Pengertian Data Architecture: Komponen, Tujuan dan Prosesnya

0
Gambar Pengertian Data Architecture Apa Itu Data Architekture
Gambar Pengertian Data Architecture (Arsitekture Data) Adalah

Pengertian Data Architecture (Arsitektur Data)

Apa itu Data Architecture? Data Architecture (Arsitektur data) adalah seperangkat aturan, kebijakan, standar dan model yang mengatur dan menentukan jenis data yang dikumpulkan dan bagaimana data itu digunakan, disimpan, dikelola, dan diintegrasikan dalam suatu organisasi dan sistem basis datanya. Ini memberikan pendekatan formal untuk membuat dan mengelola aliran data dan bagaimana data diproses di seluruh sistem dan aplikasi TI organisasi.

Pengertian Architecture Data (Arsitektur Data) Menurut Para Ahli

Agar lebih mengetahui penjelasan pengertian Architecture Data (Arsitektur Data), kita harus merujuk pada pendapat para ahli, yaitu adalah sebagai berikut:

a. Data Management Body of Knowledge (DMBOK)

Menurut Badan Manajemen Pengetahuan Data atau Data Management Body of Knowledge (DMBOK), Data Architecture (Arsitektur Data) adalah mencakup spesifikasi yang digunakan untuk menggambarkan keadaan yang ada, menetapkan persyaratan data, memandu integrasi data, dan mengontrol aset data sebagaimana tercantum dalam strategi data. Data Architecture (Arsitektur Data) menjembatani strategi bisnis dan eksekusi teknis.

b. Dr. Peter Aiken

Menurut Dr. Peter Aiken Data Architecture (Arsitektur Data) adalah Kosakata umum yang mengungkapkan persyaratan terintegrasi yang memastikan bahwa aset data disimpan, diatur, dikelola, dan digunakan dalam sistem untuk mendukung strategi organisasi.

Baca Juga :  Pengertian HRD: Kepanjangan HRD, Fungsi dan Tugasnya Secara Lengkap!

c. Keith D.Foote

Menurut Keith D.Foote Data Architecture (Arsitektur Data) adalah Seperangkat aturan, kebijakan, dan model yang menentukan jenis data apa yang dikumpulkan, dan bagaimana data itu digunakan, diproses, dan disimpan dalam sistem basis data.

d. Sven Blumberg, et. Al., McKinsey

Menurut Sven Blumberg Data Architecture (Arsitektur Data) adalah Menggunakan data secara efektif dan dibangun di atas dasar persyaratan bisnis.

e. DalleMule dan Davenport, Harvard Business Review

DalleMulle dan Davenport menjelaskan bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diubah, didistribusikan, dan dikonsumsi. TI mencakup aturan yang mengatur format terstruktur, seperti database dan sistem file, dan sistem untuk menghubungkan data dengan proses bisnis yang mengkonsumsinya.

f. Business Dictionary

Bardasarkan Business Dictionary Data Architecture (Arsitektur Data) adalah Model, kebijakan, aturan, atau standar yang mengatur data mana yang dikumpulkan, dan bagaimana data itu disimpan, diatur, dan digunakan dalam sistem basis data dan atau dalam suatu organisasi.

Apa Itu Data Achitect (Arsitek Data)?

Data Achitect (Arsitek Data) adalah individu yang bertanggung jawab untuk merancang, membuat, menyebarkan, dan mengelola Data Architecture (Arsitektur Data) organisasi. Arsitek data menentukan bagaimana data akan disimpan, dikonsumsi, diintegrasikan dan dikelola oleh entitas data dan sistem TI yang berbeda, serta aplikasi apa pun yang menggunakan atau memproses data dengan cara tertentu.

Seorang Data Achitect (Arsitek Data) ini terutama memastikan bahwa organisasi mengikuti standar data formal dan bahwa aset datanya sejalan dengan Data Architecture (Arsitektur Data) yang ditentukan atau dengan tujuan bisnis. Biasanya, seorang arsitek data memelihara registri metadata, mengawasi manajemen data, mengoptimalkan basis data dan / atau semua sumber data dan banyak lagi.

Data Achitect (Arsitek Data) biasanya terampil dalam pemodelan data logis, pemodelan data fisik, pengembangan kebijakan data, strategi data, pergudangan data, bahasa query data dan mengidentifikasi dan memilih sistem yang terbaik untuk menangani penyimpanan data, pengambilan dan manajemen data.

Baca Juga :  Pengertian Typographic Hierarchy: Contoh dan Faktor-Faktornya

Komponen Data Architecture (Arsitektur Data)

Ilustrasi Gambar Komponen Data Architecture Pengertian Data Architekture Apa Itu Data Architecture
Ilustrasi Gambar Komponen Data Architecture (Arsitektur Data) Adalah

Berdasarkan pengertian Data Architecture (Arsitektur Data) dan apa itu Data Architecture (Arsitektur Data) di atas, Data Architecture (Arsitektur Data) dapat disintesis menjadi komponen-komponen berikut:

  • Hasil Data Architecture (Arsitektur Data); Model, definisi, dan aliran data pada berbagai tingkatan, biasanya disebut artefak Data Architecture (Arsitektur Data).
  • Kegiatan Data Architecture (Arsitektur Data); Bentuk, penyebaran, dan memenuhi niat Data Architecture (Arsitektur Data).
  • Perilaku Data Architecture (Arsitektur Data); Kolaborasi, pola pikir, dan keterampilan di antara berbagai peran yang memengaruhi Data Architecture (Arsitektur Data) perusahaan.

Tujuan Data Architecture (Arsitektur Data) dalam Bisnis

Sebagaimana penjelasan pengertian Data Architecture (Arsitektur Data) di atas, Bisnis Menggunakan Data Architecture (Arsitektur Data) untuk:

  • Mempersiapkan organisasi secara strategis untuk dengan cepat berkembang dan memanfaatkan peluang bisnis yang melekat pada teknologi yang muncul.
  • Menerjemahkan kebutuhan bisnis ke dalam persyaratan data dan sistem.
  • Memfasilitasi penyelarasan Teknologi Informasi dan System (Sistem) Bisnis.
  • mengelola pengiriman data dan informasi yang kompleks di seluruh perusahaan. Bertindak sebagai agen untuk transformasi perubahan dan ketangkasan.
  • Menggambarkan aliran informasi antara orang (pengguna) dan Proses Bisnis

Proses Data Architecture (Arsitektur Data)

Data Architecture (Arsitektur Data) adalah istilah luas yang mengacu pada semua proses dan metodologi yang menangani data saat istirahat, data yang bergerak, kumpulan data, dan bagaimana ini terkait dengan proses dan aplikasi yang bergantung pada data. Ini mencakup entitas data primer dan tipe serta sumber data yang penting bagi organisasi dalam sumber data dan kebutuhan manajemennya. Biasanya, Data Architecture (Arsitektur Data) dirancang, dibuat, digunakan, dan dikelola oleh seorang arsitek data.

Data Architecture (Arsitektur Data) perusahaan terdiri dari tiga lapisan atau proses yang berbeda:

  • Model konseptual (Bisnis); Termasuk semua entitas data dan menyediakan model data konseptual atau semantik
  • Model logis (Sistem); Menentukan bagaimana entitas data ditautkan dan menyediakan model data logis
  • Model fisik (Teknologi); Menyediakan mekanisme data untuk proses dan fungsionalitas tertentu, atau bagaimana Data Architecture (Arsitektur Data) aktual diimplementasikan pada infrastruktur teknologi yang mendasarinya
Baca Juga :  Pengertian NAK/NACK (Negative Acknowledgement) dalam Data Network

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami yang membahas mengenai pengertian Data Architecture (Arsitektur Data) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar