Pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dalam Data Network

0
Gambar Pengertian NAK Atau NACK Cara Kerja Dan Tujuannya
Gambar Pengertian NAK Atau NACK Cara Kerja Dan Tujuannya

Sebenarnya apa itu pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement)? Dalam Jaringan Data seperti Networking (salah satunya), telekomunikasi, dan bus komputer, Acknowledgement (ACK) adalah sinyal yang dikirimkan antara proses komunikasi, komputer, atau perangkat untuk menandakan pengakuan, atau penerimaan pesan, sebagai bagian dari protokol komunikasi.

Pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement)

NAK/NACK (Negative Acknowledgement) adalah singkatan untuk pengakuan negatif atau Negative Acknowledgement atau tidak diakui atau Not Acknowledged. NAK/NACK (Negative Acknowledgement) adalah sinyal yang digunakan dalam komunikasi digital untuk memastikan bahwa data diterima dengan kesalahan minimum. Terkadang sinyal NAK disebut REJ (untuk penolakan atau ditolak). Sinyal alternatif adalah ARQ (permintaan transmisi ulang otomatis).

Cara Kerja NAK/NACK (Negative Acknowledgement)

Mengacu pada pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) di atas, sinyal NAK, REJ, atau ARQ biasanya dikirim oleh penerima pesan (tujuan) kembali ke pengirim (sumber) setelah menerima blok data yang tidak dapat dikenali dari ukuran tertentu. Ketika sumber menerima sinyal NAK atau REJ dari tujuan, sumber tersebut mengulangi blok data sampai stasiun tujuan mengenali protokol dan merespons dengan sinyal ACK (pengakuan atau pengakuan) atau menghentikan transmisi sama sekali. Ketika sumber menerima sinyal ARQ dari tujuan, sumber mengirimkan kembali blok data.

Sinyal NAK, REJ, atau ARQ biasanya dikirim oleh penerima pesan (tujuan) kembali ke pengirim (sumber) setelah menerima blok data yang tidak dapat dikenali dari ukuran tertentu. Ketika sumber menerima sinyal NAK atau REJ dari tujuan, sumber tersebut mengulangi blok data sampai stasiun tujuan mengenali protokol dan merespons dengan sinyal ACK (pengakuan atau pengakuan) atau menghentikan transmisi sama sekali. Ketika sumber menerima sinyal ARQ dari tujuan, sumber mengirimkan kembali blok data.

Baca Juga :  Pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di Komputer!

Sinyal NAK, REJ, atau ARQ adalah karakter ASCII khusus yang dicadangkan sehingga mereka tidak bingung dengan karakter data.

Tujuan NAK/NACK (Negative Acknowledgement)

Ilustrasi Gambar Pengertian NAK Atau NACK Cara Kerja Dan Tujuannya
Ilustrasi Gambar Pengertian NAK Atau NACK Cara Kerja Dan Tujuannya

Seperti yang sudah kita ketahui tentang pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dan tujuannya, sinyal NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dikirim untuk menolak pesan yang diterima sebelumnya, atau untuk menunjukkan beberapa jenis kesalahan. Ucapan terima kasih dan ucapan terima kasih negatif memberi tahu pengirim tentang keadaan penerima sehingga dapat menyesuaikan keadaannya sendiri.

Seringkali, pesan data dalam telekomunikasi mengandung checksum untuk memverifikasi integritas payload dan header. Checksum berfungsi sedemikian rupa sehingga jika satu bit data rusak, checksum akan memiliki nilai yang berbeda, sehingga mereka dapat memberikan cara yang murah untuk memeriksa integritas sinyal (kemungkinan).

Jika pesan diterima dengan checksum yang tidak valid (yaitu, data yang diterima akan memiliki checksum yang berbeda dari yang dimiliki pesan), penerima dapat mengetahui bahwa beberapa informasi rusak. Paling sering, ketika checksum digunakan, pesan rusak yang diterima tidak akan dilayani sinyal ACK, atau akan dilayani sinyal NAK.

Karakter Acknowledgement

Berdasarkan pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement), ketika kode ASCII digunakan untuk berkomunikasi antara terminal komputer, masing-masing terminal dapat mengirim karakter penyelidikan untuk meminta kondisi yang lain. Penerima karakter ini dapat merespons dengan ACK (00001102 atau 616) untuk menunjukkan bahwa ia beroperasi secara normal, atau NAK (00101012 atau 1516) untuk menunjukkan kondisi kesalahan. Unicode memberikan simbol yang terlihat untuk karakter-karakter ini, U + 2406 (and) dan U + 2415 (␕).

Penggunaan Protokol

Banyak protokol berbasis pengakuan, yang berarti mereka secara positif mengakui penerimaan pesan. Protokol Kontrol Transmisi (TCP) internet adalah contoh protokol berbasis pengakuan. Ketika komputer berkomunikasi melalui TCP, paket yang diterima diakui dengan mengirim kembali paket dengan set bit ACK. Protokol TCP memungkinkan pengakuan ini untuk disertakan dengan data yang dikirim dalam arah yang berlawanan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Topologi Ring: Apa itu? Cara Kerja, Ciri, Kelebihan Kekurangannya dan Contohnya!

Hardware Acknowledgement

Beberapa bus Komputer memiliki kabel pengenal khusus di bus kontrol yang digunakan untuk mengakui pengoperasian bus, DACK digunakan untuk ISA DMA, DATACK digunakan di STEbus, transfer data mengakui pin Motorola 68000 yang mengilhami judul DTACK Grounded, dan lainnya. Beberapa bus komputer tidak selalu mengakui setiap penulisan; beberapa atau semua tulisan menggunakan tulisan yang diposkan.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan, pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) adalah singkatan dari Pengakuan Negatif. Ini adalah salah satu mekanisme ketahanan kesalahan di WebRTC.

NAK/NACK (Negative Acknowledgement) adalah cara bagi pihak penerima untuk menunjukkan bahwa ia belum menerima paket tertentu. Pesan NAK/NACK (Negative Acknowledgement)dikirim melalui RTCP ke pengirim media, yang pada gilirannya perlu memutuskan apakah akan mentransmisikan kembali paket yang hilang berdasarkan ketersediaannya dalam cache dan perkiraannya untuk kegunaan transmisi ulang (apakah mungkin untuk menggunakan sekali diterima).

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement), Cara Kerja NAK/NACK (Negative Acknowledgement), Tujuan NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dan pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar