Pengertian Meta Element (HTML): Fungsi dan Contoh Meta Element

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Meta Element HTML
Ilustrasi Gambar Pengertian Meta Element HTML

Pengertian Meta Element dalam HTML

Apa itu Meta Element? Meta Element (HTML) atau Elemen meta adalah tag yang digunakan dalam dokumen HTML dan XHTML untuk memberikan metadata terstruktur tentang halaman Web. Mereka adalah bagian dari bagian kepala halaman Website. Beberapa elemen Meta dengan atribut berbeda dapat digunakan pada halaman yang sama. Elemen meta dapat digunakan untuk menentukan deskripsi halaman, Keyword, dan metadata lainnya yang tidak disediakan melalui elemen kepala lainnya dan atribut.

Meta Element (HTML) atau Elemen Meta dalam HTML diwakili oleh tag meta. Mereka memberikan metadata tentang halaman Website. Elemen meta terletak di bagian “Head” dari kode sumber. Beberapa elemen ini dimuat sebelum halaman yang sebenarnya dibuat oleh Browser.

Fungsi Meta Element

Mengacu pada pengertian Meta Element di atas, Meta Element atau Elemen meta memiliki dua fungsi yakni:

  1. Meniru penggunaan bidang header respons HTTP
  2. Untuk menanamkan metadata tambahan dalam dokumen HTML

Dengan HTML hingga dan termasuk dalam HTML 4.01 dan XHTML, ada empat atribut yang valid, yaitu adalah Content, Http-equiv, Name dan Scheme. Sekarang di bawah HTML5 sekarang ada lima atribut yang valid, setelah Charset telah ditambahkan. Http-equiv digunakan untuk meniru header HTTP, dan Name untuk menanamkan metadata. Nilai pernyataan, dalam kedua kasus, terkandung dalam atribut Content, yang merupakan satu-satunya atribut yang diperlukan kecuali Charset diberikan. Charset digunakan untuk menunjukkan set karakter dokumen, dan tersedia dalam HTML5. Elemen tersebut harus ditempatkan sebagai tag di bagian kepala dokumen HTML atau XHTML. Ada 2 (dua) bagian yang berbeda dari elemen adalah Title Tag dan Meta Description.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yahoo: Apa itu Yahoo? Sejarah dan Perbedaan Yahoo! dengan Google

Contoh Meta Element

Ilustrasi Gambar Contoh Pengertian Meta Element HTML
Ilustrasi Gambar Contoh Meta Element HTML

Meta Element (Elemen meta) dapat menentukan header HTTP yang harus dikirim sebelum konten aktual ketika halaman HTML disajikan dari server web ke klien. Sebagai contoh:

<meta charset="utf-8"> 

Sebagai alternatif untuk header respons Content-Type untuk menunjukkan jenis media dan, yang lebih umumnya diperlukan yaitu pengkodean karakter UTF-8. Meta tag dapat digunakan untuk menggambarkan isi halaman, seperti:

<meta name="description" content="Badan Pemerintahan Nasional Indonesia"> 

Dalam contoh ini, elemen meta menjelaskan konten halaman web.

Penggunaan Meta Element untuk SEO

Berdasarkan pengertian Meta Element (HTML) di atas, Meta Element atau Elemen meta ini memberikan informasi tentang halaman web, yang dapat digunakan oleh mesin pencari untuk membantu mengkategorikan halaman dengan benar. Mereka telah menjadi fokus bidang riset pemasaran yang dikenal sebagai optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization), di mana metode yang berbeda digunakan untuk menyediakan situs web pengguna dengan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencari.

Sebelum munculnya analisis konten oleh mesin pencari pada pertengahan 1990-an terutama Google, mesin pencari bergantung pada data meta untuk mengklasifikasikan halaman Web dengan benar dan webmaster dengan cepat mempelajari pentingnya komersial memiliki elemen meta yang tepat. Komunitas mesin pencari sekarang dibagi dengan nilai tag meta.

Beberapa mengklaim mereka tidak memiliki nilai, yang lain bahwa mereka adalah Central, sementara banyak yang hanya menyimpulkan bahwa tidak ada jawaban yang jelas tetapi, karena mereka tidak akan membahayakan, mereka menggunakannya untuk berjaga-jaga. Google menyatakan bahwa mereka mendukung meta tag seperti “Content”, “Robot”, “Google”, “Google-Site-Verification”, “Content-Type”, “Refresh” dan “Google-bot”.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai pengertian Meta Element (HTML) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  CSS Adalah: Pengertian, Penggunaan dan Cara Menerapkan CSS

Tinggalkan Komentar