Pengertian E-Book: Fungsi, Tujuan serta Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

0
rifqi-mulyawan-pengertian-ebook
Ilustrasi E-Book sebagai Buku Digital

Pengertian E-Book

Apa itu E-Book? Pengertian E-Book adalah merupakan suatu buku yang bentuknya digital atau elektro dimana umumnya berisi warta atau panduan/tutorial. Buku elektro ini hanya sanggup dibuka dan juga dibaca melalui perangkat elektro seperti komputer, tablet, dan juga smartphone.

Tak tidak sinkron jauh menggunakan buku cetak dalam umumnya, E-Book (electronic book) atau buku elektronik ini juga berisi tulisan-tulisan dan juga gambar dengan aneka macam tema, contohnya misalnya E-Book teknologi, E-Book ilmu pengetahuan, E-Book motivasi, E-Book tutorial, dan juga masih banyak tema lainnya.

Di jaman yang serba digital ini, tentu saja E-Book lebih poly dipakai daripada buku cetak. Mengacu dalam pengertian E-Book di atas menjadi buku yang berbentuk digital maka berdasarkan segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih simpel, sehingga poly orang yang lebih menentukan membeli E-Book daripada buku cetak.

Pengertian E-Book Menurut Para Ahli

Beberapa pakar menaruh pendapat tentang definisi E-Book, antara lain adalah:

1. Wikipedia

Berdasarkan data dari Wikipedia pengertian E-Book yaitu merupakan publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri berdasarkan teks, gambar, atau keduanya, mampu dibaca pada layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang didefinisikan menjadi “versi elektro dari buku cetak”, beberapa E-Book dibentuk tanpa adanyak versi cetak.

Baca Juga :  Pengertian Influencer: Fungsi dan Jenis Influencer dalam Media Sosial

2. Whalts

Menurut Whalts.Com, pengertian E-Book merupakan versi elektronik menurut buku cetak tradisional yang bisa dibaca dengan menggunakan personal komputer eksklusif atau menggunakan memakai E-Book reader.

3. Oxford Dictionaries

Menurut Oxforddictionaries.Com, pengertian E-Book merupakan versi elektro berdasarkan buku cetak yang sanggup dibaca pada personal komputer atau perangkat genggam yang didesain khusus buat tujuan ini.

Fungsi E-Book Secara Umum

Ilustrasi Gambar Pengertian E-Book
Ilustrasi Gambar Pengertian E-Book

Fungsi E-Book secara umum adalah menjadi media buat membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna E-Book merupakan mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli E-Book buat media belajar. Berikut ini adalah fungsi E-Book bagi penggunanya dan juga bagi penyedianya:

1. Sebagai Sarana buat Belajar

Sekarang ini ada poly orang yang menciptakan E-Book yang berisi mengenai ilmu pengetahuan dan juga tutorial di bidang eksklusif.

Tema bacaan dan liputan yang sering dijadikan E-Book merupakan seputar bisnis online, tutorial blogging, tutorial komputer, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

2. Sebagai Media Informasi

Sekarang ini pebisnis telah poly yang memberikan E-Book perdeo kepada calon pelanggan mereka. Dengan memasukkan email, maka calon pelanggan mampu mendownload E-Book yang berisi informasi atau tutorial yang diharapkan.

Proses pembuatan dan penyebaran E-Book ini sangat mudah lantaran bentuknya digital. Itulah sebabnya E-Book sangat cocok dipakai sebagai media fakta.

Tujuan E-Book Secara Umum

Seperti yang sempat disinggung dalam pengertian E-Book di atas tersebut, tujuan dibuatnya E-Book merupakan buat memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran pada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan E-Book adalah menjadi berikut:

1. Memudahkan Pembuatan Buku

E-Book merupakan salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak relatif panjang dan terbilang sulit.

Baca Juga :  Pengertian CX (Customer Experience) dan Pentingnya dalam Bisnis

Hal ini bukan terjadi jika kita membuat buku digital. Tetapi, tentu saja format E-Book tadi harus dibuat semenarik mungkin supaya layak buat disebarkan atau dijual.

2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku

Pembuatan buku cetak biayanya relatif besar karena masih menggunakan alat-alat konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan E-Book, biayanya nyaris tidak ada bahkan mampu gratis.

3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Penyebaran E-Book sangat gampang dilakukan, yaitu melalui media internet dan pula alat-alat elektro lainnya seperti flashdisk atau hardisk.

4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

Dengan adanya E-Book maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih gampang. Guru bisa menciptakan bahan ajar pada bentuk E-Book lalu mengirimkannya kepada muridnya.

Dari sisi pelajar tentu saja akan sangat dimudahkan lantaran sanggup menilik bahan ajar dalam bentuk E-Book di mana saja dan kapan saja.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Ketika kita menciptakan sebuah E-Book, kita mampu menaruh perlindungan terhadap isi E-Book tersebut. Caranya yaitu dengan menaruh password spesifik, sebagai akibatnya hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membukanya.

Selain itu, buku digital bukan mudah rusak misalnya halnya buku cetakan. Ini sebagai keuntungan tersendiri bagi pengguna E-Book.

Format Umum E-Book

Ilustrasi Gambar Pengertian E-Book
Ilustrasi Gambar Pengertian Format E-Book

Dalam pembuatannya terdapat beberapa format E-Book yang dipakai sinkron dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa format E-Book:

  • PDF (Portable Document Format)
  • EPUB (Electronic Publication)
  • MOBI (Format MobiPocket)
  • AZW (Amazon World)
  • KF8 (Format Kindle Fire menurut Amazon)
  • PDB (Palm File Database)
  • HTML (Hyper Text Markup Language)
  • PRC (Palm Resource File)
  • CHM (Compressed HTML)
  • XHTML
  • XML

Kelebihan dan Kekurangan E-Book

Penggunaan E-Book telah sangat marak di masyarakat Indonesia lantaran dianggap murah dan juga gampang buat dihasilkan. Tetapi, selain memiliki kelebihan, E-Book ini juga terdapat kekurangan yang harus diperhatikan.

Baca Juga :  Pengertian Typographic Hierarchy: Contoh dan Faktor-Faktornya

a. Kelebihan E-Book

  • Lebih Ringkas: E-Book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan menggunakan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya sanggup membuka E-Book kapan saja dan di mana saja
  • Lebih Awet: karena bentuknya digital, tentu saja E-Book lebih awet dan juga bukan gampang rusak seperti halnya buku cetak.
  • Lebih Murah: Proses pembuatan E-Book sangat gampang dan murah sebagai akibatnya harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
  • Ramah Lingkungan: E-Book bukan membutuhkan tinta dan kertas sebagai akibatnya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan juga tinta.

b. Kekurangan E-Book

  • Tidak Bisa Dipegang: memang sebagian besar orang lebih senang yang ringkas. Tetapi, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini bukan bisa diberikan dari E-Book
  • Ukuran Huruf Lebih Kecil: pada biasanya berukuran huruf dalam E-Book cenderung lebih mini dibanding pada buku cetak, apalagi apabila membukanya pada ponsel.
  • Membuat Mata Cepat Lelah: saat membaca E-Book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan menciptakan mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang mampu menyebabkan kerusakan pada mata, contohnya mata minus.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian E-Book secara lengkap. Semoga bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar