Pengertian Email Marketing: Tujuan, Keuntungan dan Tips Melakukannya!

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Email Marketing
Ilustrasi Gambar Pengertian Email Marketing

Pengertian Email Marketing (Pemasaran Email)

Apa itu Email Marketing? Pada dasarnya penggunaan email untuk mempromosikan produk dan atau layanan. Tetapi definisi pemasaran email yang lebih baik adalah penggunaan email untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan potensial atau klien.

Email Marketing atau Pemasaran Email adalah salah satu segmen pemasaran internet, yang meliputi pemasaran online melalui Website, Media sosial, Blog, dan lain sebagainya. Pada dasarnya sama dengan surat langsung kecuali alih-alih dalam mengirim surat melalui layanan pos, pesan dikirim secara elektronik melalui Email. Sebagian besar email Spam yang kita dapatkan menyatakan semua ‘kesepakatan’ tentang ini, dan itu adalah contoh pemasaran email yang paling buruk; rentetan email yang tidak ada artinya.

Misalnya ada seseorang di suatu tempat yang membeli daftar email dan mengirim email di sepanjang baris “Dapatkan (nama produk) hanya dengan Rp. Sekian! (jumlah) untuk semua orang dalam daftar mereka, kadang-kadang berulang kali. Semua ini biasanya mengganggu semua orang dan memberi pemasaran email yang buruk. Padahal yang terbaik yaitu Email Marketing atau Pemasaran Email ini memungkinkan perusahaan untuk memberi informasi kepada pelanggan mereka dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka dengan pelanggan mereka.

Tujuan Email Marketing

Kelompok pelanggan tertentu dapat ditargetkan atau bahkan perorangan. Menawarkan penawaran khusus setiap pelanggan pada barang dagangan atau layanan pada hari ulang tahun pelanggan, misalnya salah satu contoh personalisasi pemasaran email, sebuah restoran mungkin mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka menawarkan diskon 50% untuk hidangan utama. Email Marketing atau Pemasaran Email ini membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan.

Baca Juga :  Pengertian Engagement (Keterlibatan) dalam Media Sosial Lengkap

Praktik terbaik melakukan Email Marketing atau Pemasaran Email termasuk mengembangkan daftar email Anda sendiri daripada membeli daftar email dan membuat partisipasi dalam daftar email Anda yang memilih ikut serta daripada memilih keluar. Email juga harus dioptimalkan untuk penggunaan seluler karena menurut statistik lebih dari setengah email dibuka pada Smartphone (Perangkat Seluler).

Keuntungan Pemasaran Email

Ilustrasi Gambar Pengertian Email Marketing
Ilustrasi Gambar Keuntungan Email Marketing

Selain dari pengertian Email Marketing di atas, ada 2 (dua) keuntungan besar dari Email Marketing atau Pemasaran Email ini adalah harga dan kemudahan. Email adalah cara yang murah untuk mengiklankan perusahaan Anda dan produk atau layanannya dibandingkan dengan banyak jenis pemasaran lainnya. Ini juga sangat mudah untuk mengatur dan melacak kampanye pemasaran email, menjadikannya jenis pemasaran yang sangat mudah untuk diakses bisnis kecil.

Sebagai contoh, Postingan SN dapat dikirim ke daftar email yang Anda buat dari orang-orang yang memberikan informasi yang diperlukan di Website Anda. Misalnya, memberi pelanggan yang potensial ini berita terbaru tentang perusahaan Anda, acara mendatang atau penawaran khusus dan tentu saja, mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda ada dan mungkin sudah saatnya untuk melakukan kunjungan ulang lagi.

Tips Melakukan Email Marketing

Mengacu pada pengertian Email Marketing di atas. Caranya adalah dengan membuat daftar Anda sendiri. Ini telah disebutkan tetapi membeli daftar email adalah hanya membuang-buang waktu saja. Yang akan Anda lakukan dengan mengirim email yang tidak diminta adalah mematikan sebagian besar orang yang Anda harapkan berubah menjadi pelanggan dan berisiko dicap sebagai spammer.

Patuhi aturan UU CAM-SPAM. Aturan-aturan ini termasuk memiliki baris subjek yang tidak menipu, metode berhenti berlangganan, dan nama dan alamat Anda di akhir email. Jangan hanya mengirim iklan untuk dibeli setiap saat. Gunakan email Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dengan membagikan keahlian Anda atau keahlian orang lain, memberi mereka tips dan wawasan yang dapat mereka hargai.

Baca Juga :  Pengertian CTR (Click-Through Rate): Fungsi dan Cara Meningkatkannya

Bagikan informasi yang membuat mereka tahu lebih banyak tentang Anda atau perusahaan Anda jika itu menarik. Perlakukan daftar Email Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan email telah mempercayai Anda dengan email dan nama mereka, mereka layak Anda hormati. Sama seperti Anda layak mendapatkan kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar untuk merek Anda, orang-orang yang ingin berbicara tentang Anda dan membagikan pesan Anda dan terlibat dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Jika perlu buat dan tempel jadwal jika Anda melakukan buletin. Mengirim Email pada hari biasa secara teratur dapat membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Email Marketing atau Pemasaran Email dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi dalam belajat Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar