Ini Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Factory Reset (Pengaturan Awal Pabrik)!

0
Gambar Cara Menghilangkan Dan Menghapus Virus Android Tanpa Factory Reset Atau Pengaturan Awal Pabrik
Gambar Cara Menghilangkan Dan Menghapus Virus Android Tanpa Factory Reset Atau Pengaturan Awal Pabrik

Bagaimana Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus HP Android Tanpa Factory Reset (Pengaturan Awal Pabrik)? Benar, perangkat desktop bukanlah satu-satunya perangkat yang dapat terkena virus. Meskipun ini tidak sering terjadi, namun perangkat android memang dapat terkena virus dan malware. Jika ponsel atau smartphone Anda terkena serangan virus, Anda bisa melakukan reset ke pabrik untuk menghapus semua virus di smartphone android Anda dimana cara tersebut merupakan cara yang paling cepat untuk menghilangkannya.

Akan tetapi, hal tersebut berarti, Anda kehilangan semua data (baca pengertian data disini) Anda. Foto-foto Anda, permainan yang disimpan, pesan teks, dan segalanya akan hilang jika Anda tidak mencadangkannya. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas dan membagikan beberapa tips dan cara untuk menghilangkannya tanpa harus melakukan factory reset. Baiklah, langsunga saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apakah HP dan Perangkat Android Saya Benar-Benar Terkena Virus?

Ya, sering kali, ketika orang berpikir ponsel atau hp mereka telah terkena virus, biasanya mereka akan panik. Padahal virus dan malware itu sebenarnya sesuatu yang jinak dalam artian dapat kita kendalikan.

Sebagai contoh, misalnya seperti ketika android (baca pengertian android disini) Anda hang setiap kali dinyalakan, atau mungkin Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Hal ini sebenarnya belum tentu disebabkan oleh virus. Jadi jangan panik! Cek terlebih dahulu ponsel/hp Android Anda.

Jika tidak ada tips yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah Anda, tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah masalah mulai terjadi setelah Anda mengunduh beberapa aplikasi atau file?
  • Apakah Anda baru-baru ini Anda men-install atau memasang aplikasi dari sumber pihak ketiga (di luar play store)?
  • Apakah Anda mengetuk iklan yang mengunduh file atau menjalankan aplikasi yang tidak Anda inginkan?
  • Apakah masalah hanya terjadi hanya ketika Anda menjalankan aplikasi tertentu?

Jika jawaban untuk salah satu di atas adalah ya, ada kemungkinan smartphone android Anda memiliki malware di sistemnya. Tenang! Anda mungkin dapat memperbaiki semua masalah di atas dengan menghapusnya saja.

Cara Menghilangkan Virus pada Smartphone Android tanpa Melakukan Factory Reset atau Pengaturan Awal Pabrik

Ilustrasi Gambar Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Melakukan Factory Reset Atau Pengaturan Awal Pabrik
Ilustrasi Gambar Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Melakukan Factory Reset Atau Pengaturan Awal Pabrik

Harus diakui, memiliki hp atau ponsel yang bervirus tentu akan membuat kita jengkel, terlebih lagi jika perangkat tersebut adalah satu-satunya yang kita miliki.

Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan virus di android.

1. Menghapus Virus Android dengan Aplikasi

Cara menghilangkan dan menghapus virus android tanpa melakukan factory reset atau pengaturan awal pabrik yang pertama adalah dengan menghapus virus android secara langsung dengan menggunakan aplikasi anti virus. Play Store adalah rumah bagi puluhan aplikasi penghapus virus android. Namun, kebanyakan dari mereka (aplikasi antivirus) sudah ada terlalu banyak, apalagi di tahun 2020 sekarang ini.

Selain itu juga, kebanyakan dari aplikasi tersebut menginginkan Anda untuk membayar fitur yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Meskipun ada beberapa fitur yang layak untuk Anda gunakan.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Excel!

Jika Anda sudah mengecek seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, dan berpikir hp atau ponsel android Anda terinfeksi malware, maka bukanlah ide yang buruk untuk mencoba menginstal salah satu aplikasi di bawah ini dan mulai men-scan atau memindai virus dan kemudian menghapusnya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menghapus virus android.

a. Malwarebytes

Gambar Screenshoot Aplikasi Antivirus Malwarebytes Untuk Menghapus Dan Menghilangkan Virus HP Android
Gambar Screenshoot Aplikasi Antivirus Malwarebytes Untuk Menghapus Dan Menghilangkan Virus HP Android

Malwarebytes adalah salah satu nama paling tepercaya dalam keamanan desktop, selain desktop, mereka juga menyediakan aplikasi android. Versi gratisnya dapat memindai ponsel Anda dari malware dan menghilangkan segala ancaman yang ditemukannya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur audit untuk izin aplikasi, sehingga Anda dapat melacak aplikasi apa yang masing-masing memiliki akses internal serta aplikasi apa saja yang tidak memiliki iklan.

Versi premium yang berbayar untuk $12 per tahun (sekitar Rp. 170.000) menambahkan deteksi real-time dan fitur lainnya. Untuk scanner atau pemindai virus yang bagus dan aplikasi penghapus virus serta malware untuk android, Malwarebytes adalah pilihan terbaik Anda.

b. Bitdefender

Gambar Screenshoot Aplikasi Antivirus Bitdefender Antivirus Free Untuk Menghapus Dan Menghilangkan Virus HP Android
Gambar Screenshoot Aplikasi Antivirus Bitdefender Antivirus Free Untuk Menghapus Dan Menghilangkan Virus HP Android

Bitdefender adalah aplikasi penghapus virus solid lainnya, terutama karena ringan. Cloud scanning yang dimiliki aplikasi Bitdefender ini berarti hanya akan ada sedikit dampak pada perangkat Anda. Hebatnya, aplikasi tidak ini mengurangi penawaran utamanya dengan banyak tambahan.

Anda mungkin masih akan melihat iklan untuk ditingkatkan ke versi full mereka, tetapi jika Anda dapat mengabaikan hal tersebut, menggunakan Bitdefender merupakan cara yang bagus untuk menghapus virus hp atau ponsel android tanpa perlu reset yang cepat.

2. Menghapus dan Menghilangkan Virus Secara Manual

Gambar Screenshoot Menghapus Dan Menghilangkan Virus Dan Malware Android Dengan Safe Mode Atau Mode Aman
Gambar Screenshoot Menghapus Dan Menghilangkan Virus Dan Malware Android Dengan Safe Mode Atau Mode Aman

Sebelum mengikuti cara untuk menghapus virus Android yang berikutnya ini pastikan Anda sudah mencoba memindai virus hp Android Anda terlebih dahulu. Anda beruntung jika pemindaian antivirus dapat menemukan dan menghapus malware di perangkat android yang menjadi masalah Anda.

Tetapi jika itu tidak menyelesaikan masalah infeksi virus Anda, maka Anda perlu melakukan langkah manual sebagai berikut.

a. Masuk ke Safe Mode (Mode Aman)

Seperti halnya Windows, Android juga memiliki safe mode (mode aman). Jika sistem Anda sedang terkena virus, maka Anda harus menggunakannya. Safe mode akan memuat OS atau sistem operasi tanpa menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menonaktifkannya. Hal ini berarti Anda dapat mengetahui apa aplikasi yang menyebabkan masalah dan menghapusnya dengan aman.

Untuk masuk ke safe mode (mode aman) jika Anda dapat mem-boot android Anda secara normal dengan langkah berikut ini:

  • Tekan dan tahan tombol power hingga Anda melihat menunya
  • Ketuk dan tahan power off sampai Anda mendapatkan pesan prompt untuk reboot ke safe mode
  • Ketuk ok
  • Tunggu ponsel Anda untuk reboot. Di sudut kiri bawah, Anda akan melihat tanda Safe Mode (Mode Aman)

Lalu jika HP Android Anda tidak dapat melakukan booting secara normal karena sudah terinfeksi, cobalah langkah-langkah ini untuk menyalakan android yang mati untuk masuk ke safe mode:

  • Tekan dan tahan tombol power+volume atas+volume bawah
  • Setelah Anda melihat logo smartphone Anda muncul, lepaskan tombol power tetapi dengan terus menahan tombol volume
  • Selesai, Anda akan melihat tanda safe mode atau mode aman di kiri bawah setelah perangkat Anda melakukan boot up

Karena perbedaan produsen smartphone sekarang, mungkin salah satu dari cara di atas tidak berfungsi untuk setiap perangkat. Coba Anda lakukan pencarian cepat Google yang sesuai untuk tipe android Anda untuk menemukan kombinasi masuk ke safe mode jika tidak ada yang berhasil.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

b. Hapus Aplikasi yang Tidak Dikenal

Kemudian, setelah Anda memasuki safe mode (mode aman), lanjutkan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

buka settings>application>downloaded apps

Pada android oreo atau yang lebih baru Anda dapat membukanya dengan cara:

buka aettings>apps & Notifications>all aps

Di sini, buka daftar Aplikasi Anda dan coba cari lokasi aplikasi terakhir yang Anda pasang yang mungkin telah menyebabkan android Anda terkena Virus. Anda tidak perlu ingat persis, tetapi pikirkan kembali ketika masalah pada android Anda dimulai.

Hapus semua aplikasi yang Anda install sekitar waktu itu, serta periksa apakah aplikasi yang tidak Anda unduh atau download yang ada dalam daftar tersebut.

Gambar Screenshoot Smartphone HP Andoid Dalam Safe Mode Atau Mode Aman
Gambar Screenshoot Smartphone HP Andoid Dalam Safe Mode Atau Mode Aman

Untuk menghapus aplikasi, ketuk nama aplikasi dan pilih uninstall pada halaman info. Jika sudah berhasil dan sudah hilang, reboot kembali Anda secara normal (tanpa memasuki mode aman), maka virus Android Anda seharusnya sudah hilang.

Jika Anda tidak dapat menghapus aplikasi dari menu ini, kemungkinan aplikasi penyebab virus dan malware tersebut memiliki akses administrator perangkat Anda.

Untuk menghapus akses administrator dari aplikasi tidak dikenal itu, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka settings>security>device administrators settings
  • atau settings>security & location>device admin apps pada android oreo dan yang lebih baru
  • Cari dan temukan aplikasi yang memiliki akses dan ketuk kotak centang di sebelahnya
  • Ketuk deactive untuk me-nonaktifkannya saat diminta
Gambar Screenshoot Menghapus Aplikasi Admin Apps Pada Safe Mode Atau Mode Aman
Gambar Screenshoot Menghapus Aplikasi Admin Apps Pada Safe Mode Atau Mode Aman

Sekarang Anda dapat kembali ke daftar aplikasi yang bermasalah dan menghapus instalannya seperti dijelaskan di atas.

3. Selesai dan Pastikan Virus Sudah Hilang

Setelah mencopot pemasangan atau meng-uninstall aplikasi jahat, Anda mungkin juga ingin membersihkan perangkat android setelah selesai melakukannya. Menghapus cache dan history, membersihkan proses startup, serta langkah-langkah dasar lainnya dapat membantu memastikan perangkat Anda siap digunakan.

Sayangnya, aplikasi pembersihan android yang gratisan biasanya penuh dengan sampah, iklan, dan lain sebagainya. Saran Kami pribadi Jika Anda menginginkan solusi satu ketukan yang simple dan sederhana, aplikasi CCleaner untuk android merupakan pilihan aplikasi yang terbaik untuk menghapus file tersebut.

Setelah Anda membersihkan smartphone android Anda, Kami sarankan Anda untuk mulai mencadangkan data android Anda jika Anda belum melakukannya. Dimana hal ini pada akhirnya akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mengatasi masalah virus ataupun masalah lain yang akan datang.

Bagaimana Cara Aman agar Terhindar dari Virus Android?

Google Play Protect sekarang menjadi bagian dari semua perangkat android. Ini adalah langkah pengamanan internal yang memindai aplikasi pada perangkat Anda dan memeriksa yang berbahaya. Dari mana pun Anda menginstal aplikasi, Play Protect akan melihatnya. Hal ini berarti, pada dasarnya Anda sudah memiliki antivirus yang terpasang di ponsel Anda.

Jadi, jika Anda hanya menginstal aplikasi dari Google Play, kemungkinan Anda menerima virus ponsel akan sangat kecil. Google memindai semua aplikasi yang ditambahkan ke Google Play untuk perilaku jahat dan menghapus pelanggar yang ada. Mungkin beberapa hanya beberapa yang aplikasi yang berisi malware yang lolos.

Berbeda jika kalian menginstal aplikasi dari sumber lain sama sekali berbeda. Baru-baru ini, aplikasi yang diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga 9Apps terbukti menjadi sumber malware agent smith. Mengunduh aplikasi dari situs web yang asal-asalan, terutama aplikasi crack (baca pengertian crack disini) serta aplikasi berbayar yang disediakan secara gratis.

Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Jika Anda memang ingin mengunduh Aplikasi, pastikan Anda memercayai lokasi tempat Anda mengunduhnya. Namun, ini tidak berarti setiap aplikasi di Google Play adala bermanfaat. Aplikasi penipuan mungkin juga dapat mengambil uang Anda secara langsung, banyak aplikasi gratis menyalahgunakan izin telepon untuk mencuri data Anda. Tetapi hal tersebut adalah masalah yang terpisah dari virus android.

Seperti pada platform (baca pengertian platform disini) lain, pemikiran yang sehat dan efektif akan membantu Anda menghindari virus. Jangan mengunduh dari Situs yang abal-abal, mencoba menghindari mengetuk iklan khususnya dalam Aplikasi, dan mengawasi izin aplikasi. Anda dapat mengunduh Aplikasi yang aman untuk android Anda di Situs Download APK Indonesia Sitenesia.

Aplikasi yang Harus Dihindari?

Mungkin hanya beberapa dari banyaknya aplikasi pemindaian virus Android yang benar-benar bagus. Penawaran seperti dari perusahaan besar seperti Avast, Norton, Avira, dan sejenisnya semuanya penuh dengan proses yang tidak terlalu berguna sehingga berat pada Sistem Anda.

Selain itu juga, banyak aplikasi yang dikatakan dapat menambah RAM dan aplikasi pembersih sampah (cache), yang lebih berbahaya daripada baiknya. Banyak fungsi yang digunakan oleh aplikasi tersebut sebenarnya sudah dibangun di android sendiri. Bahkan, browser seperti Chrome pun kini sudah dapat mendeteksi dan memblokir situs-situs berbahaya.

Perusahaan keamanan mencoba menakut-nakuti Anda agar Anda mengunduh aplikasi gratis mereka untuk alasan “keamanan” kemudian meminta Anda untuk meningkatkan ke versi berbayar dengan banyak fitur yang tidak Anda butuhkan. Ketahuilah bahwa Anda sebenarnya tidak perlu membayar untuk aplikasi antivirus android!

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas mengenai Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus HP Android Tanpa Factory Reset (Pengaturan Awal Pabrik) di atas, dapat Kami simpulkan langkah tercepatnya adalah dengan masuk ke safe mode (mode aman), kemudian menghapus semua aplikasi yang bermasalah lalu dengan melakukan backup semua data Anda.

Sayangnya, jika Anda yakin memiliki malware di perangkat Anda tetapi tidak ada solusi dari cara menghilangkan virus android di atas yang memperbaikinya, Anda mungkin harus terpaksa melakukan Factory Reset. Menyetel ulang telepon Anda berarti Anda akan kehilangan data Anda yang berharga, tetapi hal tersebut lebih baik daripada menggunakan telepon yang terinfeksi oleh virus. Ini juga merupakan taruhan terbaik Anda terhadap serangan stalkerware, yang merupakan jenis malware khusus yang sulit dideteksi.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus HP Android Tanpa Factory Reset (Pengaturan Awal Pabrik). Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silahkan share atau bagikan artikel atau tulisan Kami disini dengan menyertakan sumbernya serta jangan lupa juga untuk meninggalkan Komentar Anda di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar