6+ Istilah dalam Data yang Harus Anda Ketahui (Istilah Data)

0
Gambar Istilah Istilah Dalam Data Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam Data Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Data?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam Data, kita harus mengetahui apa itu Data terlebih dahulu. Dalam Komputasi, Data adalah informasi yang telah diterjemahkan ke dalam bentuk yang efisien untuk pergerakan atau pemrosesan.

Relatif terhadap komputer dan media transmisi saat ini, data adalah informasi yang diubah menjadi bentuk digital biner. Data dapat diterima untuk digunakan sebagai subjek tunggal atau subjek jamak. Data mentah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan data dalam format digital paling dasar.

Konsep data dalam konteks komputasi berakar pada karya Claude Shannon, seorang ahli matematika Amerika yang dikenal sebagai bapak teori informasi. Dia mengantarkan konsep digital biner berdasarkan penerapan logika Boolean dua nilai ke sirkuit elektronik. Format digit biner mendasari CPU, memori semikonduktor dan disk drive, serta banyak perangkat periferal yang umum dalam komputasi saat ini. Input komputer awal untuk kontrol dan data berupa kartu punch, diikuti oleh pita magnetik dan hard disk.

Untuk lebih jelas dalam memahami Data, oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam Data.

6 Istilah dalam Data yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Data Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Data Yang Harus Anda Ketahui

1. Big Data (Data besar)

Big Data adalah istilah untuk pengumpulan data yang sangat besar sehingga tidak dapat diproses melalui sistem pemrosesan data tradisional. Koleksi ini berasal dari sumber seperti perangkat seluler, email, kata kunci pencarian, informasi basis data pengguna, aplikasi, dan server. Dengan menemukan cara untuk menyisir data ini, perusahaan dapat mengidentifikasi pola konsumen dan menggunakannya untuk memprediksi dan mengoptimalkan bisnis mereka.

Baca Juga :  Kamus Youtube: Daftar Kumpulan Istilah Umum dan Gaul dalam Video yang Sering Digunakan dan Harus Kalian Ketahui!

2. Data Architecture (Arsitektur data)

Ini adalah Bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diakses, dan digunakan di perusahaan dan organisasi

3. Database (Basis Data)

Arsitektur data menggambarkan cara data dikumpulkan, disimpan, diakses, dan digunakan di perusahaan dan organisasi. Ini dapat dilihat sebagai peta jalan untuk bagaimana data mengalir melintasi sistem dan aplikasi TI organisasi.

4. Data Modeling (Pemodelan data)

Menentukan jenis data apa yang dibutuhkan dan bagaimana hal itu akan disusun dan diorganisir

5. Data Visualization (Visualisasi data)

Data Visualization atau Visualisasi data adalah penggunaan grafik, bagan, tabel, infografis, dan lainnya. Untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan data yang dianalisis dan temuan-temuan yang berasal darinya.

6. Relation Database Management System (RDBMS) atau Sistem Manajemen Basis Data Relasional

Sistem manajemen basis data relasional digunakan untuk mengatur data ke dalam tabel data kemudian dapat diakses atau disusun kembali tanpa harus mengatur ulang tabel database. Contoh RDMS termasuk SAP dan MySQL.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Data adalah adalah seperangkat nilai mata pelajaran sehubungan dengan variabel kualitatif atau kuantitatif.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam Data yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar