Inilah 5+ Keunggulan Yandex Dibandingkan dengan Google di Rusia!

Gambar Apa Saja Keunggulan Kelebihan Keuntungan Atau Kehebatan Mesin Pencari Yandex Dibandingkan Dengan Google Di Negara Rusia
Gambar Apa Saja Keunggulan Kelebihan Keuntungan Atau Kehebatan Mesin Pencari Yandex Dibandingkan Dengan Google Di Negara Rusia

Apa Saja Keunggulan, Kelebihan, Keuntungan, atau Kehebatan Yandex Dibandingkan dengan Google di Negara Rusia?

Apa itu Yandex?

Ya Ini adalah pertanyaan teratas yang diajukan oleh orang-orang yang melakukan kontak dengan mesin pencari ini untuk pertama kalinya.

Saat ini, Google (lihat selengkapnya tentang pengertian Google di sini) identik dengan mesin pencari. Saat Anda perlu mencari tahu beberapa informasi, kemungkinan Anda langsung menuju ke Google untuk mendapatkan jawabannya.

Anda mungkin menggunakan mesin telusur lain seperti Bing dan Yahoo!, tetapi dengan alat analitik unggul Google, alat webmaster, dan fitur tambahan seperti Google Documents, cukup sulit untuk melewati mesin pencari sepenuhnya.

Yup! Perlu kalian ketahui bahwa jumlah pangsa pasar Yandex relatif stabil jika tidak meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan saya sangat yakin bahwa Yandex akan tetap menjadi mesin pencari yang dominan di Rusia.

Lalu, bagaimana jika Anda kehilangan akses ke audiens (baca pengertian dari kata audiens di sini) target yang tidak banyak menggunakan Google, alih-alih menggunakan Yandex?

Anda mungkin mengabaikan banyak lalu lintas organik hanya karena Anda tidak menerapkan strategi SEO yang akan membantu Anda di mesin pencari lainnya.

Berkenaan dengan hal itulah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas terkait apa saja keunggulan, kelebihan, keuntungan, atau kehebatan Yandex dibandingkan dengan Google, khususnya di negara besar yang maju seperti Rusia?

Oke baiklah, mari kita simak ulasannya berikut di bawah.

5+ Keunggulan, Kelebihan, Keuntungan, atau Kehebatan Yandex Dibandingkan dengan Google di Negara Rusia

Gambar Yandex Keunggulan Kelebihan Keuntungan Atau Kehebatan Yandex Dibandingkan Dengan Google Adalah
Gambar Yandex Keunggulan Kelebihan Keuntungan Atau Kehebatan Yandex Dibandingkan Dengan Google Adalah

Untuk memulainya, perlu Kami tekankan bahwa sebelum dari para pakar atau ahli-ahli seperti Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google, Ilya Segalovich dan Arkady Volozh telah menciptakan Yandex (lihat selengkapnya postingan Kami yang membahas tentang apa itu Yandex di sini) terlebih dahulu, yang saat ini merupakan mesin pencari web terbesar di Rusia.

Google berfokus pada penghitungan PageRank situs web, dan algoritme peringkat Yandex memperhitungkan jarak antara kata dan relevansi dokumen dengan kueri pencari.

Dua mesin pencari tersebut telah berevolusi menjadi cukup mirip dalam menentukan peringkat.

Sampai sekarang, Yandex tetap menjadi pemimpin pasar di Rusia dengan lebih dari 50% (persen) pasar pencarian Rusia, sementara Google memiliki sekitar 45% (persen) berdasarkan dari data yang sudah Kami riset sebelumnya.

Yup! Kecuali Rusia, Korea Selatan dan Jepang, Google adalah pemimpin pasar di setiap negara di dunia.

Selain itu, penetrasi Internet Rusia hanya sekitar 70% (persen) dibandingkan dengan penetrasi 80% hingga 90% (persen) di sebagian besar negara Eropa lainnya.

Betul! Hal ini memungkinkan Rusia untuk terus memiliki pertumbuhan tahun ke tahun 2 (dua) digit selama beberapa tahun terakhir.

Baik, cukup basa-basinya, mari kita lihat apa saja keunggulan, kelebihan, keuntungan, atau kehebatan Yandex dibandingkan dengan Google, khususnya di negara besar yang maju seperti Rusia berikut.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

1. Yandex adalah Portal

Keunggulan, kelebihan, keuntungan, atau kehebatan mesin pencari ini dibandingkan dengan Google, khususnya di negara besar yang maju seperti Rusia yang pertama yaitu karena Yandex adalah portal.

Betul, mesin pencari Yandex di sana merupakan tujuan media terbesar di seluruh Rusia dan bagi banyak orang Rusia, Yandex.ru adalah tempat mereka memulai hari mereka.

Faktanya, Yandex merupakan properti media terbesar di seluruh Rusia.

Sama seperti Google, Yandex menawarkan e-mail gratis, peta lalu lintas langsung, musik, video, penyimpanan foto, dan banyak lagi yang lainnya.

Banyak dari fitur yang sama ini adalah beberapa produk yang digunakan Google untuk menumbuhkan adopsinya di seluruh dunia dengan memperkenalkan merek Google kepada end user (baca pengertian lengkap dari end user di sini).

Google mampu memikat pengguna dari produk yang lebih lemah seperti Hotmail, Mapquest dan bahkan Dropbox untuk menggunakan alternatif Google. Di Rusia, Google tidak akan memiliki kesempatan ini, karena versi Yandex sebanding, jika tidak lebih baik.

2. Yandex Lebih Baik untuk Pencarian Bahasa Rusia

Ke-2 (dua), alasan Yandex dikatakan lebih hebat dibandingkan dengan Google yaitu Yandex lebih baik untuk searching atau penelusuran berbahasa Rusia.

Benat! Yandex dibuat khusus untuk pasar Rusia dan lebih mampu menangani tantangan pencarian khusus Rusia.

Secara umum, Google hampir tidak efektif dalam menguraikan maksud pengguna (user intent) daripada ejaan dalam pencarian non-Inggris, tetapi bahkan lebih lemah dalam bahasa Rusia.

Sebagai contoh misalnya, bahasa Rusia sangat dipengaruhi dan beberapa kata dapat memiliki hingga 20 (dua puluh) akhiran yang berbeda.

Semua kata benda Rusia memiliki jenis kelamin tata bahasa, dan jenis kelamin kata benda akan mempengaruhi sisa kata dalam kalimat.

Bahkan ejaan nama individu bisa berubah berdasarkan jenis kelamin.

Sebagai ilustrasi, mantan istri Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki nama belakang “Putina”, bukan hanya Putin saja.

Sementara pencarian Google hanya memberi peringkat halaman yang relevan dengan kueri pengguna tertentu seperti yang dieja, Yandex mampu mengurai sinonim dan maksud pengguna terlepas dari ejaan pengguna.

Hal itu dapat dikatakan, sehingga untuk kueri penelusuran yang sangat terinfeksi, Google memberikan pengalaman penelusuran yang lebih lemah dan oleh karena itu tidak memberikan alasan yang kuat mengapa pengguna harus lebih sering menggunakan Google.

3. Yandex Lebih Populer di Android

Keunggulan, kelebihan, keuntungan, atau kehebatan lainnya, yaitu Yandex lebih populer di Android.

Meskipun Google dapat menggunakan sistem operasi seluler Android-nya untuk mengembangkan penelusuran seluler karena sifat penelusuran Google yang tertanam di Android (baca selengkapnya pengertian daripada Android di sini), hal tersebut tidaklah begitu efektif di Rusia.

Di Rusia, Android menguasai lebih dari 70% (persen) pasar ponsel Rusia.

Well, namun, Yandex masih memiliki 52% (persen) pasar pencarian di perangkat Android ini.

4. Yandex Berbahasa (Lokal) Rusia

Selanjutnya, yang merupakan poin terpenting dari kekuatannya sendiri yaitu karena Yandex berbahasa lokal Rusia.

Sementara orang Rusia memang memiliki ketertarikan terhadap merek Rusia, mereka juga tampaknya menyukai produk asing.

Meskipun demikian, setelah skandal Snowden/NSA, orang Rusia mungkin lebih suka menggunakan Yandex hanya karena mereka tidak mempercayai Google.

Yup! Ini dapat kalian ibaratkan seperti beberapa waktu yang lalu, ketika sebagian pengguna WhatsApp (WA) beralih menggunakan Telegram hanya karena mereka mulai tidak percaya dengan WA.

Baca Juga :  Strategic Information System (SIS): Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya!

5. Algoritma Yandex dapat Memperhitungkan Spam dengan Baik

Poin terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu algoritma yandex mungkin dapat memperhitungkan spam dengan lebih baik.

Pasar online Rusia terkenal dengan metode spam tautan langsung (direct link) yang sering dikenal oleh para Webmaster sebagai backlink (tautan balik).

Benar! Ada banyak sekali agensi “iklan” atau “ads agency” yang ada hanya untuk menjual tautan dengan tujuan meningkatkan peringkat pencarian.

Hal ini menyebabkan Yandex mengumumkan bahwa mereka tidak akan menggunakan tautan dalam algoritme mereka pada kueri komersial yang dilakukan di area tertentu di negara tersebut.

Sebagai gantinya, Yandex hanya akan menggunakan pengalaman pengguna dan metrik peringkat kata kunci.

Memang, upaya Yandex ini masih awal, tetapi memungkinkan Yandex menghasilkan hasil berkualitas lebih baik daripada Google.

Yang terakhir tidak diragukan lagi menyaring tautan spam, tetapi kemungkinan besar masih memberikan kredit untuk tautan berkualitas rendah.

Bonus: Yandex Menggunakan Picsearch

Sebagai tambahan, perlu kalian ketahui bahwa Yandex menggunakan Picsearch untuk mendapatkan pengguna.

Betul, mesin pencari dengan pengguna terbanyak di negara Rusia ini telah memilih Picsearch atau yang dikenal dengan “Yandex Image Search” untuk meningkatkan layanan pencariannya.

Bekerja sama dengan erat, kedua perusahaan telah memberi pengguna pencarian gambar Yandex kemungkinan untuk mencari dalam semua bahasa dan di antara semua gambar di dunia. Kerjasama tersebut dimulai pada Desember 2007.

Hmmm, ya, inilah kira-kira, apa yang membuat pengguna di negara lain seperti di Indonesia menggunakannya, terlebih, karena pencarian gambar juga seringkali mengindek berbagai macam jenis video (lihat bagaimana cara download semua link video tanpa aplikasi atau software di sini).

Lalu, Apa Perbedaan Khusus Yandex dari Google?

Ilustrasi Gambar Penggunaan Browser Yandex Dalam Membahas Perbedaan Khususnya Dari Google Dan Bagaimana Itu Menjadi Populer Di Rusia
Ilustrasi Gambar Penggunaan Browser Yandex Dalam Membahas Perbedaan Khususnya Dari Google Dan Bagaimana Itu Menjadi Populer Di Rusia

Kemudian, apa yang menjadi khas atau kekhususan Yandex ini dibandingkan daripada Google?

Oke, meskipun Yandex dan Google berfungsi sebagai mesin pencari, ada beberapa fitur utama yang membedakan keduanya.

Yandex lebih menekankan SEO lokal dan regionalitas daripada Google.

Yandex menjalankan pencarian bergantung geografis yang hanya menampilkan situs web dari wilayah tertentu.

Hal ini berarti orang-orang di lokasi yang berbeda akan diperlihatkan hasil yang berbeda-beda untuk istilah penelusuran yang sama.

Meskipun lebih mudah untuk menentukan peringkat bisnis lokal, mencoba memberi peringkat situs secara nasional kemungkinan akan menjadi tantangan yang lebih besar.

Perilaku pengguna seperti waktu tunggu (dweel time) adalah faktor peringkat utama untuk Yandex.

Meskipun Google juga mempertimbangkan hal ini, ini merupakan faktor penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di Yandex.

Selain itu, untuk berkinerja baik di peringkat Yandex, halaman perlu dioptimalkan untuk maksud pencarian.

Juga, membuat konten yang sangat menarik dan relevan juga penting untuk meningkatkan waktu tunggu.

Tautan balik bukanlah fitur peringkat yang kuat di Yandex jika dibandingkan dengan Google.

Meskipun pembuatan link atau tautan masih penting, ini lebih tentang meneruskan lalu lintas organik yang relevan ke situs Anda daripada membuktikan otoritas atau kepercayaan situs Anda.

Perubahan peringkat seringkali membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul.

Umumnya, situs dirayapi pada tingkat yang lebih lambat daripada Google.

Anda akan membutuhkan sedikit lebih banyak kesabaran untuk melihat peningkatan peringkat dan kemajuan umum.

Konten halaman baru juga lebih penting bagi Yandex, di mana menambahkan konten komprehensif yang relevan adalah taktik penting di Yandex.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

Selain itu, usia domain dan tanggal pembuatan memainkan peran yang lebih signifikan dalam peringkat yang baik di Yandex.

Ya! Seringkali domain Anda harus lebih tua dengan banyak contoh konten berharga terbaru agar peringkatnya bagus.

Selebihnya, Yandex memiliki lebih sedikit alat Webmaster daripada Google, dan pelanggaran seperti isian kata kunci (keyword stuffing) dianggap lebih serius oleh Yandex.

Bagaimana Yandex Menjadi Populer Di Rusia?

Untuk kalian yang masih menanyakan kenapa masalah seperti bagaimana Yandex dapat menjadi populer di Rusia ini dapat Kami terangkan bahwa seperti yang kalian lihat di atas, popularitas Yandex dapat dipahami karena fakta bahwa itu dirancang khusus untuk bahasa Rusia.

Sekali lagi, secara singkat dengan alfabet yang berbeda, bahasa Rusia sangat berbeda dari bahasa Inggris.

Yandex memiliki kemampuan untuk menafsirkan bahasa dan memberikan hasil pencarian yang relevan dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh Google.

Yandex semakin populer ketika ponsel Android Rusia memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Google sebagai mesin pencari default pada tahun 2017.

Seterusnya, juga ada pilihan untuk mengatur Yandex sebagai mesin pencari default (bawaan) dan banyak pengguna memilih untuk melakukan ini.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah Apa Saja Keunggulan, Kelebihan, Keuntungan, atau Kehebatan Yandex Dibandingkan dengan Google di Negara Rusia.

Singkatnya, sementara Yandex melihat pangsa pasarnya meningkat selama beberapa tahun terakhir karena pesaingnya Rambler dan Mail.ru tersandung, pangsa pasar Google untuk pencarian Rusia sebenarnya turun sedikit.

Yandex kemungkinan akan terus tumbuh dengan mengorbankan Google karena realitas pasar yang tidak ada di luar Rusia.

Dengan taruhan tinggi dan manfaat yang akan datang dari pertumbuhan web yang berkelanjutan di Rusia, dan Kami dapat berharap Google tidak akan menyerah untuk berjuang (asalkan tidak diatur undang-undangnya).

Tentu saja, akan sangat menarik untuk melihat investasi dan akuisisi seperti apa yang akan digunakan Google untuk mencoba menjadi mesin pencari yang dominan di Rusia.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Keunggulan, Kelebihan, Keuntungan, atau Kehebatan Yandex Dibandingkan dengan Google di Negara Rusia.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, khususnya terkait dunia internet dan SEO.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar