Memahami Pengertian WAP: Fungsi, Cara Kerja, Komponen, Kelebihan dan Kekurangan serta Perbedaannya dengan WEB!

0
Gambar Pengertian WAP Apa Itu Wireless Application Protocol Fungsi Komponen Bagian Utama WAP Kelebihan Dan Kekurangannya Serta Perbedaannya Dengan WEB
Gambar Pengertian WAP Apa Itu Wireless Application Protocol Fungsi Komponen Bagian Utama WAP Kelebihan Dan Kekurangannya Serta Perbedaannya Dengan WEB

Tahukah Kalian Pengertian WAP, Apa itu? Fungsi, Komponen Utama, Kelebihan dan Kekurangannya serta Perbedaannya dengan Web? Ya, Wireless Application Protocol yang disingkat dengan WAP merupakan spesifikasi untuk seperangkat protokol komunikasi untuk menstandarisasi cara perangkat nirkabel, seperti telepon seluler dan pemancar radio, dapat digunakan untuk akses Internet, termasuk E-Mail, World Wide Web, Newsgroups, dan Pengolah Pesan atau Chatting dan lain sebagainya.

Sementara akses Internet telah dimungkinkan di masa lalu, berbagai produsen telah menggunakan Teknologi yang berbeda. Di masa depan, perangkat dan sistem layanan yang menggunakan WAP akan dapat beroperasi. Benar! Dalam postingan ini, Kami akan membahas mengenai Apa itu WAP secara detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian WAP

Wireless Application Protocol atau WAP adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk akses Data nirkabel melalui sebagian besar jaringan nirkabel seluler. WAP meningkatkan interoperabilitas spesifikasi nirkabel dan memfasilitasi konektivitas instan antara perangkat nirkabel interaktif (seperti Ponsel) dan Internet berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Apa itu Wireless Application Protocol?

Ilustrasi Gambar WAP Dalam Pembahasan Pengertian WAP
Ilustrasi Gambar WAP Dalam Pembahasan Pengertian WAP

Wireless Application Protocol adalah spesifikasi aman yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara instan melalui perangkat nirkabel genggam seperti Ponsel, Pager, Radio dua arah, Smartphone, dan Komunikator.

WAP mendukung sebagian besar jaringan nirkabel. Ini termasuk CDPD, CDMA, GSM, PDC, PHS, TDMA, FLEX, ReFLEX, iDEN, TETRA, DECT, DataTAC, dan Mobitex.

WAP yang menggunakan tampilan dan mengakses Internet menjalankan apa yang disebut Microbrowser dari Browser dengan ukuran File kecil yang dapat mengakomodasi kendala Memori rendah dari perangkat genggam dan kendala Bandwidth rendah dari jaringan genggam nirkabel.

Fungsi WAP

Berdasarkan Penjelasan Pengertian WAP di atas, adapun Fungsi WAP yaitu mereka digunakan untuk mengaktifkan akses internet di Ponsel atau PDA dan lainnya yang sejenis. WAP adalah standar internasional untuk perangkat yang menggunakan komunikasi nirkabel. Saat ini Internet telah menguasai dalam kehidupan kita sehingga menjadi sulit untuk hidup tanpa Internet bahkan untuk sementara waktu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Southbridge, Sejarah dan Fungsinya pada Motherboard

Walaupun kita tidak dapat memiliki akses ke Komputer kita setiap saat untuk terhubung ke Internet, seperti ketika kita sedang bepergian atau berada di luar kota untuk sementara waktu dan kami ingin memeriksa E-Mail atau ingin membuat reservasi penerbangan secara online atau mengobrol dengan rekanan atau teman. Dalam situasi seperti ini, WAP pun berguna. Yang harus kita lakukan adalah membawa Ponsel atau PDA yang diaktifkan WAP.

