Pengertian Font: Tujuan Penggunaan Font dan Ukuran Defaultnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Font
Ilustrasi Gambar Pengertian Font

Pengertian Font adalah

Apa itu Font? Font adalah representasi grafis dari teks yang dapat menyertakan jenis huruf, ukuran titik, berat, warna, atau desain yang berbeda. Gambar menunjukkan beberapa contoh font komputer yang berbeda. Program perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan WordPad memungkinkan pengguna untuk mengubah font yang digunakan saat mengetik teks dalam dokumen atau spreadsheet, seperti halnya perancang Website.

Font Serif vs Sans-Serif

Dua kategori font paling dasar adalah “serif” dan “sans-serif.” Ekstensi kecil di tepi karakter, seperti garis horizontal di bagian bawah huruf kapital “T,” disebut serif. Font yang menyertakan garis-garis kecil ini disebut font serif. Kata “sans” berarti “tanpa,” jadi font sans-serif tidak memiliki baris tambahan ini. Secara umum, font serif memiliki tampilan tradisional dan sering digunakan dalam buku cetak dan koran. Font Sans-serif memiliki tampilan yang lebih modern dan biasanya digunakan di web.

Sebagian besar pengolah kata memungkinkan Anda memilih font dari menu drop-down “Font” di bilah alat. Anda dapat menerapkan font ke seluruh dokumen atau ke bagian teks yang disorot. Untuk menggunakan font, font itu harus diinstal di komputer Anda. Di Windows, Anda dapat menambah atau menghapus font menggunakan panel kontrol Font, yang terletak di

Control Panel>Appearance and Personalization>Fonts

Di macOS, Anda dapat mengelola font menggunakan Font Book, yang terletak di direktori/Aplikasi.

Font vs Typeface

Awalnya, istilah “font” merujuk pada ukuran dan gaya spesifik jenis huruf. Misalnya, Verdana adalah jenis huruf dan Verdana 16px tebal adalah font tertentu. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, istilah tersebut telah digunakan secara bergantian, dengan perusahaan seperti Microsoft, Apple, dan Google semuanya menggunakan istilah “font” untuk menggambarkan jenis huruf. Oleh karena itu, dapat diterima untuk merujuk ke jenis huruf seperti Roboto sebagai font.

Baca Juga :  Deep Web dan Dark Net: Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya Lengkap

Tujuan Penggunaan Font

Ilustrasi Gambar Pengertian Font
Ilustrasi Gambar Tujuan Penggunaan Font

Berbagai font digunakan untuk menambah gaya ke halaman web atau dokumen. Artinya, mereka dapat digunakan untuk mengatur atau mencocokkan “nada” dari teks berdasarkan konten. Selain itu, font tertentu memengaruhi pembacaan tergantung pada medianya.

Ukuran Font default dan Fontnya

Perangkat lunak yang menggunakan font, seperti perangkat lunak pengolah kata atau perangkat lunak spreadsheet, diatur dengan font dan ukuran font default saat digunakan. Di bawah ini adalah daftar font default dan ukuran font untuk beberapa perangkat lunak yang lebih populer, serta layanan online, yang digunakan saat ini.

SoftwareFontUkuran Font
Google DocArial11
Google SheetArial10
Google GmailSans SerifNormal
Microsoft ExcelCalibri11
Microsoft PowerPointCalibri24
Microsoft WordCalibri11
NotepadConsolas11
OpenOffice CalcArial10
OpenOffice WriterTimes New Roman12
WordPadCalibri11

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Font, Tujuan dan Ukuran Default Fontnya beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar