Inilah Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete the Format pada Windows 10, 8.1, 8 dan 7!

0
Gambar Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format Atau Partisi Drive Rusak
Gambar Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format Atau Partisi Drive Rusak

Bagaimana Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format yang Benar? Ya, masalah ini pernah dan bahkan sering Kami alami saat melakukan format pada sebuah usb flash disk. Ketika ingin melakukan format, flash disk tersebut malah tidak bisa di-format serta muncul pesan kesalahan “Windows was unable to complete the format” atau kalau kita terjemahkan kurang lebih maksudnya adalah Windows tidak dapat menyelesaikan format.

Betul! Masalah ini bisa terjadi pada perangkat yang berjenis storage device seperti pada kartu memori SD, hard disk eksternal, USB flashdisk, SSD dan CD/DVD. Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir, untuk memperbaiki kesalahan tersebut ada berbagai cara yang dapat kalian lakukan seperti dengan menggunakan tools bawaan Windows bernama Disk Management atau utilitas lainnya dari pihak ke-3 (tiga). Baiklah! Selengkapnya mari kita lihat caranya di bawah ini!

Penyebab Windows Was Unable To Complete The Format

Gambar Screenshot Windows Was Unable To Complete The Formatting Atau Gagal
Gambar Screenshot Windows Was Unable To Complete The Formatting Atau Gagal

Apa penyebab masalah Windows was unable to complete the format atau tidak dapat menyelesaikan format? Sebelum membahas cara mengatasinya, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Biasanya, apa yang menjadi penyebanya adalah perangkat itu sendiri, masalah yang Kami maksud disini adalah seperti rusak, mengalami bad sector, terinfeksi oleh virus yang tidak dapat diketahui, dan lain sebagainya sehingga Windows tidak bisa dan tidak mengizinkan memformat perangkat tersebut.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Operating System Not Found pada Windows 10, 8.1, 8, 7, XP dan Vista!

Untuk cara mengatasinya sendiri, disini Kami telah merangkum 4 langkah dan cara yang sudah diuji coba dan terbukti berhasil. Adapun cara tersebut adalah:

  1. Menggunakan cara tradisional (men-format langsung melalui Windows Explorer)
  2. Melalui CMD (Command Prompt)
  3. Melaui Disk Management
  4. Menggunakan aplikasi pihak ke-3 (tiga)

Video Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

Khusus untuk teman-teman semua yang lebih suka video, di bawah ini adalah cara mengatasinya yang sudah Kami sediakan dalam bentuk video.

Video Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

4 Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

Seperti yang sering kita lakukan, cara ter mudah untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan format langsung, karena secara otomatis, ketika drive yang sudah terdeteksi corrupt (korup) pada saat kita ingin menggunakannya. Namun karena beberapa alasan, Windows tidak bisa memformatnya.

Nah, langsung saja berikut ini adalah 4 cara untuk mengatasi format yang membuat drive rusak dan tidak bisa digunakan.

1. Cara Tradisional (Melalui Windows Explorer)

Screenshoot Cara Tradisional Yang Paling Mudah Dan Sederhana Untuk Mengatasinya
Screenshoot Cara Tradisional Yang Paling Mudah Dan Sederhana Untuk Mengatasinya

Untuk cara pertama yang Kami jelaskan disini, ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan caranya yaitu adalah sebagai berikut:

Buka Windows Explorer>Pilih perangkat drive yang ingin di format>lalu pilih format

Jika proses format telah berhasil, maka akan muncul tulisan “format completed” yang menandakan proses telah selesai. Jika tidak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba langkah Kami selanjutnya.

2. Melalui CMD (Command Prompt)

Screenshoot Cara Untuk Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format Melalui CMD Command Prompt
Screenshoot Cara Untuk Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format Melalui CMD Command Prompt

Seperti yang sudah Kami katakan di atas, jika gagal, Anda dapat menggunakan langkah ke-2 (dua) ini. Caranya yaitu adalah dengan menggunakan Windows Command Prompt atau CMD.

Mulai dengan membuka CMD (Run As Administrator), kemudian langsung ketikkan:

Format (Drive Letter):

Kemudian pilih drive letter yang merupakan letak drive eksternal yang ingin Anda format. Dalam contoh seperti gambar di atas, drive yang akan Kami format adalah drive letter I:.

Baca Juga :  Pengertian User Persona: Tujuan, Manfaat dan Cara Mendesain Persona

3. Melalui Disk Management

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete the Format
Tampilan yang muncul di setelah menekan tombol Windows + R

Untuk langkah ke-3 (tiga) disini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa, perangkat yang ingin Anda format adalah perangkat yang ingin Anda format, jangan sampai salah melakukan format.

Saran Kami, untuk tipsnya agar tidak sampai salah, Anda bisa memastikan dengan mengecek nama drive di Windows Explorer atau dengan melihat kapasitasnya ruang penyimpanan.

Adapun langkah dan cara untuk mem-format drive melalui tools Disk Management Windows adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Windows + R (pada keyboard) secara bersamaan untuk menjalankan Windows Run.
  2. Setelah terbuka, kemudian masukan perintah dengan mengetik diskmgmt.msc lalu tekan enter.
  3. Sekarang cari drive micro SD, USB atau flash disk yang tidak dapat Anda format, lalu klik kanan dan pilih “Format”.  Jika ada partisi di drive, hapus semuanya, agar menjadi satu volume saja.
  4. Lalu, jika masih gagal dan tidak bisa di format, pilih delete volume.
  5. Kemudian Pilih new simple volume.
  6. Untuk sistem filenya, Anda bisa memilih NTFS atau FAT32 jika perangkat lebih besar dari 4GB.
  7. Tunggu proses, dan selesai.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ke-3 (Tiga)

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete the Format
Screenshoot Aplikasi Easeus Partition Master

Untuk cara yang terakhir ini, disini Kami menggunakan software Easeus Partition Master. Karena menurut Kami pribadi, aplikasi ini lebih user friendly serta lebih mudah untuk digunakan.

Adapun cara melakukan format pada drive dengan menggunakan aplikasi Easeus Partition Master adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama jalankan aplikasi EaseUS Partition Master, kemudian klik kanan pada partisi perangkat yang ingin Anda format dan setelah itu pilih format.
  2. Selanjutnya, akan muncul jendela baru, Anda juga dapat mengatur label partisi untuk sistem file seperti (NTFS/FAT32/EXT2/EXT3) pada partisi yang akan diformat, lanjutkan dengan klik OK.
  3. Ketika Anda sudah selesai dan menutup Aplikasinya, maka akan muncul peringatan konfirmasi, klik saja OK untuk melanjutkan.
  4. Klik tombol execute operation pada bagian kiri atas untuk meninjau perubahan, lalu klik apply untuk memulai memformat partisi drive Anda.
  5. Selesai, jika diminta restart, pilih saja OK, makan proses format akan dilakukan pada saat booting Windows.
Baca Juga :  Begini Cara Menghafal Pasal-Pasal UUD 1945 dengan Cepat dan Mudah, Semuanya!

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat, di atas adalah 4 Langkah dan Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format yang Benar, ketika drive (hard disk, flash disk, dan lain sebagainya) Anda terlihat rusak serta tidak bisa digunakan dan harus dilakukan format yang benar.

Dari ke-4 (empat) cara yang sudah Kami jelaskan di atas, cara yang paling sering berhasil untuk mengatasi masalah tersebut adalah cara yang ke-3 (tiga), perhatikan dengan benar cara tersebut dengan mengikuti langkah pada video Kami di atas. Sekali lagi ingat! jangan sampai Anda salah format!

Penutup

Demikianlah ulasan dan penjelasan tentang Langkah dan Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format yang Benar yang dapat Kami berikan kali ini, jika langkah di atas masih belum bisa mengatasi masalah tidak bisa format pada perangkat Anda, kemungkinan besar drive Anda sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Silahkan tanyakan dan berikan pendapat Anda melalui kolom komentar atau kontak Kami secara langsung untuk bantuan lebih lanjut. Kami akan berusaha mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rase bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar