Pengertian Firewall (Security): Jenis, Metode dan Next Generation Firewall

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Firewall (Security) Apa Itu Firewall
Ilustrasi Gambar Pengertian Firewall (Security)

Pengertian Firewall Adalah

Apa itu Firewall? Firewall adalah sistem yang dirancang untuk mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Anda dapat mengimplementasikan firewall baik dalam bentuk perangkat keras atau perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Firewall mencegah pengguna internet tidak sah mengakses jaringan pribadi yang terhubung ke internet, terutama intranet. Semua pesan yang memasuki atau meninggalkan intranet (jaringan lokal tempat Anda terhubung) harus melewati firewall, yang memeriksa setiap pesan dan memblokir pesan-pesan yang tidak memenuhi kriteria keamanan yang ditentukan.

Firewall adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjaga keamanan jaringan pribadi. Firewall memblokir akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi dan sering digunakan untuk mencegah pengguna Web yang tidak sah atau perangkat lunak terlarang mendapatkan akses ke jaringan pribadi yang terhubung ke Internet. Firewall dapat diimplementasikan menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya.

Jenis Firewall

Ilustrasi Gambar Pengertian Firewall Dan Jenis Firewall
Ilustrasi Gambar Jenis Firewall (Security)

Berdasarkan pengertian Firewall (Security) di atas, adapun jenis-jenis firewall adalah sebagai berikut:

a. Software Firewall

Software Firewall atau Firewall perangkat lunak dirancang untuk melindungi komputer dengan memblokir program tertentu agar tidak mengirim dan menerima informasi dari jaringan lokal atau Internet. Gambar di sebelah kanan menunjukkan ikon untuk Windows Firewall, contoh program perangkat lunak firewall yang disertakan dengan Microsoft Windows.

b. Hardware Firewall

Hardware Firewall atau Firewall perangkat keras ditemukan pada sebagian besar router jaringan dan dapat dikonfigurasi melalui layar pengaturan router. Gambar di bagian atas halaman ini menunjukkan ZyXEL ZyWALL, yang merupakan Unified Security Gateway dengan firewall dan fitur keamanan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Technopreneur: Apa itu Technopreneurship dan Contohnya?

Metode Firewall

Mengacu pada pengertian Firewall di atas, adapun beberapa metode firewall adalah sebagai berikut:

a. Penyaringan Paket

Sistem memeriksa setiap paket yang memasuki atau meninggalkan jaringan dan menerima atau menolaknya berdasarkan aturan yang ditentukan pengguna. Penyaringan paket cukup efektif dan transparan bagi pengguna, tetapi sulit untuk dikonfigurasi. Selain itu, ia rentan terhadap spoofing IP.

b. Implementasi gateway level sirkuit

Proses ini menerapkan mekanisme keamanan ketika koneksi TCP atau UDP dibuat. Setelah koneksi dibuat, paket dapat mengalir di antara host tanpa pemeriksaan lebih lanjut.

c. Bertindak sebagai server proxy

Server Proxy atau Proxy Server adalah jenis gateway yang menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya dari komputer yang menghubungkannya. Server proxy terhubung ke internet, membuat permintaan untuk halaman, koneksi ke server, dll, dan menerima data atas nama komputer di belakangnya. Kemampuan firewall terletak pada fakta bahwa proxy dapat dikonfigurasikan untuk memungkinkan hanya jenis lalu lintas tertentu untuk lewat (misalnya, file HTTP, atau halaman web). Server proxy memiliki potensi kelemahan kinerja jaringan yang melambat, karena harus secara aktif menganalisis dan memanipulasi lalu lintas yang melewatinya.

d. Web App Firewall

Web App Firewall atau Firewall aplikasi web adalah alat perangkat keras, plug-in server, atau filter perangkat lunak lain yang menerapkan seperangkat aturan pada percakapan HTTP. Aturan tersebut umumnya disesuaikan untuk aplikasi sehingga banyak serangan dapat diidentifikasi dan diblokir.

Firewall Generasi Selanjutnya (NGFW)

Next Generation Firewall (NGFW) atau yang disebut generasi firewalls berikutnya, bekerja dengan menyaring lalu lintas jaringan dan Internet berdasarkan aplikasi atau jenis lalu lintas menggunakan port tertentu. Next Generation Firewalls (NGFWs) memadukan fitur firewall standar dengan fungsionalitas kualitas layanan (QoS) untuk memberikan inspeksi yang lebih cerdas dan lebih dalam.

Baca Juga :  Pengertian Influencer: Fungsi dan Jenis Influencer dalam Media Sosial

Paket dapat disaring menggunakan lebih dari keadaan koneksi dan sumber dan alamat tujuan. Di sinilah NGFW ikut bermain. Mereka menggabungkan aturan untuk apa aplikasi individu dan pengguna diizinkan untuk melakukan, dan berbaur dalam data yang dikumpulkan dari teknologi lain untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang lalu lintas apa yang diizinkan dan apa lalu lintas turun.

Sebagai contoh, beberapa NGFW ini melakukan pemfilteran URL, dapat mengakhiri koneksi secure sockets (SSL) dan transport layer security (TLS), dan mendukung perangkat lunak jaringan area luas yang ditentukan (SD-WAN) untuk meningkatkan efisiensi seberapa dinamis Keputusan WAN tentang konektivitas ditegakkan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami yang membahas mengenai pengertian Firewall (Security), Apa itu Firewall dan mengenal Next Generation Firewall beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam belajar Teknologi Informasi beserta Istilah-Istilah Teknologinya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar