Pengertian Data Visualization: Sejarah, Tujuan dan Jenis Data Visual

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Data Visualization Apa Itu Data Visualization
Ilustrasi Gambar Pengertian Data Visualization (Visualisasi Data)

Pengertian Data Visualization (Visualisasi Data) Adalah

Apa itu Data Visualization (Visualisasi Data)? Data Visualization (Visualisasi Data) adalah proses menampilkan data / informasi dalam grafik grafik, angka dan bar. Data Visualization (Visualisasi Data) biasanya dicapai dengan mengekstraksi data dari sistem TI yang mendasarinya. Data ini umumnya dalam bentuk angka, statistik, dan aktivitas keseluruhan. Data diproses menggunakan perangkat lunak Data Visualization (Visualisasi Data) dan ditampilkan di dasbor sistem.

Hal ini umumnya dilakukan untuk membantu administrator IT dalam mendapatkan wawasan yang cepat, visual dan mudah dipahami tentang kinerja sistem yang mendasarinya. Sebagian besar aplikasi pemantauan kinerja IT menggunakan teknik Data Visualization (Visualisasi Data) untuk memberikan wawasan statistik kinerja sistem yang dipantau.

Data Visualization (Visualisasi Data) adalah praktik mengubah data dari angka mentah menjadi representasi grafis seperti grafik, peta, bagan, dan dasbor kompleks.

Sejarah Data Visualization (Visualisasi Data)

Konsep Data Visualization (Visualisasi Data) bukanlah hal baru. Apalagi sudah ada selama berabad-abad. Contoh paling awal dan paling jelas dari proyek Dataviz adalah peta. Kemudian Anda memiliki diagram lingkaran yang muncul pertama kali pada awal abad ke-19. Beberapa dekade kemudian, Charles Joseph Minard menggunakan grafik statistik untuk memetakan kampanye Rusia Napoleon Bonaparte tahun 1812, menggabungkan beberapa metrik yaitu jumlah pasukan, suhu, jarak, arah, dan banyak lagi.

Tonggak penting lainnya dalam sejarah Data Visualization (Visualisasi Data) termasuk tetapi tidak terbatas pada karya Nicole Oresme, Joseph Priestly, dan William Playfair. Semua dari mereka sangat berkontribusi pada kemajuan dataviz. Oresme adalah salah satu pemikir terhebat di Abad Pertengahan, dan dapat dikatakan bahwa ia menemukan grafik batang pada abad ke-14, meskipun Playfair yang kemudian memberikan diagram batang bentuk yang kita kenal sekarang. Priestley, dalam bagan biografinya, menggunakan garis waktu dengan bar untuk membandingkan masa hidup beberapa orang. Playfair juga dikreditkan dengan penggunaan pertama bagan area.

Baca Juga :  Pengertian Topologi Bus: Ciri, Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Data Visualization (Visualisasi Data), jelajahi tonggak bersejarah terbesar yang diketahui Michael Friendly dan Daniel J. Denis dari York University yang ditampilkan dalam buku mereka “Milestones in the History of Thematic Cartography, Statistical Graphics, and Data Visualization: An Illustrated Chronology of Innovations.”

Gagasan memvisualisasikan data terus berkembang dari waktu ke waktu, dan dengan munculnya Komputer dan pertumbuhan teknologi yang cepat, disiplin pasti mengambil lompatan kuantum ke depan. Saat ini, bahkan sejumlah besar data dan Big Data (Data Besar) itu sendiri dapat diproses oleh perangkat lunak dataviz dengan kecepatan yang sangat tinggi, membuka peluang baru yang menarik di bidang analisis data dan intelijen bisnis.

Tujuan Data Visualization (Visualisasi Data)

Ilustrasi Gambar Tujuan Pengertian Data Visualization Apa Itu Data Visualization
Ilustrasi Gambar Tujuan Data Visualization (Visualisasi Data)

Mengacu pada pengertian Data Visualization (Visualisasi Data) dan penjelasannya di atas, Data Visualization (Visualisasi Data) ini digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pelaporan visual kepada pengguna untuk kinerja, operasi, atau statistik umum suatu aplikasi, jaringan, perangkat keras, atau hampir semua aset TI.

Jenis Data Visualization (Visualisasi Data)

Mengacu pada pengertian Data Visualization (Visualisasi Data) di atas, ketika Anda memikirkan Data Visualization (Visualisasi Data), pikiran pertama Anda mungkin langsung menuju ke grafik batang sederhana atau diagram lingkaran. Walaupun ini mungkin merupakan bagian integral dari memvisualisasikan data dan garis dasar umum untuk banyak grafik data, visualisasi yang tepat harus dipasangkan dengan set informasi yang tepat. Grafik sederhana hanyalah puncak gunung es. Ada banyak pilihan metode visualisasi untuk menyajikan data dengan cara yang efektif dan menarik.

Jenis umum dari Data Visualization (Visualisasi Data):

  • Bagan
  • Tabel
  • Grafik
  • Peta
  • Infografis
  • Dasbor

Contoh Data Visualization (Visualisasi Data)

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya pada pengertian Data Visualization (Visualisasi Data) di atas, adapun beberapa contoh sederhana Data Visualization (Visualisasi Data) adalah sebagai berikut:

  • Bioskop; Menjelaskan alur film melalui visualisasi data
  • Seni; Menganalisis palet warna karya seni hebat
  • Filsafat; Penggambaran ide secara visual
  • National Geographic; Kartografi
  • Memasak; Keahlian memasak dalam gambar
  • Video; Visualisasi data melalui video
  • Sastra dan Astronomi; Menggabungkan sastra dan astronomi dengan cara yang sangat asli
Baca Juga :  Pengertian Pasar Modal: Sejarah, Manfaat, Instrumen dan Jenisnya Lengkap

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang pengertian Data Visualization (Visualisasi Data) dan penjelasannya lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua yang terpenting dalam memahami Istilah-Istilah Teknologiyang harus dipahami dalam pembelajaran Teknologi Informasi Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar