Pengertian Hybrid App (Mobile): Manfaat, Tujuan dan Implementasinya

0
Gambar Pengertian Hybrid App Mobile Apa Itu Hybrid App
Gambar Pengertian Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid

Pengertian Hybrid App (Mobile) Adalah

Sebenarnya, apa itu Hybrid App (Mobile)? Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid (Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid) adalah aplikasi yang menggabungkan elemen aplikasi asli dan Web. Aplikasi asli dikembangkan untuk platform tertentu dan diinstal pada perangkat komputasi. Aplikasi web digeneralisasi untuk berbagai platform dan tidak diinstal secara lokal tetapi tersedia melalui Internet melalui browser. Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid sering disebutkan dalam konteks komputasi mobile.

Pengertian Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid ini adalah aplikasi web berbasis HTML5 yang dibingkai dengan “Wrapper” asli. Secara teknis, ini adalah aplikasi seluler yang dikodekan dalam bahasa HTML5, JavaScript, dan CSS3. Ini kemudian diintegrasikan ke dalam Android asli, iOS, dan banyak platform lain dengan detail menggunakan teknologi Wrapping yang cocok. Untuk pemilik bisnis, aplikasi ini adalah solusi terbaik jika mereka ingin meluncurkan aplikasi mereka di berbagai platform. Selain itu, ini adalah aplikasi seluler yang relatif cepat dan murah untuk dibangun untuk bisnis.

Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid hanyalah sebuah aplikasi biasa, di mana orang mengunjungi toko aplikasi (App Store), menginstal aplikasi di Smartphone atau tablet mereka dan mulai menggunakan aplikasi yang diinstal.

Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid berkembang dan memiliki kedudukan kuat di pasar, seperti teknologi game, kegiatan sosial, mengklik pic, pelacakan, hiburan, dan beragam. Aplikasi ini adalah paket HTML, CSS, JavaScript, dan teknologi web. Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid dirancang untuk bekerja dengan baik dan memberikan respons yang luar biasa.

Baca Juga :  Pengertian FaaS (Function As A Service): Prinsip, Jenis, Perbedaannya

Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid beroperasi di semua platform utama seperti Android, Windows, iOS, dan lainnya. Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid dikembangkan secara global melalui Sencha, PhoneGap, ionic, Xamrine dan banyak lagi Framework lainnya. Jika seseorang ingin mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform dengan anggaran rendah, maka Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid adalah pilihan terbaik karena jika dibandingkan dengan aplikasi asli.

Manfaat Hybrid App (Mobile)

Manfaat terbesar membuat Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid adalah kita tidak perlu kode secara terpisah untuk iOS, Android, dan Windows. Hanya ada satu kode sumber yang perlu digunakan dan dipelihara. Seperti yang sudah Kami rangkum di bawah ini, manfaat Hybrid App (Mobile) adalah sebagai berikut:

  • Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid memiliki satu basis kode untuk dikelola. Berbeda dengan aplikasi asli, Anda tidak perlu mengembangkan dua aplikasi terpisah untuk Android dan iOS. Sebagai gantinya, pengembang dapat membangun satu aplikasi yang dapat berjalan di kedua sistem operasi.
  • Pengembangan Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid dapat menghemat waktu dan uang Anda. Karena pengembang hanya perlu mengelola satu basis kode, mungkin diperlukan separuh waktu dan upaya untuk membuat aplikasi. Ditambah pengembang hibrida seringkali lebih murah daripada pengembang aplikasi asli.
  • Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid lebih mudah untuk ditingkatkan ke platform lain. Setelah dibangun untuk berjalan di satu platform, juga mudah untuk meluncurkannya di platform lain.
  • Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid memiliki akses ke fitur perangkat. Sama seperti aplikasi asli, mereka memiliki kemampuan yang sama untuk mengakses fitur seperti GPS, kamera dll.
  • Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid tidak memerlukan koneksi internet untuk berfungsi.
Baca Juga :  Pengertian Patch: Fungsi, Cara Kerja Patch dan Cara Menggunakan

Tujuan Hybrid App (Mobile)

Ilustrasi Gambar Pengertian Hybrid App Mobile Apa Itu Hybrid App
Gambar Tujuan Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid

Berdasarkan pengertian Hybrid App (Mobile) di atas, tjka Anda menginginkan aplikasi yang mirip dengan situs web atau Website, maka Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid adalah salah satu opsi yang dicari. Untuk mencapai semua ini, hanya membutuhkan paket atau pustaka yang memiliki kode asli yang ditulis dengan benar. Anda dapat memiliki berbagai tujuan dan fitur dengan Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid asli seperti:

  • Mengambil kamera dan foto pengguna.
  • Membantu pengguna untuk mengakses dan mengautentikasi dengan aplikasi Facebook.
  • Selebihnya terserah Anda sebagai Developer dari Aplikasi tersebut, apa yang ingin Anda sertakan dalam Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid Anda.

Fitur Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid

Mengacu pada pengertian Hybrid App (Mobile) di atas, adapun fitur Hybrid App (Mobile) ini adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui apakah perangkat terhubung atau tidak.
  • Integrasi dengan sistem file perangkat.
  • Integrasi dengan layanan berbasis web.
  • Browser tertanam untuk meningkatkan akses ke konten online yang dinamis.

Sebagian besar aplikasi dapat dianggap sebagai Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid. Aplikasi web, seperti layanan perbankan online, biasanya menyimpan beberapa konten secara lokal. Aplikasi asli yang disimpan secara lokal, seperti Microsoft Word, juga antarmuka ke Internet.

Implementasi Hybrid App (Mobile)

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya pada pengertian Hybrid App (Mobile) di atas, Anda tahu bahwa aplikasi asli diinstal pada perangkat, sementara aplikasi HTML5 berada di server Web, jadi Anda mungkin bertanya-tanya apakah Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid menyimpan file mereka di perangkat atau di server? Ya, Sebenarnya ada dua cara untuk mengimplementasikan Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Bank: Cara Kerja, Fungsi dan Jenis-Jenis Bank Secara Lengkap!

a. Local (Lokal)

Anda dapat mengemas kode HTML dan JavaScript di dalam biner aplikasi seluler, dengan cara yang mirip dengan struktur aplikasi asli. Dalam skenario ini, Anda menggunakan API untuk memindahkan data bolak-balik antara perangkat dan cloud.

b. Server

Anda dapat menerapkan aplikasi web lengkap dari server (dengan caching opsional untuk kinerja yang lebih baik), cukup menggunakan wadah sebagai cangkang tipis di atas UIWebview.

Contoh Hybrid App (Mobile)

Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid ini menggabungkan elemen terbaik dari aplikasi asli dan web. Anda menginstalnya seperti aplikasi asli, tetapi sebenarnya itu adalah aplikasi web di dalam. Adapun contoh Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid adalah sebagai berikut:

  • Twitter
  • Gmail
  • UBER
  • Instagram
  • Evernote

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang pengertian Hybrid App (Mobile) atau Aplikasi Hibrid dan penjelasannya lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua yang terpenting dalam memahami Istilah-Istilah Teknologiyang harus dipahami dalam pembelajaran Teknologi Informasi Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar