Digital Presence: Pengertian, Tujuan, Macam Elemen, Manfaat serta Bagaimana Tips dan Cara Meningkatkannya!

0
Gambar Dari Pengertian Digital Presence Apa Itu Kehadiran Digital Online Tujuan Jenis Dan Macam Elemen Manfaat Serta Bagaimana Tips Dan Cara Untuk Meningkatkannya
Gambar Dari Pengertian Digital Presence Apa Itu Kehadiran Digital Online Tujuan Jenis Dan Macam Elemen Manfaat Serta Bagaimana Tips Dan Cara Untuk Meningkatkannya

Memahami Pengertian Digital Presence, Apa itu Kehadiran Digital (Online)? Apa Tujuan, Macam Elemen, Manfaat serta Bagaimana Tips dan Cara untuk Meningkatkannya?!

Benar! Sama seperti di platform media sosial, orang-orang tidak akan mengikuti Anda jika Anda tidak menawarkan sesuatu yang unik.

Adapun salah satu cara terbaik untuk meningkatkan followers atau pengikut Anda adalah dengan memecahkan masalah mereka dan dengan memberikan informasi yang berguna.

Dengan cara ini, Anda dapat memenangkan kepercayaan mereka, dan kemudian mereka akan mulai mengikuti Anda, dan mereka juga akan mulai membeli dari Anda.

Kehadiran digital atau online presence bukan hanya tentang membuat situs web dan akun media sosial (baca pengertian media sosial disini) saja, konsepnya jauh melampaui hal tersebut.

Anda tentunya juga harus membuat poin-poin virtual dari bisnis Anda dengan memberikan informasi yang berguna di situs web dan halaman media sosial Anda.

Seiring dengan itu, Anda harus menyediakan jalur bagi audiens untuk berinteraksi dengan bisnis Anda.

Oke baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas terkait apa itu pengertian dan maksud dari online atau digital presence.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Digital Presence

Berarti kehadiran digital (dalam bahasa Indonesia), definisi digital presence adalah suatu istilah yang merujuk pada praktik bagaimana Anda menghadirkan sesuatu secara online, khususnya bisnis.

Seperti yang juga dijelaskan dari situs agensi pemasaran konten Brafton, ini semua adalah tentang bagaimana bisnis Anda muncul secara online.

Kehadiran web, khususnya digital presence Anda terdiri dari beberapa komponen berbeda dan dapat disimpulkan sebagai kesan yang dibuat merek Anda secara online melalui konten, situs web, mesin telusur, serta media dan platform (baca pengertian platform disini) digital lainnya.

Beberapa pengguna mungkin mencari produk atau layanan terkait dan akhirnya mengunjungi situs web Anda dan membaca blog Anda. Orang lain mungkin menjelajahi Facebook dan menemukan profil media sosial Anda atau iklan berbayar.

Apa itu Kehadiran Digital atau Online?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Kehadiran Digital Atau Online Serta Tujuan Dan Apa Saja Jenis Dan Macam Macam Elemen Penting Utama Digital Presence
Ilustrasi Gambar Apa Itu Kehadiran Digital Atau Online Serta Tujuan Dan Apa Saja Jenis Dan Macam Macam Elemen Penting Utama Digital Presence

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud kehadiran digital atau online itu?

Benar, seperti yang sudah Kami terangkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan online presence atau digital presence.

Kata “kehadiran digital” disini, secara sederhana hanya mengacu pada bagaimana bisnis Anda muncul secara online.

Betul! Hal itulah yang ditemukan orang saat mereka menelusuri bisnis atau perusahaan Anda di internet.

Kehadiran digital pastinya mencakup konten yang Anda kontrol, seperti situs web dan profil media sosial Anda, tetapi juga konten yang tidak Anda kontrol, seperti ulasan online.

Agar kalian dapat lebih mudah untuk memahami arti dan maknanya, pikirkan tentang semua yang Anda lakukan di internet atas nama bisnis Anda, yakni termasuk:

  • Website Anda, baik itu versi desktop dan seluler.
  • Semua situs media sosial, seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.
  • Lokasi kantor atau toko kalian, seperti Google Maps, Bing Maps.
  • Daftar direktori bisnis kalian.
  • Ulasan online seperti Google atau Yelp.
  • Serta seperti iklan digital (Google Ads atau Bing Ads).
Baca Juga :  Memahami Pengertian Kerning: Apa itu Kerning (Font)? Tujuan, Jenis, Cara Kerning dan Tips Melakukannya yang Baik dalam Typography!

Tujuan dari Kehadiran Online atau Digital Presence

Setelah kita mengetahui pengertian digital presence dan apa itu maksud dari kehadiran online, selanjutnya kita juga harus memahami apa sebenarnya tujuan dalam memanfaatkan dan menggunakannya.

Yup! Kehadiran digital Anda adalah wajah yang dihadirkan bisnis Anda ke dunia online dengan tujuan utama, khususnya terkait branding atau pencitraan dari sesuatu (bisnis, produk dan lain sebagainya).

Sementara dalam pemasaran tradisional, kehadiran itu mungkin merupakan etalase, sekarang biasanya situs web.

Situs web yang dirancang dengan baik dan ditulis dengan baik mungkin tampak seperti sebuah kotak untuk dicentang saat Anda membangun strategi pemasaran digital Anda.

Perlu kalian ketahui, hal itu benar-benar merupakan cara sebagian besar prospek Anda akan disambut di bisnis Anda untuk pertama kalinya, dan di mana mereka akan melakukan penelitian dan melakukan pembelian.

Sama seperti Anda tidak ingin membeli dari toko yang nampak berdebu, tidak terorganisir dengan baik, dan penerangan yang buruk, Anda dapat dengan mudah mematikan pelanggan potensial jika situs web dan kehadiran digital Anda secara keseluruhan tidak sesuai dengan tugas.

Macam-Macam Elemen Penting dalam Digital Presence dan Manfaatnya

Seperti yang telah Kami singgung di atas, terkait pengertian dan tujuan digital presence, saluran pemasaran digital sangat banyak dan terus berkembang akhir-akhir ini.

Ini artinya, bisnis, organisasi atau perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang komprehensif tentang bagaimana mereka akan mengembangkan, menerapkan, mengelola, dan menyempurnakan kehadiran digital mereka di seluruh saluran yang ada.

Berkenaan akan hal tersebut, di bawah ini adalah beberapa macam elemen-elemen penting beserta manfaatnya dalam digital presence.

a. Situs web

Jenis dan macam elemen penting yang pertama digital presence yaitu adalah situs web.

Ya! Website perusahaan Anda adalah inti dari kehadiran digital kalian.

Ketika calon pelanggan ingin mempelajari lebih lanjut tentang merek atau bisnis Anda, situs web Anda sering kali menjadi tempat pertama yang mereka tuju.

Dengan demikian, segala sesuatu mulai dari halaman “Tentang Kami” hingga halaman arahan untuk produk dan layanan perlu dioptimalkan dan disempurnakan.

Betul! Itu berarti branding yang konsisten, informasi yang bermanfaat, desain responsif, dan navigasi halaman yang disederhanakan semuanya penting untuk pengalaman pelanggan berkualitas tinggi.

Dengan menerapkan kualitas-kualitas ini semua, Anda pastinya dapat membantu membentuk citra merek Anda sebagai autentik dan bereputasi baik, memberikan dampak besar bagi pengguna online.

b. Media Sosial

Elemen penting berikutnya yaitu media sosial.

Kehadiran media sosial sangat penting untuk strategi pemasaran digital modern, dimana saluran sosial terutama berguna sebagai sarana untuk memanusiakan merek Anda dan meningkatkan kesadaran (awareness).

Setiap postingan yang Anda buat di Facebook atau Twitter adalah kesempatan untuk melibatkan pengikut dan bahkan pelanggan, serta memproyeksikan jenis identitas merek yang Anda tuju.

Memiliki kehadiran media sosial yang aktif dapat memungkinkan Anda untuk meningkatkan jejak digital Anda dengan berbagai cara lain, seperti memberikan layanan pelanggan yang dipersonalisasi dan membangun ingatan merek ketika Anda sedang tren atau menjadi viral.

c. Pencarian dan Iklan

Saat pelanggan mengunjungi situs web Anda, mereka sering melakukannya setelah menelusuri atau melakukan pencarian pada perusahaan Anda atau membuat kueri yang terkait dengan produk dan layanan Anda.

Bagaimana Anda muncul di halaman hasil mesin pencari atau Search Engine Result Page (SERP) menjadi faktor penting kehadiran web lainnya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Contactless Card: Apa itu Nirsentuh dan Contactless Payment? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Contohnya serta Apakah itu Aman?

Mereka dengan hasil teratas (baik untuk pencarian umum atau lokal) mendapatkan klik terbanyak, dan dengan demikian bisnis dan kepercayaan paling banyak.

Selain itu, iklan berbayar juga bisa membuat kehadiran online Anda di depan audiens target dan pelanggan potensial.

Iklan bayar per klik atau Pay Per Click (PPC), iklan bergambar, dan iklan sosial adalah alat yang berguna untuk meningkatkan kesadaran merek dan kehadiran atau digital presence.

d. Konten

Elemen penting dalam digital presence terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah konten.

Postingan web atau blog, e-book, jurnal, studi kasus, penjualan, lembar spesifikasi produk, dan lain sebagainya, itu semua adalah aset pemasaran konten yang penting untuk membangun kehadiran online.

Sebuah konten, dalam banyak hal, akan menjadi alat paling ampuh untuk mendefinisikan dan memperkuat keberadaan web Anda.

Konten berkualitas tinggi dapat membantu Anda meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk istilah-istilah kunci dan melibatkan prospek, memelihara prospek, dan membuat mereka memikirkannya.

Tips dan Cara Meningkatkan Digital Presence atau Kehadiran Online Bisnis Anda?

Ilustrasi Gambar Bagaimana Tips Dan Cara Meningkatkan Kehadiran Online Atau Digital Presence Dalam Membahas Pengertian Dan Maksudnya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Tips Dan Cara Meningkatkan Kehadiran Online Atau Digital Presence Dalam Membahas Pengertian Dan Maksudnya

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan digital presence bisnis Anda.

Oke, perlu Kami tekankan disini bahwa kehadiran digital atau online membutuhkan perhatian yang konstan.

Namun, memfokuskan waktu dan upaya Anda pada bidang peningkatan dapat membantu Anda memaksimalkan sumber daya dan membangun kehadiran digital yang bagus.

Di bawah ini adalah beberapa tips

  1. Jangan abaikan hal kecil; Banyak upaya akan dilakukan untuk mengoptimalkan situs web Anda, dan untuk alasan logis yang bagus. Tapi jangan biarkan hal kecil tersebut mengorbankan elemen lain dari kehadiran digital.
  2. Lakukan hal yang lebih; Meskipun penting untuk tidak melupakan hal-hal kecil, Anda juga harus berusaha untuk melakukan hal yang lebih dari yang minimal. Dalam hal pemasaran konten, misalnya, jangan berhenti di postingan blog biasa saja.
  1. Manfaatkan konten visual; Situs web Anda membutuhkan salinan kuat yang dioptimalkan untuk keyword (kata kunci) yang ingin Anda naikkan peringkatnya. Ya! Itu juga bisa mendapat manfaat dari konten visual yang diproduksi dengan baik yang membantu menyampaikan cita-cita brand atau merek, misi, dan pesan Anda kepada calon pelanggan di tingkat yang lebih dalam.
  2. Aktif di berbagai platform sosial; Berbicara tentang media sosial, bukan hanya Facebook, Twitter, dan Instagram saja yang Anda perlukan untuk aktif. Ada banyak platform lain yang dapat membantu Anda membangun kehadiran digital. Ini dapat dikatakan seperti “untung-untungan”, dimana kuncinya adalah menargetkan platform yang paling sering digunakan pelanggan Anda.
  1. Buat semuanya selalu dinamis; Kehadiran atau digital presence statis adalah resep untuk stagnasi merek. Namun, algoritma mesin pencari dan preferensi pelanggan kita dapat berubah setiap saat, sehingga merek Anda harus selalu mengikuti perkembangan digital yang relevan. Ini berarti memperhatikan tren User Experience (UX) dan perkembangan lain yang memengaruhi cara kehadiran digital Anda disampaikan dan disempurnakan.

Haruskan Usaha, UKM atau Bisnis Memanfaatkannya?

Jadi, haruskan sebuah usaha, UKM atau bisnis memanfaatkan teknologi dalam digital presence?

Menurut Kami pribadi, jawabannya sederhana saja, pastinya Anda harus memiliki kehadiran digital yang kuat karena pelanggan Anda sedang online, dan mereka beralih ke internet untuk menemukan solusi atas masalah mereka.

Saat orang menelusuri Anda secara online, mereka ingin mempelajari siapa, apa, di mana, kapan, dan mengapa, seperti:

  • Siapa; Siapa kamu? Siapa namamu? Apa yang membawa Anda ke tempat Anda hari ini? Apa ceritamu? Siapa yang bekerja untuk Anda? Apakah Anda waralaba atau milik keluarga?
  • Apa; Apa yang dilakukan bisnis Anda? Solusi apa yang Anda tawarkan? Apakah Anda menyediakan layanan atau produk?
  • Dimana; Di mana Anda berada? Apakah Anda memiliki lebih dari satu lokasi? Apa alamatnya? Apakah Anda terutama berbasis online atau berada di wilayah geografis?
  • Kapan; Kapan Anda buka? Apakah Anda tutup pada hari libur? Apakah Anda tersedia 24/7, atau Anda musiman?
  • Mengapa; Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan? Mengapa penting bagi Anda? Mengapa itu penting bagi audiens Anda?
Baca Juga :  Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

Benar! Kehadiran online atau digital presence yang kuat dan positif akan menjawab semua pertanyaan ini dengan jelas dan mudah.

Namun, Anda juga dapat memanfaatkan kehadiran digital Anda dan menggunakannya untuk menghasilkan lebih banyak conversion (baca pengertian conversion disini).

Kesimpulan

Baik, di atas merupakan pembahasan detail terkait Pengertian Digital Presence, Apa itu Kehadiran Digital (Online)? Apa Tujuan, Macam Elemen, Manfaat serta Bagaimana Tips dan Cara untuk Meningkatkannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa secara keseluruhan arti kehadiran online atau digital presence adalah cara bagaimana bisnis Anda terlihat di platform digital.

Ini semua berupa informasi dan detail yang ditemukan orang saat mencari bisnis Anda secara online, serta mencakup aspek terkendali dan tidak terkendali tentang bisnis Anda di internet.

Salah satu bagiannya yaitu seperti konten yang dapat dikontrol, yakni situs web bisnis Anda, profil media sosial, dan blog di situs web lain atau konten yang tidak dapat dikontrol (ulasan, peringkat, dan umpan balik pelanggan).

Betul! Anda dapat dengan mudah menandai kehadiran digital Anda menggunakan strategi konten dan sumber daya online yang ada sekarang ini.

Jika kalian memerlukan jasa terkait digital presence, kalian dapat mencoba jasa personal branding atau menghubungi agensi digital marketing RM Digital Kami.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Digital Presence, Apa itu Kehadiran Digital (Online)? Apa Tujuan, Macam Elemen, Manfaat serta Bagaimana Tips dan Cara untuk Meningkatkannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar