7+ Istilah dalam System (Sistem) yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam System Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam System Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu System?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam System (Sistem), kita harus mengetahui apa itu System (Sistem) terlebih dahulu. System (Sistem) adalah cara untuk bekerja, mengorganisir, atau melakukan sesuatu yang mengikuti rencana tetap atau serangkaian aturan. Anda dapat menggunakan sistem untuk merujuk ke organisasi atau lembaga yang diatur dengan cara ini. System (Sistem) adalah seperangkat perangkat yang ditenagai oleh listrik, misalnya komputer atau alarm. Sebuah System (Sistem) adalah seperangkat peralatan atau bagian seperti pipa air atau kabel listrik, yang digunakan untuk memasok air, panas, atau listrik.

Dalam Rekayasa Sistem, System (Sistem) adalah sekelompok orang dan artefak (mesin, perangkat lunak, perangkat keras, proses, dan lain sebagainya) yang bertindak sebagai unit, dengan tujuan bersama dan mampu mencapai tujuan tertentu. Sistem Sistem adalah kombinasi Sistem (biasanya sistem warisan, tetapi tidak hanya), menciptakan unit yang lebih besar, yang mampu mencapai tujuan yang tidak dapat dilakukan oleh sistem tunggal (dan yang tidak dirancang).

Untuk lebih jelas dalam memahami System (Sistem), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam System (Sistem).

7 Istilah dalam System (Sistem) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam System Atau Sistem Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam System Atau Sistem Yang Harus Anda Ketahui

1. Caching

Caching adalah apa yang terjadi ketika browser web menyimpan aset situs web berulang seperti gambar dan gaya font dan sehingga situs web akan memuat lebih cepat pada kunjungan berulang dari pengguna yang sama. Dengan caching, browser Anda tidak harus menemukan kembali roda setiap kali situs diminta.

Baca Juga :  Pengertian Smartphone: OS Smartphone, Fitur dan Jenisnya Lengkap

2. Cloud computing

Cloud computing adalah praktik di mana data tidak disimpan secara lokal di komputer Anda sendiri, tetapi tersebar di antara sejumlah server jarak jauh yang dapat diakses melalui internet. Layanan seperti Google Docs, Facebook, dan Gmail adalah contoh komputasi awan Anda berinteraksi dengan data di komputer di rumah yang disimpan secara eksternal di “cloud”.

3. Firewall

Firewall adalah sistem yang dirancang untuk melindungi dan mengamankan jaringan komputer mulai dari layanan web komersial hingga jaringan WiFi di rumah Anda dari risiko keamanan eksternal. Firewall memantau lalu lintas jaringan masuk dan keluar dan menentukan apakah akan mengizinkan lalu lintas berdasarkan pada seperangkat standar keamanan yang ditentukan pengguna.

4. Router

Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi ke internet melalui penyedia layanan seperti kabel atau DSL. Perangkat yang terhubung langsung dengan komputer Anda melalui kabel ethernet atau yang Anda gunakan untuk mengakses jaringan WiFi di rumah adalah router.

5. Uptime dan Downtime

Uptime dan downtime menggambarkan berapa lama sebuah situs web, komputer, atau sistem lain telah berfungsi (uptime) atau tidak berfungsi (downtime).

6. Virtual Machine (VM) atau Mesin Virtual

Mesin virtual adalah perangkat lunak yang memungkinkan untuk menggunakan satu sistem operasi komputer (seperti Windows 10) pada komputer yang menjalankan sistem lain (seperti MacBook Pro). Contohnya termasuk Virtual Box, Parallels, dan VM Ware.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah jaringan yang memungkinkan koneksi internet publik digunakan sebagai jaringan pribadi sebagai cara meningkatkan keamanan. Ketika Anda menggunakan jaringan WiFi publik, misalnya, perangkat dan data Anda secara teoritis dapat diakses oleh semua orang di jaringan. Saat menggunakan VPN, Anda masih dapat mengakses internet melalui jaringan publik, tetapi dilindungi oleh VPN. VPN dapat diatur melalui beberapa browser web (seperti Opera), atau dapat diakses melalui layanan bulanan berbayar.

Baca Juga :  Pengertian Smart Home: Perkembangan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Kesimpulan

Jadi, System (Sistem) adalah sekelompok item yang saling tergantung yang berinteraksi secara teratur untuk melakukan tugas. System (Sistem) adalah Prosedur yang ditetapkan atau diorganisir.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam System (Sistem) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar