Apa Itu Uptime dan Downtime (Server)? Ini Pengertian dan Perbedaannya

0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Uptime Dan Downtime Pengertian Uptime Dan Downtime
Ilustrasi Gambar Apa Itu Uptime Dan Downtime Pengertian Uptime Dan Downtime

Downtime dan Uptime adalah istilah industri komputer untuk waktu di mana komputer beroperasi. Waktu henti adalah saat tidak operasional. Uptime kadang-kadang diukur dalam persentil. Sebagai contoh, satu standar untuk uptime yang kadang-kadang dibahas adalah tujuan yang disebut seperti “Five 9s” yaitu, komputer yang beroperasi 99,999 persen dari waktunya.

Apa Itu Uptime dan Downtime?

Membahas mengenai Uptime vs Downtime, sebelumnya Anda sering melihat bahwa penyedia hosting situs web menyebutkan uptime 99,9%. Ini berarti bahwa situs Anda online tanpa menjadi offline. Ini kami sebut sebagai Uptime.

Downtime adalah jumlah waktu situs web Anda offline. Ini berarti situs Anda offline dan jika situs Anda offline, Anda dapat kehilangan peringkat atau banyak hal lainnya. Uptime memiliki perbedaan dan disebutkan seperti:

99,0%, 99,9%, 99,99% dan 100%

Sebagian besar perusahaan menyebutkan 99,9% uptime. Ini berarti situs tersebut memiliki waktu henti 1,44 menit per hari. Pastikan Anda memiliki Downtime yang lebih sedikit untuk menjaga visibilitas situs Anda lebih banyak.

Beberapa bahkan menawarkan 99,99%. Di sana situs tersebut memiliki waktu henti 8,66 detik per hari. Sekarang penyedia layanan Cloud Hosting mengatakan bahwa mereka dapat memberikan uptime 100%. Ini dimungkinkan dengan mengakses berbagai server secara virtual. Ingat, server downtime adalah sesuatu yang tidak dapat Anda cegah karena ada beberapa masalah pemeliharaan yang menyebabkan downtime karena uptime server tempat situs Anda dihosting tergantung pada tindakan penyedia hosting Anda.

Pengertian Uptime (Waktu Aktif)

Uptime adalah jumlah waktu yang digunakan server untuk menjalankan dan menjalankannya. Ini biasanya terdaftar sebagai persentase, seperti “waktu aktif 99,9%.” Uptime adalah ukuran yang bagus tentang seberapa baik penyedia hosting Web menjaga sistem mereka dan berjalan. Jika penyedia hosting memiliki persentase waktu aktif yang tinggi, maka itu berarti server mereka tetap aktif dan berjalan sehingga setiap situs yang Anda host-kan harus tetap terjaga dan berjalan juga.

Baca Juga :  Pengertian P2V (Physical To Virtual): Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Downtime (Waktu Henti)

Downtime adalah periode atau waktu ketika server tidak tersedia atau offline. Downtime juga disebut durasi pemadaman adalah periode waktu ketika sistem gagal menyediakan atau mencapai fungsi utamanya. Selama downtime, Website yang dihosting di server tertentu tidak akan tersedia dan offline. Ini dapat sedikit berbeda tergantung pada konteks, karena ini telah digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Perbedaan Uptime dan Downtime

Uptime atau Waktu Aktif dapat merujuk pada waktu server terakhir muncul, berapa lama server telah dinyalakan, atau dalam kasus yang kurang umum, seberapa banyak (%) waktu telah habis.

Sedangkan Downtime atau Waktu Henti lebih sering merujuk pada % dari waktu layanan telah dimatikan. Misalnya, tidak lebih dari 2 jam per bulan yang tercantum dalam Perjanjian Tingkat Layanan (SLA). Ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan layanan akan turun untuk pemeliharaan, meskipun baru-baru ini biasanya disebut pemadaman terencana maupun tidak terencana.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Uptime dan Downtime, Apa itu Uptime dan Downtime dan penjelasannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar