Mengenal Pengertian RAM dan ROM: Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Perbedaannya!

0
Ilustrasi Gambar Pengertian RAM Dan ROM Dalam Cara Kerja Fungsi Jenis RAM Dan ROM Serta Perbedaannya
Ilustrasi Gambar Pengertian RAM Dan ROM Dalam Cara Kerja Fungsi Jenis RAM Dan ROM Serta Perbedaannya

Sebenarnya, Apa itu Pengertian RAM dan ROM, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaan RAM dan ROM? Ya, seperti yang kita ketahui, berbagai komponen memori Komputer adalah sebagai rumah untuk menyimpan beberapa macam jenis-jenis dari Data dimana salah satu dari komponen memori tersebut adalah seperti Hard-Drive, Flash-Dive, RAM dan ROM dan lain sebagainya.

Hard Drive merupakan perangkat penyimpanan utama yang digunakan untuk menyimpan semua data yang diperlukan seperti File OS, Aplikasi, Musik, Video, dan lainnya. Selain dari Hard Drive, perangkat Elektronik Komputer memiliki RAM (Random Access Memory), ROM (Read-only Memory) dan Memory Unit lainnya. Dalam postingan Kali ini, Kami akan membahas semua itu secara lengkap tentang Apa itu Pengertian RAM dan ROM yang sering kita dengar dan gunakan. Baiklah, langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian RAM dan ROM

Jadi, apa itu Pengertian RAM dan ROM? Kedua kata ini merupakan kata yang sering dipakai dalam dunia Teknologi sebagai media penyimpanan Data dalam perangkat elektronik Komputer. Namun, pengertian kedua istilah ini sebenarnya berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan dari pengertian RAM dan ROM secara detail.

1. Pengertian RAM

Gambar RAM Dalam Pengertian RAM
Gambar RAM Dalam Pengertian RAM

Random Access Memory atau RAM adalah bentuk penyimpanan data. Pengertian RAM adalah perangkat keras dalam perangkat komputasi tempat sistem operasi, aplikasi dan data yang digunakan saat ini disimpan sehingga mereka dapat dengan cepat dijangkau oleh Prosesor perangkat.

RAM jauh lebih cepat untuk membaca dan menulis dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain di komputer, seperti Hard Disk, SSD dan lain sebagainya. Data tersebut tetap berada dalam RAM selama komputer berjalan. Ketika komputer dimatikan, RAM kehilangan datanya.

2. Pengertian ROM

Gambar ROM Dalam Pengertian ROM
Gambar ROM Dalam Pengertian ROM

Read Only Memory atau ROM adalah bentuk penyimpanan Data yang tidak dapat dengan mudah diubah atau diprogram ulang. Instruksi yang ada dalam ROM mempersiapkan komputer untuk digunakan. Instruksi ini hanya dapat dibaca dan tidak dapat diubah atau dihapus. Menulis informasi atau instruksi baru ke dalam ROM adalah hal yang tidak dimungkinkan.

ROM menyimpan data dan instruksi secara permanen. Ketika daya dimatikan, instruksi yang disimpan dalam ROM tidak akan hilang. Instruksi dalam ROM secara otomatis dimuat ke dalam memori Komputer.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Intranet: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Cara Kerja dan Perbedaannya!

Cara Kerja RAM dan ROM

Dalam membahas mengenai Apa itu Pengertian RAM dan ROM, tentu kita juga harus mengetahui bagaimana Cara Kerja RAM dan ROM. Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, RAM hanya mengingat hal-hal saat komputer dinyalakan, jadi mereka digunakan untuk menyimpan apa pun yang sedang dikerjakan komputer dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk ROM sendiri, di sisi lain, mengingat hal-hal apakah daya menyala atau tidak. Mereka diprogram dengan informasi yang berasal dari pabrik dan digunakan untuk menyimpan hal-hal seperti BIOS Komputer yang merupakan Sistem Input dan Output dasar yang mengoperasikan hal-hal mendasar seperti layar dan keyboard komputer.

Kata RAM dan ROM sering membuat orang awam bingung, karena disini kita sudah mengetahuinya, jadi jangan khawatir jika istilah RAM dan ROM itu terdengar membingungkan. Cara sederhananya, untuk mengenalinya yaitu adalah dengan mengenal Prinsip Kerjanya. Dimana untuk penyimpanannya, RAM bersifat Sementara, dan sedangkan ROM bersifat Permanen.

Fungsi RAM dan ROM

Seperti yang sudah Kami sebutkan dalam Pengertian RAM dan ROM di atas, RAM dan ROM adalah merupakan merupakan Media Penyimpanan yang digunakan dalam Komputer. Adapun beberapa Fungsi RAM dan ROM adalah sebagai berikut:

a. Fungsi RAM (Random Access Memory)

Berikut ini adalah apa saja yang menjadi Fungsi dari RAM.

1. Membaca Data

Semua Data dan Informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat digunakan dengan lebih cepat karena itulah Fungsi RAM Komputer. Saat Aplikasi atau File dibuka, maka Data akan dibaca dan juga disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka, sebelum Komputer di Shutdown atau Restrart (Booting Ulang).

2. Penyimpanan Temporary atau Sementara

Fungsi RAM yang lainnya yaitu adalah sebagai Penyimpanan Sementara. RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan Data Temporary saat Program di dalam Komputer sedang dijalankan. Jadi, waktu kita mengerjakan sesuatu, sebagai contoh misalnya, pada saat kita mengetik Dokumen, maka Komputer tersebut akan menyimpan data sementara ke dalam RAM. Namun tetap, Data harus disimpan secara tetap untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan lantaran hal-hal tak terduga seperti pada saat listrik padam atau juga lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

b. Fungsi ROM (Read Only Memory)

Selain Fungsi RAM di atas, ROM juga memiliki Fungsinya tersendiri. Adapun Fungsi ROM adalah sebagai media penyimpanan, ROM berfungsi untuk menyimpan Firmware yang berupa Software (Perangkat Lunak) atau yang biasa disebut dengan Aplikasi. Perangkat lunak yang biasa mengisi ROM biasanya adalah yang sering berhubungan dengan Hardware atau Perangkat Keras misalnya ROM BIOS (Basic Input Output System).

Baca Juga :  CSS Adalah: Pengertian, Penggunaan dan Cara Menerapkan CSS

Pada perangkat elektronik Komputer Modern, BIOS disimpan dalam sebuah Chip ROM dimana, ROM tersebut dapat ditulis ulang secara elektrik atau sering disebut dengan Flashing atau Flash ROM.

Jenis-Jenis RAM dan ROM

Ilustrasi Gambar Jenis RAM Dan ROM Dalam Pengertian Cara Kerja Fungsi RAM Dan ROM Serta Perbedaannya
Ilustrasi Gambar Jenis RAM Dan ROM Dalam Pengertian Cara Kerja Fungsi RAM Dan ROM Serta Perbedaannya

Setelah mengenal Pengertian RAM dan ROM, Cara Kerja dan Fungsinya, kita juga harus mengetahui apa saja Jenis-Jenis RAM dan ROM. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai Jenis-Jenis RAM dan ROM.

Jenis RAM

Terlepas daripada Penjelasan Kami di atas, RAM juga memiliki Jenis-Jenisnya masing-masing, adapun apa saja Jenis RAM adalah sebagai berikut.

a. D RAM atau Dynamic RAM

D RAM atau Dynamic RAM adalah jenis RAM yang di-refresh dari CPU (Central Processing Unit) secara teratur agar Data yang ada di dalamnya tidak hilang.

b. SD RAM

SD RAM atau Sychronous Dynamic Random Access Memory adalah RAM lanjutan dari DRAM namun sudah mengalami sinkronisasi dari clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

c. DDR RAM

DDR RAM atau Double Rate Random Access Memory yang sering dianggap dengan DDR saja, DDR RAM adalah jenis RAM menggunakan teknologi lanjutan dari RAM. DDR RAM juga mempunyai perkembangan generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemungkinan akan terus berkembang.

d. RDR RAM

RDR RAM atau Rambus Dynamic Access Memory adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan juga umumnya lebih mahal dari SD RAM.

e. S RAM

S RAM atau Static Random Access Memory adalah jenis RAM yang dapat untuk menyimpan Data yang di dalamnya tanpa ada penyegaran atau Refresh dari CPU. Jenis RAM ini mempunyai Proses Kerja yang lebih cepat daripada D RAM dan SD RAM.

f. EDO RAM

EDO RAM atau Extended Data Out Random Access Memory adalah jenis RAM yang dipakai dalam perangkat OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengolah Data pada waktu bersamaan.

Jenis ROM

Karena sifat dari ROM ini yang tidak dapat dirubah seperti yang Kami jelaskan dalam Pengertian ROM (Read Only Memory) di atas, maka sistem penyimpanan di ROM sering dijadikan alternatif oleh banyak perusahaan untuk menyimpan dokumen rahasia atau dokumen penting. Selain itu ROM juga memiliki beberapa Jenis. Adapun beberapa Jenis-Jenis ROM adalah sebagai berikut.

a. Stock ROM

Stock ROM adalah jenis ROM yang merupakan bawaan dari OS atau Sistem Operasi dalam bentuk default dan masin belum dimodifikasi. Stock ROM mempunyai fungsi dan tampilan yang masih bawaan pabrik dan belum banyak mengalami perubahan dari Developer atau Pengembang. Biasanya Jenis Stock ROM ini sering ditemukan pada perangkat Apple IOS dan Palm’s WebOS.

Baca Juga :  Pengertian Firewall (Security): Jenis, Metode dan Next Generation Firewall

b. Custom ROM

Untuk jenis Custom ROM yang satu ini adalah ROM yang sangat cocok untuk menyimpan data-data penting perusahaan karena sifatnya yang dapat di Custom atau dimodifikasi sendiri. Custom ROM kadang sering digunakan oleh Developer atau Pengembang yang hobbynya mengotak-atik Perangkat Komputer terutama Hardwarenya.

c. Manufacturer atau Carrier Stock ROM

Jenis Manufacturer atau Carrier Stock ROM yang ke-3 (Tiga) ini sering disebut dan dikenal dengan Carrier Stock ROM, dimana, Jenis ini sudah mendapatkan perubahan dari Pabrik dan juga Operator Jaringan.

Perubahan dalam ROM Manufacturer seperti ini biasanya bertujuan agar dapat memberikan penambahan Custom dalam aplikasi. Sehingga jenis ROM ini jarang ditemukan dalam perangkat PC, dan sebaliknya, Jenis ROM ini lebih sering diaplikasikan dan diterapkan pada perangkat Android.

Perbedaan RAM dan ROM

Berdasarkan pengertian RAM dan ROM di atas, kita dapat mengetahui apa perbedaan dari RAM dengan ROM terutama jika dilihat berdasarkan sifatnya yang Sementara dan Permanen. Di bawah ini adalah Tabel dari apa saja Perbedaan RAM dan ROM masing-masing.

Perbedaan RAM dan ROMRAMROM
DataData tidak permanen dan dapat berubahData ROM bersifat permanen. ROM dapat diubah tetapi hanya beberapa kali saja pada kecepatan yang bisa dikatakan lambat
KecepatanRAM adalah memori berkecepatan tinggiROM jauh lebih lambat daripada RAM
Interaksi CPUCPU dapat mengakses data yang tersimpan di dalamnyaCPU tidak dapat mengakses Data yang tersimpan di dalamnya. Untuk melakukannya, Data tersebut pertama kali harus disalin ke RAM
Ukuran dan KapasitasUkuran besar dengan kapasitas lebih tinggiUkuran ROM ini kecil dengan kapasitas lebih sedikit
PemakaianMemori Utama atau Primer (Modul DRAM DIMM), CPU Cache (SRAM)Firmware seperti BIOS atau UEFI. Tag RFID, Mikrokontroler, Merangkat medis, dan di tempat-tempat di mana solusi memori kecil dan permanen diperlukan
BiayaRAM tidak tidak murahJauh lebih murah daripada RAM

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai Pengertian RAM dan ROM, Cara Kerja, Fungsi, Jenis-Jenis RAM dan ROM serta Perbedaannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa RAM yang sering disebut dengan Memori Utama, Memori Primer atau Memori Sistem, Random Access Memory atau RAM adalah perangkat perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil di komputer. RAM biasanya dikaitkan dengan DRAM, yang merupakan jenis modul memori. Karena informasi diakses secara acak alih-alih seperti pada CD atau hard drive, waktu akses jauh lebih cepat. Namun, tidak seperti ROM, RAM adalah memori yang tidak stabil dan membutuhkan daya untuk menjaga agar data dapat diakses. Jika komputer dimatikan, semua data yang terkandung dalam RAM hilang.

Sedangkan ROM adalah media penyimpanan yang digunakan dengan komputer dan perangkat elektronik lainnya. Seperti namanya, data yang disimpan dalam ROM hanya dapat dibaca dimana disebut dengan Read-Only. Entah ROM itu sudah dimodifikasi dengan kesulitan yang ekstrim atau tidak sama sekali. ROM sebagian besar digunakan untuk pembaruan Firmware. Contoh sederhana ROM adalah kartrid yang digunakan dengan konsol Video Game, yang memungkinkan satu sistem menjalankan beberapa Game. Contoh lain dari ROM adalah EEPROM, yang merupakan ROM yang dapat diprogram yang digunakan untuk BIOS komputer.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian RAM dan ROM, Cara Kerja, Fungsi, Jenis-Jenis RAM dan ROM serta Perbedaannya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahami apa itu RAM dan ROM. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar