kehidupan orang-orang yang mereka cintai.

Sementara fokusnya adalah perawatan veteran, dia juga menyediakan layanan untuk anak-anak, orang dewasa dan keluarga yang berurusan dengan situasi traumatis mereka sendiri.

Dia tahu tidak ada pendekatan tunggal yang dapat bekerja untuk semua orang, oleh karena itulah dia terus mendidik dirinya sendiri tentang terapi yang muncul dan tren psikologis untuk menyediakan program paling komprehensif yang bekerja untuk setiap kebutuhan individu kliennya.

Dia memiliki pengalaman dalam berbagai teknik terapi.

Dia mendapatkan gelar akademisnya di salah saru Universitas terkemuka di Indonesia dengan gelar Magister Psikologi Konseling dan gelar Doktor dalam Psikologi Klinis.

Dia juga memegang gelar Sarjana Psikologi dari Michigan State University. Dia adalah seorang peneliti yang rajin, dan karyanya juga telah diterbitkan dalam beberapa buku terkenal.

Mulya saat ini sedang praktik pribadi di Boston di mana dia tinggal bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil.

Terhubung dengan Mulya:
Email: [email protected]

Cara Menulis Bio agar Menarik Perhatian

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Menulis Bio Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Dan Apa Saja Tipsnya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Menulis Bio Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Dan Apa Saja Tipsnya

Selain membahas tentang arti bio dalam sosial media (Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan lainnya) serta contohnya, disini Kami juga akan menjelaskan tentang bagaimana cara menulis profil bio agar menarik perhatian pembaca.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Version Control: Apa itu VCS? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya serta Kenapa itu Penting?

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam menulis bio yang menarik perhatian orang lain.

1. Perkenalkan Diri Anda

Cara yang pertama adalah dengan memperkenalkan diri Anda. Mulai bio Anda dengan pengantar singkat yang menunjukkan siapa Anda.

Kalimat pertama harus mencakup nama Anda diikuti oleh beberapa detail penting yang ingin Anda sorot, seperti pendidikan, sertifikasi, atau prestasi Anda.

Setelah kalimat pengantar yang kuat, sertakan gairah hidup Anda, nilai-nilai dan pandangan umum tentang kehidupan dengan mempertimbangkan aspek-aspek diri Anda.

2. Tetap Ringkas

Berikutnya adalah dengan membuatnya tetap ringkat. Mulailah dengan jumlah kata yang ada dalam pikiran anda.

Ini dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan fokus biografi kalian, tetapi dengan memiliki batas kata, maka itu akan dapat membantu Anda merampingkan konten Anda.

Biografi pribadi pada resume atau situs pencarian kerja harus berupa satu paragraf atau beberapa paragraf pendek yang menggambarkan siapa Anda.

Cara terbaik untuk menjaga jenis bio pribadi ini antara 300 (tiga ratus) dan 500 (lima ratus) kata.

Bio yang lebih pendek dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk membaca sisa resume Anda.

Oleh karena itu, buatlah agar tetap sederhana dan menarik.

3. Gunakan Orang Ketiga

Selanjutnya adalah dengan menggunakan orang ketiga. Mungkin terasa aneh atau bahkan ini merupakan sebuah hal yang menantang untuk menulis tentang diri Anda.

Karena ini adalah biografi dan bukan autobiografi, itu harus ditulis seolah-olah orang lain juga menulis tentang Anda.

Sementara beberapa biografi dengan sudut pandang orang pertama bisa menjadi efektif, menulis dengan orang ketiga memungkinkan Anda untuk memasukkan nama lengkap Anda.

Strategi ini lebih baik untuk Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari karena memberi tahu mesin pencari bahwa bagian itu adalah tentang Anda.

4. Tulis Secara strategis

Selanjutnya yaitu dengan menuliskannya secara strategis. Meskipun Anda ingin menyebutkan banyak pencapaian Anda, hindari membuat daftar lengkap dalam “bio” Anda.

Bedakan diri Anda dari orang lain dengan menulis cerita menarik yang bisa dibaca orang lain untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda.

Sertakan cerita yang menginspirasi Anda untuk mengejar karir Anda saat ini atau membentuk tujuan profesional Anda.

Anekdot formatif ini dapat memberikan pembaca pemahaman pribadi tentang minat Anda pada bidang Anda, hasrat Anda, dan nilai-nilai inti Anda.

5. Sertakan Informasi Kontak Anda

Biografi Anda adalah langkah pertama dalam menghubungkan Anda dengan orang lain.

Dengan menyertakan informasi dan kontak Anda maka bagian informasi kontak tersebut dapat mendorong pembaca untuk berkomunikasi dengan Anda karena membuat Anda tampak terbuka dan mudah didekati.

Perlu kalian ketahui bahwa informasi ini harus mencakup:

  • Alamat e-mail Anda.
  • Link (tautan) ke halaman kontak Anda.
  • Tautan ke platform media sosial profesional Anda.

6. Edit Secara Menyeluruh

Biografi Anda adalah cerminan Anda sebagai penulis dan editor. Pastikan untuk mengeditnya secara menyeluruh serta mengoreksi bio pribadi Anda untuk kesalahan tata bahasa dan ejaan sebelum menerbitkannya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Bounce Rate: Apa itu Tingkat Rasio Pentalan dan Exit Rate? Penyebab serta Cara Mengetahui dan Menurunkannya!

Mengedit adalah salah satu langkah penting untuk memastikan bio pribadi Anda adalah representasi paling profesional dari latar belakang, prestasi, dan karakter Anda.

Tips Menulis Professional Bio yang Baik dan Benar

Lalu, apa saja tips dalam menulis bio professional yang baik dan benar? Jika Anda yang kebetulan sedang membaca postingan ini dan kebetulan kalian sedang bertanya-tanya bagaimana tips menulisnya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Baiklah, di bawah ini adalah 8 (delapan) tips yang harus kalian ketahui untuk menuliskan profesional atau professional bio Anda yang baik:

  1. Buat halaman “about atau tentang” untuk situs web atau profil Anda (jika ada).
  2. Mulailah menulis bio Anda dengan nama depan dan belakang Anda.
  3. Sebutkan nama brand (merek) terkait yang mungkin Anda gunakan.
  4. Nyatakan posisi Anda saat ini dan apa saja yang telah Anda lakukan.
  5. Sertakan setidaknya satu prestasi profesional.
  6. Jelaskan value atau nilai-nilai Anda dan bagaimana mereka memberi tahu karier Anda.
  7. Beri tahu pembaca Anda siapa Anda di luar pekerjaan Anda secara singkat.
  8. Pertimbangkan untuk menambahkan humor atau kisah pribadi untuk menambah cita rasa pada bio profesional Anda.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian Bio? Apa itu Biography dan Personal Bio? Bio dalam Media Sosial serta Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa biography, biografi atau bio adalah tulisan singkat tentang seseorang. Bio dapat ditulis oleh orang lain. Biografi biasanya mengambil bentuk narasi, berjalan secara kronologis melalui tahapan kehidupan seseorang.

Terkait dunia digital marketing, bio adalah peluang sempurna untuk mempromosikan merek Anda dan menarik pelanggan dan pengikut baru. Dengan membuat bio yang menarik dan menginspirasi untuk setiap saluran media sosial, Anda akan dapat terhubung dengan audiens target Anda dan membantu perusahaan Anda mencapai tujuannya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Bio? Apa itu Biography dan Personal Bio? Bio dalam Media Sosial serta Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang sedang belajar istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam social media.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis Anda semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar