Begini Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet yang Baik dan Benar!

2
Gambar Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Baik Dan Benar
Gambar Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Baik Dan Benar

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama yang Baik dan Benar? Sebelumnya Anda mungkin sudah tahu beberapa trik untuk merawat baterai laptop Anda, apakah itu meredupkan layar laptop Anda atau mematikan wi-fi, tetapi ada banyak cara lain yang dapat dan harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan jangka panjangnya. Sebetulnya, cara untuk merawat baterai laptop Anda yang benar adalah hanya dengan mengikuti beberapa aturan sederhana.

Setiap baterai laptop pasti mengalami penurunan dari waktu ke waktu, namun, Anda dapat membantu memastikan baterai tetap dalam kondisi baik sampai usia lanjut dengan menggunakan saran Kami Sebelum Anda dapat memastikan apakah baterai Laptop Anda memang perlu untuk diganti. Postingan Kami kali ini akan membahas tentang tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama yang Baik dan Benar

Ilustrasi Gambar Tips Dan Cara Merawat Baterai Laptop Anda Agar Awet Yang Baik Dan Benar
Ilustrasi Gambar Tips Dan Cara Merawat Baterai Laptop Anda Agar Awet Yang Baik Dan Benar

Tanpa baterai yang sehat, laptop Anda akan kehilangan kemampuan untuk beroperasi. Maka dari itu, mulai sekarang rawatlah baterai laptop Anda dengan baik. Hal ini tidak akan mengharuskan Anda menghabiskan banyak waktu dan energi. Anda hanya perlu lebih memperhatikan detailnya setiap hari.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi tingkat penurunan kinerja baterai laptop dan menjaganya tetap sehat saat pertama kali membelinya.

1. Perhatikan Temperatur dan Kebersihan Baterai

Temperatur pengoperasian dapat berdampak besar pada masa pakai baterai. Anda dapat melihat pedoman pabrik manufacture laptop Anda untuk “zona aman” dalam penggunaannya yang biasanya berbeda tergantung pada apakah Anda menyimpan komputer Anda atau benar-benar menggunakannya.

Hati-hati dengan panas yang berlebihan. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk menggunakan laptop Anda di tempat tidur maka baterai akan melepaskan panas yang lebih cepat. Jaga agar tetap dingin dengan menggunakannya pada permukaan yang datar dan stabil. Pastikan ventilasi pendinginnya jernih dan tidak terhalang. Kalau perlu Anda harus menggunakan cooler (pendingin laptop) tambahan jika perlu.

Untuk kebersihannya sendiri, khusus bagi Anda yang memiliki baterai laptop yang dapat dilepas, keluarkan dan bersihkan kontak logam baterai di kedua sisi sekali setiap dua bulan dengan kain kering dan larutan alkohol. Ini membantu menjaga transfer energi ke komputer Anda seefisien mungkin.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan dan Disable Akses ke Windows Registry di Sistem Operasi Windows!

2. Gunakan Laptop Anda Secara Rutin dan Sewajarnya

Untuk memastikan baterai di laptop Anda memiliki umur yang panjang dan sehat, jangan biarkan baterai diisi terus-menerus. Penting untuk Anda ketahui bahwa elektron di dalam terus bergerak secara teratur anggap sebagai bangun untuk berolahraga daripada duduk di meja sepanjang hari. Secara umum, semakin jarang Anda menggunakan laptop Anda, semakin jarang debit yang dibutuhkan.

Idealnya, Anda dapat menguras baterai laptop Anda menjadi sekitar 10-20% setidaknya seminggu sekali. Selain itu, kosongkan sepenuhnya baterai Anda (biarkan laptop Anda mati karena habis baterai) dan kemudian baru Anda charge lagi. Alasan di balik ini adalah bahwa pengisian penuh membuat baterai Anda lebih stres. Jika sebuah laptop dicolokkan sepanjang waktu, baterainya akan bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Ada aturan untuk penyimpanan jangka panjang juga. Jika Anda pergi ke suatu tempat tanpa laptop Anda selama lebih dari enam bulan, maka adalah ide yang baik untuk menyimpannya dengan sisa baterai sekitar 40-50% saja.

3. Perhatikan Pengaturan Daya

Gambar Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Mengurangi Terang Cahaya Laptop
Gambar Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Mengurangi Terang Cahaya Laptop

Cara merawat baterai laptop agar lebih awet dan tahan lama yang bagus adalah dengan memperhatikan pengaturan daya penggunaan laptop Anda. Beberapa penyesuaian kecil pada pengaturan power saving laptop Anda dapat membuat perbedaan yang signifikan pada tingkat yang tersisa, semakin sedikit kerja baterai Anda, semakin lama baterai itu akan bertahan.

Untuk mengaktifkan power saving pada laptop (Mac dan Windows), Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.

  • Untuk laptop Mac, Masuk ke control panel>hardware and sound>power options.
  • Sedangkan untuk pengguna Windows klik kanan ikon baterai pada taskbar klik dan pilih power options>pilih power saving mode.

Pengaturan dasar di atas mencakup kondisi layar dan komputer, sementara untuk pengaturan lanjutan pada Windows memungkinkan Anda menyesuaikan opsi power saving (hemat daya) untuk hard disk, adaptor wi-fi dan perangkat usb.

4. Jangan Gunakan Sembarang Charger

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang dilakukan baterai Anda sehingga dapat membantu memperpanjang kinerjanya dalam jangka panjang atau awet seperti yang sudah Kami sebutkan beberapa di antaranya di atas.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Corel Draw X7, X8, X9 Viewer Mode (Bajakan) Selamanya!

Terkait pengisian baterai laptop, berhati-hatilah dalam menggunakan pengisi daya atau colokan selain yang disediakan oleh pabrik manufacture laptop Anda, karena apa pun yang kurang dari kompatibilitas optimal dapat berpotensi menyebabkan kerusakan.

5. Hindari Terlalu Lama Mengisi Baterai

Hindari pengisian baterai laptop yang lama atau terus-menerus. Beberapa orang, dalam bekerja, bermain game, atau menonton serial tv, terus mengisi daya laptop mereka dengan baterai yang terpasang sepanjang hari atau bahkan beberapa hari. Hal ini kemungkinan akan mempersingkat masa pakai baterai laptop kita.

Kami pribadi merekomendasikan untuk melepas baterai sama sekali (walaupun hal tersebut dapat jika aliran listrik tiba-tiba mati) jika Anda harus terus mengisi daya laptop Anda atau mencabut adaptor daya setelah pengisian selesai.

Jika Anda mengisi daya laptop Anda untuk pertama kalinya (laptop baru), isi penuh hingga 100%. Lalu, untuk merawat baterai laptop dengan lebih baik, simpanlah 40-80% ketika laptop tidak digunakan dan kemudian isi atau charge baterai Anda sebelum berada di bawah 20%.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, Anda harus mengisi penuh dan mengisi ulang baterai laptop Anda setidaknya sebulan sekali. Tapi jangan biarkan baterai terisi penuh atau habis sama sekali untuk jangka waktu yang lama.

6. Hindari Suhu Tinggi

Cara yang selanjutnya yaitu adalah dengan menghindari suhu tinggi. Suhu tinggi yang Kami maksud disini merupakan musuh terbesar baterai laptop. Jika Anda sering meninggalkan laptop pada suhu tinggi, maka hal itu akan menurunkan kapasitas baterai Anda.

Oleh karena itu, untuk merawat baterai Anda dengan baik adalah dengan tidak meletakkan laptop Anda di atas di sofa, selimut, atau benda apa pun yang panasnya tidak mudah lepas (terhantarkan), sebaliknya gunakan alas yang kasar agar panasnya dapat terhantarkan.

Jikapun suhu tinggi muncul saat Anda melakukan pengisian atau charging baterai, setelah pengisian selesai, lepaskan charger Anda sesegera mungkin untuk mengurangi suhu baterai. Selain itu, jaga agar laptop Anda tetap rapi dan bersih dan jangan biarkan debu menghalangi ventilasi udara terutama bagian fan (kipas laptop).

7. Hindari Tegangan Tinggi

Yang terakhir yaitu dengan memperhatikan tegangan laptop Anda, terutama pada saat pengisian (tegangan yang tidak stabil biasanya akan terlihat pada layar laptop yang berkedip atau muncul garis-garis). Perlu kalian ketahui bahwa tegangan yang stabil juga sangat penting untuk keawetan baterai laptop. Tegangan tinggi yang tidak stabil atau seketika akan merusak baterai bahkan parahnya lagi, hal tersebut juga dapat merusak komponen komputer Anda yang lainnya.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 yang Baik dan Benar (Aman)!

Untuk merawat baterai laptop Anda awet dan tahan lama dengan lebih baik, coba hindari menghubungkan adaptor daya laptop ke satu stopkontak (terminal) dengan peralatan daya tinggi yang terhubung, seperti ac, kulkas dan lain sebagainya. Selain itu, jangan mengisi baterai laptop Anda pada saat cuaca badai yang ada petir dan gunturnya.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah beberapa Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama yang Baik dan Benar yang dapat Anda coba sekarang juga. Dalam membahas mengenai hal tersebut, tentu kita harus ingat bahwa dari waktu kewaktu kegunaan daya baterai laptop pasti akan menurun. Secara umum, umur keseluruhan rata-rata baterai laptop adalah antara 2 (dua) dan 4 (empat) tahun.

Baterai laptop yang normal dapat bertahan antara dua sampai lima jam setelah pengisian tunggal penuh diikuti dengan mencabut adaptor pengisi daya. Jika Anda tidak merawat baterai laptop Anda setiap hari, suatu hari nanti baterai Anda akan selalu kehabisan daya dalam waktu setengah jam atau bahkan kurang. Jika hal ini selalu terjadi, maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan mengganti baterai laptop Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama yang Baik dan Benar. Semoga tulisan Kami disini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda terutama dalam merawat laptop kesayangan kita. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan ini jika kalian rasa bermanfaat serta jangan lupa untuk menambahkan sumbernya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

2 Komentar

    • Yang pasti daya baterai yang masuk di melalui baterai, dan kemungkinan besar berdampak negatif pada hardware laptop (Hdd, Ram dll.) Sebaiknya pasang saja baterainya dan kalau bisa beli baterai baru sesuai dengan vendor laptop agan.

Tinggalkan Komentar