Cara Kerja WAP

Gambar Bagaimana Cara Kerja WAP Dalam Pembahasan Apa Itu Pengertian WAP
Gambar Bagaimana Cara Kerja WAP Dalam Pembahasan Apa Itu Pengertian WAP

Terkait pembahasan Pengertian WAP dan Fungsinya di atas, dalam Cara Kerja WAP, Dokumen yang berada pada Web Server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML, khusus ditampilkan melalui Browser dari perangkat WAP, sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui Web Browser. Sebelum dibaca melalui Browser, WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh Gateway supaya dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.

Saat ponsel ingin meminta sebuah Informasi yang ada di Server, ponsel ini harus melewati WAP Gateway terlebih dahulu. Begitu juga sebaliknya. Proses pengiriman Informasi dari Ponsel ke WAP Gateway dan kebalikannya dengan menggunakan Jaringan komunikasi nirkabel atau yang biasa dikenal dengan Wireless yang masih mempunyai keterbatasan, terutama pada kecilnya Bandwidth yang terdapat. Kecilnya Bandwidth tersebut tidak akan cocok jika untuk dipergunakan dalam memproses Informasi melalui Protokol HTTP.

Protokol HTTP yang berfungsi untuk mengatur pengiriman Informasi dari Klien atau Client menuju Server dan juga sebaliknya. Untuk mengatasi kesenjangan yang ada disini diciptakanlah WAP Gateway. Fungsi WAP Gateway sendiri adalah untuk meneruskan permintaan Informasi dari Ponsel menuju Server melalui HTTP Request dan sebaliknya dari Server menuju Ponsel lewat HTTP response.

Komponen Utama WAP

Membahas mengenai WAP, selain mengetahui Apa Pengertiannya, kita juga harus mengenal apa saja Komponen Bagian Utamanya. Mengacu pada penjelasan Cara Kerja WAP di atas, perlu kalian ketahui bahwa WAP memiliki 3 (Tiga) Komponen Bagian Utama. Adapun Komponen Utama WAP tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Wireless; Perangkat Wireless yang mendukung WAP
  2. WAP Gateway; WAP Gateway disini adalah sebagai mediator
  3. Server; Server adalah yang menjadi asal dokumen

Kelebihan dan Kekurangan WAP

Dalam mengenal Apa itu Pengertian WAP, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja yang menjadi Kelebihan dan Kekurangan WAP. Baiklah, di bawah ini akan Kami jelaskan apa saja yang menjadi Kelebihan dan Kekurangannya.

Baca Juga :  Pengertian Vector Image (Graphics): Kelebihan dan Perbedaannya dengan Raster

a. Kelebihan WAP

Berikut ini adalah beberapa Kelebihan WAP, yaitu:

  • Network atau Jaringan yang Independen, hal ini dikarenakan lantaran WAP bekerja pada semua Jaringan Seluler yang terdapat seperti CDPD, CDMA, GSM, PDC, PHS, TDMA, FLEX, ReFLEX, Iden, TETRA, DECT, Data TAC, Mebitex, dan Jaringan Seluler Modern yang saat ini dikembangkan seperti GPRS dan 3G.
  • Metode WAP sudah diadopsi dari hampir 95% produsen Ponsel di dunia, mereka memanfaatkan Wireless Internet Access yang diimplementasikan dalam seluruh frekuensi.
  • WAP yaitu sebuah Standar Protocol dimana Aplikasinya adalah WAP Drowser yang dapat digunakan dalam semua sistem operasi populer termasuk Palm OS, EPOC, Windows SE, FLEXOS, OS/9, Java OS, dan lain sebagainya.
  • Keuntungan dari Wireless Application Protocol termasuk fleksibilitas perangkat dan pengoptimalan Internet
  • Dengan menggunakan Browser WAP, maka akan menciptakan keakraban dengan pengguna di berbagai pilihan perangkat.
  • Teknologi WAP dirancang dengan mempertimbangkan keterbatasan perangkat dan jaringan seluler.
  • WAP berguna untuk aplikasi pada perangkat seluler yang memiliki kemampuan pemrosesan, memori, dan daya baterai terbatas
  • WAP juga mengirim dan menerima data secara Real-Time

b. Kekurangan WAP

Berikut ini adalah beberapa Kekurangan WAP, yaitu:

  • Konfigurasi Ponsel untuk Layanan WAP masih terbilang sulit
  • Jumlah telepon seluler yang mendukung WAP masih terhitung sedikit, walaupun di tahun 2019 sekarang, rata-rat Telpon Seluler sudah memilikinya.
  • Keterbatasan utama teknologi WAP adalah kecepatan koneksi
  • Kurangnya Fungsionalitas, sebagian besar pengguna mengalami kesulitan mengetik, menghubungkan, dan memasukkan Informasi ketika menggunakan Teknologi WAP.

Situs WAP atau WAP Sites

Dengan menggunakan Browser WAP di ponsel Anda, Anda hanya dapat mengakses Situs-Situs WAP, yang berarti Anda tidak memiliki akses ke seluruh World Wide Web. Ini adalah kelemahan dari WAP karena seseorang tidak dapat mengakses semua Website dari perangkatnya.

Tetapi dengan Teknologi ini, semua perusahaan online besar telah membuka Situs WAP mereka bersama dengan Situs Website mereka dan jumlahnya meningkat setiap hari karena penggunaan WAP di seluruh dunia telah menjadi sangat populer.

Perbedaan WAP dengan WEB

Selain daripada penjelasan di atas, lalu apa yang membedakan WAP dengan WEB? Kalau kita lihat secara teknis, tentu saja terdapat berbagai macam hal yang berbeda antara WAP dengan WEB. Perbedaan-perbedaan tersebut ada karena sifat dasar dari keduanya yang memang tidak sebenarnya adalah tidak sama, khususnya terkait masalah konektivitas dan mobilitas pengguna.

Baca Juga :  Hari Password Dunia: Apa itu? Sejarah dan Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat!

WAP lebih ditujukan untuk pengguna yang mempunyai mobilitas tinggi atau mereka yang sering berpindah tempat, sementara WEB untuk mereka yang sedang berdiam. Maka dari itulah, WAP memakai gelombang radio sebagai media pertukaraan Data-nya, sementara WEB biasanya memakai kabel.

Konektivitas Modem ke jaringan telepon dalam WEB bersifat Permanent atau Permanen karena memakai kabel, sedangkan konektivitas antara perangkat Terminal Data seperti Telpon, Ponsel dengan perangkat WAP Gateway dalam WAP tidak bersifat Permanen karena WAP memakai gelombang radio. Maka tidak jarang, jika ada masalah pada konektivitas pada WAP akan menjadi cukup rumit untuk dipecahkan.

WAP merupakan standar Teknis untuk mengakses informasi melalui jaringan nirkabel seluler. Inilah yang kita gunakan pada Ponsel dan Smartphone kita untuk melihat halaman Website. Internet menggunakan Browser dengan File besar seperti Internet Explorer, Google Chrome atau Mozilla Firefox dan lain sebagainya. WAP menggunakan Browser mini seperti Opera Mini.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai Pengertian WAP, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Utama, Kelebihan dan Kekurangannya, Situs WAP serta Perbedaannya dengan WEB di atas, dapat kita simpulkan bahwa Wireless Application Protocol yang disingkat dengan WAP adalah standar dunia de-facto untuk presentasi dan pengiriman informasi nirkabel dan layanan telepon pada ponsel dan terminal nirkabel lainnya.

Forum WAP telah menerbitkan spesifikasi protokol Nirkabel Global, berdasarkan standar Internet yang ada seperti XML dan IP, untuk semua jaringan nirkabel. Spesifikasi WAP dikembangkan dan didukung oleh komunitas telekomunikasi nirkabel sehingga seluruh industri dan yang paling penting, pelanggannya, dapat memperoleh manfaat dari satu spesifikasi terbuka.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami kali ini tentang Pengertian WAP, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Utama, Kelebihan dan Kekurangannya, Situs WAP serta Perbedaannya dengan WEB. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar