Pengertian Data Modelling: Manfaat, Tujuan dan Jenis Data Model

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Data Modelling Apa Itu Data Modelling Pengertian Data Model
Ilustrasi Gambar Pengertian Data Modelling Adalah

Pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) Adalah

Sebenarnya, Apa itu Data Modelling (Pemodelan Data)? Data Modelling (Pemodelan Data) adalah proses menghasilkan diagram deskriptif hubungan antara berbagai jenis informasi yang akan disimpan dalam database. Salah satu tujuan Data Modelling (Pemodelan Data) adalah untuk menciptakan metode penyimpanan informasi yang paling efisien sambil tetap menyediakan akses dan pelaporan lengkap.

Data Modelling (Pemodelan Data) adalah keterampilan penting untuk setiap ilmuwan data, apakah Anda sedang melakukan desain penelitian atau merancang penyimpanan data baru untuk perusahaan Anda. Kemampuan untuk berpikir jernih dan sistematis tentang poin-poin data utama yang akan disimpan dan diambil, dan bagaimana mereka harus dikelompokkan dan terkait, adalah apa yang dimaksud dengan komponen Data Modelling (Pemodelan Data) ilmu data.

Pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) menurut Para Ahli

Agar lebih memahami mengenai pengertian Data Modelling (Pemodelan Data), kita perlu merujuk pada pendapat para ahli. Adapun definisi Data Modelling (Pemodelan Data) Lainnya Termasuk:

a. Data Management Body of Knowledge (DMBOK)

Menurut Data Management Body of Knowledge (DMBOK), Data Modelling (Pemodelan Data) adalah Proses menemukan, menganalisis, mewakili, dan mengkomunikasikan persyaratan data dalam bentuk yang tepat disebut Data Model (Model Data).” dan “Data Model (Model Data) menggambarkan dan memungkinkan suatu organisasi untuk memahami aset datanya.

Baca Juga :  Pengertian Kemasan: Jenis, Manfaat dan Tips Pengemasan yang Baik

b. Technopedia

Berdasarkan situs Technopedia, pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) adalah representasi dari struktur data dalam tabel untuk basis data perusahaan dan merupakan ekspresi yang sangat kuat dari persyaratan bisnis perusahaan. Data Model (Model Data) ini adalah panduan yang digunakan oleh analis fungsional dan teknis dalam desain dan implementasi database.

c. Agile Data

Menurut Agile Data, pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) adalah tindakan mengeksplorasi struktur berorientasi data. Seperti artefak pemodelan lainnya, Data Model (Model Data) dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dari model konseptual tingkat tinggi hingga Data Model (Model Data) fisik. Dari sudut pandang Data Modelling (Pemodelan Data) pengembang berorientasi objek secara konseptual mirip dengan pemodelan kelas. Dengan Data Modelling (Pemodelan Data) Anda mengidentifikasi tipe entitas sedangkan dengan pemodelan kelas Anda mengidentifikasi kelas.

Manfaat Data Modelling (Pemodelan Data)

Berdasarkan pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) di atas, Beberapa Manfaat Data Modelling (Pemodelan Data), terutama untuk Organisasi adalah:

  • Pengembangan perangkat lunak berkualitas tinggi.
  • Mengurangi biaya.
  • Waktu lebih cepat ke pasar.
  • Pemahaman yang jelas tentang ruang lingkup, kosa kata, dan elemen pengembangan lainnya.
  • Aplikasi dan kinerja basis data yang lebih baik.
  • Dokumentasi berkualitas tinggi.
  • Lebih sedikit kesalahan dalam perangkat lunak.
  • Lebih sedikit kesalahan data di seluruh sistem organisasi.
  • Manajemen risiko yang lebih baik.

Apa Itu Data Model (Model Data)?

Data Model (Model Data) adalah acuan pada hubungan yang logis dan aliran data antara berbagai elemen data yang terlibat dalam dunia informasi. Ini juga mendokumentasikan cara data disimpan dan diambil. Model data memfasilitasi bisnis komunikasi dan pengembangan teknis dengan secara akurat mewakili persyaratan sistem informasi dan dengan merancang respons yang diperlukan untuk persyaratan tersebut. Model data membantu merepresentasikan data apa yang diperlukan dan format apa yang akan digunakan untuk proses bisnis yang berbeda.

Baca Juga :  Pengertian Onboard: Apa Itu Onboard Secara Umum dan Onboard dalam Komputer

Tujuan Data Model (Model Data)?

Ilustrasi Gambar Tujuan Data Modelling Pengertian Data Modelling Apa Itu Data Modelling
Ilustrasi Gambar Tujuan Data Model (Model Data) Dalam Data Modelling

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya pada pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) di atas, Tujuan utama menggunakan Data Model (Model Data) dalam Data Modelling (Pemodelan Data) adalah:

  • Memastikan bahwa semua objek data yang dibutuhkan oleh database diwakili secara akurat. Kelalaian data akan menyebabkan pembuatan laporan yang salah dan menghasilkan hasil yang salah.
  • Data Model (Model Data) membantu merancang basis data pada tingkat konseptual, fisik, dan logis.
  • Struktur Data Model (Model Data) membantu untuk menentukan tabel relasional, kunci primer dan asing dan prosedur tersimpan.
  • Ini memberikan gambaran yang jelas tentang data dasar dan dapat digunakan oleh pengembang basis data untuk membuat basis data fisik.
  • Juga bermanfaat untuk mengidentifikasi data yang hilang dan berlebihan.
  • Meskipun kreasi awal Data Model (Model Data) memakan waktu dan tenaga, dalam jangka panjang, hal itu membuat pemutakhiran dan pemeliharaan infrastruktur TI Anda lebih murah dan lebih cepat.

Jenis Data Model (Model Data)

Ada terutama tiga jenis Data Model (Model Data) dalam Data Modelling (Pemodelan Data) yaitu adalah sebagai berikut:

a. Konseptual

Data Model (Model Data) ini mendefinisikan APA yang berisi sistem. Model ini biasanya dibuat oleh pemangku kepentingan Bisnis dan Arsitek Data. Tujuannya adalah untuk mengatur, memperluas, dan mendefinisikan konsep dan aturan bisnis.

b. Logis

Menentukan bagaimana sistem harus diimplementasikan terlepas dari DBMS. Model ini biasanya dibuat oleh Arsitek Data (dalam Data Architecture) dan Analis Bisnis. Tujuannya adalah untuk mengembangkan peta teknis peraturan dan struktur data.

c. Fisik

Data Model (Model Data) ini menjelaskan BAGAIMANA sistem akan diimplementasikan menggunakan sistem DBMS tertentu. Model ini biasanya dibuat oleh DBA dan pengembang. Tujuannya adalah implementasi aktual dari database.

Baca Juga :  Pengertian Data Mining: Proses, Tahapan dan Fungsi Data Mining!

Kelebihan dan Kekurangan Data Model (Model Data)

Beberapa kelebihan dari Data Model (Model Data) dalam Data Modelling (Pemodelan Data) adalah sebagai berikut:

a. Kelebihan Data Model (Model Data):

  • Tujuan utama dari perancangan Data Model (Model Data) adalah untuk memastikan bahwa objek data yang ditawarkan oleh tim fungsional terwakili secara akurat.
  • Data Model (Model Data) harus cukup rinci untuk digunakan untuk membangun basis data fisik.
  • Informasi dalam Data Model (Model Data) dapat digunakan untuk mendefinisikan hubungan antara tabel, kunci primer dan asing, dan prosedur tersimpan.
  • Data Model (Model Data) membantu bisnis untuk berkomunikasi di dalam dan di seluruh organisasi.
  • Data Model (Model Data) membantu mendokumentasikan pemetaan data dalam proses ETL
  • Membantu mengenali sumber data yang benar untuk mengisi model

b. Kekurangan Data Model (Model Data)

  • Untuk mengembangkan Data Model (Model Data), seseorang harus mengetahui karakteristik fisik data yang tersimpan.
  • Ini adalah sistem navigasi menghasilkan pengembangan aplikasi yang kompleks, manajemen. Karena itu, dibutuhkan pengetahuan tentang kebenaran biografis.
  • Perubahan lebih kecil yang dibuat dalam struktur memerlukan modifikasi di seluruh aplikasi.
  • Tidak ada bahasa manipulasi data yang ditetapkan dalam DBMS.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami yang membahas mengenai pengertian Data Modelling (Pemodelan Data) dan Data Model (Model Data) berserta penjelasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar