Wireless Network: Apa itu Jaringan Nirkabel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis Koneksi, Macam, Perbedaan dengan Wired!

0
Gambar Dari Pengertian Wireless Network Apa Itu Jaringan Nirkabel Sejarah Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Koneksi Macam Komponen Serta Cara Deploy Dan Perbedaan Wireless Networks Dengan Wired
Gambar Dari Pengertian Wireless Network Apa Itu Jaringan Nirkabel Sejarah Tujuan Dan Fungsi Manfaat Jenis Koneksi Macam Komponen Serta Cara Deploy Dan Perbedaan Wireless Networks Dengan Wired

Mengenal Pengertian Wireless Network, Apa itu Jaringan Nirkabel? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Koneksi, Macam dan Perbedaannya dengan Wired.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa jaringan wireless (tanpa kabel) merupakan salah satu teknologi paling populer dan paling cepat berkembang di pasaran saat ini.

Yup! Mulai dari jaringan rumah hingga jaringan tingkat perusahaan, orang-orang ingin sekali memanfaatkan kebebasan dan kenyamanan yang dijanjikan oleh teknologi nirkabel.

Namun, meskipun jaringan nirkabel terbilang nyaman, itu tidak selalu diterapkan dengan aman.

Jaringan wireless yang tidak aman juga seringkali ditemukan, baik itu pada jaringan rumahan ataupun di perusahaan besar.

Karena penerapan yang tidak aman ini, para ahli networking sering kali dipanggil untuk menentukan seperti apa postur keamanan jaringan nirkabel organisasi, atau untuk memverifikasi bahwa perusahaan telah menyebarkan jaringan nirkabelnya dengan cara yang aman.

Baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian wireless network atau jaringan nirkabel ini.

Oke, langsung saja, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Wireless Network

Berarti jaringan nirkabel (tanpa kabel) dalam bahasa Indonesia, wireless network adalah jaringan komputer yang tidak terhubung dengan kabel yang pada umumnya menggunakan gelombang radio untuk komunikasi antar node jaringan.

Berdasarkan sumber dari Situs Cisco, mereka juga menjelaskan bahwa jaringan nirkabel atau wireless network ini memungkinkan perangkat untuk tetap terhubung ke jaringan tetapi menjelajah tanpa terikat ke kabel apa pun.

Konsepnya yaitu dengan Access Point (AP) atau titik akses yang memperkuat sinyal Wi-Fi, sehingga perangkat dapat berada jauh dari router tetapi masih terhubung ke jaringan.

Terkait contohnya sendiri, adapun saat Anda tersambung ke hotspot Wi-Fi di kafe, hotel, ruang tunggu bandara, atau tempat umum lainnya, maka Anda tersambung ke jaringan nirkabel bisnis tersebut.

Apa itu Jaringan Nirkabel?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Jaringan Nirkabel Sejarah Serta Tujuan Fungsi Dan Manfaat Wireless Networks
Ilustrasi Gambar Apa Itu Jaringan Nirkabel Sejarah Serta Tujuan Fungsi Dan Manfaat Wireless Networks

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan jaringan nirkabel?

Ya, seperti yang sudah Kemi terangkan di atas, adapun istilah jaringan nirkabel ini, mereka lebih dikenal dengan sebutan wireless network secara global.

Jaringan nirkabel adalah sesuatu yang mengacu pada jaringan komputer yang menggunakan koneksi frekuensi atau Radio Frequency (RF) antar node dalam jaringan.

Wireless network adalah solusi populer untuk rumah, bisnis, dan jaringan telekomunikasi.

Memang, bagi Kami pribadi, adalah merupakan hal yang umum bagi setiap orang untuk bertanya-tanya apa itu jaringan nirkabel (wireless network).

Hal ini karena, meskipun network atau jaringan itu ada hampir di mana pun orang tinggal dan bekerja, cara mereka bekerja sering kali menjadi misteri.

Well, serupa dengan itu, orang sering berasumsi bahwa semua wireless network atau jaringan nirkabel adalah Wi-Fi atau hotspot (baca pengertian hotspot disini), dan banyak yang akan terkejut menemukan bahwa keduanya tidaklah sama.

Persamaannya memang, keduanya menggunakan frekuensi radio, tetapi ada banyak jenis jaringan nirkabel di berbagai teknologi (Bluetooth, ZigBee, LTE, 5G).

Sedangkan hotspot atau Wi-Fi misalnya, yang hanya dikhususkan untuk protokol nirkabel yang ditentukan oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) dalam spesifikasi 802.11 dan amandemennya.

Sejarah Jaringan Nirkabel atau Wireless Networks

Agar dapat lebih memahami terkait pengertian apa itu wireless network, maka tentunya kita juga harus mengetahui sedikit tentang sejarah awalnya.

Teknologi jaringan nirkabel, ini dimulai pada tahun 1970, dimana Universitas di Hawaii mengembangkan wireless network pertama untuk mengkomunikasikan data secara nirkabel di antara kepulauan Hawaii.

Namun, baru pada tahun 1991 Institute of Electrical and Electronics Engineers mulai membahas standarisasi teknologi WLAN.

Kemudian, pada tahun 1997, IEEE meratifikasi standar asli 802.11, dimana istilah teknologi “802.11” mengacu pada Wi-Fi.

Pada tahun 1999 nirkabel diperkenalkan ke masyarakat umum sebagai sesuatu yang terbilang bagus untuk dimiliki, dengan ratifikasi 802.11 a dan b.

Standar ini memiliki kecepatan yang terbilang sangat rendah, dimana masing-masingnya hingga 54 Mbps dan 11Mbps.

Hal tersebut bukanlah sebuah masalah pada saat itu, terlebih karena tidak ada ponsel genggam yang menggunakan Wi-Fi dan hanya ada beberapa masyarakat yang menggunakan laptop.

Namun, pada tahun 2003, beberapa perangkat mobile (seluler) yang menggunakan Wi-Fi telah keluar dan laptop portabel menjadi lebih standar untuk penggunaan bisnis dan pribadi.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

Benar! Saat itulah standar 802.11g diratifikasi, dan lalu menghadirkan hingga 54 Mbps dalam ruang 2,4 GHz.

Ketika kita mengingat kembali di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2007, lahirnya smartphone benar-benar muncul dan bersamaan dengan itu datanglah ratifikasi 802.11n.

Standard atau standar yang menghasilkan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat hingga 450 Mbps untuk Wi-Fi dan mendukung perangkat 2,4 Ghz dan 5 Ghz.

Yup! Saat ini, terutama di tahun 2021 sekarang, perangkat pintar atau smart device sudah cukup kuat untuk menggantikan teknologi laptop khusus yang lebih mahal sehingga jaringan nirkabel atau wireless network ini pun juga terus dikembangkan.

Tujuan dan Fungsi Wireless Network

Setelah kita mengetahui apa itu arti wireless network beserta sejarahnya di atas, selanjutnya kita juga harus memahami terkait tujuan dan fungsinya.

Well, seperti yang sudah Kami terangkan di atas, teknologi jaringan nirkabel, terkait tujuan utamanya sendiri, mereka memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan, bahkan saat roaming di dalam jangkauan lingkup jaringan.

Ya! Semua bidang dan kalangan tentunya juga dapat merasakan banyak manfaat dari jaringan nirkabel dengan fungsinya untuk dapat terhubung tanpa kabel itu.

Komputer, mereka menggunakan komunikasi radio untuk mengirim data antara satu sama lain.

Ya, dengan itu Anda dapat berkomunikasi langsung dengan komputer lain secara nirkabel, atau menyambung ke jaringan yang ada melalui Access Point (AP) wireless.

Seringkali, saat Anda mengatur adaptor nirkabel Anda, Anda dapat memilih mode operasi untuk jenis jaringan nirkabel yang Anda inginkan.

Betul Anda juga dapat menggunakan berbagai macam perangkat keras atau hardware (baca pengertian hardware disini) seperti Intel® PRO misalnya, adaptor nirkabel bawaan untuk menghubungkan ke perangkat nirkabel serupa lainnya yang sesuai dengan standar 802.11 untuk wireless network.

Manfaat Menggunakan Jaringan Nirkabel (Wireless Networks)

Dalam membahas tentang arti jaringan nirkabel atau wireless network ini, adalah merupakan hal penting bagi Kami untuk juga menjelaskan beberapa manfaat, kelebihan dan keuntungan dalam menggunakannya secara khusus.

Oke langsung saja, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan dengan menggunakan wireless network:

  • Akses; Untuk mengakses sumber daya jaringan Anda dari lokasi mana pun dalam area jangkauan jaringan nirkabel Anda atau dari hotspot Wi-Fi mana pun.
  • Mobilitas; Anda tidak terikat di suatu tempat, karena Anda menggunakan koneksi kabel. Sebagai contoh misalnya Anda dan karyawan Anda dapat online dan terhubung ke dalam jaringan dalam rapat ruang konferensi dan lain sebagainya.
  • Produktivitas; Akses nirkabel ke internet dan aplikasi serta sumber daya utama organisasi dan perusahaan Anda membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dan mendorong kolaborasi.
  • Ringkas; Wireless network memiliki fungsi yang terbilang ringkas, dimana Anda tidak perlu merangkai kabel, jadi pemasangan bisa cepat dan hemat biaya.
  • Perluasan; Anda dapat dengan mudah memperluas jaringan nirkabel dengan peralatan yang ada, sedangkan jaringan kabel mungkin memerlukan kabel tambahan.
  • Keamanan; Kemajuan dan perkembangan dalam jaringan nirkabel memberikan perlindungan keamanan yang lebih kuat di setiap perubahannya.
  • Hemat biaya; Karena jaringan nirkabel menghilangkan atau mengurangi biaya pemasangan kabel, biaya pengoperasiannya pun bisa lebih murah daripada jaringan kabel.

Jenis-Jenis Koneksi Wireless Network

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Koneksi Wireless Network Dan Macam Komponen Serta Cara Deploy Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Koneksi Wireless Network Dan Macam Komponen Serta Cara Deploy Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Setelah kalian memahami tentang apa itu pengertian jaringan nirkabel, sejarah, tujuan dan fungsi serta manfaat wireless network, selanjutnya dalam subbagian ini Kami juga akan menguraikan tentang apa saja jenis dan tipenya.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa jenis-jenis tipe jaringan komputer ini sudah sering Kami bahas, untuk itu kalian dapat melakukan pencarian di website Kami dengan mengetikkan kata “jaringan atau networking” pada pencariannya.

Oke, selain LAN yang sering kita dengan, ada beberapa jenis jaringan nirkabel umum lainnya seperti MAN, WAN atau PAN, dimana mereka juga merupakan tipe daripada wireless network.

Di bawah ini akan Kami jelaskan secara lebih lanjut berkenaan dengan jenis-jenis jaringan nirkabel atau wireless network.

a. LAN

Jenis wireless network yaitu jaringan area lokal atau Local Area Network (LAN).

LAN adalah jaringan komputer yang ada di satu situs, seperti gedung kantor misalnya.

Local Area Network atau LAN dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai komponen di dalamnya, seperti komputer, printer, dan perangkat penyimpanan data dan mereka sendiri terdiri dari komponen seperti switch, AP (Access Point), router, firewall, dan kabel Ethernet untuk mengikat semuanya.

Wi-Fi adalah salah satu macam dari wireless LAN yang paling umum dikenal.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Peta Situs (Sitemap): Apa itu File Sitemap.xml (URL)? Sejarah, Jenis dan Macam, Manfaat serta Kenapa itu Penting untuk Website?

b. PAN

Berikutnya ada jaringan area pribadi atau Private Area Network (PAN) yang terdiri dari jaringan yang terpusat di sekitar perangkat satu orang di satu lokasi.

PAN dapat memiliki komputer, telepon, konsol video game, atau perangkat periferal lainnya.

Mereka biasa terjadi di dalam rumah dan gedung perkantoran kecil, dimana Bluetooth adalah jenis macam daripada wireless PAN yang paling umum dikenal.

c. MAN

Jaringan area metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang menjangkau seluruh kota, area geografis kecil, atau organisasi, kampus bisnis atau perguruan tinggi.

Yup Salah satu fitur yang membedakan MAN dari LAN adalah ukurannya, dimana LAN biasanya terdiri dari bangunan atau area tersendiri.

Sebuah jaringan MAN dapat mencakup beberapa mil persegi, tergantung pada kebutuhan organisasi yang menggunakannya.

Sebagai contoh misalnya seperti perusahaan besar, mereka dapat menggunakan jaringan wireless MAN jika mereka memiliki kampus yang luas dan perlu mengelola komponen utama, seperti Heating, Ventilation, and Air Conditioning (HVAC) dan sistem kelistrikan.

d. WAN

Jenis wireless network terakhir yaitu adalah jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN), dimana jaringan tipe ini mencakup area yang sangat luas, seperti seluruh kota, negara bagian, atau negara.

Well, faktanya, internet sendiri itulah yang merupakan WAN. Seperti internet, WAN dapat berisi jaringan yang lebih kecil, termasuk LAN atau MAN.

Celular network atau layanan seluler adalah wireless WAN yang paling umum dikenal.

Macam Komponen serta Cara Deploy Wireless Networks

Kemudian, apa saja macam komponen serta bagaimana cara deploy (baca apa itu pengertian deploy disini) atau penerapan wireless networks sendiri?

Adapun beberapa komponen yang membentuk sebuah rangkaian atau topologi jaringan nirkabel (wireless network) yaitu sebagai berikut:

  • Client (klien); Apa yang cenderung kita anggap sebagai perangkat pengguna akhir atau end user dan biasanya disebut sebagai klien.
  • Access Point (AP): Titik akses, access point atau yang sering disebut dengan P saja oleh para teknisi jaringan ini terdiri dari Wi-Fi yang mengiklankan nama jaringan (dikenal sebagai Service Set Identifier atau SSID).

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa komponen-komponen jaringan nirkabel atau wireless network di atas sangat berkaitan dengan perangkat jaringan komputer (selengkapnya tentang perangkat jaringan komputer disini).

Lalu, bagaimana cara deploy atau menerapkannya?

Untuk membuat wireless network (jaringan nirkabel), Anda dapat memilih di antara 3 (tiga) jenis penerapan sebagai berikut:

  1. Penerapan terpusat atau centralized deployment; Ini merupakan jenis yang paling umum dari sistem jaringan nirkabel, penyebaran terpusat secara tradisional digunakan di kampus-kampus yang gedung dan jaringannya berdekatan. Penyebaran atau penerapan ini menggabungkan jaringan nirkabel, yang membuat peningkatan lebih mudah dan memfasilitasi fungsionalitas nirkabel tingkat lanjut. Pengontrol berbasis di tempat dan dipasang di lokasi terpusat.
  2. Penerapan terpadu atau converged deployment; Untuk kampus kecil atau kantor cabang, penerapan konvergensi menawarkan konsistensi dalam koneksi nirkabel maupun wired (dengan kabel). Penerapan ini menyatukan kabel dan nirkabel pada satu perangkat jaringan.
  3. Deployment atau penerapan berbasis cloud; Sistem ini menggunakan cloud untuk mengelola perangkat jaringan yang digunakan secara lokal di lokasi yang berbeda.

Contoh Jaringan Nirkabel (Wireless)

Berdasarkan pembahasan wireless network di atas, sekarang kita semua sudah mengerti bahwa jaringan nirkabel memungkinkan perangkat dengan kemampuan nirkabel untuk menggunakan sumber informasi (baca pengertian informasi disini) tanpa terhubung secara fisik ke jaringan.

Sebelum menyebutkan tentang beberapa contohnya, sebelumnya Kami akan menyinggung terkait security atau keamaan dari jaringan wireless network ini, dimana beberapa tujuan keamanan umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Kontrol akses; Seperti membatasi hak perangkat atau individu untuk mengakses jaringan atau sumber daya dalam jaringannya.
  2. Kerahasiaan; Memastikan pihak yang tidak berwenang tidak dapat membaca komunikasinya.
  3. Integritas; Untuk mendeteksi perubahan yang disengaja atau tidak disengaja pada data yang terjadi pada saat transit.
  4. Ketersediaan; Seperti memastikan perangkat dan individu dapat mengakses jaringan dan sumber dayanya kapan pun diperlukan.

Terkait tujuan keamanannya di atas, perlu untuk diketahui bawha pada dasarnya jaringan nirkabel ini dibuat berdasarkan kebutuhan dari penggunanya, dimana contoh wireless network tersebut adalah seperti:

  • Mobile phone networks atau jaringan telepon seluler untuk penggunaan masyarakat umum.
  • Jaringan sensor nirkabel (wireless sensor networks) untuk peneggunaan perangkat khusus.
  • Jaringan satellite communication networks dalam penggunaan yang luas.
  • Terrestrial microwave networks yang kegunaannya kurang lebih berkenaan seperti jaringan satelit.

Perbedaan Wireless Network dengan Wired (Koneksi Kabel)

Gambar Perbedaan Jaringan Nirkabel Atau Wireless Networks Dengan Wired Berkabel
Gambar Perbedaan Jaringan Nirkabel Atau Wireless Networks Dengan Wired Berkabel

Oke, selain penjelasan artinya di atas, sekarang, apa yang membedakan jaringan nirkabel atau wireless network ini dengan wired (dengan menggunakan kabel)?

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Contactless Card: Apa itu Nirsentuh dan Contactless Payment? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Contohnya serta Apakah itu Aman?

Ya, khusus bagi kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya apa perbedaannya secara teknis, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskannya.

Well, yang paling jelas, wireless network (jaringan nirkabel) ini membuat perangkat tetap terhubung ke jaringan sambil tetap memungkinkan mereka bebas bergerak, dengan artian tidak terbebani oleh kabel.

Jaringan kabel atau wired network, di sisi lain, menggunakan kabel yang menghubungkan perangkat ke jaringan.

Perangkat ini sering kali berupa komputer desktop atau laptop, tetapi juga dapat menyertakan scanner (pemindai) dan mesin kasir tempat penjualan.

Memang, ada perbedaan teknologi yang lebih halus yang berperan antara wireless (nirkabel) dengan wired (berkabel).

Dalam jaringan Wi-Fi, medium (frekuensi radio yang digunakan untuk jaringan) adalah sumber daya bersama, tidak hanya untuk pengguna jaringan, tetapi seringkali juga untuk teknologi lain.

Wi-Fi beroperasi dalam sesuatu yang disebut “shared” band (pita), di mana banyak perangkat elektronik yang berbeda disetujui untuk dapat beroperasi

Ini memiliki beberapa implikasi, seperti bahwa mereka tidak seperti semua pengguna yang berbagi ruang yang sama harus bergiliran untuk melakukan transfer data atau seperti semua orang dapat mendengar semua traffic (lalu lintas) yang sedang berlangsung.

Tentu saja, hal tersebut telah memaksa jaringan nirkabel untuk menerapkan berbagai langkah security (keamanan) selama bertahun-tahun untuk melindungi kerahasiaan informasi yang disampaikan secara nirkabel.

Untuk jaringan wired (berkabel) sendiri, perlu kalian ketahui bahwa sebagian besar jaringan kabel modern sekarang ini adalah “full-duplex”, yang artinya mereka sudah dapat mengirimkan atau menerima paket di ke-2 (dua) arah secara bersamaan.

Selain itu, sebagian besar wireless network juga bisa memiliki kabel khusus yang berjalan ke setiap perangkat pengguna akhir atau end user (baca juga apa itu pengertian end user disini).

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Wireless Network, Apa itu Jaringan Nirkabel? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Koneksi, Macam dan Perbedaannya dengan Wired di atas, dapat kita simpulkan bahwa jaringan nirkabel atau wireles networks adalah jaringan yang diatur dengan menggunakan frekuensi sinyal radio untuk berkomunikasi antar komputer dan perangkat jaringan lainnya.

Benar! Mereka terkadang juga disebut sebagai jaringan Wi-Fi atau WLAN.

Jaringan ini semakin populer saat ini karena fitur pengaturan yang mudah dan tidak ada kabel yang terlibat.

Anda dapat menghubungkan komputer di mana saja di rumah Anda tanpa perlu kabel seperti wired.

Jaringan nirkabel menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat seperti laptop ke internet, jaringan bisnis, dan aplikasi.

Saat laptop terhubung ke hotspot Wi-Fi di tempat umum, maka sebuah connection (koneksi) telah dibuat ke jaringan nirkabel bisnis itu.

Jaringan nirkabel telah menjadi bagian penting dari komunikasi di abad terakhir, dimana terkait sejarahnya sendiri, pengadopsi awal teknologi nirkabel terutama adalah militer, layanan darurat, dan organisasi penegakan hukum.

Sebagai contoh misalnya seperti yang kalian lihat dalam adegan dari film perang dunia II, dimana mereka menayangkan tentara yang dilengkapi peralatan komunikasi nirkabel dibawa dalam ransel dan kendaraan.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Wireless Network, Apa itu Jaringan Nirkabel? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis Koneksi, Macam dan Perbedaannya dengan Wired.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, komputer dan jaringan.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar